11 Oleh-oleh khas Edinburgh yang Wajib Dibeli

Oleh-oleh khas Edinburgh – Edinburgh merupakan kota yang sangat populer di Skotlandia. Ya, Negara yang menjadi salah satu bagian dari kerajaan Britania Raya ini memiliki kebudayaan yang unik dan menarik. Selain itu, banyak bangunan-bangunan megah seperti halnya di berbagai tempat wisata di Inggris juga bisa anda temukan disini.

Edinburg juga menjadi latar dari berbagai film-film kondang Hollywood seperti halnya James Bond Sean Connery, Brave heart dan masih banyak lagi. Terdapat berbagai barang unik yang bisa anda jadikan oleh-oleh untuk kolega maupun sanak saudara anda di rumah ketika anda mengunjungi kota ini.

Terdapat banyak pilihan untuk anda yang ingin membeli oleh-oleh khas dari kota ini. Nah, apa sajakah oleh-oleh khas Edinburgh? Yuk kita simak ulasan mengenai oleh-oleh khas Edinburgh berikut ini.

1. Sgian Dubh

Sgian Dubh

Sgian-dubh mewakili sebuah karya seni eksklusif khas Skotlandia. Sgian Dubh sendiri adalah sebuah pisau kecil bermata satu yang biasanya dipakai sebagai bagian dari gaun Highland Skotlandia yang cukup populer.

Sgian Dubh biasanya hanya dipakai sebagai pelengkap kostum saja, dan bisanya hanya bagian atas gagangnya saja yang terlihat.Oleh-oleh Edinburgh yang satu ini dapat anda beli dengan harga mulai dari  $ 50 hingga $ 450. Anda bisa membelinya di Crest Of Edinburgh, 217 High Street, Edinburgh EH1 1PE, Skotlandia, atau di Heritage of Scotland, 18-20 High Street, Edinburgh, EH1 1SR.

2. Kilt

skilt

Kilt merupakan pakaian nasional Skotlandia yang sangat populer di dunia, dimana anda bisa dengan mudah menemukanya di berbagai toko souvenir di tempat wisata di Edinburg. Ya, Kilt adalah Pakaian tradisional untuk pria dan anak lelaki yang bermotif kotak-kotak yang berbentuk seperti rok, dianggap sebagai simbol patriotisme yang sakral dan kehormatan bagi orang Skotlandia sejati.

Pakaian tradisional ini merupakan pakaian kebanggaan warga Skotlandia selama abad ke-16. Keaslian desain, konstruksi, dan konvensi kilt Skotlandia membuatnya berbeda dari pakaian lain yang cocok dengan keseluruhan deskripsi. Harga pakaian ini tergantung dari bahan dan ukuranya yaitu antara $ 40 hingga $ 450.

3. Edinburgh Crystal

edinburgh crystal

Edinburgh Crystal merupakan salah satu oleh-oleh yang pas untuk keluarga dan teman-teman Anda di rumah. Produksi Edinburg crystal sudah berlangsung sejak pertengahan tahun 1800-an, dan menjadi salah satu simbol  dari kota Edinburgh itu sendiri.

Terdapat berbagai bentuk Edinburgh crystal yang bisa anda pilih sebagai oleh-oleh, seperti gelas, botol, mangkuk, keranjang, atau bahkan lonceng. Oleh-oleh khas Edinburgh yang satu ini bisa anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari ataupun hanya digunakan sebagai pajangan saja. Harga bervariasi antara $ 15 hingga $ 400.

4. Quaich

quaich

Mangkuk minuman kecil klasik khas Skotlandia ini biasanya digunakan di berbagai acara khusus, seperti pernikahan, pembaptisan, ulang tahun dan perayaan lainya. Quaich juga banyak digunakan sebagai piala untuk kejuaraan golf, curling dan acara olahraga lainnya.

Quaich daulu terbuat dari kayu, dan sekarang anda bisa menemukan Quaich yang terbuat dari batu, timah, tanduk, kaca dan perak. Terkadang quaich yang bisa anda jadikan oleh-oleh diukir dengan berbagai gambar khas edinburg. Di Edinburgh sendiri, quaich menjadi populer di akhir abad ke-17. Harga Quaich berkisar antara $ 20 hingga $ 200.

5. Cairn O’Mohr

cairn o mohr

Cairn O’Mohr merupakan minuman anggur buah Skotlandia yang juga cukup populer. Terbuat dari buah stroberi, rasberi, gooseberry, daun ek, bunga, dan daun yang tumbuh di berbagai perkebunan di tempat wisata di Skotlandia sehingga menghasilkan rasa yang  khas dan aromatik.

Hanya bahan-bahan segar yang digunakan untuk membuat anggur ini. Tidak ada yang mewah, hanya bahan terbaik yang mereka tanam, difermentasi dengan cara tradisional. Minuman beralkohol Skotlandia ini menarik para penikmat anggur yang penasaran merupakan pendamping makan malam yang lezat. Cairn O’Mohr dijual dengan harga sekitar $ 7 hingga $ 20.

