13 Oleh-oleh khas Okinawa Yang Paling Populer dan Menarik

Oleh-oleh khas Okinawa – Okinawa adalah pulau tropis paling selatan di tempat wisata di Jepang yang cukup populer di kalangan wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Okinawa memiliki pantai yang indah, dan pemandangan alam yang menakjubkan, yang menyatu dengan budaya Jepang yang unik.

Okinawa juga merupakan salah satu tempat yang tepat bagi anda yang hobi berbelanja dan kuliner. Tradisi dan budaya makanan di Okinawa cukup unik jika dibandingkan dengan kota wisata di Jepang lainya. Selain anda bisa menikmati makanan yang lezat disini, anda juga dapat membeli berbagai oleh-oleh khas Okinawa yang unik untuk dibawa pulang.

Okinawa memiliki berbagai souvenir menarik untuk dibawa pulang. Nah, apa sajakah itu, Yuk kita simak ulasan mengenai oleh-oleh khas Okinawa berikut ini.

1. Figur Shisa

shisaShisa adalah binatang mitologi Okinawa yang dipercaya sebagai dewa penjaga dan melindungi penduduk Okinawa dari berbagai kejahatan. Di Okinawa, Anda bisa menemukan patung shisa di berbagai tempat mulai dari gapura, hingga di atap rumah-rumah penduduk.

Anda bisa membeli berbagai miniature figur shisa dengan berbagai ekspresi dan ukuran sebagai oleh-oleh khas Okinawa yang unik. Salah satu toko souvenir yang menjual berbagai figure sisha yang imut adalah di Itoman Kobo. Disini anda menemukan berbagai figure sisha unik dan lucu yang bisa anda jadikan oleh-oleh.

2. Chisunko

chisunkoChinsuko adalah salah satu makanan khas Jepang yang berasal dari Okinawa. Permen manis ini terbuat dari tepung, gula dan lemak babi, daya tarik permen ini terletak pada teksturnya yang segar dan rasanya yang lembut.

Chisunko memiliki berbagai rasa yang bisa anda coba seperti rasa original, gula merah, coklat, ubi ungu, kayu manis, garam wijen, madu jahe dan masih banyak lagi. Anda bisa membeli oleh-oleh khas Okinawa yang satu ini di toko permen Aragaki Chinsuko yang terletak  di Bandara Naha. Toko ini merupakan salah satu toko permen terkenal di Okinawa yang sudah berusia 400 tahun.

3. Purple Yam Tart

tartPurple Yam Tart adalah salah satu oleh-oleh makanan dari Okinawa yang terbuat dari beni imo, ubi ungu khas Okinawa. Camilan ini memiliki tekstur  yang lembut dan merupakan salah satu oleh-oleh khas Okinawa yang populer dan menjadi favorit wisatawan untuk dibeli.

Saat ini, terdapat banyak perusahaan yang menjual purple yam tart, dan salah satu perusahaan yang cukup popular adalah Okashi Goten . Dimana, Okashi goten tidak menggunakan bahan pengawet atau pewarna dalam pembuatan purple yam tart nya yang lezat.

4. Ryukyu glass

ryukkuRyukyu glass adalah salah satu oleh-oleh khas Okinawa yang juga cukup popular dimana gelas kaca berwarna-warni ini memiliki karakter pulau selatan yang unik.

Sejarah pembuatan kaca-kaca ini juga cukup menarik, dimana berawal dari sampah botol cola dan bir yang dibuang dari pangkalan-pangkalan Amerika setelah Perang Dunia II yang mencemari lingkungan. Dan munculah ide untuk mendaur ulang sampah kaca tersebut menjadi barang-barang yang bermanfaat.

Anda bisa membeli berbagai bentuk dan ukuran gelas Ryukyu yang di berbagai toko Ryukyu glass di Okinawa. Salag satunya adalah Rurian shop yang terletak di bandara Naha. Toko ini menjual berbagai kerajinan Ryukyu glass seperti aksesoris, barang desain interior, dan berbagai macam variasi gelas Ryukyu yang unik.

5. Sata Andagi

sataOkinawa memang cukup popular dengan makanan dan camilanya yang unik. Salah satunya adalah sata andagi yang merupakan  donat bergaya Okinawa. Tidak seperti donat biasanya yang berbentuk cincin, donat-donat di Okinawa berbentuk bulat. Bagian luar sata andagi renyah, sementara bagian dalamnya kenyal dan padat, menjadikannya suguhan yang sangat memuaskan.

Di Ryukyumura di lantai dua Bandara Naha, Anda dapat menemukan sata andagi dengan rasa gula merah dan Original. Sata andagi adalah camilan populer yang dibuat oleh ibu-ibu Okinawa untuk anak-anak mereka dan anda bisa mencicipinya di rumah dengan membeli beberapa sata andagi di sini.

6. Brown Sugar Okinawa

brownDi Okinawa terdapat banyak lahan yang ditanami dengan tebu, dan produk brown sugar atau gula merah di Okinawa merupakan salah satu produk hasil olahan tebu yang sangat populer untuk dijadikan oleh-oleh.

