10 Oleh-oleh khas Istanbul Yang Wajib Dibeli Wisatawan

Oleh-oleh khas Istanbul – Istanbul merupakana salah satu kota yang sangat populer dan sering dijadikan tujuan utama wisatawan ketika mengunjungi tempat wisata di turki. Istanbul sangat populer dengan berbagai bangunan bersejarah dimana, kota ini terletak di jalur strategis perdagangan dunia pada abad pertengahan.

Kota ini dulu bernama bizantium dan konstationapel dan menjadi kota penting pada era Romawi, Bizantium hingga kekhalifahan Ottoman. Dan hingga sekarang, Istanbul juga merupakan kota terpadat yang menjadi kota yang sangat berpengaruh di Turki.

Nah, jika anda pergi ke istanbul, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas istanbul untuk saudara, dan kolega anda di rumah. Apa sajakah oleh-oleh khas istanbul? Yuk simak ulasan oleh-oleh khas Istanbul berikut ini.

1. Perhiasan Ottoman

ottoman

Perhiasan-perhiasan ini terinspirasi oleh berbagai barang peninggalan kekhalifahan ottoman. Perhiasan ini diproduksi secara lokal oleh penduduk istanbul, dan  menjadikan oleh-oleh khas yang  unik. Anda bisa membeli perhiasan Turki di berbagai toko perhiasan di Grand Bazaar atau di Spice Market.

Namun, tempat terbaik untuk mencari perhiasan Ottoman adalah di Eller Sanat Galerisi di Postacilar Sokak, yang tak jauh dari Istiklal Caddesi.  Selain bisa membeli perhiasan ottoman, anda juga bisa melihat proses pembuatan perhiasan tradisional ini. Semua barang yang dijual dibuat di tempat dan harga untuk satu ptong perhiasan mulai dari 50TL.

2. Nargile

nargile

Nargile dalam bahasa Turki berarti pipa air, dimana nargille sebenarnya adalah sisha khas Turki yang bisa anda beli di tempat wisata di istanbul.  Nargille memiliki bentuk yang unik dimana terbuat dari botol kaca berwarna-warni dengan pipa logam dan selang untuk menghisapnya.

Selama periode Ottoman, nargil cukup populer di Turki, dan sempat menurun ketika berbagai merk rokok bermunculan di Turki. Saat ini nargille cukup populer di berbagai kedai kopi di Istanbul. Nargile memiliki berbagai ukuran, untuk nargile kecil anda bisa membelinya seharga 20TL, dan untuk yang berukuran sedang sekitar 30TL. Nargille bisa anda beli di Istiklal Caddesi, Sultanahmet ataupun di Grand Bazaar.

3. Piring Keramik

keramik

Keramik Turki, terkenal dengan warnanya yang kaya dan desainnya yang rumit. Pada awalnya pembuatan keramik-keramik turki meniru tembikar Cina yang sudah dulu ada. Pengrajin Iznik di Anatolia dengan cepat mengembangkan desain dan pola mereka sendiri.

Hingga pada abad ke-16, di bawah kesultanan Suleyman,keramik-keramik Turki mulai populer. Dimana Pengrajin-pengrajin di Turki menggabungkan berbagai pola geometris dengan anyelir, mawar, eceng gondok dan tulip.

Untuk harga piring keramik ini, anda dapat membelinya mulai dari 20TL hingga sekitar 200TL. Anda bisa membelinya di hampir seluruh pasar wisata dan toko souvenir yang tersebar di Istanbul seperti di Grand Bazaar, Sultanahmet, Spice Market, dan Istiklal Caddesi.

4. Backgamon set

bacgamon

Di hampir setiap sudut jalan kafe di Istanbul Anda mungkin akan melihat beberapa orang sedang bermain dengan sebuah papan permainan. Permainan tersebut disebut dengan tavla atau backgamon. Anda bisa membeli kotak permaianan tavla dengan berbagai motifnya yang unik. Dimana anda bisa memainkanya di rumah, atau hanya digunakan sebagai pajangan.

Untuk membeli backgamon set anda bisa membelinya di Grand Bazaar yang terdapat sejumlah kios yang menjual papan backgamon dengan berbagai motif dan juga ukuran. Untuk harga per setnya mulai dari 20TL hingga 50TL.

Grand Bazaar terletak di dekat Sultanahmet di stasiun trem Beyazit. Grand bazaar adalah salah satu pasar tertutup terbesar dan tertua di dunia. Buka dari Senin hingga Sabtu mulai jam 9 pagi hingga jam 7 malam.

5. Cangkir kopi turki

cangkir

Kopi Turki biasanya disajikan dalam cangkir dan cawan unik yang memiliki ornamen yang indah dan elegan. Cangkir-cangkir ini didesain dengan indah dan biasanya disajikan di atas nampan perak sebagai tanda selamat datang serta menunjukkan keramahan penduduk  Turki.

