12 Oleh-oleh khas Lebanon Unik dan Wajib Dibawa Pulang

Oleh-oleh khas Lebanon –Terletak di kawasan timur tengah, membuat Lebanon memiliki kebudayaan yang hampir mirip dengan negara-negara Timur tengah lainya. Ya, negara ini masuk dalam wilayah Asia Barat, dimana berada di cekungan mediterania dan berbatasan langsung dengan laut Mediterania, Suriah dan Israel.

Ketika anda mengunjungi tempat wisata di Lebanon, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Lebanon. Selain sebagai bingkisan untuk sanak saudara dan kolega anda di rumah, Oleh-oleh juga bisa mengingatkan anda pengalaman ketika berlibur ke Lebanon.

Apa sajakah oleh-oleh khas Lebanon? Yuk kita simak ulasan mengenai oleh-oleh khas Lebanon berikut ini.

1. Ibrik Lebanon

ibrik

Orang-orang Lebanon sangat menyukai kopi, dimana terdapat banyak kafe keren yang menyajikan berbagai kopi yang nikmat. Kopi-kopi tersebut biasanya diseduh dalam teko unik yang disebut ibrik. Ibrik biasanya terbuat dari tembaga atau dari kaca dengan berbagai ornamen unik dan menarik.

Salah satu toko yang menjual oleh-oleh khas Lebanon ini adalah di Orient 499 shop, yang terletak di 499 Omar Daouk Street, Beirut,tepatnya berada di seberang  Holiday Inn. Toko ini menjual ibrik dari tembaga yang dibuat secara lokal oleh penduduk Beirut. Nikmati sensasi meminum kopi ala Lebanon di rumah anda, dan anda akan mengingat pengalaman seru ketika berlibur di negara ini.

2. Coaster Perspex

coaster

Nada Debs merupakan seorang desainer asal Lebanon yang dikenal dengan gaya khasnya yang menggabungkan kerajinan Timur Tengah dan Asia. Perpaduan unsur gaya tradisional ini dirancang dengan pendekatan minimalis serta dengan menggunakan bahan-bahan kekinian.

Ide desain Nada Debs berasal dari pengalaman masa kecilnya di tempat wisata di Jepang, sekolah desain di Amerika, dan mulai merintis karirnya di Inggris. Kemudian, dia kembali ke Lebanon dan meluncurkan perusahaannya east and east pada tahun 2000. Salah satu karya nya adalah Coaster Perspex,  yang menampilkan pola geometris Arab dengan perpaduan warna yang menarik.

3. Pohon Cedar

cedar

Cedar adalah pohon nasional Lebanon, dimana gambar pohon ini terpampang di bendera kebangsaan Lebanon. Pohon cedar sendiri memiliki entitas sejarah yang sering disebutkan dalam Alkitab dan teks-teks kuno lainnya dan memainkan peran penting dalam budaya, perdagangan, dan perayaan keagamaan di Timur Tengah kuno.

Pohon ini terkenal memiliki bau yang wangi dan memiliki daya tahan yang baik. Batang kayunya berbentuk bulat dan besar membuat kayu cedar sangat bagus untuk pembuatan kapal dan digunakan untuk atap kuil, dan bangunan utama lainnya.

Anda juga bisa membawa berbagai souvenir yang berhubungan dengan pohon kebanggaan rakyat Lebanon ini. Ya, salah satunya adalah berbagai ukiran dari pohon kayu cedar ini. Namun, jika dirasa memiliki bobot terlalu berat, anda bisa membawa pulang cedar dalam bentuk gantungan kunci, magnet, miniatur, kaos dan lain sebagainya.

4. Kaftan Lebanon

kaftan

Selain abaya yang bisa anda temukan di berbagai oleh-oleh di tempat wisata di arab saudi, Kaftan juga merupakan salah satu oleh-oleh khas dari timur tengah yang juga cukup populer. Ya, Kaftan memiliki bentuk seperti gamis atau tunik , dimana pakaian ini memang berasal dari daratan Asia dan sudah dipakai di berbagai  budaya di seluruh dunia.

Kaftan lebanon biasanya memiliki desain yang lebih ramai di bagian tengah dan atas. Biasanya terdiri dari gambar-gambar tanaman dan motif-motif diagonal yang cukup menarik untuk dibeli. Pakaian tradisional ini bisa anda beli di berbagai toko oleh-oleh yang tersebar di seluruh Lebanon.

6. Buku

buku

Lebanon melahirkan berbagai penulis terkenal di dunia dimana karya-karyanya sudah diakui oleh dunia Internasional. Salah satu penulis paling populer dari Lebanon adalah Khalil Gibran dan Rawi Hage yang berbagai kata-katanya sering dikutip dan digunakan dalam berbagai publikasi di dunia.

Selain itu, sejarah negara Lebanon yang cukup menarik bisa anda baca dalam berbagai buku yang tersebar di berbagai toko buku di Lebanon. Anda bisa mencari buku dalam bahasa Inggris yang setidaknya bisa anda mengerti.

