10 Tempat Wisata Di Menorca Favorit Sejarahwan Dunia

Menorca memiliki pantai-pantai yang jernih, saking jernihnya kapal-kapal yang berlayar di perairan Menorca terlihat seperti “melayang”. Menorca sendiri adalah sebuah pulau di Spanyol, yang berlokasi di Laut Tengah dan merupakan pulau terbesar kedua di Kepulauan Baleares.

Ngomong-ngomong soal Spanyol pasti akan langsung teringat dengan Tempat Wisata Di Madrid. Tapi jangan salah pulau ini tidak kalah menariknya dari kota yang menjadi ikon negara Spanyol ini.

Menorca memiliki luas wilayah 694 kilometer persegi dengan Mahon sebagai ibukotanya. Menorca menawarkan suasana alami dan kedamaian, sehingga banyak wisatawan yang datang dan memilih pulau ini sebagai lokasi berlibur.

Selain terkenal memiliki destinasi wisata kelas dunia, Spanyol juga memiliki Makanan Khas Spanyol yang menggugah selera. Semakin penasaran bukan tempat wisata di Menorca mana saja yang layak masuk dalam destinasi liburan anda tahun ini? Langsung saja simak artike ini sampai akhir!

1. Cami de Cavalls

Cami de Cavalls 

Cami de Cavalls adalah jalur kuno sepanjang 186 kilometer yang mengelilingi Pulau Menorca, Spanyol. Rute perjalanan jarak jauh ini adalah GR 223 dari jaringan Senderos de Gran Recorrido di Spanyol.

Dan digunakan untuk mencapai beberapa pantai Menorca yang paling sulit diakses. Cami de Cavalls dibangun untuk menghubungkan menara pengawal, benteng, dan meriam yang tersebar di sepanjang pantai pulau untuk mempermudah pengangkutan pasukan militer.

Namun, kapan tanggal di bangunnya jalan ini tidak begitu jelas. Karena tujuan awalnya untuk pertahanan dan kontrol pulau, maka tentara patroli memasang kuda Menorquin, Cavalls memiliki arti “kuda” di Catalan, yang kemudian digunakan sebagai nama jalan.

Selama beberapa dekade, bagian jalan tersebut milik pribadi, sehingga tidak dapat digunakan oleh semua orang. Namun, setelah ada kesepakatan antara pemerintah dan tuan tanag, jalan tersebut menjadi milik publik.

Jalur dibagi menjadi 20 tahap yang berbeda, masing-masing antara 5 sampai 14 killometer. Sekilas tempat wisata ini akan mengingatkan dengan Tempat Wisata Di Cordoba Spanyol yang juga sama indahnya.

2. Cap de Cavalleria Ecomuseum

Cap de Cavalleria Ecomuseum 

Cap de Cavalleria Ecomuseum terletak di pantai utara Menorca, Kepulauan Balearic, Spanyol, di dekat Tanjung Cavalleria dan pelabuhan Sanitja. Tempat wisata di Menorca ini dibangun pada tahun 1997 oleh asosiasi nirlaba “San Nitja Gestion del Patrimonio Mediterraneo”.

Tujuan utama pembangunan ecomuseum ini adalah untuk melindungi, menginvestigasi dan memperkenalkan sumber daya dan alam yang dimiliki Cavelleria dan pelabuhan Sanitja. Dareah ini melindungi beberapa hal penting yang bisa menjadi aset Menorca, antara lain:

  • Flora dan fauna asli (biologis)
  • Pelestarian lingkungan (lingkungan)
  • Mercusuar, kapur klin (etnologi)
  • Benteng militer Romawi, kota dan masjid abad pertengahan (sejarah dan arkeologis)

Benteng militer Romawi tersebut berasal dari abad ke 1 SM, dan kota Romawi Sanisera abad ke 1 SM hingga abad ke 6 M. Ecomuseum ini menyampaikan informasi di dalam gedung bernama Santa Teresa.


Informasi yang disampaikan menggunakan model audiovisual, model skala, dan pameran arkeologi yang baru ditemukan dalam penggalian dilakukan di pelabuhan Sanitja. Bangunan abad pertengahan ini tidak kalah unik dan eksotisnya dari kota tua di yang menjadi salah satu Tempat Wisata di Marbella.

3. Fornells Minorque

Fornells Minorque

Fornells adalah sebuah desa yang terletak di sebuah teluk di utara pulau Balearic di Menorca, Spanyol. Fornells diperkirakan memiliki populasi sekitar 1000 orang yang meningkat di musim panas karena pariwisata.

Orang asli Fornells dikenal sebagai Fornellers dalam bahasa Catalan dan dalam bahasa Spanyol. Desa ini didirikan untuk melayani menara pengawas kecil yang dibangun pada abad ke 17 sebagai pertahanan melawan bajak laut Barbary.

