10 Oleh-oleh Khas Ceko Yang Unik dan Mengesankan

Oleh-oleh khas Ceko – Ceko merupakan salah negara yang teletak di Eropa tengah yang langsung berbatasan dengan tempat wisata di Polandia, Jerman dan Slowakia. Ceko merupakan bekas kerajaan Bohemia, dan pernah berada di bawah kekuasaan berbagai rezim karena letaknya yang sangat strategis.

Negara ini tidak memiliki laut, Namun didalamnya terdapat berbagai sungai-sungai indah yang mengalir serta bentang alam yang juga tak kalah menarik. Selain itu berbagai bangunan sejarah juga turut mendominasi berbagai tempat wisata di negara ini.

Ketika berlibur ke Ceko, tak lengkap rasanya jika tidak membawa pulang oleh-oleh khas Ceko untuk sanak saudara anda di rumah. Anda bisa melihat berbagai oleh-oleh yang kami rekomendasikan di bawah ini. Langsung saja kita simak yuk oleh-oleh khas ceko berikut ini.

1. Chezch Marionet

Marionette

Chezh Marionettez merupakan wayang atau boneka khas ceko yang unik dan sangat cocok untuk anda jadikan oleh-oleh untuk anak-anak di rumah. Wayang-wayang khas ceko ini biasanya menyerupai karakter –karakter sastra, kartun, dan bahkan tokoh politik.

Anda bisa menjelajahi barisan boneka kerajinan tangan yang unik ini di tempat wisata di Praha. Pastikan Anda juga mengunjungi tempat pembuatan boneka ini dan pelajari bagaimana boneka-boneka ini dibuat. Harga chezh marionettez mulai dari 40 dollar, dan salah satu toko yang cukup populer yang menjual boneka-boneka ini adalah di toko-toko sekitar Jembatan Charles di Kota Tua Praha.

2. Chezch glassware

glassware

Ceko terkenal akan cinderamata yang terbuat dari kaca. Ya, Bohemian glass memang terkenal di dunia sejak zaman Renaissance. Bohemian glass begitu istimewa karena dibuat  di pedesaan Ceko yang indah dengan memadukan potas lokal, yang dicampur dengan kapur. Bahan-bahan tersebut menghasilkan kaca yang jauh lebih stabil dibandingkan dengan kaca di tempat wisata di Italia yang juga populer saat itu.

Terdapat banyak bentuk bohemian glass yang bisa anda bawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh. Untuk harga memang bervariasi, untuk bohemian glass murah, anda bisa memilih gantungan kunci yang unik sebagai oleh-oleh.

3. Kosmetik Alami

kosmetil

Ceko terkenal dengan produksi kosmetik alaminya. Ya, bagi anda yang suka dandan dan perawatan tubuh, kosmetik asli ceko merupakan salah satu oleh-oleh wajib untuk dibawa pulang. Selain untuk anda pakai sendiri, anda juga bisa memberikanya kepada teman, pacar ataupun anggota kelaurga anda di rumah.

Untuk kosmetik nabati organik, anda bisa menjelajahi Botanicus dan Boemi yang cukup populer di Ceko. Dimana disini Anda akan menemukan berbagai kosmetik alami mulai dari perawatan kulit, produk tubuh, sabun, dan banyak lagi. Harga kosmetik alami di toko ini sangat terjangkau, yaitu mulai dari 120 CZK.

Anda bisa mengunjungi Botanicus di Thursday 1049/3, 110 00 Stare Mesto, dan Boemi di Chrustenice 25, 267 12 Chrustenice.

4. Golem

golem

Ceko juga cukup populer dengan mainanya yang memiliki sejarah panjang dari masa ke masa. Salah satu yang unik untuk di jadikan oleh-oleh  adalah Golem dari Praha, yang dibuat patung kecil yang imut. Anda bisa mendapatkannya dari kios-kios pasar di jalan U Stareho Hrbitova, atau di toko suvenir di belakang  Sinagoga Pinkas.

Golem sendiri adalah makhluk mitologi yang ada dalam berbagai dongeng di Ceko. Menurut legenda, golem diciptakan oleh Rabi Loew pada abad ke-16, menggunakan lumpur dari Sungai Vltava, untuk melindungi orang-orang Yahudi di ghetto dari serangan anti-Semit. Beberapa orang percaya bahwa Golem masih berada di sinagog di daerah Praha.

5. Little Mole (Krtek)

little mole

Ketika anda mengunjungi berbagai tempat wisata di Ceko, Anda akan sering menjumpai patung-patung Little Mole. Ya, Little mole pertama kali muncul pada tahun 1956, melalui sebuah film dan hingga kini karakter ini masih sangat dicintai anak-anak ceko.

Anda bisa membeli berbagai oleh-oleh yang bertema Little Mole mulai dari piring kertas, mainan kayu, gantungan kunci, kaos hingga boneka. Anda bisa menemukanya di berbagai toko suvenir di berbagai daerah di Ceko.

