6 Tempat Bersejarah Di India Yang Paling Terkenal Dan Sering Dikunjungi Wisatawan

India merupakan salah satu negara tujuan wisatawan mancanegara karena kehidupan penduduknya yang masih megang budaya-budaya aslinya. Ketika berkunjung ke kota terkenal di India, anda masih dapat melihat perempuan-perempuan memakai sari, pakaian khas wanita India, maupun laki-laki bersorban. Sesaji yang disebar di pojok-pojok jalanan juga akan sering anda temui seperti di Bali. Gedung-gedungnya pun masih mempertahankan bentuk aslinya yang menganut arsitektur khas Hindu kuno.

Banyak sekali jejak sejarah yang bisa anda temukan di negara India. Berwisata ke India bisa menjadi pilihan bagi anda yang suka menelusuri sejarah beradaban kuno. Banyak tempat wisata di India memiliki nilai sejarah. Mulai dari jejak masa kerajaan Mughal hingga keindahan ‘Pink City’ Jaipur dengan kompleks area istananya.

Berikut tempat bersejarah di India yang bisa anda kunjungi untuk menelusuri jejak sejarah negara terbesar ketujuh di dunia satu ini.

1. Taj Mahal

india.1Taj Mahal India merupakan  tempat terkenal di India yang senantiasa dikunjungi oleh para turis manca negara. Pusaran besar ini merupakan salah satu tujuh keajaiban dunia yang tercatat di UNESCO. Karena keindahaan arsitekturnya untuk gedung yang dibangun pada tahun 1600-an. Kamera tidak diperbolehkan pada area dalam Taj Mahal, oleh karena itu anda harus mengunjungi situs sejarah satu ini secara langsung untuk membuktikan keindahannya.

Taj Mahal merupakan bangunan memorial yang terdapat pusaran Mumtaz Mahal, istri ketiga Shah Jahan yang meninggal setelah melahirkan anaknya yang ke 14. Mumtaz merupakan istri kesayangan raja, kematiannya meninggalkan kesedihan mendalam. Sebelum bangunan selesai dibangun, Shah Jahan diasingkan oleh putranya di Agra Fort. Setiap hari Shah Jahan mengingat istrinya dengan memandangi Taj Mahal dari Agra Fort. Akhirnya oada tahun 1666, Shah Jahan meninggal dunia dan diistirahatkan di sebelah pusarab Mumtaz Mahal. Oleh karena itu Taj Mahal sering dijadikan simbol cinta abadi bagi para masyarakat India.

Jam Buka

  • Mulai dari matahari terbit hingga matahari terbenam. (Sabtu-Kamis, Jumat tutup)

HTM

  • 1.000 Rupee (sekitar Rp 200.000)

Tiket sudah termasuk:

  • Botol air 5000ml untuk ziarah.
  • Alas kaki khusus.
  • Diskon tiket untuk mengujungi; Agra Fort, Fatephur Sikri, dan Akbar’s Tomb (pada hari yang sama).

Jika membawa kamera kena biaya tambahan 25 Rupee (sekitar Rp 5.000)

2. Agra Fort

india.2Masih satu area dengan Taj Mahal, Agra Fort merupakan tempat wisata di Agra India yang ramai turis lokal maupun mancanegara. Agra Fort merupakan salah satu benteng terbesar tempat bersejarah di India ketika dinasti kerajaan Mughal masih menguasai India.


Benteng ini mulai dibangun oleh raja Akbar pada tahun 1500-an. Material batu bata merah menjadi pilihan raja Akbar dalam memulai pembannan benteng satu ini. Dibangun di sepanjang sungai Yamuna, benteng ini begitu besar dan megah ketika anda melihatnya dari gerbang masuk.

Pada tahun 1600-an pembangunan benteng dilanjutkan oleh cucunya yaitu Shah Jahan. Bagian dalam benteng lebih didominasi oleh material kesukaan raja Shah Jahan yaitu batu marmer putih. Selain fungsinya sebagai benteng pertahanan, Shah Jahan juga membangun bagian dalam benteng sebagai area istana yang kemudian hari menjadi tempat singgahnya dalm pengasingan ketika anaknya Aurangzeb menduduki tahta kerajaan Mughal.

Jam Buka

  • Mulai dari matahari terbit hingga terbenam.

HTM

  • 550 Rupee (sekitar Rp 115.000)

3. Hawa Mahal

india.3Beralih dari Agra dengan Taj Mahal sebagai daya tariknya, kunjungi kota Jaipur. Jaipur disebut juga sebagai ‘Pink City’ karena kompleks istananya yang didominasi oleh warna merah jambu lembut. Kunjmungi Hawa Mahal yang merupakan landmark dari kota satu ini. tak kalah dengan arsitektur rumit seperti Grand Palace di Thailand, bangunan ini memiliki arsitektur yang detil dan megah.