Cangkir kopi di Turki biasanya terbuat dari keramik atau tembaga. Beberapa diantaranya hanya digunakan sebagai pajangan dan menggunakan cat yang kurang baik untuk dikonsumsi, jadi anda bisa memastikan sebelum membelinya.

Jika Anda menginginkan perangkat dekoratif, buatan tangan dari tembaga dengan detail yang dilukis dengan tangan, anda bisa menuju di Pasabahce di Istiklal Caddesi. Dimana untuk satu set cangkir kopi biasanya dibanderol sekitar 200TL.

Namun, jika Anda mencari perangkat praktis untuk digunakan di rumah, Anda bisa membelinya di berbagai toko grosir di Istanmbul, seperti Migros. Dimana anda bisa membeli satu set cangkir kopi turki  seharga 15TL.

6. Manisan

manisan

Salah satu manisan yang cukup populer dijadikan oleh-oleh khas turki adalah Turkish Delight, yang dikenal sebagai Lokum di Turki. Terdapat banyak rasa yang bisa anda pilih dan cicipi disini. Untuk harga 1 kg Turkish delight berkisar andara 8 TL hingga 29TL .

Selain turkish delight, anda juga bisa memilih pismaniye, permen kapas manis istanbul yang sangat populer di Turki dan berbagai negara timur tengah lainya. Untuk saru set kotak pismaniye anda bisa membelinya dengan harga antara 5TL hingga 10TL.

Salah satu tempat terbaik untuk membeli berbagai manisan khas istanbul adalah di di Koska, toko manisan istanbul yang sudah membuka beberapa cabang di seluruh Turki. Toko ini buka setiap hari mulai dari  jam 9 pagi hingga jam 11 malam.

7. Kostum Tarian Perut

kostum

Tarian perut sangat terkenal di seluruh dunia, dimana tarian ini biasanya dilakukan oleh seorang wanita dengan kostum rok yang longgar yang dikombinasikan dengan sabuk koin atau syal di sekitar pinggulnya, ada akan berbunyi krincing-krincing ketika digunakan

Anda bisa membeli syal pinggul dengan koin yang berbunyi krincing-krincing yang bisa mengingatkan anda ketika berlibur ke Istanbul. Tempat terbaik untuk membeli oleh-oleh khas istanbul ini adalah di Grand Bazaar dengan harga 10 TL.

8. Sabun minyak zaitun

olive

Produk kesehatan dan kecantikan alami buatan lokal saat ini sedang meningkat di Turki. Sabun minyak zaitun adalah salah satu dari tren ini dimana sebenarnya sabun minyak zaitun sudah diproduksi selama berabad-abad lamanya di hamams dan Istanbul adalah salah satu kota dengan sabun zaitun tradisional terbaik di dunia.

Pembuat sabun zaitun ini menggunakan minyak zaitun berkualitas tinggi yang dikombinasikan dengan berbagai ekstrak tumbuhan lainnya sehingga menghasilkan sabun yang cocok untuk berbagai jenis kulit.

Anda bisa menemukan berbagai jenis sabun zaitun di spicy souq, yang terletak di Eminonu di seberang Jembatan Galata. Pasar ini buka dari hari Senin sampai Sabtu dari jam 8 pagi sampai jam 7:30 malam sedangkan pada hari Minggu buka dari jam 9:30 pagi sampai jam 7 malam.

9. Kilims

killims

Kilim adalah karpet tenunan datar yang kaya warna dengan pola geometris yang rumit. Dimana kilim adalah salah satu permadani yang masih menggunakan teknik tenun tradisional khas Turki. Terdapat berbagai ukuran yang bisa anda beli, mulai dari kilim berukuran keset bisa anda beli mulai dari 60TL hingga sekitar 150TL.

Kilim dapat anda beli diberbagai toko di Grand Bazaar, dimana Grand Bazaar terletak di dekat Sultanahmet di stasiun trem Beyazit. Pasar ini buuka dari hari senin – sabtu mulai pukul 09:00 hingga pukul 19:00.

10. Raki

raki

Raki adalah minuman nasional tradisional Turki, ekstrak adas manis yang juga dikenal sebagai Lion’s Milk. Raki bisa langsung diminum, namun biasanya diminum dengan es dan air. Minuman tradisional ini biasanya dikonsumsi dengan ikan atau berbagai makanan khas turki yang berbahan dasar seafood.

Anda bisa membeli raki diberbagai toko bahan makanan di Istanbul, salah satunya adalah Migros yang memiliki lebih dari 100 cabang di Istanbul. Raki biasanya dijual dengan harga sekitar 40TL per botolnya.

Itu dia berbagai oleh-oleh khas Istanbul yang cukup populer untuk saudara ataupun kolega anda di rumah. Selamat berbelanja dan selalu awasi barang bawaan anda.

, ,
Post Date: Monday 07th, October 2019 / 09:54 Oleh :
Kategori : Turki