9 Oleh-oleh khas Oslo Terfavorit dan Populer Wisatawan

Oleh-oleh khas Oslo – Oslo memiliki berbagai hal yang menarik dari budaya dan tradisi Skandinavia. Oleh sebab itu, jika anda sedang berjalan-jalan mengunjungi tempat wisata di Oslo Norwegia, sempatkan untuk berbelanja oleh-oleh khas Oslo untuk keluarga maupun kolega anda di rumah.

Ya, Oslo adalah kota terpadat di Norwegia, dan merupakan ibukota dari Negara ini. Di kota ini anda bisa melihat berbagai bangunan arsitektur kuno yang megah seperti halnya tempat wisata di Roma, Belgia, dan kota-kota besar lainya di Eropa.

Nah, apa sajakah oleh-oleh yang unik dan khas dari Oslo, Yuk kita simak ulasan mengenai oleh-oleh khas Oslo berikut ini.

1. Lucky Troll

troll

Troll adalah salah satu karakter penting dari budaya dan cerita rakyat Skandinavia. Makhluk-makhluk ini merupakan makhluk mitos yang berbentuk raksasa yang lusuh dan diyakini tinggal di gua dan gunung. Di Oslo anda bisa membawa figure-figur troll ini dalam bentuk yang imut dan lucu dan sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh.  

Figur-figur ini bisa anda temukan dalam berbagai bahan seperti dari kayu, batu  maupun dari bahan resin. Anda bisa membeli oleh-oleh khas Oslo ini di hampir seluruh toko suvenir yang tersebar di tempat wisata di Oslo. Salah satunya adalah Quality shop yang terletak di Tordenskiodsgate 12, Oslo, Norwegia. Patung figure lucky troll biasanya dihargai 6 USD hingga beberapa puluh dollar.

2. Sweater Rajutan

sweater

Norwegia adalah Negara yang terletak di ujung utara dari benua Eropa, dimana Negara ini identik dengan suhu dinginya yang bisa anda rasakan sepanjang tahun, termasuk di kota Oslo. Dan tak heran jika penduduk Oslo memiliki baju tebal yang menjadi salah satu pakaian yang wajib dimiliki.

Sebelum berdirinya berbagai pabrik tekstil yang memproduksi baju-baju tebal dengan mesin, sweater rajutan tangan tradisional norwegia adalah pakaian populer pada zaman dahulu dan hingga sekarang pun sweater rajutan norwegia ini masih menjadi primodana penduduk lokal maupun wisatawan yang ingin menjadikanya oleh-oleh.

Sweater hangat khas Norwegia ini ditandai dengan desain khas bunga edelweiss, kepingan salju, dan hati. Sweater ini terbuat dari wol Norwegia dengan kualitas tertinggi dan bisa anda jadikan hadiah yang bagus untuk  orang-orang yang anda cintai. Sweater rajutan di Oslo biasanya dibanderol dengan harga antara 150 USD hingga 550 USD.

Salah satu toko yang menjual sweater rajutan ini adalah di Oslo sweater shop yang terletak di Tullins gate 5, Oslo 0166, Norwegia. Anda bisa mengunjunginya setiap hari senin hingga sabtu dari pukul 8.00 pagi hingga  pukul 8.00 malam, sedangkan pada hari minggu toko buka mulai dari pukul 10.00 pagi hingga pukul 6.00 sore.

3. Freia Chocolate

feia

Freia adalah salah satu merek cokelat yang sangat populer di Negara ini. Cokelat Norwegia berkualitas tinggi dan memiliki rasa yang lezat dan lebih unik dibandingkan cokelat dari tempat wisata di belgia yang lebih populer.

Freia chocolate sudah menjual produknya selama lebih dari 100 tahun. Terdapat banyak rasa yang bisa anda beli, beberapa varian rasa yang populer adalah Freia Melkesjokolade, Freia Kokesjokolade, Kvikk Lunsj dan Firklover.

Selain memproduksi cokelat, Friea  juga memproduksi berbagai makanan manis lainya seperti permen, dan dessert. Harga cokelat Friea berkisar antara 2 USD hingga 10 USD. Dimana anda bisa membelinya Friea Choco shop yang beralamat di Karl Johans 31, 0159 Oslo, Norwegia.

4. Tines

tine

Tines Norwegia adalah kotak bentwood yang biasanya terbuat dari kayu birtch dan berbentuk seperti kapal viking. Tines adalah salah satu oleh-oleh unik untuk keluarga maupun kolega anda di rumah. Tines hadir dalam berbagai desain, ukuran, dan bentuk yang menarik.

Biasanya kotak-kotak kayu ini digunakan sebagai wadah perhiasan, kenang-kenangan dan benda-benda kecil lainnya. Kotak-kotak ini dihiasi dengan ukiran atau pola Rosemaling tradisional Norwegia yang unik, sehingga anda bisa memajangnya di rumah. Untuk satu tines norwegia dihargai sekitar $ 50 hingga $ 400.

