10 Makanan Khas Ceko Paling Menggugah Selera

Ada banyak sekali aneka makanan terbaik di dunia yang harus anda coba, bahkan mungkin salah satunya berasal dari negara dimana anda tinggal. Namun, untuk memuaskan rasa penasaran anda dengan olahan dari berbagai penjuru dunia, yang salah satunya adalah makanan khas Ceko tidaklah salah.

Terutama jika anda memang memiliki rencana untuk liburan di negara yang kaya akan bangunan tuanya ini. Untuk mengetahu lebih banyak, hidangan apa saja yang bisa disantap di Ceko, berikut ini beberapa daftar makanan khas Ceko yang banyak direkomenasikan oleh pecinta kuliner.

1. Vetrnik

Vetrnik

Ada banyak jenis makanan yang bisa kita cicipi ketika berada di Ceko, salah satunya yang berbentuk kue atau roti yang memang khas dan hanya bisa dijumpai di Ceko.

Mungkin wisatawan yang bahkan baru pertama kali mencicipinya di Ceko tidak akan merasa asing dengan bentuk maupun rasanya. Karena vetrnik adalah roti dengan isian krim vanilla atau caramel, bentuknya pun tidak jauh berbeda dengan kue lainnya.

Menariknya, makanan khas Ceko ini bisa ditemukan dalam berbagai ukuran, mulai yang mini hingga yang sebesar piring sajian di meja. Selain itu, makanan ini juga mudah untuk ditemukan, baik di toko roti maupun kafe pinggir jalan. Makanan manis lain yang bisa dicoba saat berada di Ceko adalah;

  • Kolache, makanan manis yang satu ini dikenal sebagai salah satu makanan tradisional di Ceko yang dapat dengan mudah ditemukan di Praha. Makanan ini bisa disantap dengan tambahan keju atau selai, lebih terasa mantap jika disajikan bersama kopi hangat.
  • Buchty, dilihat dari tampilannya makanan ini memang tidak jauh berbeda dari roti pada umumnya. Namun jika sudah merasakannya di dalam mulut, anda pasti dapat merasakan perbedaan roti ini dengan roti yang lainnya. Rasa manis yang khas membuat roti khas Praha ini sering dijadikan menu pilihan sebagai bekal dan sarapan pada pagi hari.
  • Palacinky, dari tampilannya makanan ini memang mirip sekali dengan panca atau crepes Perancis. Pada dasarnya makanan ini memiliki cita rasa gurih yang biasanya dihidangkan sebagai dessert maupun camilan. Sebagai tambahan dan untuk menambah cita rasanya, irisan buah, krim, maupun biji-bijian akan divariasikan ke dalam hidangan yang satu ini.
  • Trdelnik, adalah pastry tradisional Slovakia yang penyajiannya dengan cara digulung. Biasanya makanan ini akan dihidangkan saat masih hangat dengan taburan gula, kacang, atau kayu manis. Di dalam gulungannya sendiri, biasanya diisi dengan cokelat maupun yang lainnya.  

2. Svickova

Svickova

Makanan tradisional yang bisa dijumpai di Ceko selanjutnya adalah svickova, yang merupakan sajian berbahan baku daging dan sayuran. Bahkan untuk sausnya saja juga terbuat dari beberapa bahan sayuran dan daging, seperti wortel, seledri, parsley, dan daging sapi.

Sebagai pendampingnya, makanan ini akan disajikan dengan potongan roti. Makanan khas Ceko ini bukan saja menjadi menu anda di beberapa restoran, namun juga menjadi sajian wajib di acara pernikahan maupun pesta. Makanan berkuah lainnya yang bisa dinikmati di Ceko adalah;

  • Gulas, merupakan salah satu makanan khas Praha yang terdiri dari beberapa bahan seperti dagingdan sayuran yang komposisinya dibuat lebih banyak daripada bahan lainnya. Daging yang digunakan bisa berasal dari daging ayam, sapi, maupun babi. Agar lebih mengenyangkan makanan ini disajikan bersama roti dan juga saos.
  • Kulajda, memiliki rasa yang tidak kalah otentiknya dengan makanan khas India, kulajda memiliki tampilan seperti krim sup. Makananan ini memang terbuat dari krim kentang dengan isian jamur, telur, dan beberapa sayuran lainnya. Makanan ini juga dikenal sebagai salah satu makanan tradisional di Ceko.

3. Chlebicky

Chlebicky

Dari tampilannya makanan ini sangat mirip dengan sandwich, hidangan ini sering dijadikan sebagai menu utama sarapan. Makanan yang berupa roti dengan beberapa isian mungkin memiliki rasa yang hampir sama dengan sandwich pada umumnya. Chlebicky terdiri dari irisa roti yang diatasnya diolesi mentega dan ditaburi beberapa bahan lainnya.

Di atas roti akan diberi daging yang telah diawetkan seperti ham, salami, sosis, irisan telur rebus, keju, krim, mentimun, tomat, pasta ikan, dan ebberapa saus san sayuran segar lainnya. Roti baguette adalah yang paling umum untuk dijadikan sajian ini, terkadang juga disajikan dengan kulit roti yang telah dipotong. Sajian lainnya yang bisa dicicipi adalah:

  • Smazeny Syr, terbuat dari keju kental yang digoreng, penyajiannya dihidangkan bersama kentang goreng dan salad.

Selain terkenal dengan sajiannya, beberapa tempat wisata berikut ini bisa menjadi tujuan destinasi anda ketika berada di Ceko.

  • Jembatan Charles, destinasi wisata pertama yang harus dikunjungi ketika berada di Ceko adalah Jembatan Charles. Tempat ini merupakan salah satu lokasi paling bersejarah di Ceko, wisatawan akan disuguhi sebuah jembatan yang indah, dimana jembatan tersebut membentang di atas sungai Vltava. Jembatan ini akan menghubungkan dua objek wisata terkenal sekaligus, yaitu Old Town dan Kastil Praha. Banyaknya bangunan dengan desai unik di sini pasti mengingatkanmu dengan tempat wisata di Perancis.
  • Petrin Hill,  tidak kalah dengan Tempat Wisata Di Queenstown, Ceko juga memiliki tempat wisata alam yang menakjubkan. Lokasinya berada di ketinggian 381 meter, dengan bukit yang ditumbuhi dengan rumput hijau.
  • Bukan saja tempat wisata di Jepang yang memiliki cagar alam, Ceko juga punya. Tempat ini berupa pedesaan yang indah dan diresmikan pada tahun 1955.
  • Josefov adalah lokasi berejarah yang ada di Republik Ceko, yang merupakan sebuah perkampungan Yahudi. Kebanyakan orang yang pernah datang ke sini menjulukinya dengan Jewish Town atau Jwis Quarter.

Itulah beberapa tempat wisata di Ceko yang bisa dikunjungi ketika liburan anda tiba nantinya. Beberapa tempat tersebut masuk ke dalam daftar tempat wisata di Ceko paling banyak dikunjungi wisatawan . Selain makanannya yang menggugah selera dan tempat wisatanya yang menarik, Ceko juga memiliki souvenir khas yang unik.

Lengkap sekali bukan untuk dijadikan paket liburan anda? Tunggu apalagi? Yuk rencanakan keberangkatan anda di negara yang eksotis ini. Punya daftar makanan khas Ceko lainnya? Atau ingin request topik apa yang menarik untuk admin tulis? Jangan sungkan-sungkan, bagi yuk di kolom komentar di bawah ini.

, , , ,
Post Date: Monday 21st, October 2019 / 10:35 Oleh :
Kategori : Ceko