10 Makanan Khas Argentina Terlezat Favorit Wisatawan

Argentina adalah salah satu tempat wisata di Amerika Selatan yang terkenal. Tempat wisata di Argentina terkenal dengan keindahan alam hutan tropisnya. Berbagai objek wisata Argentina yang terkenal akan keindahannya di antaranya adalah :

  1. Los Glaciaries National Park,
  2. Air Terjun Iguazu,
  3. Perito Moreno Glacier,
  4. dan masih banyak lagi objek wisata alam populer yang bisa anda temukan di Argentina.

Tidak hanya keindahan alamnya, kuliner khas Argentina juga wajib anda cicipi jika anda berkunjung ke negara satu ini. Kuliner Argentina merupakan hasil percampuran dari budaya Mediterania dan beberpa pengaruh dari italia dan Spanyol. Masyarakat Argentina sangat gemar mengkonsumsi daging. Ada pula berbagai hidangan penutup khas yang manis dan lezat. Berikut adalah sepuluh makanan khas Argentina terlezat yang patut anda coba.

1. Empanadas

argentina.1Empanadas merupakan salah satu street food terfavorit di kalangan masyarakat Argentina. Makanan satu ini bentuk seperti pastel dengan isian yang biasanya bisa terdiri dari berbagai sayuran maupun dengan campuran daging.

Isian Empanadas pada umumnya terdiri dari ayam, keju dan ham, jagung manis, dan keju biru yang populer di eropa. Ada pula variasi lainnya yang hanya tersedia pada musim tertentu. Dengan isian daging sapi, cumin (semacam bijian), bawang, telur atau kentang sesuai dengan tradisi di tiap provinsinya.

Empanadas merupakan hidangan yang pada umumnya buat tangan dengan keterampilan melipat yang khas. Kulit Empanadas yang renyah dengan isiannya yang kaya dan lembut pasti akan meninggalkan kesan pada lidah anda.

2. Choripan

argentina.2Satu lagi menu street food populer di Argentina adalah Choripan. Makanan satu ini berupa roti isi yang serupa dengan Hot Dog yang biasa khas tempat wisata di Amerika Serikat. Choripan terdiri dari roti dengan kulitnya yang renyah dengan isiannya seperti, selada, bawang yang dipanggang, sosis, dan acar.

Choripan biasanya memiliki isian sosis babi, pastikan terlebih dahulu dengan bertanya dengan penjualnya sebelum membeli makanan khas satu ini. Choripan biasanya dihidangkan dengan chimichurri, saus pedas khas Argentina yang terbuat dari oregano, parsley, bawang putih, cabe, dan cuka anggur merah.


3. Minalesa

argentina.3Minalesa merupakan salah satu hidangan Argentina yang terinsiprasi dari makanan khas yang bisa anda temukan juga di tempat wisata di Italia, Escalope. Minalesa merupakan hidangan utama steak dengan balutan tepung roti yang kemudian digoreng dan memberikan tekstur yang renyah pada bagian luar steak, namun lembut di dalam.

Adapun variasi dari Minalesa adalah a la napolita yaitu minalesa dengan tambahan telur goreng, keju dan saus tomat. Adapula variasi a la suiza dengan keju Gruyere. Daging yang digunakan pada steak satu ini bisa berupa daging sapi atau dada ayam. Dalam satu set hidangan lengkap Minalesa, dilengkapi dengan kentang goreng dan salad untuk mengenyangkan anda.

4. Asado

argentina.4Masyarakat Argentina sangat gemar menyantap daging. Adapun istilah barbeque dalam Argentina adalah Asado. Asado merupakn jamuan komplit berbagai macam hidangan barbeeque khas Argentina. Orang Argentina suka berkumpul dan mengadakan pesta dengan Asado sebagai jamuannya.

Jika anda berkunjungi ke Argentina, anda juga bisa menikmati jamuan Asado dalam versi yang lebih kecil di restoran-restoran lokal yang biasa disebut Parrilada, dengan set panggangan yang lebih kecil dengan batu bara. Berbagai jenis danging di hidangkan dalam Asado mulai dari sapi, ayam, dan babi. Adapun beberapa hidangan yang biasanya dihidangkan bersama Asado yaitu :

  1. Choripan, Riones (ginjal),
  2. Mollejas (roti daging),
  3. Morcilla (sejenis sosis yang terbuat dari darah hewan), dan masih banyak lagi.

