16 Tempat Wisata Di Salamanca Spanyol Yang Menjadi Favorit Para Wisatawan

Mengunjungi tempat wisata di Spanyol mungkin sudah juga masuk ke dalam agenda dan juga rencama ketika memutuskan untuk berlibur jalan-jalan ke Eropa, khususnya Eropa selatan bersama teman maupun keluarga. Spanyol memang menjadi salah satu negara yang menjadi favorit para wisiatawan untuk berlibur karena kecantikan alamnya yang indah sehingga membuat suasana menjadi semakin romantis.

Bagi yang sedang mencari rekomendasi kota di Spanyol yang cocok didatangi untuk liburan sekaligus belajar tentang sejarah eropa, kota Salamanca yang ada di wilayah Spanyol barat di wilayah otonom Castile and León bisa menjadi salah satu pilihan destinasi wisata yang tepat.  

Ya, tempat wisata di Salamanca memang diwarnai dengan berbagai macam tempat bersejarah di eropa, khususnya Spanyol, karena memang kota ini sudah ada sebelum zaman pemerintahan Romawi.

Berikur ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Salamanca yang bisa dikunjungi baik berlibur sendiri maupun bersama teman atau keluarga.

1. Plaza Mayor

Plaza Mayor

Tempat  wisata di Salamanca yang pertama wajib dikunjungi jika berlibur ke kota ini adalah  Plaza Mayor berlokasi di pusat kota Salamanca.

Tempat ini biasa digunakan sebagai tempat kumpul warga atau alun-alun dimana di tempat ini dikelilingi berbagai macarm restoran yang tentu para pecinta bisa mencicipi kelezatan makanan khas Spanyol di sini.

Selain restoran di tempat ini juga ada berbagai macam toko, yang termasuk salah satunya tentu toko yang menjual beragam souvenir khas Spanyol yang menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Konon katanya, Plaza Mayor ini juga merupakan salah satu lokasi terindah di Spanyol sehingga tak heran tempat ini juga sering menjadi tempat penyelenggaraan berbagai event seperti adu banteng, pertandingan sepak bola, pasar, dan lain sebagainya.

Plaza Mayor ini dibangun pada tahun 1729 atas perintah Felipe V dan tempat tersebut dibangun dengan tujuan untuk penyelenggaraan adu banteng. Tempat ini selesai dibangun pada tahun 1755 dan acara adu banteng terebut digunakan sebagai tempat penyelenggaraan adu banteng selama kurang lebih 100 tahun sejak alun-alun ini usai dibangun.

Bangunan Plaza Mayor ini memiliki gaya arsitektur Baroque dimana gaya arsitektur tersebut merupakan salah satu gaya arsitektur tradisional khas Spanyol. Dinding Plaza ini mempunyai 3 lantai di areal permukaan dan memiliki 6 pintu masuk yang mengarah ke jalan-jalan yang berbeda.

Pada Tahun 1988 Unesco menetapkan Plaza mayor ini sebagai salah satu situs warisan dunia, dimana saat ini ada sebuah plakat yang diletakkan di tengah-tengah Plaza sebagai buktinya.


2. Casa de las Conchas

Casa de las Conchas

Tempat wisata di Salamanca berikutnya yang tak kalah menariknya untuk dikunjungi adalah  Casa de las Conchas yang merupakan sebuah bangunan bersejarah di Spanyol.

Bangunan ini dibangun pada tahun 1493 dan selesai pada tahun 1517 oleh Rodrigo Arias de Maldonado, yang merupakan seorang ksatria dan profesor di Universitas Salamanca kala itu.

Casa de las Conchas sendiri memiliki arti rumah kerang dan seusai dengan namanya, bangunan ini dihiasi lebih dari 300 kerang yang menjadi simbol ordo santiago serta para peziarah yang melakukan jalan St. James. Gaya arsitektur dari bangunan ini juga merupakan perpaduan dari unsur-unsur Gothik, Renaissance dan Mudejar.

Saat ini rumah kerang ini memiliki fungsi sebagai perpustakaan umum dan juga kantor informasi bagi para wisatawan yan ingin berkunjung ke sini.

Casa De las Conchas ini dibuka bagi pengunjung setiap hari senin hingga jumat mulai pukul 9.00 pagi hingga 21.00 malam waktu setempat. Sedangkan di hari sabtu dibuka mulai pukul 9.00 hingga 14.00 dan 16.00 hingga 19.00  waktu setempat.

