13 Tempat Wisata Di Di Wellington New Zealand Favorit Para Wisatawan

Berlibur ke New Zealand bisa menjadi pilihan yang sangat tepat, terutama bagi yang ingin berlibur dan juga menikmati keindahan alam. Salah satu kota di New Zealand yang juga mempunyai banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi para wisiatawan adalah Wellington yang selain merupakan ibukota dari New Zealand, kota ini merupakan kota yang terletak paling ujung selatan di dunia.

Kota Wellington yang dalam bahasa Maori ini bernama  ini terbagi menjadi 4 wilayah kota,yaitu Wellington, Porirua, Lower Hutt adn Upper hut. Apa saja tempat wisata di Wellington New Zealand yang menarik untuk dikunjungi para wisatawan? Mungkin beberapa rekomendasi tempat wosata di Wellington New Zealand berikut ini bisa membuatmu juga semakin tertarik untuk jalan-jalan ke New Zealand.

1. Zealandia Ecosanctuary

Zealandia Ecosanctuary

Rekomendasi tempat wisata di Wellington New Zealand yang menarik dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara adalah Zealandia Ecosanctuary.

Tempat wisata ini merupakan sebuah cagar alam seluas 225 hektar yang terletak di Karori, Wellington, menjadi habitat bagi hewan asli New Zealand.

Beberapa hewan khas New Zealand yang bisa ditemui di Zealandia Ecosanctuary ini antara lain burung kiwi, burung robin, burung fantail, dan tuantaral yang merupakan sejenis kadal yan berasa dari New Zealand. Zealandaria ecoanctuary inini terletak di wilayah perbukitan antara Wrighthill dan juga Brooklyn dan tempat ini dibangun pertama kalo pada tahun 1999.

Untuk menjaga agar keadaan ekosistem di tempat ini tetap lestari, maka dipasanglah pagar-pagar yang juga berguna untuk mencegah ancaman dari luar. Namun ada juga beberapa speseies hewan di cagar alam ini yang diletakkan di luar pagar seperti tikus hitam, kucing hutan, kelinci, rusa, dan kambing hutan.

2. Museum Te Papa Tongarewa

Museum Te Papa Tongarewa

Bagi yang ingin mencari alternatif wisata lain selain wisata petualangan alam terbuka di New Zealand, mungkin tempat wisata di Wellington, New Zealand ini bisa kamu kunjungi.

Nama Te papa Tongarewa, yang merupakan nama museum ini diambil dari bahasa Mouri, yan merupakan bahasa dari suku Mouri, yang merupakan suku asli New Zealand, dan memiliki arti Tempat Penyimpanan harta.

Mueum Te Papa Tongarewa ini dibangun mulai tahun 1994 oleh arsitek Jasmax Archillects dan Fletcher Constrction, kemudian diresmikan pada 14 Februari 1998. Museum ini juga memiliki bentuk bangunan yang unik namun tetap modern sehingga juga menjadi salah satu ikon tempat wisata di Wellington, New Zealand.


Museum ini menampilkan beberapa koleksi yang menceritakan sejarah dari negara New Zealand atau Selandia Baru dengan cara yang atraktif dan juga menyenangkan. Beberapa ruang pamer yang bisa dilihat oleh pengunjung di museum berlantai lima ini antara lain Awesome Forces, Mountains of the sea, Bush City,dan juga Toi te Papa Art of the Nation.

Museum Te Papa Tongarewa ini dibuka dari hari Senin hingga Minggu mulai dari pukul 10.00 pagi hingga 18.00 petang pada waktu setempat. Pengunjung yang ingin masuk ke museum Te Papa Tongarewa ni juga tidak dikenai biaya masuk secara umum, namun museum ini juga menawarkan tur berpemandu bagi pengunjung yang datang secara grup, namun akan dikenakan biaya tambahan.

Selain itu di museum ini juga tersedia toko yang juga menjual  pernak pernik yang bisa dijadikan oleh-oleh khas New Zealand untuk dibawa pulang seusai berlibur.

