Wisata Patung Buddha Tidur Di Thailand Yang Paling Sering Dikunjungi Wisatawan

watpho.3Thailand merupakan salah satu destinasi wisata di Asia yang populer dikalangan turis mancanegara. Keindahan dan kebudayaannya yang original merupakan daya tarik tersendiri negara ini. Banyak tempat wisata di Thailand yang bisa anda kunjungi. Mulai dari Grand Palace yang terkenal dengan ukiran dan arsitektur bangunananya yang rumit. Hingga beberapa objeks wisata menarik lainnya seperti :

  1. Pha Nga Bay,
  2. James Bond Island,
  3. Koh Lipe, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya kebudayaan kunonya, banyak pula hiburan modern yang bisa anda nikmati di Thailand. Kunjungi Khao San Road, kawasan ini terkenal sebagi surganya para backpaker mancanegara. Disini anda bisa bertemu dengan para pelancong lainnya dan bertukar infromasi tentang rekomendasi tempat-tempat seru di Thailand hingga infromasi budgeting.

Bangkok adalah ibukota Thailand yang memiliki banyak objek wisata budaya yang bisa anda kunjungi. Banyak kuil-kuil Budha yang bisa anda temukan di Bangkok. Tidaknya hanya sekedar kuil, namun kuil megah yang besar dengan arsitektur mengagumkan. Kunjungi Wat Pho Thailand, kuil ini merupakan salah satu kuil terkenal di kota bangkok dengan daya tariknya yaitu patung Budha tidur di Thailand.

Sejarah Wat Pho dan Patung Buddha Tidur

watpho.4Kuil Wat Pho merupakan kuil yang lokasinya berada di komplek Grand Palace. Kuil Lain yang berada di dalam Grand Palace adalah Wat Phra Kaew. Luas dari kompleks Grand Palace sekitar 9 Hektar dengan 200 bangunan di dalamnya, termasuk Wat Pho. Wat Pho terletak tidak jauh dari Grand Palace, hanya berjarak 5 menityang ditempuh dengan jalan kaki.

Nama resmi dari Wat Pho adalah Wat Phra Chetuphon Wimonmangkhalaram. Selain patung Budha tidur di Thailand  yang terkenal, terdapat 1.0o patung lainnya. Kuil ini berubah nama menjadi Wat Pho ketika ada seorang biara India datang ke kuil ini yang menyakini bahwa kuil ini adalah tempat tinggal Budha.

Sebelum menjadi sebuah kuil, kuil ini merupakan pusat pendidikan untuk pengobatan tradisional Thailand. Bangunan ini pernah mengalami kerusakan yang kemudian direnovasi pada tahun 1782 hingga 1809 oleh Raja Rama I. Kuil ini memperoleh Memori Program Dunia dari UNESCO pada tahun 2008.


Salah satu daya tarik kuil ini adalah patung Budha tidur yang dilapisi oleh emas. Patung ini  sebetulnya punya nama Reclining Buddha atau Budha Berbaring. Karena jika anda mengunjungi kuil ini dan menyaksikan sendiri, patung Budha di kuil ini tidak sedang tidur, namun hanya berbaring dan tidak memejamkan mata. Patung budha tidur di Thailand ini memiliki panjang yang mencapai 46 meter dan tinggi 15 meter.

Patung ini dibuat dati batu bata, gips, dan lapisan emas murni yang senantiasa diberi perawatan untuk menjaga keawetan lapisan emasnya. Emas yang digunakan untuk melapisi patung ini terdiri dari 336 lapis dengan emas dengan kadar 18 karat. Bagian patung ini yang menarik adalah telapak kaki Budha yang dilapisi dengan lambang suci Budha berupa 108 Lakhana yang terbuat dari mutiara.

Tidak jauh dari aula tempat patung Budha, ada sebuah koridor dengan 108 mnagkuk perunggu yang berderet. Mangkuk-mangkuk tersebut melambangkan sifat-sifat keberuntungan Budha. Anda bisa mencoba menjatuhkan koin ke salah satu mangkuk tersebut yang dipercaya dapat memberikan keberuntungan. Di sisi lain yang masih berdeatan dengan patung Budha, terdapat taman kecil pusat pohon Bodhi (pohon suci menurut kepercayaan orang Buddha). Pohon ini berasal dari India yang diyakini sebagai pohon dimana Buddha suka duduk sambil mendapatkan pencerahan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Berunjung ke Wat Pho

Mengunjungi Kuil Wat Pho bisa anda lakukan bersama keluarga maupun jalan-jalan romantis dengan pasangan anda. Keindahan kuil Wat Pho bisa menjadi kenangan indah untuk anda sepuland dari rangkaian liburan anda di Thailand. Selain mendapatkan wawasan baru tentang sejarah peradaban kuno di Thailand, terdapat banyak spot-spot menakjubkan yang bisa dijadikan latar berfoto sebagia kenangan – kenangan anda dan keluarga. Demi kenyamanan dan kelancanran anda dalam rangkaian kunjungan anda di Wat Pho, ada bebarapa hal yang sebaiknya anda perhatikan.