Untuk masuk ke dalam Casa De las Conchas atau rumah kerang ini pengunjung tidak perlu khawatir karena pengunjung tidak dikenakan biaya masuk untuk ke tempat ini.

3. Casa Lis

 Casa Lis

Rekomendasi ketiga tempat wisata di Salamanca yang wajib untuk dikunjungi saat berwisata ke kota ini adalah adalah Casa lis atau juga dikenal dengan Museo Art Nouveau and Art Deco.

Tempat ini merupakan sebuah museum seni dekoratif di Salamanca yang memamerkan berbagai karya seni dari abad ke 19 hingga perang dunia ke II

Museum ini pada awalnya adalah sebuah rumah tua milik D.Miguel de Lis yang dibangun pada abad ke 19  oleh arsitek bernama Joaquin de Vargas y Aguirre. Namun tumah tersebut akhirnya berpindah kepemilikan dan dihuni oleh berbagai macam penyewa hingga tidak digunakan lagi pada tahun 1970 dan dan akhirnya tahun 1981 pemerintah kota Salamanca menyeamatkannya dari kehancuran.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya Casa  Lis ini juga sekarang difungsikan sebagai museum yang memamerkan sebagian besar karya seni yang disumbangkan oleh Andrade yang merupakan karya seni dari abad ke 19 hingga perang dunia ke II. Museum ini juga menampilkan 19 koleksi yang menyoroti Fiberglass, Boneka, perunggu,dan lainnya,

Museum ini beroperasi untuk umum pada hari Senin hingga Jumat mulai pukul 11.00-14.00 dan 16.00 hingga 19.00 waktu setempat. Sedangkan pada hari sabtu dan Minggu museum ini buka mulai pukul 11.00 hingga 20.00 waktu setempat.

Untuk biaya tiket masuk ke dalam museum ini sendiri harganya bervariasi mulai dari 2 euro hingga 4 euro per orang.

 4. Roman Bridge Salamanca

Roman Bridge Salamanca

Rekomendasi tempat wisata di Salamanca berikutnya adalah Roman Bridge Salamanca atau bahasa Spanyolnya Puente Mayor de Tormes.

Tempat wisata ini adalah sebuah jembataan yang melintasi sungai Tornes di tepi kota Salamanca, tepatnya di Castille dan Leon, Sspnayol. Beberapa ilmuan percaya bahwa jembatan ini diperkirakan dibangun pada abad pertama Masehi pada masa pemerintahan Marcus Ulpuis Traianus.      

Jembatan ini pada awalnya ketika dibangun mempunyai 26 lengkungan, namun kini hanya tersisa 15 lengkungan saja dari zaman romawi tersebut. Jembatan romawi ini juga merupakan bagian dari Via de Plata, yaitu 1 dari 3 jalan yang menghubungkan Emerita Augusta, Cesar Augusta, dan juga Astorga.

Di jembatan yang mempunyai panjang 176 meter dan lebar 3,70 meter ini pengunjung bisa merasakan dan menikmati keinfahan kota Salamanca yang indah. Sehingga tak heran juga sejak abad ke 13  Roman Bridge Salamanca ini juga ditetapkan sebagai bagian dari lambang kota Salamanca.


Demikianlah beberapa rekomendasi tempat wisata di salamanca yang bisa dikunjungi ketika berlibur sendiri maupun bersama teman atau keluarga ke kota ini. Jika ingin mengekplore kota ini lebih lanjut lagi, bisa juga mendatangi tempat wisata di Salamanca lainnya seperti :

  • Salamanca Cathedral
  • Convento de San Esteban, Salamanca
  • Huerto de Calixto y Melibea
  • La Clerencia
  • Cueva de Salamanca
  • Museum of Automotive History
  • Palacio de Monterrey
  • Palacio de la Salina
  • Anaya Palace
  • University of Salamanca
  • Cathedral Vieja de Santa Maria De la Sede
  • Conveto de las Duenas
  • Dan masih banyak lainnya

Akhir kata semoga artikel ini bisa bermanfaat, terutama bagi yang sedang mencari rekomendasi destinasi wisata di Spanyol untuk berlibur bersama teman maupun keluarga. Mohon maaf apabila ada salah kata dan sampai bertemu lagi di artikel berikutnya.

, , , ,
Post Date: Tuesday 21st, May 2019 / 08:25 Oleh :
Kategori : Spanyol