Wisata Paradise Harbor , Wisata Bersalju Terfavorit Di Antartika

Paradise BayParadise Harbor, Antartika –  Berlibur di daerah bersalju akan menjadi pilihan tepat bagi wisatawan yang berada di daerah 2 musim seperti Indonesia. Sensasi es dingin yang menyelimuti bumi dengan gagah akan menjadi liburan yang tak terlupakan.

Bermain ice skating, membuat boneka salju ataupun hanya bermain prosotan di tebing tanah yang sudah di lapisi salju merupakan aktivitas berharga yang bisa kita dapatkan.

Ada banyak negara yang menawarkan paket-paket tur untuk menikmati kesejukan musim salju. Jika para wisatawan ingin menikmati sajian salju yang bisa memacu adrenalin, maka surga salju yang ada di bagian bumi selatan adalah jawabannya.

Sejarah dan Keindahan Paradise Harbor

Paradise Harbor

Wilayah Paradise Harbor menyajikan pemandangan berupa bongkahan-bongkahan es yang sangat mengagumkan. Bongkahan-bongkahan es padat di Paradise Harbour menggitari gunung-gunung yang ada di dalam air. 

Keindahan yang ditawarkan tidak akan bisa di pungkiri bagi siapapun yang telah mengunjunginya. Surga di bumi bagian selatan ini pertama kali ditemukan oleh para pelayar pada awal abad 20. Karena keindahan yang disajikan, maka nama Pelabuhan Surga adalah nama yang sangat tempat untuk tempat ini.

Wilayah pelayaran di wilayah kutub selatan ini juga di kenal dengan nama Paradise Bay. Sebuah pulau yang terletak tepat di balik Pulau-pulau Lemaire dan Bryde ini juga menghubungkan Pantai Bagian barat Graham Land yaitu bagian Pantai Duthiers dengan Leniz Points. Pelabuhan nan cantik bak surga ini mulai resmi digunakan pada tahun 1920. Pada awal masa operasional, Paradise Harbour ini digunakan oleh para pelayar yang bertujuan menangkap paus di Antartika.

Paradise Harbour merupakan salah satu dari 2 pelabuhan yang ada di Benua Antartika. Pelabuhan lain yang resmi dan bisa digunakan di wilayah ini adalah Neko Harbour. Tempat berhenti di Paradise Harbour yang di sebut pangkalan Antartika Gonzales Videla atau lebih di kenal dengan Cile. Nama ini diberikan sebagai bentuk penghargaan kepada seorang Kepala Negara yang mengunjungi  Antartika.

Setelah itu, tepat pada tahun 1950, Beliau akhirnya mendirikan tempat berlindung di wilayah Paradise Harbour. Akhirnya bangunan ini ditetapkan sebagai situs bersejarah di Antartika. Setelah bangunan sebagai tempat berlindung tersebut mendapatkan gelar sebagai bangunan bersejarah, Paradise Harbour di banjiri oleh para pengunjung untuk berlayar. Pelayaran mengarungi salju es yang melapisi teluk dengan tebal dan sangat indah.

Pengunjung bisa melewati sarang burung semacam pinguin bermata biru yang bernama blue-eyed shags yang berada di pinggiran jurang. Selain itu pengunjung juga bisa bisa menyaksikan keindahan jurang-jurang yang terlihat seperti tembok alami berwarna biru kehijauan. Warna ini terbentuk alami karena penimbunan dari tembaga.


Para wisatawan juga bisa melihat jurang yang berwarna orens kekuningan yang dihasilkan oleh semacam tumbuhan lumut di daerah Antartika. Ada juga dinding-dinding yang berwarna hijau Zambrud akibat dari tumbuhnya lumut-lumut yang mayoritas berwarna hijau.

Kegiatan yang bisa dilakukan di Paradise Harbour

1. Panjat Tebing

Para wisatawan bisa mendaki jurang-jurang yang di lapisi dengan salju tebal di tempat ini. Setelah itu, pengunjung bisa menikmati keindahan es salju yang membaluti wilayah daratan di Paradise Harbour. Pengunjung yang ingin memacu adrenalin dengan aktivitas ini perlu memperhatikan keamanan dan keselamatan sebelum mulai panjat tebing. Di puncak tebing juga sering dilakukan upacara memperingati Jostein Helgestad yang meninggal dalam ekspedisi Monica Kristensen.

Saat itu kecelakaan terjadi karena mobil traktor salju yang digunakan tercelup di es yang dalam dan beliau tenggelam di Kutub Selatan. Tinggi gunung yang di panjat ini berkisar 730 meter dari permukaan laut. Gunung yang biasa dijadikan spot memanjat adalah Bukit Banck yang menawarkan pemandangan dari terusan Ferguson. 