7. Dompet La rose de sim

la rose

Tas tangan dari La Rose de Sim sangat unik dan hanya ada di Lebanon. Ya, La rose de sim mengambil konsep masa lalu Lebanon yang gemilang dengan semangat dan cinta. Desain-desain tas La Rose de Sim mengambil konsep desain khas Lebanon yang dipadukan dengan berbagai seni modern, mulai dari berbagai lukisan benda hingga desain ruang.

Selain memproduksi dompet dengan berbagai lukisan seni yang menarik, La rose de sim juga memproduksi tas-tas mewah yang dilapisi dengan emas dan batu-batu semi mulia lainya. Penamaan La Rose de Sim terispirasi dari kisah cinta Simon dan  Marie Rose yang cintanya berkembang di awal tahun tujuh puluhan, pada masa keemasan Lebanon.

8. Gelang dan Kalung  Hendry

gelang

Gelang dan kalung bisa anda temukan di berbagai toko souvenir di tempat wisata di Lebanon.

Salah satu yang paling unik adalah outlet Henry’s Handmade yang menjual berbagai aksesoris buatan  tangan yang paling keren dan unik.  Aksesoris yang dijual berupa cincin, gelang, dan pakaian.

Hendry Handmade shop terletak di Jalan Hamra, dimana anda dapat mengunjunginya setiap hari mulai dari jam 13.00 hingga jam 19.00.

9. Peta Lebanon

map

Salah satu oleh-oleh khas Lebanon yang bisa anda bawa pulang adalah poster peta lebanon. Ya, anda bisa menandai kota-kota yang anda kunjungi ketika berlibur ke Lebanon, seperti halnya tempat wisata di Beirut, dan kota-kota populer lainya di Lebanon.

Salah satu toko yang bisa anda kunjungi adalah Luanatic dimana di toko ini menjual berbagai souvenir khas lebanon yang bisa anda beli, seperti halnya peta lebanon yang satu ini. Peta lebanon di Luanatic terbuat dari bahan yang bagus dan dikemas dengan cukup rapi serta cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Peta ini dilengkapi dengan tempat-tempat penting di Lebanon.

10. Perhiasan

perhiasan

Hampir sama dengan negara-negara di timur tengah lainya seperti halnya tempat wisata di Qatar, Bahrain dan negara timur tengah lainya. Lebanon juga memiliki perhiasan dengan kualitas yang cukup bagus.

Salah satu yang bisa anda kunjungi  adalah di Emporium strach yang menjual berbagai perhiasan kontenporer yang funky. Sedangkan bagi pecinta perhiasan vintage anda bisa mengunjungi Nada Le Cavelier yang terkenal dengan berbagai perhiasanya seperti anting-anting, bros dan kalung yang terbuat dari mikro-mosaik Italia dari abad ke-18 dan dibuat dengan emas 18 karat.

Selain emas, juga terdapat berbegai macam perhiasan dari perak. Dada Magasin D’Orient Absi Fres untuk barang-barang berharga yang dibuat oleh pengrajin di Rashaya.

11. Piring wisata

piring

Lebanon memiliki banyak tempat wisata yang menarik, dimana gambaran wisata-wisata lebanon dapat anda abadikan dalam sebuah souvenir berupa piring timah indah yang dilukis berbagai landamark negara Lebanon.

 Setiap lempeng mewakili salah satu kota Lebanon dan kota-kota zaman Phoenicia yang menjadi masa lalu kejayaan Lebanon. Setiap piring dibingkai dengan pigura yang elegan dan sangat mudah dibawa. Selain piring dari timah, anda juga memilih souvenir dari kayu yang diukir dengan berbagai landamark lebanon.

12. Kerajinan dari kayu

kayu

Lebanon memiliki berbagai souvenir yang terbuat dari kayu yang terdiri dari berbagai bentuk kerajinan. Diantaranya adalah berbagai miniatur gerbong tradisional Lebanon, miniatur kursi tua Lebanon yang unik, hingga lampu dan sisha yang juga terbuat dari kayu.

Salah satu toko yang menjual berbagai oleh-oleh khas Lebanon yang terbuat dari kayu adalah di Lebanon post card yang beralamat di Kfar Mashoun, dekat Gereja Naamtallah Hardini Edde Jbeil-Byblos, Lebanon.

Lebanon merupakan Negara yang cukup unik yang terletak di timur tengah. Terdapat berbagai macam oleh-oleh khas yang bisa anda bawa pulang. Dan diatas merupakan berbagai barang yang bisa anda beli untuk oleh-oleh sebagai kenang-kenangan atapun dibagikan kepada teman-teman, keluarga maupun kolega. Jaga selalu kesehatan anda dan selamat berlibur.

, , ,
Post Date: Thursday 17th, October 2019 / 09:37 Oleh :
Kategori : Lebanon