25 Masakan Khas India Paling Dicari Wisatawan Dunia

Selain mengunjungi Tempat Bersejarah Di India dikenal sebagai negara yang mempunyai beragam jenis kuliner, masakan khas India pun juga diterima secara global. Jadi tidak susah untuk menemukan kuliner khas India di beberapa negara, olahan khas India yang menggunakan banyak macam rempah sehingga meimbulkan aroma khas dan harum.

Membuat siapapun pasti tertarik untuk mencicipinya. Seperti nasi biryani, sampai camilan khas India panipuri, penasaran kan menu khas India apa saja yang menggoda? Yuk simak daftarnya berikut ini.

1. Samosa

Samosa

Jika sebelumnya membahas Makanan Terkenal Di Jerman kini saatnya mengenal samosa vegetarian khas India dibuat dari terigu, kentang, bawang bombay, rempah-remah, dan cabai hijau.

Samosa biasanya di cocok dengan saus chutney, beberapa variannya adalah chutney daun mint, chutney daun ketumbar, atau chutney asam jawa. Nama samosa berasal dari bahasa persia yaitu sanbosag yang berarti berbentuk bulan sabit. Diperkirakan camilan ini berasal dari Asia Tengah sebelum abad ke 10.

Lalu menyebar ke India pada abad ke 13 atau 14 oleh pedagang dari kawasan Asia Tengah. Amir Khusro seorang cendekiawan dan penyair kerajaan Kesultanan Delhi menulis sekitar tahun 1300 tentang para bangsawan dan pangeran sangat menyukai samosa.

Selain itu, pengembara dan penjelajah pada abad ke 14 bernama ibnu battutah mengungkapkan makanan yang dimakannya saat di Istana Muhammad bin Tughluq. Membahas istana jadi teringat dengan Istana Changdeokgung yang terkenal di Korea Selatan.

Makanan tersebut bernama samushak atau sambusak, sebuah kue pie kecil yang berisi cincangan daging, dan kacang-kacangan. Ukuran, bentuk, dan ketebalan kulit samosa tergantung dari selera pembuat, namun umumnya selalu berbentuk segitiga.

Samosa memiliki citarasa gurih dan renyah, namun sekarang berbagai varian rasa samosa tersedia di pasaran. Untuk mencicipinya pun sangat mudah, ada banyak kedai mauun toko online yang menjual masakan khas India ini.

2. Idli

Selain mengunjungi Kota Terkenal Di India, tidak ada salahnya untuk mecicipi Idli yang biasanya digunakan sebagai sarapan tradisional di India Selatan, makanan ini berbentuk kue dan sangat terkenal di India dan negara-negara tetangganya seperti Sri Lanka.

Bagi orang goa dan Konkani varian Idli yang disebut sanna sangan terkenal. Sedangkan varian lainnya yang bernama Enduri sangat dikenal oleh orang Odisha. Pada masa lalu makanan ini dimasak dengan cara menggorengnya. Namun kini banyak yang memasaknya dengan cara mengukus.


Cara memasak Idli adalah dengan merendam beras dan urad dal selama empat jam di mangkuk terpisah. Beras dan urad dal ini nantinya akan digiling, selanjutnya adonan yang telah jadi akan difermentasi selama enam jam atau lebih. Taruh adonan di tempat yang hangat agar terfermentasi dengan baik. Setelah itu baru bisa ditambahan bahan lainnya sebelum akhirnya dicetak.

Idli mempunyai bentuk yang mirip dengan pancake, dan biasanya dimakan bersama kari atau sayuran pedas. Idli adalah makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarkat India, bahkan orang sakit dan bayi yang baru disapih akan diberi Idli sebagai makanan padat pertama mereka. Jika anda tertarik mencicipi masakan khas India ini, sempatkan untuk membelinya di toko loka dan rasakan keotentikan makanan ini.

3. Laddu

Laddu

Jika Parisian Chocolate terkenal sebagai Oleh-Oleh Khas Paris. Laddu atau disebut juga laddoo adalah permen berbentuk bola yang berasal dari India.

Laddu terbuat dari tepung, ghee, mentega, minyak dan gula, tambahan bahan lain seperti kacang-kacangan atau kismis biasanya mengikuti resep atau selera pembuat. Masakan khas India ini biasanya disajikan saat perayaan atau acara keagamaan. Beberapa macam laddu yang terkenal adalah:

  • Boondi Ladduatau Bundiar Laddu terbuat dari boondi berasal dari bengal gram (Besan). Laddu jenis ini biasanya ada pada saat festival Raksha Bandhan dan Diwali. Resepnya berasal dari India Utara, namun saat ini sudah terkenal di seluruh India.
  • Besan laddu Besan laddu biasanya di kemas menggunakan kertas foil perak, inilah hidangan manis India yang terbuat daru tepung buncis, gula, dan ghee. Besan dipanggang dalam ghee sampai berwarna cokelat keemasan dengan aroma yang cukup kuat.