Menara pengawas tersebut ternyata tidak mencukupi, sehingga pada tahun 1625 Raja Philip IV dari Spanyol memerintahkan untuk membangun sebuah kastil. Namun proyek tersebut tidak berhasil karena kurangnya dana, pada tahun 1637, proyek tersebut dilanjutkan dan kastil tersebut bernama Sant Antoni.

Selama pembangunan, sebuha desa kecil dibentuk di sekitar kastil, ditempati oleh pekerja kosntruksi dan tentara, desa inilah yang kemudian menjadi Fornells saat ini. Selama abad ke 18 pembangunan kastil tersebut dikerjakan secara bergantian oleh Inggirs dan Perancis, seblum kekuasan Spanyol kembali pada tahun 1782.

Raja Charles III dari Spanyol kemudian memerintahkan penghancuran sebagian kastil dan semua yang tersisa dari masa lalu militer Fornells adalah arloji. Pada 1798 desa itu menjadi lokasi pendaratan selama Capture of Menorca oleh Inggris. Teluk Fornells dangat dalam, dengan panjang sekitar 5 kilometer dan lebar 2 kilometer.

4. Torre d’en Galmés

Torre d'en Galmés

Tempat wisata di Menorca ini merupakan situs Talayotic yang terletak di pulau Menorca, antara Alaior dan Son Bou. Kota ini berkemabng sejak awal era Talayotic 1400 SM dan terus diperluas hingga akhir pendudukan Romawi, setelah itu kota ini ditinggalkan.

Bangunan-bangunan kemudian dihuni kembali oleh para pengungsi muslim dari Reconquista sampai akhir pendudukan muslim di pulau itu. Kota ini berada di sebuah bukit kecil yang curam di sisi selatan, dan memiliki pemandangan yang jelas ke pantai yang berada di sebelah selatan.

Bahkan pemandangan pegunungan Majorca dapat terlihat dari kota tua ini. Seiring perkembangan waktu dan tumbuhnya jumlah penduduk, kota ini meluas hingga ke Selatan. Kota ini menggunakan sistem pengumpulan air yang sangat canggih untuk mengumpulkan air bersih yang turun dari bukit ke dalam tangki air.

Ada tiga talayot di Torre d’en Galmes dimana bagian atas menara batu memberikan pemandangan terbaik ke pedesaan di sekitarnya. Di tengahnya terdapat ruang terbuka yang mungkin digunakan sebagai lapangan publik.

5. Monte Toro

Torre d'en Galmés

El Toro yang berada di Catalan. Terkadang dikenal juga dengan nama Spanyol Monte Toro, adalah bukit tertinggi di pulau Menorca.

Tempat wisata di Menorca ini berada di ketinggian 1.122 kaki atau setara dengan 342 meter.

Gunung ini adalah rumah suci bagi Tempat Suci Verge del Toro. Untuk menuju puncak gunung dapat mengaksesnya menggunakan kendaraan atau berjalan kaki.

El Toro ditetapkan sebagai ANEI atau kawasan alami yang dilindungi.


Nama “Toro” berasal dari evolusi berbagai bahasa dan budaya yang sempat singgah di pulau ini. Jika dilihat dari bahasa Catalan “Turo” berarti bukit. Nama tersebut juga bisa berasal dari bahasa Arab, tor ataur al-tor yang berarti tinggi. Tempat wisata di Monarca lainnya adalah;

  • Torralba d’en Salort, tempat wisata di Menorca ini berupa desa prasejarah yang juga memiliki salah satu cagar alam terbaik di Menorca. Ada sebuah monumen whorshipping di tempat ini dan memiliki ukuran juga finishing yang sempurna. Dua talaiot berbentuk bundar, serta ruangan setengah hari yang terkubur berfungsi sebagai toko selama abad ke 1 SM. Ada penutup dengan lempengan yang ditopang oleh kolom sisa-sisa kamar dan tangki air. Terdapat pula reruntuhan tembok, sumur, rumah talayotik dan desa abad pertengahan yang dibangun dengan batu. desa ini termasuk ke dalam periode talayotik dan dihuni sejak abad ke 10 SM sampai era Romawi.
  • Arenal de Son Saura, namanya memang tidak seterkenal Beach of La Concha. Namun, pantai yang memiliki panjang 510 meter dan lebar 40 meter ini memiliki pasir putih yang halus. Bukit pasir dan hutan pinus turut menghiasi pantai ini. Di area belakang terdapat lapangan golf dan dapat diakses dari Mao atau Es Mercadal.
  • Cala Trebalúger
  • Playa de Cavalleria
  • Taula de Trepuco

, , , ,
Post Date: Wednesday 10th, April 2019 / 16:03 Oleh :
Kategori : Spanyol