9 Oleh-oleh khas Israel Favorit dan Populer Wisatawan

Oleh-oleh khas Israel – Israel adalah salah satu negara yang terletak di timur tengah, dimana israel berbatasan langsung dengan tempat wisata di Mesir, lebanon, Suriah, Yordania dan Palestina. Meskipun terletak di timur tengah, dalam hal ekonomi dan kerjasama, Israel lebih condong ke Eropa.

Salah satu tempat wisata di Israel terpopuler adalah di wilayah yerusalem. Kota ini juga disebut sebagai tanah suci bagi berbagai agama besar di dunia, sehingga kota ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang ingin berdoa di kota ini.

Di Israel juga terdapat berbagai oleh-oleh khas yang bisa anda bawa pulang ketika mengunjungi negara ini. Nah, apa sajakah oleh-oleh khas Israel? Yuk kita simak ulasan mengenai oleh-oleh khas israel berikut ini.

1. Hamsa

hamsa

Hamsa adalah jimat yang dipercaya mampu melindungi sang pemilik dari kejahatan. Oleh-oleh khas israel yang satu ini dijual hampir di seluruh tempat penjualan souvenir di Israel. Hamsa dibuat dari berbagai bahan, seperti  kayu, keramik, tembaga, kaca, perunggu, perak dan berlian.

Salah satu toko souvenir yang menjual hamsa adalah di Artis Chaim yang terletak di 2 Rabby Arye, jalur sempit di dekat Shomron St. Toko ini buka setiap hari mulai dari jam 9:30 pagi hingga jam 6:00 sore, sedangkan pada hari Jumat, toko tutup lebih awal yaitu jam 1:00 siang. Harga berkisar dari $ 15,00 hingga $ 90,00.

2. Pakaian tradisional

pakaian

Tak bisa dipungkiri, sebagian wilayah israel dahulu merupakan wilayah negara palestina. Dimana anda bisa menemukan Pakaian tradisional Palestina ini israel terutama di kota Yerusalem. Pakain tradisional ini terdiri dari gaun panjang dengan korset bersulam tebal.

Terdapat 2 jenis bordir yang disematkan pada pakaian tradisional ini yaitu fahlahi dan tahriri. Dimana, memiliki desain yang menggabungkan pola geometris seperti segitiga, bintang, dan bujur sangkar dengan motif-motif alam, seperti bulan Betlehem, mawar Damask, ular, burung, dan pohon cemara.

Anda bisa membeli oleh-oleh khas Israel ini di House of Palestinian Crafts dan terletak di 7 Nablus Rd., Di sebuah rumah batu tradisional yang terletak di utara kota tua yerusallem. Toko buka dari Senin hingga Sabtu dari pukul 10:00 hingga 18:00.

3. Berlian

perhiasan

Industri berlian Israel sudah ada sejak awal tahun 1900-an. Salah satu berlian yang cukup populer adalah batu eilat, yang juga merupakan batu nasional Israel. Ketika dipoles, batu eliat ini akan memancarkan warna hijau, biru, dan pirus. Batu ini juga merupakan campuran daro azurit, perunggu, pirus, dan chrysoccola yang sangat indah ketika dijadikan liontin.

Salah satu toko berlian populer di Israel adalah  H. Stern, dimana toko ini menjual berbagai perhiasan emas eksklusif yang disematkan berlian yang mewah. Ada juga The Ethnics Artist Co-operative,yang terletak di 34 Jaffa Road. Toko ini menjual berbagai perhiasan dari emas, perak, pirus, tembaga, kuningan kaca, dan batu mulia.

4. Keramik Armenia

keramik

Keramik armenian adalah jenis keramik yang khas, dengan glasir tradisional dari oksida logam dan desain yang dilukis dengan tangan yang unik dan elegan. warna dari tembikar ini biasanya berwarna biru dengan lukisan burung merak yang menarik.

Jenis keramik ini dikembangkan oleh seniman Armenia yang tinggal di salah satu kota di tempat wisata di Turki pada abad ke-18. Pada 1919 pemerintah Inggris mengundangnya untuk memperbaiki ubin keramik di Masjid Kubah Batu di Yerusalem. Dan beberapa diantarany menetap di Yerusalem dan membuka toko yang diberi nama  Yerusalem pottery, di 15 Via Dolorosa.

