Port Lockroy , Wisata Es Dan Salju Favorit Di Antartika

Kantor Pos Port LockroyPort Lockroy, Antartika – Jika biasanya kita menghabiskan waktu liburan dengan mengunjungi tempat-tempat wisata seperti taman atau berbelanja, maka perlu melakukan liburan yang lain.

Aktivitas liburan mengunjungi museum merupakan salah satu pilihan tepat untuk belajar sekaligus berlibur. Apalagi museum yang di kunjungi letaknya berada di ujung Kutub Selatan, di jamin akan memberikan sensasi yang luar biasa di Benua kecil yang jauh dari keramaian ini.

Gaya liburan wisata sejarah anti mainstream bisa anda dapatkan dengan mengunjungi Port Lockroy. Port Lockroy merupakan Kantor Pos yang tugasnya masih seperti Kantor Pos pada umumnya. Sehingga pengunjung bisa melihat surat-surat yang telah dikirimkan ke seluruh dunia. Port Lockroy yang sangat istimewa ini terletak sejauh dari 700 mil di bagian Selatan garis pantai Chili dan Argentina.

Keindahan dan Sejarah Kantor Pos Port Lockroy

Port LockroySalah satu landmark dari Antartika adalahPort Lockroy yang merupakan Kantor Pos yang masih beroperasi hingga saat ini. Kantor pos yang berada di pulau Goudier ini adalah kantor pos yang berada di paling ujung Selatan dunia. Kantor pos Port Lockroy  yang berada di wilayah kutub Selatan bumi ini masuk ke dalam wilayah teritorial Inggris.

Wilayah tempat didirikannya Port Lockroy ditemukan oleh Jean Baptiste Charcot’s pada tahun 1903. Laki-laki berkebangsaan Prancis ini melakukan ekspedisi ke Antartika dan akhirnya menemukan tempat yang sangat indah ini. Setelah 41 tahun kemudian, bangunan Port Lockroy mulai di bangun pada masa perang dunia II. Bangunan ini pada awalnya ditujukan untuk melancarkan misi kemiliteran Inggris dalam memata-matai aktivitas lawan hngga ke belahan bumi paling Selatan. Hal inilah yang membuat kantor Pos Port Lockroy masuk sebagai bagian wilayah dari Inggris Raya.

Port Lockroy mulai dioperasikan sebagai kantor pos sejak tahun 1996. Peresmian menjadi kantor pos ini juga sekaligus menjadikan tempat ini sebagai tempat pariwisata di Antartika. Pada tahun yang sama bangunan ini di perbaiki oleh British Antartic Survey (BAS) setelah adanya kesepakatan melalui perjanjian Traktat Antartika. Sejak saat itu, tempat ini sangat ramai di kunjungi. Mayoritas pengunjung yang datang ke wilayah ini bertujuan untuk melakukan penelitian.


Beberapa bidang penelitian yang sering dilakukan di Antartika adalah tentang populasi Penguin Gentoo hingga akibat dari perlakuan sehari-hari manusia. Dampak yang di lihat adalah akibat dari gaya hidup masyarakat terhadap kondisi area kutub. Meskipun kantor pos Lockroy ini berada di ujung bumi bagian selatan, akan tetapi surat yang dikirimkan melalui kantor pos ini sangat banyak.

Dalam satu tahun, kantor pos Port Lockroy mampu mengirimkan surat dan kartu pos hingga 70.000 unit. Tujuan surat yang dikirimkan tidak hanya sebatas Antartika saja, melainkan surat dikirimkan ke sekitar seratus negara berbeda di seluruh dunia. Kantor pos Port Lockroy sudah resmi menjadi bangunan bersejarah yang dinyatakan dalam Traktat Antartika. Ketika mengunjungi Port Lockroy, pengunjung juga bisa mengetahui banyak hal tentang Antartika. Karena semua dokumen surat-surat yang telah dikirimkan masih tersimpan dalam arsip yang sangat rapi di tempat ini.

Cara kerja kantor pos yang berada di Kutub Selatan ini adalah mengirimkan paket dan surat setiap satu minggu sekali. Pengiriman dilakukan dengan menggunakan kapal yang berlabuh setiap satu minggu sekali. Hal ini juga yang menyebabkan surat yang dikirimkan melalui Port Lockroy membutuhkan waktu sangat lama untuk tiba ke tempat tujuan. Perlu waktu selama dua hingga enam minggu waktu proses pengirimannya. 

Kegiatan yang bisa dilakukan di Port Lockroy

  • Museum

Museum Port Lockroy berada di gedung yang sama dengan kantor pos. Setiap ruangan-ruangan kecil yang ada di museum berisi jenis-jenis makanan khas Antartika, pakaian yang digunakan untuk bertahan di Benua Antartika serta perlengkapan untuk berkemah.

Di Museum Port Lockroy juga bisa di temui dokumen-dokumen serta foto-foto yang menjelaskan sejarah tentang bangunan Port Lockroy itu sendiri. Pada museum ini juga terdapat stasiun cuaca. Stasiun cuaca di Port Lockroy berfungsi untuk memonitori tekanan barometer dan temperatur suhu di Benua Antartika sepanjang tahun. Pengunjung bisa melihat dan mengetahui keadaan daerah kutub hingga prediksi cuaca di tempat ini. Sehingga bisa mempelajari sejarah dan masa depan sekaligus.

  • Cap Paspor dan Kantor Pos

Fungsi utama Port Lockroy yang paling terkenal adalah sebagai kantor pos. Selain bisa berkirim surat, pengunjung juga bisa mengambil cap paspor di Port Lockroy ketika mengunjungi Antartika. Para wisatawan juga bisa membeli kartu pos, prangko unik yang pasti akan sangat spesial karena didapatkan dari kantor pos yang sangat jauh.

