10 Oleh-oleh khas Oman Terpopuler dan Favorit Wisatawan

Oleh-oleh khas Oman – Oman terletak di Asia Barat, dan termasuk Negara Timur tengah dimana berada di pantai tenggara Jazirah Arab. Negara ini berbatasan langsung dengan berbagai Negara timur tengah lainya seperti tempat wisata di Arab Saudi, Yaman, dan Uni emirat Arab. Letaknya yang sangat strategis, yaitu di pintu teluk Persia membuat Negara ini cukup ramai dalam perdagangan zaman dahulu hingga sekarang.

Untuk tempat wisata Oman memang tidak sepopuler tetangganya, seperti halnya tempat wisata di Dubai. Yang berada di Negara Uni Emirat Arab. Namun, Oman memiliki berbagai tempat wisata yang juga cukup ramai dikunjungi wisatawan. Selain itu, terdapat berbagai oleh-oleh khas Oman yang unik untuk sanak saudara anda di rumah.

Apa sajakah oleh-oleh khas Oman tersebut. Yuk simak ulasan mengenai oleh-oleh khas Oman berikut ini.

1. Tembikar Oman

tembikar

Jika anda pergi ke tempat wisata di Oman, salah satu benda yang sering anda lihat di toko-toko souvenir adalah tembikar.  Salah satu kota yang cukup populer dengan kerajinan tangan ini adalah di Kota Bahla, dimana tembikar dari kota bahla dianggap memiliki kualitas yang bagus dibandingkan tembikar lainya di Oman.

Selain di kota Bahla, anda juga bisa menuju Nizwa souq, dimana setiap penjual di pasar ini menjual tembikat berbagai bentuk dan ukuran yang menghiasi bagian luar souq. Ada berbagai macam desain kontemporer yang tersedia, mulai dari guci air besar hingga tembikar dalam bentuk pembakar dupa.

Selain bisa dinikmati keindahanya, Tembikar khas oman ini biasanya digunakan untuk menyimpan kurma, air, serta biji-bijian lainya.

2. Kurma segar

kurma

Seperti halnya Negara-negara timur tengah lainya, Oman juga memiliki kurma segar yang bisa dijadikan oleh-oleh. Dimana 78% lahan pertanian di negara ini didedikasikan untuk penanaman kurma. Anda bisa menemukan dalam berbagai kualitas dan harga yang beragam.  

Fardh, Khunaizi dan Khalas adalah varietas kurma paling lezat yang bisa anda temukan di Oman, meskipun terdapat lebih dari 250 varietas kurma yang tumbuh di sana.

Selama musim panen, kurma jenis Al Nagal dan Ash Patash adalah yang pertama muncul di pasaran, Namun kurma-kurma tersebut  merupakan varietas biasa. Al Khunaizi merupakan jenis kurma dengan rasa paling manis, sedangkan Al Khalas adalah salah satu jenis kurma yang paling enak dan banyak disukai penduduk Oman dan wisatawan.

Cobalah beberapa varietas kurma dan bawa pulang yang paling Anda sukai. Anda bisa membelinya di pasar kurma yang terletak di belakang Nizwa Souq, dimana anda bisa menemukan berbagai varietas kurma.

3. Kemenyan / Frankincense

kemenyan

Selain terkenal akan kurmanya, Oman juga cukup populer dengan bau kemenyan yang biasa anda temui di berbagai tempat di berbagai penjuru negara ini. Kota Dhofar yang terletak di bagian selatan Oman adalah salah satu dari sedikit daerah di dunia yang ditumbuhi pohon Boswellia sacra,yaitu pohon Kemenyan yang sangat populer di dunia.

Pohon ini hanya tumbuh di padang pasir atau di bebatuan yang tandus. Getah-getah yang dijadikan kemenyan dari pohon ini mulai produksi ketika pohon ini berumur 8-10 tahun. Oleh sebab itu, kemenyan Oman memiliki aroma yang cukup khas yang jarang untuk bisa anda temukan di tempat lain, seperti halnya di tempat wisata di mesir yang juga terkenal akan kemenyanya.

Kemenyan Oman dianggap sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Ketika dibakar dengan batu bara, kemenyan ini menghasilkan asap yang sempurna untuk mengharumkan rumah dan pakaian. Bau ini juga efektif untuk mengusir serangga, dan juga dipercaya dapat menangkal jin.

4. Khanjar

khanjar

Khanjar adalah belati khas Oman  yang menjadi simbol kebanggaan dan sejarah dari rakyat Oman. Khanjar dapat dilihat di berbagai simbol kenegaraan seperti bendera nasional Oman, uang kertas dan koin Oman, dokumen resmi, rumah sakit, universitas, sekolah, buku sekolah, bangunan resmi, mobil tentara, mobil polisi, pengadilan, kementerian, dll.

Penduduk laki-laki Oman juga biasanya memakai khanjar dan diselipkan di di ikat pinggang mereka terutama dalam acara-acara penting seperti  festival , acara sosial, pemakaman, pernikahan dan acara formal sebagai bagian dari tradisi mereka.

