11 Oleh-Oleh Khas Ukraina Yang Unik Dan Lucu

Ukraina menjadi salah satu kota destinasi wisata yang digemari penduduk dunia karena keunikan kotanya. Warga kota Ukraina memilki keramahan yang membuat nyaman wisatawan datang kembali berwisata ke Ukraina.

Sebagai kota yang sudah terkenal dengan tempat wisata yang ramah kepada wisatawan asing, maka tempat wisata di Ukraina juga menawarkan cindera mata yang unik dan sama menariknya dengan pemandangan di sekitar Ukraina.

Berikut merupakan oleh-oleh khas Ukraina yang kerap menjadi souvenir para wisatawan asing.

  1. Pysanky (Telur Kayu Dicat)
Pysanky

Di Ukraina, pysanky berornamen rumit telah menjadi hadiah tradisional selama berabad-abad. Paling sering, telur Paskah yang diukir dengan tangan atau dilukis dengan tangan ini terbuat dari kayu.

Yang paling indah dari mereka dikatakan diproduksi di wilayah Carpathian (Ukraina Barat), serta di desa Petrykivka, komunitas artistik terkenal di Ukraina Timur.

Sampai hari ini, pysanky masih sangat dihargai di Ukraina seperti batu giok, oleh-oleh khas China yang dianggap sebagai jimat yang berasal dari budaya kuno, tetapi juga sebagai karya dekoratif lucu yang diproduksi oleh seniman berbakat. Beberapa bentuk Pysanky dicari oleh para kolektor karena warna-warna cerah dan desain yang rumit.

Pysanky menampilkan beragam warna dan pola ornamen, masing-masing memunculkan interpretasi berbeda dari simbol-simbol tertentu. Desain yang paling populer termasuk pola geometris, simbol Kristen dan motif Phytomorphic  atau motif tanaman.

Harga bervariasi, tergantung pada ukuran dan desain, mulai dari $ 3 hingga $ 50.  Ada juga yang lebih mahal ketika anda membelinya di Bazaar suvenir, Andreevsky Spusk Street, Kyiv, Ukraina.

2. Matryoshka Ukraina / Babushka

Matryoshka Ukraina

Matryoshka Ukraina adalah suvenir, bukan mainan untuk anak-anak. Boneka bersarang buatan tangan ini dilengkapi dengan pakaian tradisional Ukraina.

dapat dikatakan bahwa souvenir ini merupakan koleksi serius, dirancang murni untuk dekorasi, bukan untuk bermain-main.

Boneka Matryoshka, juga dikenal sebagai boneka babushka yang berarti nenek-nenek, mewakili satu set boneka kayu dengan ukuran yang berbeda-beda. Masing-masing ditempatkan bersandingan dengan yang lain. dalam satu paket,jJumlah patung-patung biasanya lima atau lebih.

Bentuknya hampir silindris, bulat di bagian atas yakni kepala dan meruncing ke arah bawah. Boneka-boneka itu tidak punya bentuk tangan, namun hanya digambar dan dicat saja. Lukisan di masing-masing boneka bisa sangat rumit. Boneka-boneka sering dibuat dengan mengikuti tema tertentu.

Selain dari tema gadis tani bersama, mereka bisa menggambarkan karakter dongeng sampai mantan pemimpin Soviet. Harga biasanya tergantung pada jumlah boneka termasuk satu set dan kompleksitas desain. Harga rata-rata satu set adalah $ 5. Anda bisa membelinya di Bazaar suvenir. Keotentikan dari boneka ini mungkin sama bagusnya dengan souvenir khas Amerika Serikat yang berupa boneka vodoo.

3. motanky (boneka rag)

motanky

kalau anda ke tempat wisata di Jepang, anda akan dengan mudah menemukan boneka kucing sebagia hiasan di atas rak atau bifet dan dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan. Nah, motanky pun memiliki fungsi yang sama.

Awalnya Motanky adalah mainan untuk anak-anak dan jimat melawan penyakit. Kini, boneka kain berbulu ini ditawarkan sebagai oleh-oleh khas Ukrina dan salah satu simbol nasional Ukraina.

Boneka ini terbuat dari potongan-potongan kain, disatukan dalam bentuk seperti manusia, boneka-boneka ini mewakili perwujudan kesuburan tanah dan ternak, dan kelanjutan sebuah keluarga. Motanky diyakini dipenuhi dengan energi positif dan karenanya sering muncul sebagai hiasan di pohon Natal.

Boneka-boneka itu tidak memiliki wajah, tubuh mereka seringkali terbuat dari kulit kayu birch atau kertas gulung. Kepala diisi dengan wol dan ditutupi dengan ochipok—topi yang secara historis dipakai oleh wanita yang sudah menikah—atau selendang.

Boneka tradisional ini ukuran berbeda-beda, ada yang kecil untuk anak-anak, dan ada yang besar untuk orang dewasa. Harga bervariasi, tergantung pada ukuran dan kompleksitas, antara $ 25 dan $ 100, jika anda membelinya di Galeri Kerajinan Tangan Svitlytsya.