Seperti China yang memiliki oleh-oleh khas Bejing, pengunjung juga bisa belanja oleh-oleh souvenir khas dari Benua Antartika. Bagi para pengunjung yang ingin bisa memperpanjang Visa untuk menetap di Antartika juga bisa dilakukana di Port Lockroy.  Akan tetapi jangan berharap di antartika anda bisa menemukan tempat belanja seperti

  1. Tempat Belanja murah di Malaysia,
  2. Tempat belanja di Beijing  
  3. Tempat belanja oleh-oleh di Singapura

Karena tempat belanja oleh-oleh di Port Lockroy sangat kecil dan terbatas.

  • Penelitian Terhadap Penguin Gentoo

Wilayah kutub Selatan merupakan habitat alami hewan lucu seperti Penguin. Jutaan penguin terus berkembang dan beranak-pinak di tempat ini. Oleh karena itu pengunjung bisa menjumpai makhluk-makhluk lucu ini di sekitar Port Lockroy. Port Lockroy sudah banyak di datangi oleh para peneliti yang ingin mengetahui lebih dalam lagi tentang kehidupan Penguin Gentoo.

Sehingga tidak aneh jika pengunjung datang ke Port Lockroy akan menemui banyak profesor dan ilmuwan-ilmuwan yang expert tentang para penguin Gentoo ini. Tempat ini sudah menjadi tempat favorit Penguin Gentoo untuk makan, membuat sarang dari bebatuan. Kelakuan lucu seperti mencuri batuan kecil dari tetangga untuk membuat sarang akan sangat menggelitik hati.

Selain itu sering terjadi percekcokan antara penguin-penguin yang menghasilkan keributan-keributan yang lucu. Pada pusat penelitian Penguin ada tim Ilmuwan dari United Kingdom Antartic Heritage yang sudah melakukan penelitian selama 16 tahun dan masih berjalan hingga saat ini. Salah satu penelitian mereka adalah memperhatikan perbedaan perkembangan Penguin yang sering mendapatkan makanan dari para pengunjung dan Penguin yang jarang berada di sekitar gedung Port Lockroy.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehadiran pengunjung yang sering bersentuhan langsung dengan Penguin-penguin saat membagikan makanan tidak berdampak negatif.  Sehingga bagi anda yang ingin memberikan makanan secara langsung kepada para pelawak kawakan ini tidak akan mengganggu perkembangan dan habitat mereka.

  • Kehidupan Hewan Liar Daerah Kutub Selatan

Port Lockroy AntarticaSelain Penguin Gentoo, banyak juga hewan-hewan lucu lain yang hidup si pulau-pulau yang ada di sekitar Port Lockroy. Jika anda mengelilingi pulau-pulau kecil tersebut maka akan mendapatkan sajian pemandangan dari Blue-eyed Shags yang tidak kalah lucu dengan penguin.

Pengunjung bisa melihat mereka memberi makan kepada bayi-bayi blue-eyed Shag dengan sangat bijaksana. Akan tetapi Blue-Eyed Shag lebih penakut kepada manusia jika dibandingkan Penguin. Oleh karena itu, bagi pengunjung yang ingin menyaksikan mereka makan perlu menjaga jarak aman agar mereka tidak merasa terancam.

Cara Mengunjungi Port Lockroy

Untuk bisa tiba di daerah Port Lockroy, pengunjung hanya bisa menggunakan Kapal. Khusus untuk mengunjungi Port Lockroy pengunjung bisa melihat jadwal kapal yang mengunjungi pulau Gudier di situs resmi IAATO ship Scheduler.

IAATO atau International Association of Antartica Tour Operations merupakan jaringan organisasi yang mengatur perjalan lalu lintas kapal di Benua Antartika. Organisasi ini ada karena cuaca di wilayah Kutub sangat ekstrim dan tidak bisa di tebak, sehingga tidak setiap saat Benua ini bisa dikunjungi. 


  1. Para wisatawan bisa mengambil paket tour yang sudah disediakan beberapa agen perjalanan
  2. Anda juga bisa memilih kapal-kapal yang mendarat di Port Lockroy secara mandiri.
  3. Keuntungan memilih paket tour adalah pengunjung tidak perlu bingung menemukan kapal yang bisa membawa pengunjung menjelajahi spot-spot menawan di Benua Antartika
  4. Akan tetapi paket tour tentu akan memerlukan budget yang lebih banyak
  5. Alternatif lain yang bisa digunakan adalah dengan mencari kapal-kapal yang akan mengunjungi tempat ini
  6. Ada banyak grup-grup yang mendiskusikan cara murah untuk bisa tiba di Port Lockroy dengan memilih kapal sendiri.

Bagi para pengunjung yang berencana untuk mengunjungi Port Lockroy sangat penting untuk memahami peraturan-peraturan yang di buat. Hal ini dikarenakan daerah kutub adalah wilayah yang sangat ekstrim dan sensitif.

Setiap pengunjung yang akan melakukan tour ke Port Lockroy baik yang melalui agen atau secara mandiri akan diberikan panduan khusus bagi para pengunjung. Patung Liberty juga berada di tengah-tengah pulau dan hanya bisa di akses dengan Kapal. Ada juga Museum Louvre yang akan membuatmu sangat terpesona di Kota Paris.

, , , ,
Post Date: Monday 05th, March 2018 / 05:05 Oleh :
Kategori : Antartika