10 Oleh-oleh khas Hungaria yang Populer Untuk Dibeli

Oleh-oleh khas Hungaria – Hungaria adalah salah satu Negara yang berada di Eropa tengah yang berbatasan langsung dengan Negara-neragara Eropa timur dan Eropa tengah lainya. Salah satunya adalah berbatasan dengan tempat wisata di kroasia yang terkenal dengan berbagai tempat yang digunakan untuk syuting film game of thrones.

Karena Negara ini terletak di jalur strategis, Hungaria pernah dikuasai berbagai etnis, mulai dari celtic, romawi, hingga Ottoman. Hungaria juga memiliki kebudayaan yang unik  yang didominasi oleh etnis hungaria yang terkenal dengan pakain tradisional dan tarianya.

Jika mengunjungi Negara ini, sempatkan diri anda untuk mengunjungi berbagai toko souvenir yang tersebar di seluruh Negara. Terdapat banyak souvenir unik yang bisa anda bawa pulang untuk oleh-oleh kolega dan keluarga anda di rumah. Nah, apa sajakah oleh-oleh khas hungaria, Yuk simak ulasan mengenai oleh-oleh khas Hungaria berikut ini.

1. Boneka Tradisional Hungaria

boneka

Boneka Hungaria telah dipamerkan di berbagai museum di seluruh dunia. Memiliki kostum yang indah yang dibuat sangat mirip dengan pakaian tradisional hungaria, membuat boneka-boneka ini dikagumi di mana pun dipajang.

Boneka Hungaria ini merupakan salah satu suvenir populer dan elegan untuk dibawa pulang sebagai pajangan di rumah. Boneka-boneka ini juga dibuat secara tradisional, dimana wajah, manik-manik dan sulaman pada gaun dibuat dengan tangan.

Boneka terkecil dibanderol dengan harga sekitar $ 6,50, boneka berukuran sedang sekitar $ 35 dan boneka yang besar bisa mencapai lebih dari $ 150. Salah satu toko terkenal yang menjual oleh-oleh khas Hungaria ini adalah Handicraft & Gift shop yang terletak di Vaci utca 32 di Budapest.

2. Pakaian Rakyat Hungaria

pakaian

Ketika anda mengunjungi tempat wisata di Hungaria, anda tentu saja akan sering menjumpai orang-orang yang mengenakan pakaian rakyat khas Negara ini. Pakaian rakyat dari Hongaria biasanya berwarna putih dengan border bunga yang berwarna-warni dan desain yang elegan dan khas.

Saat ini , orang-orang Hungaria mengenakan pakaian tradisional ini untuk acara tarian rakyat atau perayaan nasional.

Pakaian wanita cenderung terdiri dari rok berkobar dan blus dengan lengan yang sedikiti menggembung. Dan pakaian pria cenderung berlengan panjang dan dilengkapi dengan rompi atau selempang. Sepatu bot dan sepatu sulaman juga merupakan salah satu pelengkap dari pakaian tradisional Hungaria ini.

Salah satu untuk membeli oleh-oleh khas hungaria adalah di daerah Vaci utca, yang terdapat berbagai toko untuk adnda singgahi. Salah satunya adalah Folkart Centrum yang terletak di 58. Vaci utca, dimana toko ini buka setiap hari mulai pukul 10:00 hingga 19:00.

3. Telur Paskah

telur

Telur yang mirip seperti yang digunakan ketika paskah ini  adalah salah satu oleh-oleh pokok yang sering dijual di toko-toko suvenir dan kios-kios pasar di Hungarias. Telur-telur yang indah ini memiliki berbagai warna dan desain yang beragam dan dilukis dan dijual oleh pengrajin Hungaria.

Desain pada telur ini biasanya menggambarkan bunga, hewan atau symbol-simbol agama. Telur-telur tersebut dijual di hampir seluruh toko di Vaci Street, serta di berbagai pasar kerajinan di Castle Hill, dimana anda bisa menemukan oleh-oleh khas Hungaria ini dengan sangat mudah.

4. Porselen Herend

porselen

Kerajinan tangan porselen Hungaria sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Salah satu porselen yang populer adalah produksi dari Herend. Bahkan, Ratu Victoria sangat terkesan dengan porselen-porselen Hungaria dan dia memesan beberapa poselen untuk di pajang di istananya di tempat wisata di Inggris.

Saat ini, Herend masih memproduksi di sebuah pabrik kecil di pedesaan Hungaria. Bahan yang digunakan adalah campuran kuarsa, kaolin, dan feldspar, dan dilukis tangan oleh pengrajin yang sudah ahli untuk melukis porselen.

Porselen-porselen ini tersedia dalam berbagai bentuk seperti cangkir kopi, sup tureens, piring dan mangkuk, yang dihiasi dengan pola daun, burung dan bunga. Herend juga membuat patung-patung porselen yang indah seperti berbagai figur karnaval, kuda, dan tentara tradisional.

5. Ajka Crystal

ajka

Pabrik Kristal Ajka didirikan pada tahun 1897, dan cukup terkenal di dunia karena produk kristalnya  yang masih dibuat secara tradisional dan terlihat cukup menarik. Produk-produk ajka tersedia hingga 20 warna berbeda dan tersedia dalam kotak hadiah yang indah dan mewah.

