14 Tempat Wisata Di Jepang Yang Paling Terkenal Wajib Anda Kunjungi

Jepang adalah salah satu negara maju di Asia Timur yang sudah terkenal dengan kemajuan teknologi dan pariwisatanya. Jepang masuk dalam salah satu daftar negara pariwisata yang paling banyak dikunjungi turis. Masyarakat sana terkenal sopan, hormat, ramah, disiplin, dan sangat mencintai budaya tradisional turun temurun.

Jepang memiliki empat musim yang diantaranya adalah musim panas, musim gugur, musim dingin, dan musim semi, sehingga penting bagi anda yang ingin berwisata ke Jepang untuk tau sedang musim apa saat itu dan membawa pakaian yang cocok untuk musim saat keberangkatan anda. Negara ini juga terkenal sebagai negara yang sangat mencintai tradisi dan disiplin, sehingga alangkah baiknya apabila sebelum berangkat ke sana, anda mencari tahu terlebih dahulu bagaimana kebiasaan dan pantangan yang ada di masyarakat Jepang.

Gunung Fuji

Gunung Fuji

“Belum ke Jepang jika belum melihat Gunung Fuji”. Begitulah kata masyarakat lokal dan wisatawan yang sudah pernah ke Jepang. Gunung Fuji terletak dekat pesisir Pasifik di pusat Honshu, di perbatasan antara Yamanshi dan Shizuoka dan merupakan ikon negara Jepang  yang wajib anda kunjungi. Gunung tertinggi di Jepang ini memiliki ketinggian 3.776m dan untuk mendakinya membutuhkan 3-8 jam, sementara untuk penurunan memakan waktu hingga 5 jam.

Kawasan Gunung Fuji memiliki lima danau, yaitu Danau Kawaguchi, Yamanaka, Sai, Motosu, dan Shoji. Keindahan lima danau ini bisa anda nikmati di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut Gunung Fuji. Waktu populer bagi wisatawan adalah dari 1 Juli sampai 27 Agustus, dimana jumlah pengunjung bisa mencapai 200.000 orang dengan 30% nya wisatawan luar negeri.

Gunung Fuji dianggap gunung sakral oleh masyarakat Jepang. Di sana juga banyak tempat pemandian air panas (onsen) yang bisa anda kunjungi apabila lelah setelah mendaki. Selain pemandian air panas, ada juga museum, taman bermain, kebun bunga, dan berbagai macam festival yang diselenggarakan sesuai musimnya. Di puncak, terdapat salju abadi yang bisa dilihat dari kejauhan dengan mata telanjang. Ski resort Fujiten terletak di bagian utara gunung ini, bagi para wisatawan yang ingin bermain salju atau berolahraga dingin.


Ada banyak sekali kegiatan yang bisa anda lakukan di kawasan Gunung Fuji. Untuk mengunjungi Gunung Fuji, anda dapat menaiki Shinkansen (kereta cepat) dari Tokyo dan Osaka, kemudian naik bus ke titik awal rute pendakian.

  • Jam operasional: bervariasi, tergantung kegiatannya

Tokyo Tower

Tokyo Tower

Tokyo Tower merupakan ikon dari ibukota Jepang, Tokyo. Dengan tinggi 332,6 m, Tokyo Tower merupakan menara baja tertinggi di dunia yang berdiri tegak (Menara Eiffel setinggi 320m). Tokyo Tower dapat dilihat dari segala penjuru kota, dan memiliki fungsi asli sebagai menara pemancar TV analog, TV lokal digital, dan radio FM.  Tower ini resmi dibuka untuk umum sejak tahun 1958.

Pencahayaan di Tokyo Tower berubah-rubah seiring waktu atau event tertentu. Pada umumnya, Tokyo Tower memancarkan cahaya putih di musim panas untuk memberi kesan sejuk dan warna orange untuk memberi kesan hangat di musim dingin. Di saat cerah, anda bisa melihat berbagai macam pemandangan dari puncaknya seperti Tokyo Skytree, pemandangan perkantoran, bahkan Gunung Fuji di sebelah timur.

Untuk menikmati pemandangan Tokyo dari ketinggian, anda harus membeli tiket di lantai dasar dengan variasi harga 310 yen (untuk 4 tahun ke atas), 460 yen (untuk pelajar SMP ke atas), dan 820 yen (untuk pelajar SMU ke atas). Tiket ini berlaku untuk naik hingga lantai observasi utama di ketinggian 150m. Jika anda ingin naik lagi ke lantai observasi khusus, anda harus membeli tiket lagi dengan variasi harga 350 yen (untuk 4 tahun ke atas), 400 yen (untuk pelajar SMP ke atas), dan 600 yen (untuk pelajar SMU ke atas). Di lantai dua, ada toko cinderamata khas Tokyo Tower yang bisa anda kunjungi untuk membeli oleh-oleh.

Ada banyak akses menuju Tokyo Tower, namun yang paling banyak digunakan oleh wisatawan adalah lewat  Shinjuku Station dengan waktu tempuh perjalanan 24 menit dan ongkos 220 yen, kemudian berjalan kaki sekitar 12 menit menuju Tokyo Tower.

  • Jam Operasional: setiap hari jam 09.00-23.00

Ueno Park

Ueno Park

Keindahan bunga Sakura di Jepang dapat anda nikmati di Ueno Park, tempat wisata paling terkenal di Jepang untuk musim semi (hanami). Ueno Park ini termasuk salah satu top list tempat wisata di Jepang yang wajib kamu kunjungi. Taman ini terletak di distrik Ueno, Tokyo, dan mudah dijangkau lewat  Shinjuku Station sampai Ueno Station dengan waktu tempuh perjalanan 20 menit dan ongkos 200 yen, yang kemudian menempuh jalan kaki selama 5 menit.