Brown sugar ini memiliki rasa yang unik dan tidak ada dalam gula putih. Salah satu produk brown sugar yang populer adalah brown kokuto kanasa, yang memiliki rasa manis sedang dan menjadikannya salah satu cemilan favorit yang siap dinikmati.

Anda bisa menemukan berbagai macam oleh-oleh khas Okinawa yang menggunakan brown sugar Okinawa, seperti Gajumaru Baumkuchen yang diproduksi oleh Fukugiya atau brown sugar Ishigakijima Chocolate dari Royce.

7. Kain Minsa

minsaProduksi tekstil di Okinawa memiliki sejarah lebih dari 400 tahun. Dalam catatan sejarah, wanita biasa memberikan barang-barang tenunan kepada pria yang mereka cintai. Dan secara tradisional, kain tenun di Okinawa berwarna biru

Saat ini, anda bisa menemukan tenunan minsa dalam berbagai macam warna, seperti merah, kuning dan hijau. Selain anda bisa membeli kain tenunan mentah, anda bisa membeli berbagai produk tenunan jadi seperti untuk ikat pinggang, tas anyaman, dan gantungan kunci.

8. Garam laut Okinawa

garamGaram laut alami yang kaya rasa diproduksi di berbagai pulau di Okinawa, berkat perairan sekitarnya yang indah. Garam laut Okinawa in memiliki kandungan mineral yang melimpah, dan terdapat rasa manis di balik rasa asin dari garam ini.

Garam  Miyakojima adalah garam yang sangat populer dan menjadi favorit wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh khas Okinawa, Selain itu, juga terdapat garam yukishio yang berbutir halus, garam Kamadaki yang diproses dengan memanaskan air laut, garam Tenpiboshi yang diproses dengan dijemur, dan garam nuchima-su, yaitu garam yang dibuat dengan mesin untuk meningkatkan kandungan mineralnya. Oleh-oleh khas Okinawa dapat dibeli di berbagai toko souvenir di pusat pariwisata di seluruh Okinawa.

9. Kaos Ryukku Puyusha

kaosToko Ryukyus Puyusha terletak di Jalan Ukishima di Kota Naha, dimana disini anda bisa menemukan sekitar 60 kaos yang berbeda untuk bisa anda beli. Kaos-kaos ini dirancang oleh seniman keramik dan kaligrafer yang merupakan penduduk di prefektur Okanawa.

Kaos-kaos ini juga memiliki berbagaie elemen-elemen Okinawa yang unik dank has. Disini anda juga bisa menyablon nama anda pada kaos yang anda beli.  Kaos-kaos ini tersedia  dalam 5 ukuran yang berbeda, jadi sangat cocok untuk anda yang ingin membelikan oleh-oleh bagi sanak saudara maupun kolega anda.

10. Keripik garam

saltKeripik garam gandum sudah sangat populer sebagai makanan ringan sejak zaman dahulu. Rahasia kelezatan keripik ini  adalah tekstur dan rasa renyahnya yang bertahan lama. Dengan bumbu sederhana, anda bisa mencicipinya sembari bersantai di rumah anda.

Oleh-oleh khas Okinawa ini dapat dibeli dengan harga sekitar 100 yen per packnya,  Jadi sangat pas untuk dijadikan oleh-oleh bagi banyak orang yang ingin mencicipi camilan tradisional Okinawa.

11. Shima zori

Shima zori, sandal jepit pulau, adalah satu jenis alas kaki yang sangat populer di Okinawa. Anda dapat membuat shima zori unik ini di berbagai tempat wisata di Okinawa yang bertema pantai. Shima zori tersedia dalam berbagai warna dan desain.

12. Kokucho

Kokucho atau mutiara hitam diproduksi di Pulau Ishigaki, tempat pertama di dunia yang berhasil membudidayakan mutiara hitam. Mutiara hitam di Okinawa memiliki ukuran yang sedikit lebih kecil dan lebih ringan dibandingkan mutiara di tempat lain. Dengan sekitar 99 persen mutiara hitam di pasaran berasal dari negara lain, mutiara Jepang sangat langka dan merupakan salah satu oleh-oleh khas Jepang terbaik untuk dibawa pulang dari Okinawa.

13. Kuba-gasa

Kuba adalah sejenis pohon palem, Livistona chinensis yang tumbuh di berbagai tempat di Okinawa dan umumnya digunakan dalam upacara keagamaan. Kuba juga digunakan untuk membuat topi yang disebut kuba-gasa, dimana kuba gasa sangat pas untuk dipakai ketika anda berkunjung di pantai Okinawa yang indah atau sebagai pajangan yang unik di rumah.

Itu dia berbagai oleh-oleh khas Okinawa yang populer dibeli wisatawan. Tetap jaga kesehatan dan selalu berhati-hati dalam berwisata. Hormati berbagai budaya lokal dan selamat berlibur.

, , ,
Post Date: Wednesday 16th, October 2019 / 14:11 Oleh :
Kategori : Jepang