1. Gunakan Busana Tetutup yang sopan.

Wat Pho merupakan wilayah kuil bagi umat Buddha, lokasi ini merupakan wilayah religius yang mengharuskan pengunjungnya berpakaian sopan. Hidari pakaian terbuka seperti celana pendek atau atasan tanpa lengan (bagi laki-laki maupun perempuan). Jika anda memang lupa dan tidak sengajah menggunakan busana tidak tertutup, anda akan dipinjami kain penutup semacam pasmina yang bisa anda gunakan untuk menutupi tubuh anda.

2. Mengunakan alas kaki tanpa tali yang mudah dilepas.

Anda juga harus melepas alas kaki ketika memasuki aula tempat patung Buddha tidur. Anda akan diberikan kantong khusus untuk menyimpan anda sementara. Oleh karena itu mengunkan sandal jepit bisa menjadi pilihan yang tepat dan nyaman. Atau flat shoes tanpa tali agar anda lebih leluasa dan bebas.

3. Bertingkah laku sopan dan perhatikan setiap papan petunjuk.

Karena Wat Pho merupakan tempat yang berfungsi sebagai tempat ibadah juga bagi umat Buddha. Hormati orang-orang yang sedang melakukan ibadah di kuil dengan memperhatikan langkah anda dan jangan berbicara terlalu keras. Anda memang bebas berfoto di spot manapun tanpa biaya tambahan, namun ada beberapa spot yang perlu diperhatikan. Jika berfoto di kuil-kuil kecil, jangan naik di atasnya. berdiri di depan kuil sudah cukup untuk mendapatkan hasi foto yang bagus.

Berlokasi di pusat kota Bangkok, Kuil Wat Pho memiliki akses yang mudah. Anda bisa naik berbagai pilihan kenadaraan umum. Jika anda mengunjungi Grand Palace terlebih dahulu, anda bisa jalan selama 5 menit untuk sampai dikuil ini. Karena merupakan lokasi terkenal, jika anda bertanya dengan penduduk lokal maka siapa pun juga pasti mengerti dan bisa menunjukan arah yang enar untuk anda.

Jam Buka 

  • 08.00 – 17.00

HTM

  • 100 Bath (sekitar Rp 32.000)

Daya Tarik Wisata di Wat Pho Lainnya

Selain Patung Budha di Thailand yang terkenal, Wat Pho memiliki fasilitas lain yang wajib anda coba ketika berkunjung objek wisata satu ini. Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, dulunya Wat Pho merupakan Pusat Pengobatan Tradisional Thailand. Di sini terdapat pavilion khusus untuk merasakan maupun mempelajari teknik memijat kuno Thailand.

Teknik pijat Thailand memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tumbuh anda. Setelah seharian berjalan-jalan di kota Bangkok, datang ke pavilion pijat ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memulihkan stamina anda. Bagi anda yang baru merasakan pengalaman pijat tradisional Thailand, mungkin akan merasakan kesakitan. Cobalah untuk tetap relaks dan santai. Para tukang pijat di pavilion ini juga memiliki kemapuan bahasa Inggris yang mumpuni sehingga anda bisa berkomunikasi dengan baik untuk menghindari ketidak nyamanan.


Ada baiknya anda menggunakan busana yang tidak terlalu ketat agar mempermudah anda menikmati pijatan tradisional Thailand.

Daftar Harga Paket Pijat 

Tradisional Thai Massage

  • 1 Jam: 420 Baht (sekitar Rp 185.000)
  • 30 Menit: 260 Baht (sekitar Rp 114.000)

Pijat Kaki

  • 1 Jam: 420 Bath (sekitar Rp 185.000)
  • 30 Menit: 280 Bath (sekitar Rp 123.000)

, , , ,
Post Date: Wednesday 02nd, May 2018 / 04:32 Oleh :
Kategori : Thailand