Wisata Railay Beach, Surga Tersembunyi Yang Wajib Dikunjungi

Railay BeachRailay Beach – Berlibur ke Pantai saat stres melanda bisa menjadi pilihan yang sangat tepat sebagai solusi. Namun, tidak seperti pantai pada umumnya yang menawarkan keindahan panorama alam nan eksotis,  Railay Beach menawarkan keindahan sekaligus spot untuk panjat tebing yang sangat memacu adrenalin. Dalam bahasa Thailand pantai Railay di kenal dengan Rai Leh merupakan wisata pantai yang terletak di daerah Pantai Andaman, Provinsi Krabi Thailand. Pantai Railay dikelilingi oleh laut, sehingga tidak ada transportasi lain yang bisa mengantarkan kita ke ke lokasi kecuali dengan menggunakan kapal.

Ada empat spot utama yang menjadi magnet pantai yang dikelilingi oleh laut ini.

1. Phra Nang

Phra Nang merupakan pantai pasir putih dengan batu-batu tinggi yang menjadi spot utama para pemanjat tebing dari seluruh dunia. Phra Nang merupakan icon dari Pantai Railay yang mampu memanjakan mata dan menenangkan diri bagi siapapun yang melihat sajian panorama alamnya. Selain itu tempat ini masih sangat bersih dari berbagai polusi lingkungan. Sehingga akan sangat cocok bagi para pelancong yang sudah jenuh dengan keramaian perkotaan. Di tempat ini juga banyak yang menjajakan ayam panggang serta salad yang di buat di pantai ini. Kesan Garden Party akan sangat terasa di tempat ini.

2. Rai Leh Timur

Pada bagian timur semenanjung ini merupakan wilayah mangrove yang dapat di kunjungi dengan menggunakan kapal. Pada Rai Leh Timur terdapat banyak restoran dan juga bar yang membuatnya jauh lebih bising dibandingkan Phra Nang.

3. Rai Leh Barat

Rai Leh Barat merupakan Pantai pasir putih yang indah dengan air yang dangkal dan banyak kapal yang datang dari Ao Nang. Lokasi ini sangat cocok untuk menjadi spot renang. Keindahan pantai ini akan lebih bagus setelah matahari terbit. Spot terbaik untuk berenang di tempat ini adalah bagian utara adalah tempat terbaik untuk renang, sedangkan bagian selatan meski cocok untuk renang tetapi di bawahnya banyak batu karang.

4. Ton Sai

Tempat ini merupakan teluk kecil yang ada di sekitar Rai Leh Barat ini juga sangat indah dan cocok untuk yang ingin meminimkan budget. Tempat ini merupakan tempat para pemanjat tebing dan juga backpaker berkumpul sambil berlatih memanjat.

Beberapa hal yang bisa dilakukan di Pantai Rai Leh adalah sebagai berikut:

  • Panjat Tebing

Sebagai tempat yang paling cocok untuk panjat tebing, Rai Leh dan sekitarnya merupakan tempat yang paling sempurna. Ada banyak jasa penyedia untuk olahraga panjat tebing di sini untuk disewakan. Salah satu pusat penyedia peralatan panjat tebing adalah Real Rocks Climbing School yang buka dari jam 09.00 hingga jam 22.00.

  • Diving dan Snorkelling   

Diving

Raileh SnorklingMeskipun di sekitaran Rai Leh bukan tempat yang paling bagus untuk spot diving karena karang lokal dan pemandangan bawah lautnya tidak seindah di tempat lain di Thailand, namun disini tersedia jasa layanan yang menyediakan fasilitas bagi pengunjung yang ingin melakukan diving.

Pihak penyedia layanan diving akan membawa pengunjung dengan menggunakan kapal menuju tempat menyelam yang paling bagus.

Para penyelam lebih menyukai pulau-pulau Similan, Ko Phi Phi atau Ko Lanta sebagai tempat terbaik untuk menyelam.


Snorkelling

Keindahan karang di sekitar Rai Leh bisa di nikmati untuk snorkling, tapi harus berhati-hati karena di lokasi ini merupakan lalu lintas kapal yang dari atau menuju Rai Leh. Banyak yang ingin melakukan snorkling menyewa kapal untuk melakukan snorkling di pulau-pulau yang berada di arah selatan dan juga ke arah Rai Leh Barat seperti Pulau Poda. Beberapa hotel menyediakan perjalanan snorkling atau pengunjung bisa menyater kapal sendiri. Perjalanan menuju tempat snorkling kurang lebih selama 25 menit.

  • Mendayung Sekeliling Rai Leh 

Railay kayakSemenanjung Rai Leh mampu menjadi pilihan yang luar biasa untuk memanjat dan juga merupakan area yang memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan. Batu-batu gamping terhampar di pantai Phra Nang membentuk gua yang pasti akan menarik perhatian untuk mengexplorenya.

