Wisata Isla De Las Munecas, Pulau Boneka Di Meksiko Yang Wajib Di kunjungi

meksiko.1Meksiko adalah sebuah negara yang berada di Amerika Utara. Negara Amerika Latin satu ini merupakan salah satu tempat wisata tujuan setiap turis mancanegara. Banyak festival dan tempat wisata di Meksiko yang bisa anda kunjungi.

Salah satunya festival The Day of The Dead. Festival ini merupakan festival tradisional rakyat Meksiko setiap setahun sekali untuk mengenang anggota keluarga mereka yang telah tiada. Tursi mancanegara menyukai festival unik satu ini dan suka bergabung dengan berbusana seperti orang mati.

Meksiko terkenal dengan keindahan alam tropisnya yang serupa dengan tempat wisata di Yunani. Kunjungi Pantai Tulum dan Xcaret Park , untuk menyaksikan keindahan alamnya. Maupun keindahan arsitekturnya yang serupa dengn tempat wisata di Spanyol. Karena negara ini dulunya merupakan negara bekas jajahan Spanyol.

Tidak hanya populer dengan keindahan alam dan kotanya, di bagian terpencil selatan Meksiko terdapat objek wisata tidak biasa yang mulai terkenal dikalangan turis mancanegara yaitu Pulau Boneka di Meksiko. Sama halnya Hutan Aokigahara yang terkenal di tempat wisata di Jepang, objek wisata satu ini juga memiliki daya tarik akan kisah dan aura mistisnya.

Pulau Boneka atau biasa di sebut Isla de las Munecas adalah sebuah pulau yang menjadi rumah bagi ratusan boneka. Bukan boneka-boneka cantik dan lucu, kebanyakan boneka yang terdapat di pulau ini tampak menyeramkan. Ada berbagai boneka rusak maupun yang hanya tinggal potongan-potongan bagian badan tertentu. Isla de las Munecas terletak di bagian selatan Meksiko, tepatnya di antara kanal-kanal Xochimico.

Legenda Isla de las Munecas

meksiko.2Beberapa tahun silam, ditemukan jenazah seorang anak perempuan di aliran sungai yang tak jauh dari pulau tak berpenghuni tersebut. Orang yang menemukan jenazah anak tersebut adalah Don Julian Santana Barrera, seorang penjaga pulau di kanal tersebut. Don Julian sempat berusaha menolong anak perempuan tersebut namun sayang sudah terlambat.

Tak jauh dari lokasi ditemukan jenazah, ia menemukan boneka yang ia asumsikan sebagai boneka milik anak perempuan tersebut. Untuk menghormati dan menunjukan rasa sedihnya yang mendalam, Don Julian mengantung pohon tersebut di pohon.

Banyak orang mengira bahwa Don Julian hanya merekayasa cerita tentang jenazah anak perempuan tersebut. Menurut legenda, Don Julian kemudian harinya dihantui oleh arwah anak perempuan tersebut yang singgah di pulau tersebut. Ia pun mulai mengumpulkan lebih banyak lagi boneka dan mengangtung maupun meletakannya di setiap bagian di pulau tersebut. Ia percaya, dengan menggantung lebih banyak boneka, hal itu akan menghibur arwah anak perempuan tersebut.


Don Julian singgah dan tetap mengumpulkan boneka-boneka di pulau tersebut selama 50 tahun. Hingga akhirnya pada tahun 2001, Don Julian ditemukan meninggal di pulau tersebut. Ia meninggal dalam keadaan mengapung di sungai yang diindikasikan sebagai tempat yang sama dengan jenazah anak perempuan yang pernah ditemukan oleh Don Julian. Semenjak kejadian tersebut, Pulau Boneka di Meksiko satu ini mulai diliput oleh banyak media yang kemudian menjadi tempat wisata unik dan mistis yang menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Daya Tarik Wisata Mistis Isla de las Munecas

Bagi anda yang suka dengan hal-hal yang berbau mistis dan unik, tak ada salahnya mengunjungi pulau satu ini ketika sedang berkunjung ke Meksiko. Kebanyakan wisatawan lebih memilih untuk mengunjungi Isla de las Munecas pada pagi hari. Meski pada pagi hari, pulau ini tetap memiliki aura yang menyeramkan yang membuat bulu kuduk anda merinding. Perjalanan menuju pulau ini bisa memakan waktu selama tiga hingga empat jam. Namun hal tersebut idak akan membosankan bagi anda yang suka berpetualang untu menemukan tempat-tempat baru.

