10 Tempat Wisata di Oslo Norwegia Yang Paling Terkenal

Oslo merupakan sebuah kota terkenal di Norwegia. Kota ini juga merupakan ibu kota dan kota terbesar di Norwegia. Sehingga tidak heran jika para wisatawan mengunjungi Kota Terindah Di Dunia ini saat pertama kali mengunjungi Norwegia. Oslo adalah kota yang indah dan memiliki banyak daya tarik. Berikut beberapa tempat wisata di Oslo yang sering dikunjungi wisatawan dan terkenal.

1. Akershus Castle

Akershus CastleJika berwisata ke Eropa, maka Anda akan banyak mendapati referensi wisata mengarah ke sebuah kastil. Demikian pula dengan Oslo. Dimana terdapat sebuah kastil yang terkenal bernama Akershus Castle.

Kastil ini merupakan sebuah benteng di wilayah bagian selatan Oslo. Lokasinya ada di tepi Oslofjorden. Bangunan ini adalah bangunan tua yang dibangun pada tahun 1290. Pembangunanya adalah untuk perlindungan atau pertahanan kala itu.

Bangunan ini juga pernah beralih fungsi menjadi istana bahkan penjara. Sekarang, benteng ini adalah bagian militer dan merupakan bagian dair kerajaan Norwegia. Namun wisatawan bisa mengunjunginya di jam-jam tertentu.

2. Frogner Park

Frogner ParkMengunjungi sebuah negara atau kota baru tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi taman kotanya. Di Oslo, salah satu taman yang terkenal adalah Frogner Park. Tempat Wisata Di Norwegia yang satu ini ada di Frogner.

Memiliki area seluas 45 hektar, taman ini akan menjadi lokasi santai yang menyenangkan. Taman ini juga termasuk taman yang sudah cukup tua, karena dibangun pertama kali pada sekitar tahun 1750.

Pada masa pembangunan awalnya, ukuran taman tidak seluas ini, namun hanya merupakan bagian dari salah satu rumah saudagar kaya di Oslo. Saat ini, taman menjadi sangat luas dan menjadi bagian dari Oslo City Museum.

3. Viking Ship Museum

Viking Ship MuseumTempat wisata di Oslo berikutnya adalah Viking Ship Museum. Museum yang satu ini ada di kawasan Huk Aveny dan merupakan salah satu museum terkenal di Oslo. Tempat ini menyimpan koleksi mengenai kapal, khususnya yang digunakan oleh Viking di masa lalu.

Museum kapal Viking ini menyimpan artifak utama yaitu kapal Viking Oseberg, Tune, dan juga Gokstad. Kapal Oseberg adalah yang paling besar dan terkenal di museum ini. Saat ini, tempat wisata museum ini menjadi bagian dari Museum Sejarah Budaya Universitas Oslo.

Museum ini bisa dikunjungi sejak pukul 09.00 hingga 18.00 setiap harinya. Museum kapal Viking ini tidak hanya menyimpan koleksi kapal namun juga beberapa peninggalan bangsa Viking lainnya seperti kereta kuda dan kesenian ukiran.


4. Royal Palace

Royal PalaceSelain kastil, bangunan lain di Eropa yang sering dikunjungi wisatawan yang Keliling Eropa Backpacker adalah palace atau istana. Oslo memiliki istana yang bernama Royal Palace atau yang juga dikenal dengan istilah Slottet.

Bangunan ini adalah istana Kerajaan Norwegia yang dibangun pada masa awal abad ke-19. Pembangunan istana ini dilakukan atas perintah Raja Charles III. Di dalamnya terdapat kurang lebih 173 ruangan.

Langgam arsitektur yang digunakan adalah neo klasik. Fungsi utama istana ini adalah sebagai kediaman keluarga kerajaan. Keindahan bangunan Royal Palace semakin lengkap dengan adanya taman yang cantik serta keberadaan air mancur.

5. Oslofjorden

OslofjordenOslofjorden atau Oslofjord merupakan sebuah inlet yang sangat menarik. Inlet ini membentang dari Torbjornskjaer ke pantai selatan dan merupakan salah satu bagian dari Selat Skagerrak. Selat ini menghubungkan lau utara dan laut Baltik.

Olsofjorden terdiri dari beberapa pulau kecil yang terkenal. Waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah saat musim panas. Karena di musim ini, akan sangat menyenangkan jika bisa menyusuri area perairan dengan perahu maupun kayak.