6. Heathergems

hearthergems

Perhiasan unik yang mengesankan ini terbuat dari batang tanaman Heather, yaitu tanaman khas Skotlandia yang terkenal dengan bunganya yang berwarna ungu. Perhiasan berwarna-warni ini sangat ekslusif, tidak ada heathergem yang memiliki pola sama, dan setiap item menunjukkan pola dan warna yang berbeda.

Heathergems juga menggunakan pewarna alami yang tidak mudah hilang. Beberapa di antaranya merupakan re-produksi dari desain awal Kekristenan di Skotlandia. Harga bervariasi antara $ 10 hingga $ 100.

Anda bisa membelinya di The Luckenbooth di 215 High Street, The Royal Mile, Edinburgh EH1 1PE, atau di Neanie Scott yang beralamat di 131 Cannongate, The Royal Mile, Edinburgh EH8 8BP, Skotlandia.

7. Tartan Scraft

tartan

Tartan Scraft merupakan syal yang bermotif kotak-kotak yang unik dank has. Syal ini memamerkan kebanggaan Skotlandia dan merupakan aksesori besar bagi pria dan wanita disana. Syal yang memukau ini hadir dalam berbagai pilihan bahan seperti wol, sutra, dan kasmir, dan sering digunakan sebagai selempang untuk anak-anak.

Syal ini memiliki bahan yang lembut yang bisa menghangatkan tubuh anda dan sebagai aksesoris yang menambah keanggunan penampilan anda. Harga bervariasi, berdasarkan panjang dan tekstur, antara $ 10 hingga $ 200.

Anda bisa membelinya di toko Geoffrey Taylor Kiltmaker yang beralamat di 555 Castlehill, Edinburgh, EH1 2atau di Royal Mile Street yang beralamat di Royal Mile, Edinburgh EH1 2PB.

8. Ghillie brogues

ghillie

Ghillie brogues merupakan sepatu khas Skotlandia yang juga menjadi pelengkap pakaian tradisional Skotlandia.  Oleh-oleh khas Skotlandia yang satu ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh keluarga ataupun kolega anda di rumah, dimana terdapat pilihan untuk laki-laki maupun perempuan.

Terdapat sejumlah merek brogues ghillie yang berbeda di pasaran, dengan variasi berat dan potongan sepatu yang berbeda. Harga bervariasi antara $ 50 hingga $ 250. Anda bisa mendapatkanya di The Scotland Kilt Company di 93-95 Southbridge, Edinburgh EH1 1HN, Skotlandia, atau di toko Marchbrae yang beralamt di  7a Dundas Street, Edinburgh EH1 1PW.

9. Sporran

sporran

Sporran juga merupakan salah satu pelengkap pakaian tradisioanl Skotlandia yang unik. Sporran merupakan aksesoris tas kecil yang bisa anda gunakan untuk menyimpan kunci, uang dan barang-barang pribadi lainnya.

Tas unik  ini biasanya terbuat dari kulit atau bulu dan memiliki beragam desain. Ornamen sporran biasanya tergantung dari kilt yang dikenakan agar terlihat lebih serasi. Ada beberapa jenis sporran yang bisa anda pilih, diantaranya yaitu dress sporrans, day sporrans, sporrans topeng binatang dan sporrans bulu kuda. Harganya bervariasi mulai dari $ 15 hingga $ 650.

10. Teh Scotland

tea

Selain thai tea yang cukup populer di tempat wisata di Thailand, Skotlandia juga memiliki teh yang memiliki rasa yang juga tak kalah dengan thai tea. Kepopuleran teh skotlandia dimulai pada awal abad ke-16, ketika diperkenalkan secara resmi ke negara tersebut.

Saat ini, dua merek teh Skotlandia yang paling populer adalah Scottish Tea Breakfast dan Scottish Blend. Kedua merk teh tersebut terkenal terutama karena memiliki rasa yang halus, dan dianggap sebagai teh Skotlandia otentik .

Sarapan orang-orang Skotlandia biasanya menggunakan teh hitam lengkap dengan aroma apak, yang disajikan dengan gula dan susu. Setiap teh Skotlandia menghadirkan rasa dan aroma yang unik, Harga the scotlandia mulai dari $ 5 hingga $ 40.

11. Tunnock’s Teacakes

tunnock

The Tunnock’s Teacake adalah snack manis yang populer di Skotlandia. Snack ini sering disajikan dengan secangkir teh atau kopi ketika bersantai. Produk ini terdiri dari biskuit roti bundar kecil yang dilapisi dengan meringue Italia, cream kocok, marshmallow, serta lapisan tipis susu atau cokelat hitam dan dibungkus dengan kertas foil berwarna merah dan perak.  

Terdapat berbagai rasa yang lezat yang terdiri dari berbagai macam cokelat  dan susu, seperti dark chocolate, milk chocolate dan lain sebagainya.

Selain oleh-oleh diatas, juga terdapat berbagai pilihan oleh-oleh khas edinburg lain seperti kaos, gantungan kunci, lencana crest, dan lain sebagainya. Tetap jaga kesehatan anda dan selamat berlibur.

, , ,
Post Date: Monday 23rd, September 2019 / 15:38 Oleh :
Kategori : Skotlandia