Setelah itu bisa ditambahkan gula atau potongan pistachio. Bola-bola manis ini memiliki daya simpan cukup lama, karena itulah biasanya sering disajikan dalam acara keluarga maupun acara keagamaan. Laddu terbesar yang pernah dibuat memiliki berat 29.465kg yang berhasil dibuat oleh PVVS Mallikharjuna Rao (India), di Tapeswaram, Andhra Pradesh, India, pada 6 September 2016.

4. Biryani

Biryani

Biryani, biriani, beriani, atau briyani adalah masakan khas India yang berupa nasi, biasanya menggunakan beras basmati. Yang dimasak dengan rempah-rempah lalu ditambah daging dan sayuran.

Pada zaman dulu, beras digoreng dalam minyak samin terlebih dahulu sebelum direbus di dalam air bersama campuran rempah hingga setengah matang. Biryani terbuat dari beras yang telah direbus di dalam panci terpisah.

Setelah beras setengah matang, baru kemudian dicampur dengan kaldu dan bumbu lainnya, lalu ditutup rapat di dalam panci. Dan dimasak hingga matang dan kaldu menyerap kedalam nasi. Biryani juga terkenal di beberapa negara muslim lainnya seperti Arab, Sri Lanka, Iran, dll.

Salah satu jenis biryani adalah Biryani Awadh yang tergolong dalam pakki biryani. Daging dan nasi dimasak dalam wadah terpisah sebelum akhirnya dicampur ke dalam panci tertutup dan dipanggang.

Dagingnya pun dimasak terlebih dahulu dengan minyak samin dan rempah-rempah sebelum dimasak di dalam air. Air kaldu yang dihasilkan sebelumnya akan digunakan untuk memasak beras yang telah digoreng dalam minyak samin. Setelah matang, nasi akan dicampurkan bersama daging di dalam panci atau handi yang tertutup rapat dan dimasak di atas api kecil. Terdapat pula jenis Biryani Hyderabad, Biryani Iran, dll.

5. Kati Roll

Kati Roll

Kati roll adalah street food khas India yang berasal dari Kolkata, aslinya makanan khas India ini berbentuk seperti kebab dengan daging panggang yang dibungkus menggunakan rotu paratha.

Dalam bahasa Bengali, kati memeliki arti “tongkat”, hal ini dikarenakan bagaimana makanan ini dibuat. Kati roll berasal dari Nizam Restaurant di Kolkata, yaitu sebuah restaurant terkenal yang berdiri pada tahun 1932.

Beberapa orang mengatakan bahwa asal usul kati roll bermula dari para orang kantoran yang selalu tergesa-gesa dan menginginkan sesuatu yang cepat dan praktis untuk dimakan. Katti roll kemudian menyebar ke seluruh India.

Awalnya Nizam Restaurant menggunakan tusukan daging dari besi, namun setelah namanya semakin terkenal, tusukkan besi tersebut diganti menjadi tusukkan bambu, lebih tepatnya pada tahun 1964. Tusuk sate ini disebut kati atau tongkat dalam bahasa Bengali.


Nama inilah yang kemudian dikenal dan identik dengan semua jenis paratha yang digulung, seperti gulungan telur, gulungan kentang, atau bahkan roti lain seperti naan atau roomali. Secara tradisional,kati roll menggunakan roti paratha sebagai gulungannya.

Paratha sendiri adalah adonan yang ulen menjadi seutas tali, yang kemudian digulung menjadi patty berbentuk bundar. Kati awalnya menggunakan daging sapi sebagai isiannya, namun saat ini terdapat varian lain seperti isi daging kambing, atau ayam. Masakan khas India lain yang bisa anda cicipi adalah:

  • Gulab Jamun
  • Butter Chicken
  • Papri Chaat
  • Pani Puri
  • Jalebi
  • Ayam tandoori
  • Dosa
  • Rogan Josh
  • Naan
  • Tikka Masala
  • Vada
  • Papaddum
  • Kofta
  • Lassi
  • Dhokla
  • Chai Tea
  • Chloe Bhature
  • Gajar Halwa
  • Raita
  • Kulfi

, , ,
Post Date: Wednesday 20th, February 2019 / 04:39 Oleh :
Kategori : India