Walau dinamakan Oslofjorden, namun area ini bukalnlah sebuah fyord atau wilayah perairan. Kawasan ini adalah area kepulauan. Diantara pulau yang terkenal antara lain Hovedoya, Lindoya, dan masih banyak lagi.

6. Norwegian Folk Museum

Norwegian Folk MuseumTempat wisata di Oslo selanjutnya yang menarik adalah Norwegian Folk Museum. Museum yang satu ini berada di Museumsveien. Di dalamnya terdapat beberapa artifak yang berkaitan dengan etnis asli Norwegia tradisional.

Norwegian Folk Museum ini sendiri dibangun oleh Hans Aall yang merupakan ahli sejarah dan kepustakaan. Pembangunannya dilakukan pada akhir abad ke-19. Museum ini menarik karena menampilkan sebuah konsep open-air.

Di dalamnya ada kurang lebih 150 rumah tradisional khas Norwegia yang diambil dari beberapa wilayah. Anda bisa mengunjunginya setiap hari. Jam bukanya adalah mulai 11.00 hingga 15,00 saja.

7. Hovedoya

HovedoyaHovedoya merupakan salah satu pulau kecil yang terkenal di sekitar Oslofjorden. Pulau yang satu ini sering dikunjungi wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan mereka. Baik wisatawan lokal maupun internasional.

Pulau ini memiliki luas hanya 40 hektar saja. Keunikan pulau ini adalah sebagian besar datarannya yang masih ditutupi oleh rumput hijau. Sehingga akan sangat menyenangkan jika bisa piknik atau bersantai di sana.

Pulau ini akan sangat ramai dikunjungi saat musim panas. Di sana juga terdapat reruntuhan kastil dari abad ke-12, yang bernama Hovedoya Abbey. Anda bisa menyeberang ke pulau ini hanya dalam waktu 5 menit saja.

8. Sungai Akerselva

Sungai AkerselvaEropa terkenal dengan kawasan sungai yang bersih dan ditata dengan cantik. Anda pun bisa mencari kawasan wisata sungai di Oslo. Yang terkenal adalah Sungai Akerselva. Sungai ini mengalir di tengah kota sepanjang 8 kilometer.

Hulu sungai ada di Maridalsvannet dan muaranya ada di Bjorvika. Sungai ini sering dikunjungi oleh wisatawan yang suka dengan wisata alam. Karena di sepanjang sungai terdapat pemandangan yang cantik.

Anda akan melihat hamparan alam yang hijau dan sejuk. Area ini juga disebut-sebut sebagai paru-paru Kota Oslo. Anda bisa bersantai di tepian sungai sambil menikmati hari yang tenang.

9. Oslo Vinterpark

Oslo VinterparkTempat wisata di Oslo berikutnya adalah Oslo Vinterpark. Kawasan ini adalah sebuah resor ski yang terkenal di Norwegia. Anda yang ingin merasakan sensasi liburan di Norwegia tidak boleh melewatkan kesempatan untuk berkunjung di sana.

Resor ski ini sendiri sebenarnya sudah cukup tua dan sudah lama ada. Karena pembangunan pertama resort ski adalah pada tahun 1930 yang lalu. Dan karena itulah, Oslo Vinterpark menjadi resor ski terbesar di Oslo.

Anda bisa mencoba berwisata ke sana untuk merasakan sensasi asli Norwegia. Walau tidak bisa bermain ski, Anda bisa berjalan-jalan dan menikmati pemandangan yang ada di sana.


10. Oslo Opera House

Oslo Opera HouseTempat wisata selanjutnya yang menarik untuk dikunjungi adalah Oslo Opera House. Bangunan yang satu ini sangat indah dan modern. Bisa dijadikan salah satu referensi wisata modern di Eropa, khususnya Norwegia.

Banguan Opera House berwarna putih. Material pembentuknya yang dominan adalah kaca. Anda bisa menikmati teater atau konser di sana. Di dalamnya ada 3 studio yang bisa menamping ribuan orang.

Bangunan ini juga sangat menarik dengan bentuk yang unik. pencahayaannya akan terpantul dengan cantik di perairan di bawahnya dan menciptakan pemandangan perkotaan modern dan menjadikan Oslo sebagai Kota Romantis Di Eropa.

Demikianlah beberapa tempat wisata di Oslo yang menarik untuk dikunjungi saat berwisata ke Norwegia. Ketahui juga beberapa Oleh Oleh Khas Norwegia yang paling dicari wisatawan. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda. Selamat berlibur.

, , , ,
Post Date: Saturday 03rd, November 2018 / 06:58 Oleh :
Kategori : Norwegia