Di Oslo anda bisa mendapatkanya di Norwegian designs yang terletak di Stortingsgata 28, 0161 Oslo, Norwegia. Dan di useum of Cultural History yang beralamat di Museumsveien 10, 0287 Oslo, Norwegia.

5. Brown cheese

brown

Jika biasanay keju berwarna kuning, di Oslo anda bisa menemukan keju berwarna cokelat. Ya, Brown cheese atau penduduk setempat biasanya menyebutnya Brunost adalah keju caramel yang sangat digemari masyarakat Oslo dan Norwegia pada umumnya.

Makanan lezat ini biasanya dinikmati dengan sepotong roti atau wafel, dimana brown cheese ini pertama kali diproduksi di Gudbrand Valley sejak lebih dari 150 tahun yang lalu. Brown cheese adalah salah satu oleh-oleh yang wajib dibeli ketika anda berwisata di Oslo.

Anda bisa membelinya di Den Blinde Ku yang beralamat di Maridalsveien 17 A, 0178 Oslo, Norwegia. Toko ini buka dari hari selasa hingga Minggu, dengan jam buka bervariasi, namun biasanya toko ini buka dari  Jam 10.00 pagi hingga 7.00 malam. Harga : Tine Brown cheese 500 gram adalah sekitar 12 USD.

6. Cloudberry Jam

coldberry

Cloudberry adalah jenis berry yang sangat langka yang sering dikenal sebagai arctic-berry dan ditemukan di Oslo. Buah ini biasanya dapat ditemukan di alam pada sekitar bulan Juli, dan salah satu produk dari buah ini adalah selainya yang lezat.

Karena kelangkaannya, harga untuk produk-produk dari cloudberry cukup mahal, namun kelezatan dan keunikanya membuatnya wajib untuk dibeli, ketika anda mengunjungi Oslo. Warga setempat biasanya mencampurkan selai cloudberry dengan whipped cream dan gula untuk membuat hidangan penutup tradisional Norwegia yang disebut multekrem.

Anda bisa membeli beberapa toples selai cloudberry sebagai oleh-oleh khas Oslo dan rasakan kelezatan selai cloudberry yang langka ketika anda di rumah. Harga untu satu toples cloudberry jam adalah sekitar 12 USD. Salah satu toko yang menjual makanan ini adalah di Baker Hansen shop yang terletak di Vogts gate 68, 0477 Oslo, Norwegia.

7. Drinking horn

horn

Anda akan menemukan berbagai souvenir bertema Viking di Oslo. Salah satu souvenir yang sangat unik untuk dibawa pulang adalah tempat minum yang berbentuk cangkir Abad Pertengahan yang terbuat dari tanduk.

Selain bisa anda gunakan sebagai gelas yang unik, oleh-oleh khas Oslo ini juga sangat unik untuk dipajang di rumah. Anda bisa membelinya di Viking Ship Museum yang beralamat di Huk Aveny 35, 0287 Oslo, Norwegia. Outlet souvenir di museum ini buka setiap hari mulai dari pukul 10.00 hingga pukul 16.00. Harga sekitar 25 USD.

8. Bunad

bunad

Bunad adalah pakaian tradisional Norwegia yang memiliki bentuk yang unik dan keren. Biasanya warga Norwegia menggunakanya untuk merayakan Hari Nasional Norwegia yang diadakan setiap tanggal 17 Mei.

Bunad terdiri dari kemeja putih dan rompi gaun yang biasanya memiliki warna yang cerah seperti merah dan biru, serta terdapat rajutan rumit dengan pola bunga atau pola-pola geometris yang harmonis. Salah satu tempat untuk membeli oleh-oleh unik ini adalah di Heimen Husflid yang beralamat di Rosenkrantz gate 8, 0159 Oslo, Norwegia.

Harga untuk satu set bunad cukup mahal yakni berkisar antara 3000 hingga 4000 USD. Namun, anda bisa membeli bagian-bagian dari pakaian tradisional yang unik ini seperti rompi yang dihargai sekitar 35 hingga 60 USD, kemeja 50 hingga 150 USD.

9. Solje

solje

Perhiasan tradisional Norwegia ini terlihat sangat unik dengan berbagai bentuk khas Skandinavia. Solje biasanya digunakan untuk lebih menonjolkan kostum tradisional Norwegia, atau yang dikenal sebagai bunad.

Saat ini, perhiasan ini muncul dalam berbagai bentuk, seperti anting, kalung, bros dan pin. Harga dari perhiasan solje ini adalah berkisar antara $ 20 hingga $ 300. Anda bisa membeli di berbagai toko perhiasan di Oslo seperti di Museum of Cultural History, David-Andersen atau di Esaias Solberg.

Oslo memang memiliki berbagai souvenir yang unik untuk bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas dari kota ini. Dan diatas adalah berbagai oleh-oleh populer yang bisa anda beli untuk hadiah teman, keluarga ataupun kolega anda di rumah.

, , ,
Post Date: Thursday 17th, October 2019 / 16:05 Oleh :
Kategori : Norwegia