20 Oleh-Oleh Khas Swedia Wajib Dibeli Wisatawan

Oleh-Oleh Khas Swedia—Terletak di Eropa Utara, Swedia adalah salah satu negara tujuan wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dunia. Selain memiliki iklim sedang yang nyaman untuk ditinggali, Swedia memiliki banyak tempat wisata menarik yang harus Anda kunjungi semisal tempat wisata di Stockholm.

Mengunjungi Swedia akan menganjak Anda menjelajahi geografi khas wilayah belahan bumi utara baik berupa pegunungan Skandinavia, laut Baltik, hingga teluk Bothnia yang beragam.

Jangan hentikan penjelajahan Anda hanya dengan mengunjungi tempat-tempat wisata menarik di Swedia, Anda juga perlu membeli oleh-oleh khas Swedia. Swedia terkenal memiliki para pengrajin produk seni yang kerap dibawa pulang oleh wisatawan dunia.

Selain produk seni, masih ada sederet suvenir khas Sedia yang bisa Anda pilih. Sebagai alternatif oleh-oleh khas Swedia yang bisa Anda beli ketika backpacker ke Eropa murah, berikut adalah beberapa produk yang direkomendasikan.

  1. Polkagris

PolkagrisPolkagris adalah jenis permen paling populer di Swedia. Permen ini pertama kali muncul di kota Granna pada pertengahan tahun 1800an. Bentuk original dari Polkagris adalah permen berwarna merah dan putih dengan cita rasa pappermint.

Namun seiring dengan perkembangan zaman, Polkagris kini tersedia dalam varian rasa yang lebih beragam. Salah satu tempat yang menyediakan Polkagris adalah Granna. Anda bisa membelinya ketika mengunjungi tempat wisata di Eropa untuk Natal setiap akhir tahun.

Memilih Polkagris sebagai oleh-oleh khas Swedia untuk dibawa pulang tentu cukup ringkas. Anda hanya perlu mengeluarkan sejumlah uang yang terjangkau dan menjejalkannya ke dalam koper yang tidak memakan tempat.

Toko yang paling direkomendasikan untuk membeli Polkagris adalah di Gamla Stans Polkagriskokeri yang terletak di Stora Nygatan 44, Stockholm. Toko ini buka sejak pukul 10 pagi hingga 6 sore waktu setempat.

Di Gamla Stans Polkagriskokeri, Anda tidak hanya bisa membeli Polkagris melainkan juga ikut menyaksikan proses pembuatannya. Di sisi lain, arsitektur bangunan toko ini cukup menarik karena bergaya arsitektur khas abad ke 19 masehi. Selain Polkagris, ada beberapa penganan manis yang bisa Anda bawa sebagai oleh-oleh khas Swedia, yakni sebagai berikut.

  • Pärlan’s Konfektyr
  • Saltlakrits
  • Ahlgrens Bilar

  1. Dalahäst

DalahästJika Anda mencari oleh-oleh khas Swedia yang lebih terkesan lokal dan tradisional, barangkali Anda akan cocok dengan Dalahäst. Dalahäst adalah produk kerajinan tradisional yang tentu saja diproduksi oleh pengrajin lokal.

Dalahäst berupa ukiran berbentuk kuda yang terbuat dari kayu dan diwarnai hingga tampak cantik. Seuvenir ini juga dikenal dengan nama Dalecarlian Horse atau Dala Horse dan menjadi Simbol dari mainan anak negara Swedia.

Jika Anda sedang jalan-jalan murah ke Eropa, membeli Dalahäst tidak akan begitu menguras budget sebab suvenir ini dijual dengan harga yang cukup murah sekitar 5-10 euro. Akan tetapi produk Dalahäst yang benar-benar hasil tangan para pengrajin biasanya dibanderol dengan harga yang lebih tinggi sekitar 30 euro. Namun, hal tersebut tentu akan setara dengan kualitas dan keontetikan dari produk yang Anda beli.

Tidak hanya dalam bentuk ukiran langsung, Dalahäst juga bisa Anda beli dalam bentuk yang lain seperti gantungan kunci atau motif khas dari sebuah produk lainnya. Selain Dalahäst, ada beberapa produk kerajinan khas Sweden yang harus Anda beli yakni sebagai berikut.

  • Julbock
  • Swedish Dishcloths
  • Svenskt Tenn Acorn Vase
  1. Swedish Trays

Swedish TraysSwedish trays atau nampak khas Swedia adalah salah satu produk lokal yang kerap di beli oleh wisatawan sebagai oleh-oleh khas Swedia. Bukan tanpa sebab, produk nampan Swedia biasanya memiliki motif dan warna yang bernilai seni. Kendati memiliki fungsi utama sebagai tempat untuk menyimpan daftar makanan khas Eropa, tidak jarang Swedish Tray juga dijadikan sebagi pajangan apalagi untuk seorang kolektor.

