8 Tempat Wisata Di Meksiko Paling Terkenal Favorit Wisatawan

Benua Amerika memiliki banyak negara dengan lokasi tempat wisata yang sangat indah dan menarik. Misalnya saja Grand Cayman dengan pemandangan alamnya yang sangat menakjubkan. Berkunjung ke Meksiko mungkin tidak terlalu terlintas dalam pikiran banyak orang Indonesia karena letak negaranya yang sangat jauh. Apalagi memikirkan tentang lokasi – lokasi wisata menarik di negara bekas jajahan Spanyol yang berada di Amerika Utara ini.

Ada banyak tempat wisata di Meksiko paling terkenal favorit wisatawan yang kerap menarik perhatian. Selain karena sejarah dan budaya Meksiko yang kaya, alam Meksiko juga tak bisa dielakkan keindahannya. Meksiko adalah negara tempat suku Aztec dan Maya pernah berkuasa. Banyak situs sejarah di Meksiko yang telah masuk dalam daftar Warisan Dunia UNESCO. Ditambah lagi dengan kekayaan alam, flora, fauna, dan keramahan orang – orangnya, Meksiko adalah salah satu negara yang patut dikunjungi.

  1. Mayan Riviera

meksiko mayan RivieraMeksiko terkenal dengan pantai – pantainya yang berpasir halus dan lautnya yang biru. Salah satu lokasi yang paling banyak dikunjungi adalah Mayan Riviera, yang terdiri dari tiga pantai di sekitar teluk Meksiko yakni Cancun, Playa del Carmen, serta pulau Cozumel. Sekitar 5 juta orang berkunjung ke sini setiap tahunnya dan menyumbang sekitar 20 % dari seluruh devisa negara Meksiko. Kegiatan – kegiatan seperti snorkeling, scuba diving, berenang adalah hal yang kerap dilakukan di sini.

Ada beberapa fauna laut seperti lumba – lumba dan ikan pari yang bisa kamu temui saat berenang di area laut yang lebih dalam atau scuba diving. Selain itu, atraksi bawah laut juga jauh lebih menarik dengan adanya museum yang berisi peninggalan era kekaisaran Maya. Namun bila kamu tak bisa scuba diving, di dekat Mayan Riviera juga terdapat banyak reruntuhan peninggalan kekuasaan yang sama.

  1. Baja, Los Cabos

cabo san lucasPantai lain yang tak kalah terkenal ada di Selat Baja, di Los Cabos yang kerap disingkat Cabo saja oleh orang Meksiko. Pantai di sini merentang sejauh 30 km dari Cabo San Lucas hingga ke San Jose del Cabo. Di sini terdapat banyak resort dan kerap dikunjungi banyak wisatawan dari Eropa dan Amerika.

Kegiatan yang paling disarankan adalah berenang dan snorkeling di situs terkenal El Arco de Cabo San Lucas di mana Laut Cortez bertemu dengan Samudera Pasifik. Lautnya yang biru dengan biota laut unik khas wilayah pertemuan dua perairan akan memanjakan mata kamu. Selain itu, kamu juga bisa menyewa kapal sendiri.


  1. Barranca del Cobre

barrancas del cobreMungkin anda sudah pernah mendengar tentang Xcaret Park, lokasi wisata alam yang cukup diminati di Meksiko. Namun tempat wisata di Meksiko paling terkenal favorit wisatawan tidak hanya berada di sana, melainkan juga Barranca del Cobre yang kerap mendapat sebutan Grand Canyon di Meksiko. Tempat ini berlokasi di Chihuahua yang berada di utara Meksiko dan berbatasan dengan Amerika Serikat. Dalam bahasa Inggris, tempat ini disebut Copper Canyon.

Ukurannya sendiri jauh lebih besar dari Grand Canyon, lebih dalam, dan juga lebih curam. Saat ini sudah banyak cara untuk mengunjungi lokasi mulai dari menggunakan sepeda dan kuda, juga berjalan kaki bila sanggup. Bagi yang ingin sedikit lebih nyaman, ada pilihan menikmati Barranca del Cobre dengan menaiki kereta Ferrocarril Chihuahua al Pacifico.

  1. Pusat Sejarah Mexico City

Catedral Ciudad de MéxicoPenyuka sejarah tak boleh melewatkan Ciudad de Mexico atau dalam bahasa Indonesia berarti Kota Meksiko. Di sini terdapat banyak museum kelas dunia, berbagai atraksi, juga galeri seni. Misalnya saja Centro Historico de la Ciudad, komplek sejarah seluas 15 km persegi yang juga merupakan situs warisan UNESCO. Di sini terdapat lebih dari 1.400 gedung kolonial penting dari abad ke 16 hingga 19. Kota ini sangat indah untuk ditelusuri dengan berjalan kaki.