4. Keramik

likhtaryk-art-studio keramik

Oleh-oleh khas Ukraina berikutnya mungkin sama saja dengan oleh-oleh khas dari tempat wisata di suzhou Tiongkok yakni tembikar dan keramik telah dikenal oleh orang-orang yang tinggal di wilayah Ukraina sejak milenium keempat hingga kelima SM.

Potongan-potongan kuno yang ditemukan dikaitkan dengan apa yang disebut budaya Trypillya. Beberapa ornamen, desain dan pola peninggalan budaya Trypillya masih hidup dan hadir dalam seni dekoratif Ukraina saat ini.

Artefak Trypillya asli disimpan di museum dan tidak tersedia untuk dijual, tetapi replika buatannya ditawarkan sebagai souvenir di daerah tempat wisata di Ukraina. Pasar cinderamata lokal juga menawarkan berbagai pilihan keramik dan gerabah yang berasal dari berbagai daerah di Ukraina.

Masing-masing kerajinan keramik dan tembikar berukuran berbeda, bahkan juga dalam gaya dan warnanya. Misalnya, keramik dari distrik Kosiv di Ukraina Barat dikenal karena warna kehijauan dan coklat kemerahan pada latar belakang putih, dihiasi dengan gambar burung, hewan, dan manusia.

Keramik dari desa Opishne terkenal dengan warna-warna alami dan vas serta piring yang didekorasi dengan rumit, secara tradisional menampilkan gambar domba, beruang, kambing dan kuda. Tempat paling terkenal di mana Anda bisa melihat dan membeli tembikar di Kyiv adalah Andriyivsky Uzviz Kyiv, Ukraina

5. Kotak Kayu Buatan Tangan Pernis

kayu pernis ukraina

Oleh-oleh khas Ukraina selanjutnya ialah Kotak kayu pernis Ukraina terbuat dari birch, asli dari Ukraina Barat. Produksi dimulai dengan potongan-potongan birch dipotong kasar menjadi balok dan kemudian dibubut menjadi silinder halus.

Setelah itu, setiap silinder diukir secara manual ke dalam kotak, tidak ada peralatan penggilingan berteknologi tinggi yang digunakan untuk membuat souvenir ini. keahlian dan keterampilan dari pengalaman adalah satu-satunya hal yang menjadi sebab hiasan kotak kayu ini nampak indah.

Tahap terakhir dari pembuatan kotak kayu ini ialah melukis di bagian ukirannya. Melukis ini harus dilakukan juga oleh seniman profesional, menggunakan warna minyak. Adegan yang dilukis biasanya menggambarkan beberapa situasi kehidupan, misal pasangan menari atau perayaan Natal.

Pada akhirnya, setiap kotak ditandatangani oleh penulis. Kotak-kotak kayu yang dicat halus ini adalah hadiah yang bagus untuk keluarga dan teman-teman. Harga bervariasi antara $ 6 dan $ 8, tergantung pada ukuran dan kompleksitasnya. Anda bisa membelinya di komplekas Andreevsky Spusk Street, Kyiv, Ukraina.

6. Blus Folk ukrainian (Kamisol)

komisol

Ukraina selalu terkenal karena sulamannya. Dan barang-barang bordir Ukraina yang paling terkenal adalah kemeja dan blus, yang memiliki arti artistik dan historis. Setiap wilayah negara memiliki desain sendiri yang khas, yaitu pola geometris, motif bunga, gambar bergaya orang, burung atau hewan.

Kombinasi warna yang paling sering adalah hitam dan merah, oranye dan coklat, kuning dan hijau, biru dan putih. Anda tidak akan pernah salah dengan blus etnik buatan Ukraina sebagai hadiah, dijamin akan meningkatkan sensasi rindu pernah datang ke Ukraina. mungkin saja efeknya seperti orang asing membeli kain batik dari Yogyakarta yang memiliki kekhasan Nusantara. Anda bisa mendapatkan blus folk ukrainian dengan harga bervariasi dari $ 50 hingga $ 600. Anda bisa membelinya di sekitar Galeri Kerajinan Tangan Svitlytsya.

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Ukraina

Selain daftar oleh-olah khas Ukraina di atas, anda dapat membeli oleh-oleh dalam bentuk lainnya yang mungkin lebih cocok untuk anda. Berikut daftar rekomendasi tambahan oleh-oleh khas Ukraina untuk anda bawa pulang.

  • Lviv Chocolate
  • CD Musik Rakyat Ukraina
  • Perhiasan Ukraina (Gelang Kayu Carpathian dan Kalung Manik-manik)
  • Tatahan kayu
  • Tekstil Matiola

Demikian, kurang lebih daftar oleh-oleh khas Ukraina untuk anda pertimbangkan bawa pulang sebagai souvenir sehabis berwisata ke seluruh bagian kota Ukraina.

, , ,
Post Date: Thursday 02nd, May 2019 / 08:58 Oleh :
Kategori : Ukraina