Anda juga akan disugguhi pemandangan alam Meksiko di kanal Xochimico yang indah dan memiliki aura mistis yang teduh dan tenang. Sangat cocok untuk menenangkan pikiran sejenak dari hiruk pikuk kota. Udaranya juga segar karena berada di daerah terpencil yang jauh dari polusi kota. Pulau ini pastinya juga bisa menjadi spot berfoto yang unik. Anda bisa berfoto dengan latar hutan yang penuh dengan boneka-boneka mengerikan. Anda juga bisa menyewah tour guide untuk menemani anda menulusuri pulau boneka di Meksiko ini.

Dari awal Don Julian memang telah memajang banyak boneka di pulau ini namun boneka di pulau ini terus bertambah. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Hal tersebut bukan ‘lah salah satu fenomena mistis di pulau ini, namun memang karena pulau ini terkenald dengan boneka, hal tersebut terkadang juga memancing beberapa turis untuk meletakan boneka di pulau ini. Karena memang tidak ada larangan untuk meletakan boneka milik anda yang sudah tidak terpakai di Isla de las Munecas. Jika anda punya boneka rusak yang sudah tidak anda inginkan, anda juga bisa meletakknya di pulau ini sebagai kenang-kenangan. Namun sebaliknya, jangan membawa pulang boneka dari pulau ini.

Akses menuju Isla de las Munecas

  1. Untuk bisa mengunjungi Pulau Boneka di Meksiko, pertama anda harus menuju Cuemanco Embarcadero. Untuk menuju lokasi ini, naiklah kendaraan umum di stasiun General Anaya, kemudian keluarlah melalui gerbang timur Calzada de Tlalpan.
  2. Setelah keluar dari stasiun, anda bisa berjalan sejauh 50 meter sampai Tlahuac Paradero, naiklah kendaraan umum lagi dari stasiun tersebut lalu turun di Cuemanco Embarcadero.
  3. Perjalanan anda tidak akan berhenti sampai di sini. Dari Embarcadero Cuemanco, anda harus menyewah perahu dengan tarif 500 Peso (sekitar Rp 370.000) per jamnya untuk bisa sampai ke Isla de las Muneca.
  4. Durasi tempuh menuju pulau tersebut bisa tergantung oleh perahu yang anda sewa. Tanyakan terlebih dahulu pada pemiliki kapal berapa lama jarak tempuhnya.
  5. Pada umumnya lama perjalanan yang dibutuhkan untuk sampai ke pulau tersebut adalah tiga sampai empat jam, namun dalam situasi tertentu bisa memakan waktu hingga enam jam.
  6. Adapun pilihan kendaraan lainnya yang bisa ambil adalah Trajinera yang hanya membutuhkan waktu dua jam untuk bisa sampai ke pulau boneka satu ini.
  7. Oleh karena itu, jika anda memang ingin mengunjungi Isla de las Munecas, agendakan dengan jelas agar perjalanan anda terasa lebih nyaman dan berkesan.
  8. Pulau ini tidak ramai pada hari biasa, namun bisa sangat ramai dengan turis lokal maupun mancanegara pada saat akhir pekan.
  9. Tersedia pula bar kecil di pulau ini untuk membeli minum bagi anda yang haus setalah perjalan denga perahu yang memakan waktu berjam-jam.

Tidak sepenuhnya pemandangan di Isla de Munecas memiliki aura yang menyeramkan. Ada bagian-bagian tertentu yang nampak indah. Pulau ini masih di rawat dan tumbuhan-tumbuhannya pun tumbuh dengan sehat dihiasi dengan bunga-bunga di sisi tertentu. Ada pun pemandangan danau alami yang indah yang jauh dari jangkauan manusia dan terjaga keasliannya.

, , ,
Post Date: Wednesday 02nd, May 2018 / 04:11 Oleh :
Kategori : Meksiko