Pengunjung dapat mendayung ke dalam gua dan melewati bagian bawah tanah merupakan daya tarik utama ketika mengelilinginya. Beberapa resor bungalo di sekeliling semenanjung ini menyediakan sewa peralatan untuk mendayung sekitar 240.000,- untuk setengah hari atau 400.000,- untuk seharian termasuk pelampung. 

  • Renang

Renang di tempat ini akan sangat menyenangkan pada malam hari karena ada banyak bioluminesensi yang merupakan hewan laut yang bercahaya yang berkilau seperti kerlipan lampu pohon natal yang menghangatkan. Pemandangan ini akan membuat pengunjung ingin berlama-lama masuk di dalam air. Jutaan cahaya biru kecil ini akan menghiasi tubuhmu seperti pakaian indah yang bercahaya.

  • Trekking

Karena semenanjung Rai Leh ini sangat kecil, maka tidak akan melelahkan untuk melakukan perjalanan mengelilinginya. Tempat yang paling menarik dan daerah yang belum berkembang adalah hutan di sekitar batu jamping/ gua-gua. Sepanjang jalan beraspal yang di buat dari Rai Leh Timur hingga ke Pantai Phra Nang yang di sebut jejak yang licin, tanggul-tanggul batu menuju hutan menghiasi dataran tersebut.

Pengunjung bisa datang ke Rai Leh kapanpun. Namun perlu diperhatikan waktu buka dan ketersediaan paket wisata yang ingin di lakukan di sana seperti yang telah disebutkan di atas.

  • Belanja Oleh-oleh

Rai Leh memiliki banyak toko-toko kecil yang nyaman menyediakan barang-barang penting namun dengan harga yang mahal. Hal ini dikarenakan biaya pengiriman barang untuk sampai di pulau ini. Ada banyak jenis kenang-kenangan yang bisa di bawa pulang dari tempat ini. Mulai dari souvenir, pakaian di pantai dan juga toko-toko kecil lainnya di Pantai Rai Leh Barat dan Timur. Makanan juga terbatas karena tidak ada toko besar di daerah ini. Sedikit tips untuk berhemat, pengunjung bisa belanja oleh-oleh dan persediaan selama di pantai Rai Leh di sekitaran Ao Nang harga di sini jauh lebih murah dibandingkan di Pulau Rai Leh.

Akses Menuju Railay Beach

Jika pengunjung mengambil penerbangan ke Bangkok, ada beberapa alternatif yang bisa dijadikan pilihan untuk bisa sampai ke Pantai Rai Leh.

Pesawat

Jika pengunjung ingin menggunakan pesawat maka bisa mengambil jalur penerbangan menuju Bandara Krabi dan bisa melanjutkan perjalanan menggunakan shuttle bus menuju Krabi atau Ao Nang.

  • Jika pengunjung ingin melalui jalur krabi maka biaya shuttle bus 90 baht atau sekitar IDR 36.000,-. Lalu akan menempuh perjalanan air selama kurang lebih 30 menit dengan biaya 100 baht atau sekitar IDR 40.000,- dan bisa berangkat berapa pun jumlah penumpang sesuai dengan permintaan. 

  • Jika pengunjung mengambil jalur Ao Nang maka biaya shuttle bus 150 baht atau sekitar IDR 60.000,-. Untuk menuju pantai Rai Leh. Dari Ao Nang menggunakan kapal menuju Rai Leh dengan biaya sekitar IDR 40.000,- dan menempuh perjalanan selama kurang lebih 10 menit dan akan berangkat minimal penumpang 8 orang.

Pengunjung juga bisa mengambil penerbangan menuju Bandara Phuket. Dari Phuket menuju Ao Nang atau Kota Krabi sekitar 2 jam menggunakan taksi.

Kereta Api

Dari Bangkok pengunjung bisa menuju stasiun Surat Tani pada malam hari dengan tempat duduk yang nyaman untuk tidur. Setelah itu dilanjutkan dengan menggunakan bus ber AC menuju Krabi.

Bus

Ada banyak jenis bus mulai dari kelas ekonomi hingga kelas bisnis yang langsung dari Bangkok menuju Krabi. Perjalanan menggunakan Bus selama 15 jam.

Jika sekarang kamu sedang ada di Thailand atau merencanakan liburan keluarga kesana maka destinasi wisata ini sangat sayang untuk dilewatkan. Rencanakan waktu untuk menginap di pantai Rai Ley dan buat daftar kegiatan yang akan dilakukan nantinya.

Sebenarnya masih banyak tempat yang bisa kita jelajahi di negara ini dan negara lainya yang dapat kamu kunjungi seperti ini seperti:

, , , ,
Post Date: Monday 05th, February 2018 / 05:10 Oleh :
Kategori : Thailand