5. Provoleta

argentina.5Provoleta merupakan salah satu makanan Khas Argentina pendamping Asado. Hidangan ini merupakan hidangan yang mirip dengan keju founde yang populer di tempat wisata di Belanda. Seperti halnya founde, Provoleta juga sangat cocok untuk menjadi pelengkap berbagai potongan daging dalam Asado.

Provoleta terbuat dari susu sapi atau susu kambing yang dipanggan dengan aluminium foil dengan taburan oregano diatasnya. Makanan pelengkap satu ini harus memiliki tekstur renyah pada permukaannya, namun kental dan lembut pada bagian di bawah lapisan atas tersebut. Provoleta memiliki rasa asam yang creamy, sangat cocok untuk ditambahkan pada hidangan gurih dan asin untuk mengimbangi cita rasa.

6. Locro

argentina.8Locro adalah salah satu makanan khas Argentina tradisional. Maknan ini merupakan hidangan sup dengan tekstur kuah yang kental dengan berbagai isian daging dan sayuran. Pada umunya daging yang digunakan sebagai campuran Locro adalah daging sapi atau chorizo (sejenis sosis).

Dimasak denga kuah dengan tambahan jagung manis, bawang, dan buah labu. Untuk memberikan cita rasa pedas, anda bisa menambahkan Quiquirimichi, saus pedas khas Argentina yang terbuat dari lada merah dan paprika. Hidangan ini biasanya disantap saat musim dingin oleh masyarakat Argentina.

7. Dulce de Leche

argentina.6Setelah puas dengan berbagai hidangan utama asin dan gurih khas khas Argentina, kini saatnya mencicipi hidangan oenutup yang manis. Argentina juga memiliki banya hidangan penutup yang lezat. Salah satunya yang paling populer adalah Dulce de Leche. Dulce de Leche merupakan selai susu khas Argentina.

Memiliki tesktur yang sangat kental dan rasa yang manis. Selai satu ini adalah susu dan gula yang dipanaskan selam tujuh jam, pada umumnya adalah susu yang berubah menjadi karamel. Berbagai hidangan penutup diciptakan dari bahan dasar ini seperti Moose Dulce de Leche, atau menjadi selai tambahan pada kue kering Argentina, Alfajores.

8. Alfajores

argentina.7Jika macaron merupakan makanan terkenal di Paris, Argentina punya Alfajores. Kue kering satu ini sangat populer sebagai kudapan bagi masyarakat Argentina. Kue kering satu ini sebetulnya juga terkenal di negara-negara Mediternia lainnya.

Kue kering satu ini memiliki bentuk bundar seperti biskuit dengan krim pada bagian tengahnya. Alfajores terbuat dari tepung, madu, kacang almond, hazelnuts, dan dulce de leche. Bisa hidangkan secara tradisional tanpa tambahan apapun maupun diberi taburan gula serbuk atau tambahan parutan kelapa. Ada juga yang dicelupkan ke dalam cokelat leleh yang didingin untuk memberikan selimut cokelat pada kue kering ini. Sangat cocok di minum dengan segelas teh maupun kopi.

9. Dulce de Batata

argentina.9Dulce de Batata merupakan makanan khas Argentina sebagai hidangan penutup. Bahan dasar dari makanan satu ini adalah ubi manis dengan tekstur kenyal yang padat dan lengket. Dulce de Batata lebih sering disantap dengan kue kering, cokelat, keju, maupun kacang.

Tidak hanya dalam hidangan segar, banyak punya Dulce de Batata dalam kemasan kaleng yang dijual di toko-toko di Argentina yang bisa anda jadikan oleh-oleh. Tidak hanya sebagai hidangan pelengkap makanan penutup, masyarakat Argentina juga suka memakan Dulce de Batata dengan sosis sebagai menu sarapan mereka. Dulce de Batata yang terbuat dari ubi manis tentunya bisa dijadikan sumber karbohidrat yang menyengkan.


10. Pastafrola

argentina.10Pastafrola atau pastafrula merupakan hidangan penutup khas Mediterania yang lezat. Makanan satu ini memiliki bentuk yang sama dengan pai. Berbentuk seperti mangkuk dengan yang terbuat dari pastry bertekstur keras namun lembut dengan berbagai macam isian.

Pada umumnya Pastafrola diisi dengan keju quince, dulce de batata, dulce de leche, dan selai jambu merah atau stroberi. Bagian atas kue ini ditutp dengan pastry berbentuk seperti jaringn yang unik, kemudian dipangang hingga matang. Makanan ini merupakan hidangan sore hari yang biasanya didampingi oleh teh maupun minuman hangat lainnya.

, , ,
Post Date: Wednesday 02nd, May 2018 / 03:50 Oleh :
Kategori : Argentina