Bilah Khanjar biasanya terbuat dari perak, emas, kuningan atau tembaga, sementara gagangnya terbuat dari cula badak, atau gading gajah. Namun, saat ini khanjar juga dapat anda temukan dengan bahan plastik, kayu atau tulang unta.

Gagang dan sarung khanjar memiliki ukiran yang unik . Sehingga anda bisa menjadikanya oleh-oleh yang keren yang bisa anda pajang di rumah.

5. Kerajinan perak

perak

Perak  adalah salah satu kerajinan yang sangat populer di Oman. Tidak hanya dijadikan perhiasan, perak-perak di Oman juga digunakan untuk membuat senjata, barang-barang rumah tangga, khanjar, teko kopi, ikat pinggang, cincin, dan lain sebagainya.

Barang-barang dari perak di Oman juga sering digunakan sebagai mahar saat pernikahan. Biasanya perak-perak tersebut disimpan dalam sebuah peti, yang akan digunakan pihak wanita untuk investasi dan keamanan finansial mereka sendiri. Anda dapat membeli beberapa barang perak dari Oman dan menggunakannya untuk keperluan perhiasan, dekorasi, atau mungkin sebagai investasi.

6. Kerajinan dari Rotan

rotan

Secara tradisional, orang-orang Oman menyantap makanan mereka di atas tikar besar yang terbuat dari anyaman rotan. Kerajinan rotan juga akan sering anda lihat di berbagai pasar wisata yang tersebar di seluruh Oman.

Selain anda bisa menemukan berbagai tikar lantai yang berwarna indah serta memiliki tekstur yang cukup lentur untuk digulung. Anda juga bisa membeli dalam berbagai bentuk kerajinan seperti  tas, keranjang, dan produk-produk lainnya yang terbuat dari kombinasi rotan alami dengan berbagai warna yang menarik.

7. Kain Wol Domba

wol

Oman juga memiliki banyak domba yang dipelihara oleh para peternak. Selain dagingnya yang bisa dimakan, bulu domba juga dapat dimanfaatkan untuk membuat kain. Salah satu tempat untuk membeli kain wol domba terbaik adalah di Oman Heritage Gallery yang berada di dalam Nizwa Souq.

Anda dapat membeli kain wol ini dalam berbagai bentuk seperti hiasan dinding wol tebal, selimut, danb berbagai peralatan rumah tangga lainya. Anda juga bisa membelinya di berbagai pasar souvenir yang menjual oleh-oleh khas Oman yang tersebar di seluruh Negara ini.

8. Lampu mosaik

lampu

Lampu-lampu lampion ini cukup unik dengan berbagai warna yang sangat mengaggumkan. Nizwa souq adalah tempat yang tepat untuk membeli perlengkapan lampu bergaya Arab dan Maroko ini. Beberapa toko diterangi dengan lampu gantung ikonik ini dimana semakin menambah semarak suasana yang ada dalam toko.

Anda bisa membeli beberapa dan memasangnya di kamar ataupun di berbagai ruangan di rumah. Dan rasakan suasana Oman yang berwarna warni dan menyenangkan.

9. Pernak-pernik Khas Oman

taqiyah

Jika Anda hanya memiliki ruang yang kecil dan ingin membeli souvenir untuk banyak orang. Pernak pernik seperti magnet kulkas, gantungan kunci dengan gambar-gambar bangunan khas Oman adalah solusi terbaik untuk anda beli. Selain itu, anda juga bisa membeli potongan-potongan tembikar tanah liat yang  biasanya dijadikan kalung ataupun gelang yang juga cukup menarik untuk dibeli.

Selain berbagai pernak pernik diatas, anda juga bisa membeli Taqiyah, Kopiah khas Oman yang disulam indah dan bermotif halus  Taqiyah bisa anda dapatkan di berbagai pasar souvenir di Oman seperti di Muttrah Souq, Muscat, atau bisa juga di Nizwa souq di Nizwa.

10. Amouge Parfum

parfum

Amouage adalah merek parfum khas Oman, dimana parfum-parfum ini di produksi di kota Muscat. Amouge parfum merupakan salah satu oleh-oleh khas Oman elegan yang bisa anda bawa pulang. Parfum ini memiliki harga yang cukup mahal.

Di dalam outlet resminya parfum disimpan dalam botol besar dan kemudian dituang ke dalam wadah ukuran yang Anda inginkan. Anda hanya perlu membeli dalam ukuran yang kecil karena parfum ini adalah parfum murni dan, sedikit saja dioleskan parfum ini akan bertahan sangat lama.

Itu dia berbagai oleh-oleh khas Oman yang bisa anda bawa pulang. Tetap semangat dan jaga kesehatan anda. Happy Travelling.

, , ,
Post Date: Monday 14th, October 2019 / 13:02 Oleh :
Kategori : Oman