Setiap  kristal produksi Ajka bersifat eksklusif dan tidaka ada yang persis sama. Perusahaan ini juga memiliki sejumlah ruang pamer yang indah di sekitar Budapest. Untuk membelinya anda bisa pergi ke 18. Szent Istvan Korter dimana anda akan disuguhkan dengan banyak pilihan produk Ajka yang buka dari Senin hingga Jumat dari jam 9 pagi hingga 5 sore.

6. Taplak Meja

taplak

Taplak meja dari hungaria merupakan salah satu oleh-oleh yang elegan yang bisa anda bawa pulang. Ada beberapa gaya bordir yang populer di Hungaria, yang paling umum adalah warna biru pada pola putih dan desain bunga yang berwarna-warni.

Warna biru yang disulam pada kain memberikan keanggunan tradisional,yang mirip dengan pola pada cangkir teh cina. Selain warna biru juag terdapat warna-warna lain seperti merah dan hijau cerah yang disulam pada kain putih dan hitam.

Harga taplak meja sangat bervariasi berdasarkan ukuran dan kualitas bordirnya. Harga untuk sebuah taplak meja mulai dari  $ 50 hingga ratusan dolar. Anda bisa membelinya di kios-kios di Central Market Hall, yang  beralamat di Vamhaz krt. 1-3, 1093, Budapest, Hongaria.

7. Kotak rahasia

mistery box

Kotak unik yang memiliki  berbagai fitur keamanan ini bisa anda gunakan untuk menyimpan harta Anda yang paling berharga. Diukir dengan tangan dari kayu, kotak-kotak ini membuat hadiah yang luar biasa bagi siapa saja yang menyukai teka-teki atau menghargai privasi mereka.

Kotak-kotak ini tersedia dalam berbagai ukuran, dari kotak ukuran cincin kecil  hingga kotak besar yang bisa untuk menyimpan berbagai benda. Anda juga bisa mengukir nama dan tanggal pada kotak juga tersebut. Harga kotak rahasia ini berkisar dari $ 10 hingga $ 20 dapat dengan mudah anda temukan di berbagai toko souvenir di seluruh Hungaria.

8. Sepatu Laszlo Vass

sepatu

Terletak di jantung distrik perbelanjaan terbesar di Budapest, toko sepatu Laszlo Vass yang wajib dikunjungi ketika anda berwisata di Hungaria. Vass adalah salah satu pengrajin yang tersisa yang membuat sepatu kulit menggunakan metode tradisional. Sepatu-sepatu ini juga terkenal karena bentuknya yang elegan dan daya tahannya.

Hanya kulit berkualitas tinggi yang digunakan untuk membuat sepatu-sepatu ini. Vass memiliki teknik-teknik unik yang bahkan menuliskanya dalam sebuah yang berjudul Handmade Shoes For Men yang sudah  diterjemahkan dalam berbagai bahasa.

Harga untuk sepasang sepatu ini cukup mahal yaitu berkisar ratusan hingga ribuan dollar. Toko Laszlo Vass berlokasi di Haris Koz 2.

9. Rubiks cube

rubick

Meskipun Anda mungkin akrab dengan permainan teka-teki warna-warni ini. Mungkin perlu anda tahu bahwa penemu dari permainan ini adalah orang Hongaria,Erno Rubik. Beliau menciptakan permainan ini pada tahun 1974 saat bekerja di Akademi Seni dan Kerajinan Terapan di Budapest.

Terdapat banyak model rubiks yang bisa anda beli di sini, mulai dari kubik dengan 6 lajur, hingga rubiks dengan bentuk beruang yang unik. Anda dapat membeli Rubik di berbagai toko mainan di hampir seluruh Hungaria.

10. Paprika

paprika

Makanan khas Hungaria terkenal dengan rasanya dimana salah satu bahan penting yang digunakan adalah Paprika. Bumbu ini tidak hanya lezat dan berwarna-warni, tetapi juga kaya akan Vitamin C dan anti-oksidan lainnya.

Tumbuh di Hungaria, paprika dikeringkan, ditumbuk dan dijual di toko-toko di seluruh Hungaria. Paprika hadir dalam berbagai kekuatan, rasa, dan kualitas yang berbeda seperti halnya kualitas istimewa, halus, sangat lembut, mawar, sedikit manis, setengah manis dan kuat.

Meskipun Anda bisa membeli paprika di toko-toko kelontong, kami rekomendasikan untuk membeli di skitar Vaci dimana paprika sudah dikemas khsusu untuk oleh-oleh.  Harga untuk satu paket paprika antara $ 6 hingga $ 14, tergantung pada ukuranya.

Hungaria memang selalu memiliki keunikan yang bisa anda jadikan oleh-oleh. Dan diatas adalah oleh-oleh populer yang bisa anda beli dari Negara ini. Berbelanjalah sesuai dengan budget anda dan selamat berlibur.

, , ,
Post Date: Monday 07th, October 2019 / 08:26 Oleh :
Kategori : Hongaria