Anda bisa menemukanya di berbagai toko suvenir di berbagai daerah di Ceko.

6. Koh i noor

koh i noor

Merupakan pensil warna Ceko yang cukup terkenal di seluruh dunia. Koh i noor sudah ada sejak tahun 1970, dimana pensil warna ini memiliki hasil warna yang menakjubkan.Warna-warna berbasis lilin ini sangat lembut, dengan warna-warna cerah dan kemasan yang juga cukup unik.

Koh i noor sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh anak-anak di rumah. Harga pensil warna ini sekitar 20 dollar untuk 24 set pensil warna, dimana anda bisa mendapatkanya di Na Príkope 26, 110 00 Nove Mesto, Czechia yang buka dari hari Senin hingga Jum’at dari jam 10:00 – 20:00. Atau bisa juga di Slezska 126/6, 120 00 Praha, Czechia yang buka setiap Senin hingga  Sabtu jam 09:00 – 18:00.

7. Chezch Garnet

garnet

Garnet merupakan perhiasan batu berwarna merah tua yang indah yang telah digunakan selama berabad-abad sebagai permata kerajaan di Republik Ceko. Anda akan menemukan sejumlah besar toko perhiasan di Praha, yang menjual anting-anting, kalung, dan gelang garnet.

Sebelum membeli, pastikan toko menunjukkan kepada Anda sertifikat keaslian garnet tersebut sebelum Anda membelinya. Karena terdapat banyak garnet palsu yang diklaim sebagai garnet asli. Salah satu toko garnet yang cukup populer terdapat di Turnov, Dlouha 28, Na Prikope 23 di dalam mal dan dan di Panska 1/892.

Untuk mendapatkan oleh-oleh khas yang satu ini, anda diharuskan untuk merogoh kocek luamyan dalam, karena harga dari perhiasan ini terbilang cukup mahal.

8. Renda

Renda

Dibuat di Bohemia Timur, renda gelendong Ceko sangat populer di kalangan turis dan penduduk lokal. Tradisi membuat renda di Ceko sudah berlangsung lebih dari 400 tahun lamanya. Anda bisa membelinya dalam berbagai bentuk mulai dari hanya potongan renda, taplak meja, pakaian dalam, aksesori pakaian, dan berbagai dekorasi rumah, semuanya terbuat dari renda tradisional.

Harga untuk oleh-oleh yang satu ini mulai dari 120 CZK, dimana untuk harga tergantung pada ukuran, jenis produk, dan detail dari rajutanya. Anda bisa mendapatkanya di Filium yang terletak di Nove Mesto, Praha 1, namesti Republiky 1078/1, atau di Kanafas, Smichov, Praha 5 Stefanikova 42.

9. Oplatsky

Oplatsky

Kue wafer raksasa ini telah ada sejak tahun 1800-an, dan secara khusus diproduksi di kota Karlovy Vary. Oplatsky merupakan wafer yang sangat tipis, bundar, dan dilapisi dengan kakao, kemiri atau vanila. Cobalah gigitan wafer yang renyah, dan biarkan citarasa lezat yang nikmat meleleh di mulut Anda.

Wafer ini banyak tersedia di supermarket dan berbagai toko di Ceko. Ada berbagai merek dan produsen yang membuat wafer ini. Temukan rasa favorit Anda dimana anda bisa mendapatknya hanya dengan harga kisaran 4 dollar.

10. Ceko Kovodruzstvo Nachod

kovap

Selama lebih dari 50 tahun, perusahaan Ceko Kovodruzstvo Nachod, atau sekarang lebih dikenal dengan nama singkat Kovap, telah menghasilkan mainan mekanik berkualitas tinggi. Keajaiban pengerjaan, truk, bus, mobil pemadam kebakaran dan konstruksi dan kendaraan pertanian mencerminkan standar tinggi desain dan produksinya, dimana terdapat 300 langkah yang dilalui untuk menghasilkan mainan berkualitas tinggi.

Kendaraan yang paling populer,seperti traktor angin dibuat dengan sangat detail dengan ban karet, empat roda gigi dan kemudi fungsional. Terdapat juga berbagai aksesoris pertanian seperti trailer, garu, mesin penggarap dan penaburan.

Mainan Kovap dapat anda temukan di berbagai toko suvenir dan mainan di Ceko, salah satu toko yang direkomendasikan adalah di Rocking Horse Toy Shop yang terletak di Loretanske namesti 109/3, yang buka setiap hari mulai jam 9:30 –hingga 18:30.

Di atas merupakan berbagai oleh-oleh khas Ceko yang bisa anda beli untuk sanak saudara anda di rumah. Jaga selalu kesehatan anda dan selamat berlibur.

, , ,
Post Date: Monday 23rd, September 2019 / 12:18 Oleh :
Kategori : Ceko