8 Tips Jalan-Jalan Ke Vienna Yang Paling Berguna

Kini semakin banyak traveller yang memilih jalan-jalan ke Eropa untuk menyaksikan secara langsung beragam kastil dan istana yang mengagumkan dnegan budaya yang sangat unik. Hanya membayangkan jalan-jalan menyusuri kota-kota di Eropa saja sudah terasa menyenangkan. Tapi, ada satu kota di Eropa yang tidak boleh dilewatkan, yaitu Wina atau Vienna yang terletak di Austria dan merupakan Kota Romantis Di Eropa.

Inilah kota terbaik untuk merasakan sensasi berada di kota bergaya Baroque yang tentram, berseni, dan bersih. Vienna adalah destinasi menarik dan wajib dikunjungi ketika anda memutuskan liburan ke Eropa. Nah, simak dulu tips jalan-jalan ke Viena di artikel berikut ini!

1. Membuat Passport

Membuat Passport

Passport adalah hal paling utama yang harus anda urus jika ingin jalan-jalan ke Vienna, passport inilah yang berperan sebagi kunci agar anda bisa pergi ke negara-negara yang sebelumnya belum pernah dikunjungi.

Passport akan sangat anda butuhkan, seperti ketika membeli tiket pesawat, hingga check in di hotel. Saat ini membuat passport bukanlah hal yang sulit, anda bisa mendaftar online dan langsung mengisi data-data yang diperlukan.

Sebelum mendaftar antrean passport online, anda harus mengetahui dulu dokumen dan persyaratan apa saja yang diperlukan. Berikut ini rincian beberapa dokumen yang harus anda bawa ketika membuat passport:

  • E-KTP asli dan fotokopinya
  • Kartu Keluarga (KK) asli dan fotokopinya
  • Akta kelahiran, ijazah, surat atau buku nikah, surat baptis asli beserta fotokopinya. Untuk dokumen ini anda bisa memilihnya salah satunya saja, misal anda hanya memilih akta kelahiran. Tapi, pastikan pada dokumen tersebut terdapat informasi nema, tempat tanggal lahir, dan juga nama orang tua anda.
  • Materai 6000
  • Jika anda sudh pernah membuat passport sebelumnya, dan ingin membuatkan passport untuk anak, jangan lupa untuk membawa passport asli anda dan surat atau buku nikah.

Saat ini anda tidak perlu datang ke kantor imigrasi dan mengantre berjam-jam secara manual. Semua proses pengambilan nomor antrean pembuatan passport sudah dilakukan secara online, anda bisa memilih salah satu layanan antrean online yang tersedia hingga saat ini.

Catatan penting: pendaftaran antrean passport online ini hanya berlaku untuk pembuatan passport baru dan perpanjangan. Sedangkan untuk passport hilang, rusak, atau perubahan identitas tidak dapat berlaku dnegan cara ini.


2. Visa

Visa

Visa merupakan dokumen yang menjadi alat bukti bagi seseorang untuk diijinkan memasuki suatu negara. Jika passport dikeluarkan oleh negara asal pemohon, berbeda dengan visa yang dikeluarkan oleh negara tujuan yang akan didatangi oleh pemohon.

Visa juga memiliki bentuk yang beragam, tergantung dari negera mana yang mengeluarkannya. Ada yang berbentuk stempel, stiker yang ditempel di passport, ada pula yang berupa soft file.

Visa yang berbentuk soft file ini disebut juga dengan eVisa. Proses pembuatannya dilakukan sebelum sampai di negara tujuan, nantinya hasil akhir visa ini berupa file yang akan dikirim via email. Tidak semua negara membutuhkan visa, ada negara yang berlaber “bebas visa” artinya anda bisa bebas masuk ke negara tersebut tanpa membawa visa. Namun tetap saja anda harus membawa passport dan data pengenal.

Walupun visa dianggap sebagai surat rekomendasi, tapi visa memiliki sifat yang tidak mutlak. Dalam artian, walaupun anda sudah memiliki visa, ancaman untuk ditolak di negara tujuan tetap masih ada, sebelum anda berhasil melewati pintu gerbang imigrasi negara tujuan.

Karena itulah sebelum memutuskan untuk jalan-jalan ke Vienna, ada baiknya anda mencari tahu bagaiman prosedur pembutan visa di negara tujuan anda.