Swedish trays bisa Anda temukan baik di toko souvenir maupun toko peralatan lainnya. Anda juga bisa menemukannya di beberapa toko online yang bisa Anda akses selama berlibur di Swedia. Harganya pun beragam tergantung pada bahan pembuat nampan serta keunikan dekorasi pada permukaannya. Jika Anda tertarik, cukup sisihkan budget sekitar 10 hingga 50 dollar.

Produk pengrajin Swedia memang menarik, selain aplikatif juga mengandung nilai seni yang tidak bisa ditawar keindahannya. Selain trays atau nampan, berikut adalah produk lainnya yang bisa Anda beli di Swedia untuk oleh-oleh.

  • Cheese Slicer
  • Swedish Glass
  • Sweddish Butter Knife
  1. Lingonberry Jam

Lingonberry JamTidak lengkap rasanya jika Anda berlibur ke Swedia tapi tidak mencicipi Lingonberry jam atau selain Lingonberry. Lingonbery adalah sejenis Berry yang tumbuh subur di Swedia.

Secara visual, buah Berry berukuran kecil ini tampak serupa dengan American Cranberry, hanya usaha lingonberry memiliki rasa yang lebih asam. Kendati demikian, masyarakat lokal menyukai rasa tersebut dan mengolahnya menjadi selai atau saus.

Lingonberry jam tidak hanya nikmat jika Anda sajikan bersama roti, melainkan juga dengan daging. Sebab, selain lingonberry ini tidak memiliki rasa manis yang menonjol. Anda juga bisa mengombinasikannya dengan keju dalam makanan khas Natal ketika Anda liburan Natal di Eropa. Kendati demikian, akan lebih sempurna jika Anda juga membeli beberapa lingonberry jam untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Baik selai lingonberry yang dibuat di pabrik atau rumahan bisa Anda temukan semuanya di pasar tradisional, minimarket, maupun toko kelontong milik masyarakat lokal. Selain dibawa pulang, tentu selai ini juga cocok untuk dibawa saat Anda melanjutkan perjalanan backpacker ke Eropa timur. Selain selain lingenberry, berikut adalah beberapa produk makanan lokal Swedia yang bisa Anda bawa sebagai oleh-oleh.

  • Princesstårta
  • Pepparkakor (Ginger Biscuits)
  • Ostkaka (Swedish Cheesecake)

  1. Falsterbotofflor

FalsterbotofflorMencari produk oleh-oleh khas Swedia yang tidak hanya cantik tapi juga bisa digunakan sehari-hari, kenapa tidak membeli Falsterbotofflor saja. Falsterbotofflor adalah alas kaki tradisional Swedia yang terbuat dari kayu. Produk ini awalnya berasal dari wilayah menawan di selatan negara Swedia, tepatnya di wilayah yang sama dengan lokasi Falsterbo Horse Show diselenggarakan setiap tahun.

Berbeda dengan jenis alas kaki lainnya yang bisa Anda temukan di toko suvenir, Falsterbotofflor dibuat tangan langsung oleh pengrajinnya, begitu juga pada segi pewarnaan. Sebelum berpindah lokasi lokasi wisata ke Swiss, membeli beberapa pasang Falsterbotofflor tentu direkomendasikan. Produk ini juga bisa gunakan saat mengunjungi tempat wisata di Interlaken Swiss.

Falsterbotofflor tersedia dalam berbagai ukuran, yakni seukuran dewasa hingga untuk anak-anak. Harga yang dibanderol disesuaikan Dean ukuran Falsterbotofflor serta kerumitan desain dan proses pewarnaannya. Selain Falsterbotofflor, Anda juga bisa membeli produk oleh-oleh khas Swedia lainnya yakni sebagai berikut.

  • Lovikkavantar
  • Swedish Snaps
  • Tonini Berg Jewellery

Dari sekian banyak alasan kenapa Anda harus berwisata ke Swedia, salah satu yang kerap menjadi idaman para wisatawan dunia adalah membeli beberapa jenis produk lokal untuk dijadikan sebagai oleh-oleh khas Swedia.

Tidak hanya terbatas pada produk camilan dan makanan tradisional, oleh-oleh khas Swedia juga tersedia dalam bentuk suvenir, perhiasan dan produk kerajinan seni lainnya. Tentu, hal tersebut akan menambah alternatif barang yang bisa Anda beli di sana.

Setelah puas berlibur di wilayah utara benua Eropa, lanjutkan perjalanan Anda jauh ke selatan. Ada banyak tempat wisata menarik terutama di negara Spayol yang harus Anda kunjungi, semisal tempat wisata di Cuenca.

Cuenca tak kalah menarik dari Swedia, keduanya tentu memiliki keunikan dan kekhasan masing-masing yang memikat para wisatawan untuk terus berdatangan dari seluruh penjuru dunia.

, , ,
Post Date: Friday 15th, February 2019 / 08:36 Oleh :
Kategori : Swedia