Dibangun pada tahun 1799 oleh Maharaja Sawai Pratap Singh. Gedung ini desain lebar dan tinggi dengan banyak jendela, karena memiliki fungsi sebagai gedung singgah para peremuan kerejaan agar dapat melihat proses pembangunan di kawasan rakyat jelata tanpa perlu turun langsung ke jalan.

Dari puncak gedung, anda bisa menyaksikan keindahan kota Jaipur dengan kompleks istana seperti Jahar Mantar dan Istana Kota yang terkenal. Ada museum mini yang dibuka setiap hari Sabtu sampai Kamis yang menampilkan lukisan, miniatur, dan relik yang memberikan kita informasi tentang budaya kerajaan pada masa lampau.

Jam Buka

  • 09.00 – 15.30

HTM

  • 200 Rupee (sekitar Rp 419.000)
  • Tour Guide: 200 Rupee (sekitar Rp 419.000)
  • Audio Tour Guide: 170 Rupee (sekitar Rp 35.000)

4. Amer Fort

india.4India memang meninggalkan banyak benteng-benteng besar peningglan kerajaan-kerajaan yang pernah berkuasa di negara ini. Salah satunya adalah Amer Fort yang masih berada di kompleks kerajaan di Jaipur. Memiliki gaya arsitektur yang sama detir dan rumit, namun benteng satu ini lebih didominasi oleh warna cokelat muda dan ornamen hijau yang menghiasi tiap sisi benteng.

Menyewah guide sangat disarankan benteng cukup luas dan banyak sisi dalam benteng yang bisa tak sengajah terlewatkan. Kunjungi benteng pada malam hari jika anda waktu, karena tiket untuk kunjungan jauh lebih murah dibandingkan dengan pagi hari.

Jam Buka

  • Pagi 08.00 – 18.00
  • Malam 19.00 – 21.00

HTM

  • Pagi: 500 Rupee (sekitar Rp 100.000)
  • Malam: 100 Rupee (sekitar 20.000)
  • Tour Guide: 200 Rupee (sekitar Rp 419.000)

5. Victorial Memorial

india.7Kota Kolkota merupakan salah satu kota tempat bertemunya budaya Inggris dan India. Hal tersebut terlihat dari struktur dan arsitektur kotanya yang bergaya victoria namun tetap memperlihatkan kubah-kubah khas India. Salah satu bangunan landmark di kota ini adalah Victoria Memorial.

Sebagai negara persemakmuran Inggris, bangunan ini menunjukan penghargaan pada Ratu Victoria yang tutup usia pada tahun 1901. Victoria Memorial merupakan bangunan dengan desain yang didominasi oleh warna putih. Dikelilingi oleh taman hijau yang luas dengan danau buatan yang melengkapi keindahan situs sejarah jaman kolonial satu ini. Di dalam bagian gedung, anda akan melihat berbagai pameran yang menunjukan jejak kolinial Inggris di India.

Jika anda mengunjungi Victoria Memorial pada musim dingin, anda bisa menyaksikan pertunjukan cahaya di gedung putih India ini.

Jam Buka

  • 10.00 – 16.00 (Selasa – Minggu)

HTM

  • 200 Rupee (sekitar Rp 419.000)

6. Meenakshi Amman Temple

india.8Satu lagi tempat bersejarah di India yang harus anda kunjungi adalah Meenakshi Amman Temple. Kuil ini merupakan bangunan yang menjadi salah satu daya tarik di Madurai, India. Dengan desain kuilnya yang warna warni dan berbagai ukiran rumit dewa-dewa, pahlawan, dan roh-roh jahat. Kuil ini memiliki empat gerbang yang mengarah berbagai penjuru mata angin.

Meenakshi Amman merupakan situs religius yang masih sering menjadi tempat ziarah. Kuil yang terdiri dari 14 menara dengan menara tertinggi setinggih 15 meter ini merupakan kuil dipersembahkan untuk Dewi Meenakshi yang merupakan dewi ikan dengan mata yang indah. Dewi Meenakshi merupakan simbol dari kesuburan dan cinta. Kuil ini juga merupakan perayaan cinta antara Dewi Meenakshi dan Sundareshvara dalam penyatuhan yang bersifat spiritual.


Adapun hal-hal yang perlu anda perhatikan saat berkunjung ke kuil ini:

  • Jangan mengenakan pakaian yang terbuka, seperti memperlihatkan lengan dan bagian diatas mata kaki (bagi laki-laki maupun perempuan).
  • Tidak diperbolehkan membawa kamera, selain kamera handphone.

Jam Buka

  • Pagi: 05.00 – 12.00
  • Malam: 16.00 – 21.30

HTM

  • 50 Rupee (sekitar Rp 10.000)
  • *Akan dikenakan biaya tambahan 50 Rupee jika ingin menggunakan camera handphone.

, , , ,
Post Date: Thursday 26th, April 2018 / 04:26 Oleh :
Kategori : India