3. Siapkan itinerary

Siapkan itinerary

Persipkan rencana jalan-jalan ke Vienna ini dengan matang, selain mengenali dan mencari tahu tentang negara tujuanmu. Anda juga harus membuat itinerary yang berisi rencana perjalanan liburanmu di Vienna.

Misalnya tempat wisata di Austria mana saja yang ingin anda kunjungi, transportasi apa yang akan anda gunakan dan butuhkan. Dengan membuat daftar perjalan seperti ini, akan membantu anda mengatur pengeluaran dan anda juga bisa mengira-ngira berapa besarnya biaya yang dibutuhkan dalam satu hari perjalanan mulai dari makan sampai transportasi. Beberapa tujuan wisata di Vienna yang dapat anda kunjungi adalah:

  • Universitas of Vienna, hhhmmm dari namanya saja sudah menarik bukan? Universitas ini dibangun pada tahun 1365, tidak heran jika universitas ini menjadi salah satu universitas berbahasa Jerman tertua di Eropa. Kualitas pendidikan di universitas ini pun tidak perlu diragukan, karena sudah terbukti meraih 15 Novel Prize. Desain bangunan terlihat snagat megah dengan hiasan arsitektur Yunani yang memukau.
  • Vienna City Hall, Inilah balai kota Vienna yang terletak 1 kilometer dari Universitas of Vienna. Bangunan ini memiliki dekor berwarna merah dan putih yang merupakan simbol dari Kota Wina. Dikelilingi oleh taman yang indah, menjadikan gedung ini memiliki daya tarik tersendiri.

Selain kedua tempat wisata tersebut, masih banyak destinasi wisata di kota ini. Setiap jalan yang ada di Vienna menawarkan keunikan dan sensasi tersendiri bagi wisatawan. Yang tak kalah penting lagi adalah, tentukan tempat menginap anda.

Pilih tempat menginap yang tidak terlalu jauh dari halte bus atau tempat wisata. Tapi yang lebih penting adalah, kenyaman anda selama menginap ditempat tersebut. Serta oleh-oleh khas Austria apa yang pantas kamu bawa pulang.

4. Bawalah barang-barang penting saja

Saat liburan jangan terlalu banyak membawa barang bawaan, packing barang-barang yang memang anda butuhkan. Jangan sampai anda lelah duluan karena kerepotan membawa barang bawaan yang terlalu banyak.

Kalau di Vienna anda bisa mecuci baju, ada baiknya anda membawa baju secukupnya saja. Jangan sampai rencana jalan jalan di Vienna anda terganggu dengan barang bawaan yang terlalu berat dan banyak.

Karena Eropa adalah negara empat musim, jadi perhatikan kedatangan anda saat itu sedang dimusim apa. Karena musim juga berpengaruh dalam barang bawaan apa saja yang akan anda bawa nantinya. Seperti ketika musim dingin, anda membutuhkan lebih banyak baju hangat, jaket tebal, syall, dll


itulah beberapa Tips Liburan Ke Eropa Musim Dingin yang bisa anda bawa keyika jalan-jalan ke Vienna. Sedangkan ketika musim panas, perlengkapan yang anda bawa relatif tidka sebanyak ketika musim dingin.

Anda bisa membawa baju atau kaos tipis dan beberapa baju ganti lainnya. Sebaiknya jangan membawa terlalu banyak tas atau aksesoris karena akan merepotkanmu nantinya. Yang terpenting adalah bawalah perlengkapan mandi dan kosmetik.

Gak mau kan momen liburanmu akan nampak pucat saat di foto nanti? Anda bisa memindahkan beberapa perlengkapan kosmetik atau perlengkapan mandi anda kedalam wadah jar atau botol yang lebih kecil, sehingga akan menghemat tempat di koper anda nantinya. Selain tips jalan-jalan ke Vienna di atas, masih ada tips-tips lainnya loh. Berikut ini tips jalan-jalan ke Vienna yang tak kalah pentingnya:

  • Aktifkan nomer ponsel
  • Beritahu pihak bank anda soal rencana jalan jalan ke Vienna
  • Tukarkan uang
  • Pelajari negara tujuan

, , ,
Post Date: Wednesday 20th, February 2019 / 04:36 Oleh :
Kategori : Austria