Selain komplek sejarah, ada juga atraksi lain seperti Plaza de la Constitucion, Istana Nasional Katedral Metropolitan, dan Templo Mayor. Beberapa gedung memiliki motif ukiran a la Aztec yang unik. Tak hanya itu, kota ini juga memiliki gunung merapi yang terletak dekat seperti Popocatepeti dan Iztaccihuati, yang keduanya memiliki ketinggian lebih dari 5000 meter dengan pemandangan yang sangat menawan, menggoda kamu untuk menjelajahinya.

  1. Ixtapa dan Zihuatanejo

zihuatanejoBagi yang lebih menyukai ketenangan tanpa mengorbankan rasa menjadi turis dengan fasilitas internasional yang lengkap, wilayah Ixtapa dan Zihuatanejo mungkin bisa menjadi pilihan untuk menikmati keindahan pantai dana lam Meksiko. Dulunya Ixtapa adalah kota penghasil kelapa dan mangrove, namun saat ini sudah beralih menjadi kota wisata dengan pantai yang bersih, resort, dan jalanan yang tertata rapi.

Sementara Zihuatanejo masih lebih tradisional sehingga suasana kota kecil yang sebelumnya merupakan desa nelayan ini tetap bis dirasakan. Wisatawan bisa menikmati pantainya yang indah dan bersih dengan pilihan penginapan di hotel – hotel kelas atas yang fasilitasnya memadai atau hotel kecil yang juga tetap nyaman. Ada juga pasar ikan yang menawarkan beragam makanan laut lezat atau wisata memancing di tengah laut yang tenang.

  1. Benteng Kuno Tulum

meksiko benteng tulumTak hanya terkenal dengan kotanya yang cantik, Tulum juga memiliki beberapa situs sejarah menarik yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah Benteng Kuno Tulum yang dahulu merupakan lokasi hunian masyarakat Maya, diperkirakan sekitar sejak abad ke 13 hingga tahun 1544 saat tentara Spanyol tiba. Tempatnya sendiri bisa dijangkau dengan mudah karena terletak dekat dengan Pantai Cancun, Playa del Carmen dan Cozumel.

Benteng ini terletak di jurang setinggi 12 meter dan mengarah ke Laut Karibia. Selain benteng ini, Tulum yang telah dihuni suku Maya sejak lama juga memiliki beberapa situs arkeologi lain seperti Templo de los Frescos yang memiliki banyak patung dan relief juga Castillo, kemungkinan istana, yang ukurannya sangat besar dan terletak di tepi jurang.

  1. Kota Putih Yucatan

yucatanMerida adalah ibu kota Yucatan yang juga kerap disebut sebagai Kota Putih. Di sini sejarah terkait masa kolonialisme Spanyol banyak terlihat di berbagai tempat dan hubungan mereka dengan kekuasaan yang sebelumnya, yaitu kekaisaran Maya. Situs seperti Chichen Itza dan Tulum adalah beberapa yang bisa dikunjungi. Selain itu ada juga banyak taman dan gedung tua yang masih terawat dengan baik. Biasanya orang – orang berkunjung ke sini di malam hari selepas dari pantai.

Didirikan pada tahun 1542 oleh Spanyol, Merida adalah salah satu kota di Meksiko yang memiliki paling banyak pengaruh Eropa terutama dalam segi bangunannya seperti alun – alun kota dan plaza yang merupakan arsitektur asal Perancis. Kota ini juga sangat rapi dan terorganisasi yang membuatnya mendapat julukan Ciudad Blanca, yang artinya telah disebutkan.


  1. Oaxaca

meksiko oaxacaBila Air Terjun Angel merupakan salah satu ikon Venezuela, maka tempat wisata di Meksiko paling terkenal favorit wisatawan adalah Oaxaca yang tidak hanya menawarkan pemandangan menakjubkan namun juga keunikan Meksiko dengan segala budaya dan kekhasannya sendiri. Di kota ini, orang – orang berdarah Spanyol dan Indian hidup berdampingan. Selain itu, kotanya tidak terlalu banyak tersentuh oleh modernitas dan pengembangan seperti di kota besar.

Kota ini juga telah mendapat gelar warisan dunia versi UNESCO karena arsitektur lokalnya yang masih terjaga. Juga terdapat banyak festival di kota ini seperti misalnya yang paling terkenal adalah Guelaguetza, festival etnik yang diadakan tahunan setiap bulan Juli dengan mempertunjukkan banyak tarian, kostum, dan musik lokal serta menyediakan berbagai macam makanan juga kerajinan. Ada juga situs sejarah seperti Monte Alban.

, , , ,
Post Date: Thursday 26th, April 2018 / 05:30 Oleh :
Kategori : Meksiko