9 Tempat Wisata Di Oman Yang Paling Populer Dan Wajib Dikunjungi

Siapa yang tidak mengetahui cantiknya pemandangan negara timur tengah? Hampir seluruh umat manusia menyadari cantiknya timur tengah yang berdekatan dengan Benua Eropa. Salah satunya adalah si cantik yang berada di dekat Yaman. Oman berada di pesisir tenggara jazirah arab, yang tentunya jika diantara para viewers melakukan ibadah haji, sangat mudah untuk melipir ke Negara Oman.

Oman memiliki kebudayaan dan arsitektur yang khas sangat melekat di dalamnya, mungkin jika kita berjalan di Negara Oman, akan terasa tidak jauh beda dengan jalan – jalan ke Turki Sudah penasaran dengan tempat – tempat wisata di Negara Oman? Dalam kesempatan kali ini akan dibahas mana – mana saja tempat recommended untuk dikunjungi jika berwisata di Oman.

Yuk mari kita bahas satu persatu tempat wisata di Oman

  • The Royal Opera House Muscat

the-royal-opera-house-muscat

Negara Oman memiliki opera house seperti halnya Sydney opera house ataupun opera house yang ada di London. Tempat ini adalah tempat utama digelarnya berbagai macam kesenian seperti seni musik dan berbagai macam kebudayaan Oman pada umumnya.

Letak dari the royal opera house ini adalah berada di Shati Al Qurm distrik Muscat, Oman. Terlihat dari bangunannya yang sangat khas dengan bangunan timur tengah pada umumnya.

Kapasitas dari bangunan ini mampu menampung 1.100 pengunjung. Bangunan ini di bangun ketika masa kerajaan Sultan Qaboos. Royal opera house juga dilengkapi dengan taman yang mengelilinginya cukup luas. Sangat direkomendasi bagi viewers yang suka menonton teater dan musik.

  • Nizwa

nizwaOman tidak kalah cantiknya dengan negara lainnya, Ia memiliki arsitektur kota yang hampir sama dengan ibiza. Namun berbeda halnya jika ibiza adalah kota untuk bersenang – senang, Nizwa adalah kota yang tenang dan damai. Kota ini memiliki gelar sebagai Ibukota Budaya Islam, penduduknya sangat menjunjung tinggi budaya islam, kesenian, dan pengetahuan.

Bagi anda para fotografer atau yang suka hunting spot yang instagramable sangat recommended. Di dalam kota Nizwa terdapat bangunan bersejarah yang dinamakan Nizwa Fort. Selain menyuguhkan bangunan – bangunan yang eksotis, kota ini juga sebagai tempat berjualan oleh – oleh dan juga wisata kuliner, hampir sama dengan makanan khas Mesir. Makanan di Oman juga memiliki bumbu menonjok yang tentunya membuat lebih sedap.


  • Salalah

salalah1Tempat wisata di oman selanjutnya adalah Salalah. Tempat ini merupakan gurun pasir, namun bukan gurun pasir biasa, keutamaan tempat ini adalah gurun pasir yang memiliki permadani hijau, air terjun, dan aliran sungai di permukaannya. Sangat sulit dibayangkan karena pada umumnya gurun pasir identik dengan kering dan gersang.

Fenomena ini terjadi biasanya pada saat musim hujan tiba, yaitu antara bulan Juli hingga September, jika anda tertarik untuk melihat gurun pasir yang hijau maka datanglah pada saat Juli hingga bulan September. Salalah ini biasanya disebut sebagai oase yang ada di Negara Oman.Disamping itu hal yang menarik lainnya adalah para penduduk biasanya mengadakan festival khareef. Festival ini dilakukan dengan cara para penduduk biasanya menari – nari di tengah hujan.

  • Jebel Akhdar

jebel-akhdarOman memang memiliki segudang wisata yang cantik. Tempat wisata di oman selanjutnya yang akan dibahas adalah Jebel akhdar, tempat ini berada di pegunungan Al Hajar yang membentang di daerah barat laut hingga ke arah tenggara Negara Oman.

Kawasan ini adalah spot paling banyak dikunjungi wisatawan yang ada di Oman. Tempat ini berdekatan dengan wisata Nizwa, hanya membutuhkan sekitar 45 menit jika memakai kendaraan.

Seperti tempat wisata pada umumnya, Jebel akhdar memiliki hasil pertanian yang khas seperti delima, apricot, dan biji – bijian seperti kenari, jadi buat kalian para viewers yang ingin berbelanja oleh – oleh hasil pertanian khas Oman disini tempatnya.