Anda bisa membeli beberapa keramik armenia dalam berbagai bentuk seperti piring, mangkuk, mug, dan nampan, ubin. Dengan harga berkisar dari $ 19,00 hingga $ 93,00.

5. Ahava

ahava

Ahava berarti cinta, adalah perusahaan yang memproduksi berbagai macam produk perawatan kulit dengan bahan dari laut mati atau Yam Hamelah. Laut mati terletak 1.388 kaki di bawah permukaan laut, dan merupakan tempat terendah di Bumi. Memiliki tingkat keasinan delapan kali lebih asin daripada air laut pada umumnya.

Air di laut mati mengandung mineral yang kaya, yang dipercaya dapat digunakan untuk produk kecantikan. Tersedia berbagai macam produk untuk pria dan wanita yang ditawarkan dengan berbagai fungsi seperti untuk meremajakan kulit, sebagai pembersih, detoksifikasi, antialergi, dan sun block.

Terdapat banyak factory outlet Ahava di Israel, salah satunya ada di Midrachov, di 5 Ben Yehuda Street. Harga untuk produk-produk Ahava berkisar antara $35 hingga $75.

6. Minyak Zaiutun

zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu bahan pokok di Israel yang digunakan untuk memasak makanan khas israel. Diproduksi dari varietas Suriah dan Barnea yang memiliki rasa yang jauh lebih kuat daripada minyak zaiutun lainya.

Harganya untuk botol 100 ml sekitar $ 3,5 dan untuk kemasan kaleng 5 literan sekitar $ 70,00.

Anda bisa membeli oleh-oleh khas israel ini diberbagai toko oleh-oleh yang tersebat di seluruh israel. Salah satunya ada di Mahena Yehuda yang buka dari jam 8:00 sampai jam 8:00 malam.

7. Halva

Halva

Halva berasal dari hulw, bahasa arab yang berarti manis. Ya, halva adalah makanan manis yang berasal dari biji-bijian dan dicampur dengan susu dan gula. Halva pada zaman dahulu hanya dibuat dari kurma dan susu, namun saat ini Halva lebih beragam dengan berbagai tambahan kacang-kacangan dan buah-buahan kering lainnya.

Halva di israel dibuat dari pasta biji wijen bubuk, gula dan perasa, yang disajikan dengan bentuk lempengan bulat. Salah satu tempat untuk membeli halva yang lezat adalah toko Mamlechet Hahalva, yang terletak di Mahane Yehuda, di 12 Eitz Hahaim St. Harga untuk satu kilogram halva berkisar antara $ 10,00 hingga $ 32,00.

8. Kakadu

kakadu

Kakadu Artisans didirikan pada tahun 1990 oleh sepasang suami istri, Reut dan Aharon Shahar. Reut adalah seorang seniman, dan musisi. Bersama suaminya, Aharon, yang merupakan seorang tukang kayu dan desainer, mengembangkan teknik untuk melukis di atas kayu, dimana menghasilkan produk-produk estetika, fungsional, dan tahan lama.

Kakadu memproduksi berbagai produk seperti hiasan dinding, alas piring, nampan, dan vas. Desain-desainya terinspirasi dari alam, dengan unsur-unsur seperti daun, burung bentuk geometris, dan karikatur orang.

9. Kalung nama Ibrani

kalung

Kalung dengan bahasa ibrani adalah salah satu oleh-oleh khas israel yang unik dan bisa mengingatkan anda ketika berlibur di tempat wisata di Israel. Selain itu, anda juga sedikit belajar bahasa ibrani dan bisa menulis nama anda dengan bahasa ibrani.

Anda bisa menggantungnya di kalung yang juga sudah tersedia di beberapa penjual souvenir di berbagai tempat wisata di israel, khususnya di Yerusalem. Kalung dan ukiran nama dalam bahasa ibrani ini biasanya terbuat dari emas dan perak, sehingga menjadikan hadiah ekslusif dan elagan untuk orang-orang tersayang di rumah.

Itu dia berbagai oleh-oleh khas israel yang bisa anda beli di berbagai tempat wisata di Israel. Selain oleh-oleh diatas anda bisa membeli berbagai oleh-oleh yang cukup familiar untuk wisatawan seperti gantungan kunci, magnet kulkas, dan kaos. selalu jaga barang bawaan anda dan selamat berlibur.

, , ,
Post Date: Monday 07th, October 2019 / 08:53 Oleh :
Kategori : Eropa Timur