11 Oleh-oleh khas Penang Yang Paling Dicari Wisatawan

Oleh-oleh khas Penang – Penang terkenal dengan berbagai kulinernya  yang lezat. Selain itu, tempat wisata di Penang juga sangat menarik untuk dikunjungi, dimana terdapat banyak bangunan-bangunan sejarah kuno yang masih terawat dengan baik hingga sekarang.

Ketika Anda mengunjungi tempat wisata di Penang, jangan lupa untuk membeli  berbagai oleh-oleh yang tersebar di berbagai toko souvenir disana. Dan berikut kami sajikan daftar oleh-oleh khas Penang yang paling direkomendasikan untuk dibeli.

1. Biskuit Tambun

Biskuit Tambun

Biskuit Tambun, atau yang juga dikenal sebagai Biskuit Dao Sha, adalah salah satu camilan lezat yang paling terkenal di tempat wisata di Malaysia yang berasal dari Penang. Memiliki ukuran seperti bola Ping Pong, biskuit Tambun biasanya diisi dengan berbagai rasa seperti kacang hijau, gula, durian, kelapa, daun pandan dan bahkan Bawang Goreng.

Anda bisa menemukan oleh-oleh khas penang yang satu di berbagai toko oleh-oleh di Penang. Salah satunya adalah toko Him Heang yang terletak di 162, Jalan Burma, Georgetown , 10050 Georgetown , Pulau Pinang, Malaysia. Anda bisa mengunjungi toko ini mulai hari senin hingga sabtu dari jam 08.30 hingga jam 17.00.

2. Penang White Coffee

white coffee

White Coffee memang sudah tidak asing lagi di telinga orang Indonesia. Ya, minuman khas Malaysia ini adalah salah satu minuman yang disukai banyak orang.

Bagi Anda yang belum tahu, biji kopi yang digunakan untuk menghasilkan White coffee  bukanlah kopi dengan warna putih. Namun, white coffee adalah biji kopi yang dipanggang dengan margarin minyak sawit, ditumbuk, diseduh dan disajikan dengan susu kental manis.

Warna putih berasal dari warna susu yang digunakan. Minuman unik ini adalah makanan pokok bagi banyak Kopitiams di Penang, yang dinikmati oleh penduduk lokal dan juga wisatawan. Salah satu tempat populer untuk membeli penang white coffee adalah di Coffee Tree yang terletak di 20B, Jalan Bagan Jermal, George Town, 10250 George Town, Pulau Pinang.

3. Pepper Biscuits

pepper biscuit

Pepper Biscuits terbuat dari lada dan susu adalah salah satu camilan tradisonal khas penang yang masih eksis hingga sekarang. Rasakan kelezatan yang kaya rasa ini, dimana pepper biscuits memiliki campuran rasa manis dan asin dan juga renyah. Pepper biscuit biasanya dijadikan camilan sambil menikmati teh.

Salah satu yang menjual pepper biscuit lezat ini adalah di Ban Heang Bakery yag beralamat di 200 Macalister Road, Jalan Macalister, 10400 Georgetown, Penang. Ban Heang Bakery buka setiap hari dari jam 09.00 hingga jam 21.00.

4. Crushed Peanut Candy

permen kacang

Crushed Peanut Candy atau lebih dikenal dengan GONG Candy adalah makanan ringan tradisional yang biasa dibawa penduduk Penang ketika menonton pertunjukan opera di chinese street opera. Permen kacang  ini biasanya berbentuk persegi panjang, dan terasa lembut ketika dimasukkan ke dalam mulut.

Ang Seng Heong adalah salah satu toko terkenal yang menjual gong candy di Penang, dimana toko ini sudah sudah berdiri selama tiga generasi. Toko Ang seng heong terletak di 326-U Ground Floor, Jalan Perak, 11600 Penang dan buka dari jam 9 pagi hingga jam 6 sore.

5. Jeruk Madu Pak Ali

jeruk madu

Jeruk Madu Pak Ali adalah manisan yang paling terkenal untuk dijadikan oleh-oleh khas Malaysia yang berasal dari Penang. Didirikan pada tahun 2009, jeruk madu pak ali memiliki aroma dan rasa yang berbeda. Dimana manisan ini telah memenangkan banyak penghargaan jeruk madu pak Ali diakui sebagai salah satu produk makanan ikonik dari Malaysia.

Saat ini, produk jeruk madu pak Ali sudah didistribuskan ke seluruh Malaysia dan merupakan oleh-oleh khas Penang yang wajib untuk dibawa pulang. Jeruk Madu Pak Ali beralamat di 24, Jalan Pantai Jerjak, Pantai Jerjak, 11700 Gelugor, Pulau Pinang. Buka setiap hari mulai dari jam 08.30 hingga jam 19.00.