  • Bahla Fort

bahla-fort1Jika sudah puas dengan wisata alam, kini saatnya kembali menikmati wisata dalam kota lagi. Oman menyuguhkan bahla fort sebagai destinasi cantik lainnya, yaitu berupa benteng yang berjumlah empat. Benteng ini merupakan benteng bersejarah yang terletak di jebel akhdar. Dibangung sekitar pada abad ke 13 dan ke 14.

Benteng ini dinanungi oleh UNESCO dan di klaim sebagai bangunan bersejarah yang ada di dunia, dari bentuknya saja benteng ini memiliki arsitektur khas timur tengah.

Pada awalnya benteng ini tidak terpelihara dan ditelantarkan begitu saja, namun semenjak dilirik oleh UNESCO, benteng ini memiliki nilai wisata yang sangat tinggi, banyak wisatawan yang ingin mengunjungi tempat tersebut.

  • Masjid Agung Sultan Qaboos

masjid-agung-sultan-qaboosWisata selanjutnya adalah masjid agung sultan qaboos. Masjid ini sama seperti masjid terkenal di Turki.Memiliki bangunan yang besar dan megah yang terletak di Muscat.

Masjid ini masih terhitung muda yaitu diresmikan pada tahun 2001 oleh Sultan Qaboos. Salah satu keistimewaan dari masjid ini yaitu di dalam masjid terdapat karpet buatan tangan manusia terbesar di dunia sehingga menembus rekor di dunia.

Semenjak karpet tersebut tercatat di dalam buku rekor dunia, wisatawan otomatis membanjiri masjid tersebut karena ingin melihat seperti apa karpet buatan tangan manusia yang terbesar di dunia, namun posisi rekor tersebut di salip oleh masjid agung sheikh zayed di Abu Dhabi, meskipun begitu wisatawan tetap ingin melihat masjid agung yang terdapat di Oman.

  • Sur Tutles

sur-turtlesWisata selanjutnya ini cocok untuk segala usia terutama bagi anak – anak. Sur turles adalah sebuah pantai yang terletak di dekat lembah bani khalid yang berada di pelabuhan Sur.

Di sini akan banyak ditemui kapal – kapal yang cantik menghiasi di sepanjang bibir pantai. Sur turtles biasa disebut juga sebagai beach turles Oman.

Keistimewaan utama yang dimiliki oleh pantai ini adalah para wisatawan dapat melihat penyu, bahkan jika beruntung kita dapat menemukan penyu yang sedang bertelur ataupun anak – anak penyu yang barusan menetas. Hal ini bisa dijadikan wisata edukasi bagi anak – anak anda, selain bisa melihat secara langsung penyu bertelur dan proses penyu menetas.

  • Kota Tua Muscat

muscatMuscat sebagai kota utama di Negara Oman sanagt banyak dikunjungi oleh wisatawan. Kota Muscat menyuguhkan perpaduan alam dan bangunan – bangunan yang khas timur tengah sebagai perhiasannya.

Jangan salah tidak hanya bangunan – bangunan yang cantik, di kota ini menyuguhkan berbagai macam kuliner khas Oman yang bervarian.

Tidak hanya kuliner, oleh – oleh khas Oman juga banyak dijual disini. Banyak diantara penduduk – penduduk sekitar serta merta menjual barang kerajinan tangan ataupun oleh – oleh khas Oman. Disamping itu disambut dengan penduduk setempat yang ramah akan membuat anda betah jika berlibur ke kota ini.


  • Gurun Wahiba

wahibaGurun Wahiba biasa disebut juga sebagai wahiba sand, sangat digemari para wisatawan yang memang senang untuk memacu adrenalin, disini anda dapat memacu adrenalin dengan kendaraan bermotor, dan tentu saja dapat ber-sand surfing.

Gurun wahiba memiliki ketinggian sekitar 100 meter membentuk bukit, tidak hanya itu saja gurun ini dijadikan perkemahan padang pasi di Negara Oman.

Keistimewaan lain dari gurun ini adalah memiliki pasir yang berwarni – warni dan sederet unta yang membuat gurun ini lebih hidup seperti gurun pasir yang ada di Negara Arab. Unta – unta tersebut biasanya disewakan oleh penduduk sekitar agar kita bisa menikmati gurun wahiba tersebut sembari menunggang unta.

, , ,
Post Date: Thursday 24th, May 2018 / 05:38 Oleh :
Kategori : Oman