Ketika berlayar, kita bisa menyaksikan para pemanjat tebing yang melemparkan tali ke atas tebingan demi tebingan hingga akhirnya mereka sampai di puncak. Para wisatawan yang ingin ikut mendaki akan di dampingi seorang Climbing’s Leader. Pendamping akan menunjukkan jalur-jalur yang aman untuk dijadikan spot melempar tali untuk memanjat.

Setelah tiba di puncak bukit, para pemanjat tebing akan mendapatkan hadiah keindahan tak tergambarkan. Butuh waktu dua setengah jam untuk bisa menakhlukkan Bukit dan keindahan yang ditawarkan. Pengunjung juga bisa melakukan panjat tebing di Railay Beach.

2. Berlayar

Kegiatan utama yang biasanya dilakukan di tempat ini adalah Berlayar. Pengunjung akan disuguhkan pemandangan luar biasa. Es salju yang berwarna-warni serta penguin yang bermata biru.

3. Mendayung

Dayung Paradise HarborSelain berlayar dengan kapal yang nyaman, pengunjung juga bisa mencoba kegiatan mendayung di Paradise Harbour. Untuk mengeksplor keindahan Paradise Harbour tidak akan cukup dalam sehari dengan mendayung.

Pengunjung bisa menggunakan cara mendayung untuk merasakan kenyamanan bersatu dengan alam.

4. Polar Plunge

Polar Plunge merupakan kegiatan berendam di air yang sangat dingin. Aktivitas ini juga bisa menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan untuk dilakukan bersama teman-teman.  JIka di Amerika kegiatan seperti ini biasanya dilakukan untuk mendapatkan uang. Uang yang di peroleh dari kegiatan Polar Plunge nantinya disumbangkan untuk kegiatan amal.

Lain hal nya jika pengunjung berendam di laut dangkal yang ada di Paradise Harbour. Sembari merelaksasikan tubuh di air yang bersuhu dingin, pengunjung bisa menikmati hiburan lucu dari para penguin-penguin. Melihat hewan-hewan penghuni kutub yang satu ini tidak akan ada ujungnya. Karena mereka mampu menyihir kita untuk selalu tertawa bahagia.

5. Menyelam

Aktivitas lain yang bisa dilakukan di Paradise Harbour adalah menyelam. Biasanya para penyelam menggunakan kapal dayung menuju tempat diving. Spot diving di Paradise Harbour menawarkan sajian dunia bawah laut yang berwarna-warni.

Di tempat ini juga banyak karang yang sangat indah. Di tambah lagi dengan Sponge beserta hewan-hewan laut lainnya. Dinding-dinding yang terlihat cantik di bagian bawah laut akan membuat para penyelam betah berlama-lama menikmatinya.

Fasilitas di Paradise Harbour

Bagi para pengunjung Paradise Harbour jangan takut bahwa berlibur ke wilayah kutub Selatan tidak menyenangkan. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia di tempat ini

  • Di tempat ini tersedia penginapan-penginapan yang sangat nyaman dan bisa menyaksikan keindahan Paradise Harbour.
  • Restoran dan tempat makan yang sederhana juga mudah di jumpai di tempat ini. Akan tetapi bagi orang Islam perlu memilih makanan-makanan yang akan di konsumsi.

Akses Menuju Paradise Harbour

Para wisatawan yang sangat menyukai salju pasti tidak sabar untuk menikmati keindahan yang ditawarkan oleh pelabuhan yang terkenal sebagai Surga ini. Pengunjung juga bisa menikmati wisata pelabuhan yang sangat populer di Australia seperti Sydney Opera House, Taronga Zoo serta Royal Botanical Garden yang berada di wilayah pelabuhan di Sydney. 


Wilayah kutub memang akan sangat menyenangkan untuk di eksplor terutama bersama orang-orang terdekat. Berikut adalah cara untuk bisa tiba di Paradise Harbour yang hanya bisa di akses dengan menggunakan kapal.

  • Para pengunjung bisa memulai perjalanan dari Terusan Lemaire menuju terusan Ferguson
  • Ketika sampai di Ferguson, pengunjung sudah bisa melihat Paradise Harbour yang merupakan teluk yang lebar dekat dengan benua Antartika
  • Pengunjung lalu mendarat di Base Brown, Base Brown merupakan stasiun masyarakat Argentina yang didirikan di atas bebatuan di pelabuhan
  • Tempat mendarat ini akan memberikan kita pesona dari pulau utama yang ada di Paradise Harbour

Jika pengunjung berencana menikmati sensasi wilayah dingin dan bersalju dengan pemandangan yang sangat eksotis, maka Paradise Harbour adalah pilihan yang sangat tepat.

Para wisatawan bisa mengikuti paket-paket tour yang banyak disediakan oleh berbagai perusahaan tour & travel. Explorasi Paradise Harbour dan bagian lain di wilayah kutub lainnya akan sangat menyenangkan untuk menghabiskan liburan anda.

, , ,
Post Date: Monday 05th, March 2018 / 03:29 Oleh :
Kategori : Antartika