3. Wellington Cable Car Museum

Wellington Cable Car Museum

Satu hal lainnya yang juga patut dicoba saat berkunjung ke Wellington, New Zealand, terutama ketika berlibur bersama teman maupun keluarga adalah Wellington cable car.

Sesuai namanya, Wellington Cable Car ini merupakan sebuah kereta yang digerakkan oleh kabel sepanjang 612 meter dan mempunyai tinggi sekitar 120 meter dan terletak di Perbukitan Kelburn di Wellington.

Wellington Cable car atau kereta gantung Wellington terdiri dari dua kereta dan setiap tahunnya digunakan oleh setidaknya 1 juta orang, Biasanya para penumpang menggunakan Wellington Cable car ini untuk mengunjungi Wellington Botanical Garden ataupun Victoria University di kelburn.

Bagi pengunjung yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai kereta gantung atau cable car yang juga menjadi salah satu ikon kota Wellington ini bisa mengunjungi museum Cable car yang berada di  dekat stasiun kelburn.

Di museum yang dibangun pada tahun 1902 ini pengunjung bisa melihat kereta gantung pertama di Wellington yang beroperasi dari tahun 1902 hingga 1978.

Museum Wellington cable car ini dibuka hari senin sampai minggu mulai pukul 9.30 pagi hingga pukul 17.00 sore waktu setempat. Untuk mengunjungi museum Wellington cable car ini pengunjung tidak dikenakan biaya masuk sehingga bisa menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata di Wellington yang cocok juga bagi yang ingin backpacker ke New Zealand, khusunya ke kota Wellington

Museum Wellington cable ini tentu menjadi tempat bagi para pengunjung untuk berfoto dengan kereta gantun pertama di Wellington tersebut. Untuk semakin mempercantik foto dan memperkuat nuansa New Zealand pada zama dahulu, pengunjung juga bisa mengunakan kostum ala new Zealand pada zaman dahulu yang disewakan di museum tersebut.

4. Wellington Botanic Garden

Wellington Botanic Garden

Rekomendasi tempat wisata di Wellington New Zealand Berikutnya adalah Wellington Botanic Garden yang ada di wilayah Kelburn.

Kebun botani seluas 25 hektar ini menampilkan berbagai koleksi tanaman yang cantik dan juga berwarna-warni yang membuat tempat ini semakin indah dipandang.

Wellington Botanic Garden ini didirikan pada tahun 1868 dan peneglolaannya dilakukan oleh Institut Selandia Baru yang dimanajeri oleh James Hector hingga tahun 1891.


Kemudian Setelah diambil alih oleh dewan kota Wellington, kebun botani ini pun dikembangkan dan dibuat menjadi beberapa bagian, yaitu, Lady Norwood rose garden, Begonia house, Treehouse Visitor Center, dan juga Wrold Wildlife Fund.

Selain itu saat ini Welliington botanic Garden juga sudah dilengkapi dengan fasilitas lainnya seperti kolam itik dan juga fasilitas pendukung lainnya untuk kebutuhan para pengunjung seperti wisma dan juga kafe.

Wellington Botanic Garden ini juga dibuka dari pagi hingga sore pada waktu setempat dan jika pengunjung menginginkan tur rombongan bisa melakukan permintaan terlebih dahulu.

Demikian beberapa hal yang menjadi rekomendasi tempat wisata di wellington New Zealand yang bisa dijadikan destinasi liburan baik bersama teman maupun keluarga.  Beberapa tempat wisata di Wellington New Zealand lainnya yang juga menarik untuk dikunjungi antara lain :

  • Wellington Zoo
  • Wellington Museum
  • Beehive
  • Cuba Street, Wellington
  • Space Place at Carter Observatory
  • City Gallery Wellington
  • Lambton Quay
  • The Weta Cave
  • National War memorial
  • Dan masih banyak lagi

Selain Wellington jangan lupa juga untuk mengunjungi tempat wisata di New Zealand yang ada di kota- lainnya, seperti tempat wisata di Auckland New Zealand yang juga ramai dan sudah populer di kalangan wisatawan.

Akhir kata semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih sudah membaca artikel ini. Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

, , , ,
Post Date: Wednesday 10th, April 2019 / 17:07 Oleh :
Kategori : New Zealand