6. Roti Jari

roti jari

Roti Jari adalah salah satu makanan ringan tradisional Malaysia yang cukup populer.  Biskuit renyah ini biasanya dinikmati bersamaan dengan minuman panas seperti halnya teh, sehingga menjadi camilan minum teh yang sempurna.

Beberapa tempat yang sangat populer untuk membeli makanan tradisional khas Penang ini adalah di Hup Hoe Biscuit dan Him Heang. Kedua produsen biskuit ini adalah salah satu produsen biskuit top di Penang yang menawarkan berbagai macam biskuit.

Biskuit Hup Hoe terletak di 629, Jalan Besar, 14100 Simpang Ampat, Pulau Pinang sedangkan Him Heang berada di 162, Jalan Burma, George Town, 10050 George Town, Pulau Pinang.

7. Pala

pala

Pala adalah salah satu rempah-rempah yang populer di Penang. Pala memiliki banyak khasiat dalam bidang kesehatan, selain itu pala juga berfungsi sebagai bumbu yang dapat meningkatkan rasa makanan. Cheong Kim Chuan adalah salah satu toko yang menjual berbagai produk pala di tokonya.

Produk-produk yang dijual meliputi acar pala, irisan pala, jus pala, minyak pala dan berbagai produk dari pala lainya yang bisa anda beli. Cheong Kim Chuan beralamat di 99-B, Lorong Selamat, Georgetown , 10400 Pulau Pinang. Buka setiap hari dair jam 08:30 – 17:30.

8. Mykuali White Curry Mee

mykuali

Mykuali White Curry Mee adalah salah satu mie instan yang cukup populer di Penang. Produk ini telah memenangkan berbagai penghargaan sebagai Mie Instan TOP 10 Dunia sejak tahun 2014. Lantas apa yang istimewa dari mykuali White Curry Mee ini? Mykuali White Curry Mee memiliki rasa yang lezat dengan pasta karinya yang khas, serta Mykuali White Curry Mee memiliki mie yang sangat kenyal sehingga sangat cocok dinikmati oleh semua orang.

Selain rasa white curry, mykuali juga memiliki rasa lain seperti Tomyam dan Hokkien Prawn Mee. Mie ini bisa anda beli di berbagai supermarket dan di berbagai tempat belanja murah di Penang.

9. Biskuit Beh Teh Saw

beh teh saw

Biskuit Beh Teh Saw atau yang juga dikenal sebagai Biskuit Hiang merupakan biskuit yang berbentuk bulat yang diisi dengan gula malt. Anda bisa merasakan kelezatan biskuit khas penang ini, dimana lapisan luarnya terasa sangat renyah, yang kaya akan wijen dan ketika digigit gula malt yang manis dan lezat akan meleleh di mulut.

Anda bisa membeli biskuit beh the saw ini diberbagai toko biskuit di seluruh penang, salah satu yang menjual adalah di toko Him Heang yang terletak di 162, Jalan Burma, Georgetown , 10050 Georgetown , Pulau Pinang, Malaysia. Toko ini buka dari senin hingga sabtu dari jam 08.30 hingga jam 17.00.

10. Minyak Wijen Ghee Hiang

wijen oil

Minyak wijen ghee hiang Penang adalah minyak wijen favorit di Malaysia dan banyak turis dari seluruh dunia yang mengakui kualitas dari minyak wijen ini. Minyak wijen ghee hiang juga digunakan oleh banyak koki untuk membuat hidangan agar terasa lebih enak.

Minyak wijen Ghee Hiang  dapat anda dapatkan di outlet resminya yaitu Ghee Hiang Bakery, yang memang terkenal karena produk minyak wijennya. Ghee Hiang sudah memproduksi minyak wijen sejak 150 tahun yang lalu. Ghee Hiang Bakery terletak di 216, Jalan Macalister, 10400 George Town, Pulau Pinang dan buka dari jam 09.00 hingga jam 21.00.

11. Bak Kut Teh

tean en

Bak Kut teh adalah salah satu makanan Penang yang menggunakan bahan herbal  yang terdiri dari berbagai jenis rempah-rempah lokal. Dimana anda bisa menikmatinya di rumah dengan paket bumbu dari Tean Ean, dimana produksinya sudah berlangsung secara turun temurun. Rasakan kelezatan makanan khas Penang anda di rumah.

Bak Kut teh dapat anda temukan di toko Tean Ean yang berlokasi di 90, Jalan Sultan Ahmad Shah, 10050 Georgetown, Pulau Pinang. Buka dari jam 9 pagi hingga jam 6 sore.

 Itu dia berbagai oleh-oleh khas penang yang kami rekomendasikan. Selamat berlibur dan jaga selalu kesehatan anda.

, , ,
Post Date: Friday 18th, October 2019 / 15:51 Oleh :
Kategori : Malaysia