Ueno Park seluas 52 hektar memukau anda dengan rimbunnya pepohonan sakura yang indah dan suasananya yang asri. Di malam hari, anda dapat menyaksikan Yozakura (melihat bunga sakura di malam hari) mulai pukul 5 sore hingga malam. Jika anda ingin mengunjungi Ueno Park ketika musim semi, datanglah di bulan Maret hingga Mei. Saat musim semi, banyak masyarakat lokal dan wisatawan melakukan piknik di tepi danau.

Selain tempat piknik, Ueno Park memiliki beberapa aktivitas lain seperti Tokyo National Museum, National Museum of Nature and Science, International Library of Children’s Literature, Ueno Royal Museum, dan Ueno Zoopark (Ueno Doubutsuen), dan masih banyak lagi dengan harga terjangkau.

  • Jam Operasional: setiap hari dari jam 05.00-23.00

Kuil Kinkakuji (Gold Pavilion)

Kuil Kinkakuji (Gold Pavilion)

Kuil Kinkakuji (atau disebut juga Gold Pavilion) adalah objek wisata paling terkenal di Kyoto. Bangunan ini terdiri atas 3 lantai, dan 2 lantai diantaranya dilapisi kertas emas. Di hari cerah, kuil ini memantulkan sinar matahari sehingga nampak cerah dan bersinar. Namun, kita hanya bisa melihat bangunan ini dari jalan pinggir danau, tidak diperbolehkan masuk ke area atau ke dalam bangunan.

Setelah masuk, anda tidak ditemani tour guide, melainkan jalan sendiri sesuai rute yang sudah ditentukan oleh pihak pengelola. Masyarakat lokal menyarankan anda untuk berfoto di Kolam Cermin, karena pantulan Kuil Kinkakuji menghasilkan foto yang bagus.

Kuil Kinkakuji indah dikunjungi di setiap musim, namun paling ramai dikunjungi di musim gugur dan musim dingin karena warna yang terpancar di dua musim tersebut kontras dengan warna emas Kuil Kinkakuji sehingga menjadikan pemandangannya lebih indah.

Kuil Kinkakuji dibuka sepanjang tahun dengan tiket masuk 400 yen untuk orang dewasa (SMA ke atas) dan 300 yen untuk pelajar SMP ke bawah.  Untuk mencapai Kinkauji, kita bisa naik bus kota Kyoto dengan ongkos 230 yen dengan waktu tempuh perjalanan 40 menit.

  • Jam Operasional: setiap hari jam 09.00-17.00
  • HTM: 300-400 yen

Harajuku

Harajuku

Bagi penggemar anime Jepang, mungkin sudah tidak asing lagi mendengar objek wisata satu ini. Harajuku, terletak di Shibuya, merupakan salah satu objek wisata tempat belanja terbesar di Jepang dan merupakan tempat yang cocok bagi anda yang suka shopping.

Banyak jenis barang yang dijual di Harajuku, seperti oleh-oleh, baju, kosmetik, barang cosplay, pernak-pernik anime dan manga (kartun dan komik Jepang), hingga AKB48 official shop. Harajuku bukan berbentuk mall, melainkan area shopping yang memiliki banyak toko dan kios yang berdiri mandiri.

Anda akan menemukan banyak cosplayer di Harajuku, jadi jangan kaget apabila anda melihat orang dengan kostum goth lolita dengan rambut wig warna-warni yang panjangnya menyentuh tanah, atau orang berkostum tentara membawa senjata mainan yang terlihat seperti asli. Harujuku kerap kali juga disebut sebagai surga otaku (pecinta anime dan budaya Jepang).

Harajuku tidak hanya menyediakan shopping centre, namun juga tempat wisata lain seperti Kuil Meiji Jingu, Taman Yoyogi, dan area Gymnasium Nasional Yoyogi. Ada banyak rute menuju Harajuku, salah satunya yang paling populer adalah melalui Shibuya Station dengan ongkos 140 yen dan waktu tempuh perjalanan hanya 2 menit.

  • Jam operasional: setiap hari tanpa batas waktu tertentu

Zoorasia Yokohama

Zoorasia Yokohama

Zoorasia Yokohama adalah kebun binatang terbesar di Jepang. Kebun binatang ini didesign dengan baik dan memiliki tujuh tema yaitu: Hutan Tropis Asia, Hutan Sub-artik, Padang Rumput Oceania, Dataran Tinggi Asia Tengah (Tibet), Pedesaan Jepang, Hutan Amazon, dan Hutan Hujan Afrika. Ada banyak binatang langka yang bisa anda lihat dalam kebun binatang ini, seperti Okapi, Singa India, Monyet Berbelalai, dan lain-lain.

Tak hanya untuk dilihat, ada juga waktu tertentu di mana anda bisa berinteraksi langsung dengan beberapa hewan di sana. Selain sightseeing, Zoorasia juga memiliki Hutan Wanpaku buat anda yang ingin bersantai sambil menikmati alam. Zoorasia paling mudah diakses dari Yokohama Station menuju Tsurugamine Station dengan waktu tempuh perjalanan 14 menit seharga 200 yen, kemudian dilanjutkan dengan menggunakan bus dengan waktu tempuh perjalanan 15 menit seharga 220 yen.

Jam operasional:

  • Rabu- Senin: 09.30-16.30 (last ticket purchased 16.00)
  • Selasa: Tutup (kecuali hari libur nasional)
  • HTM: 800 yen
  • Bus dalam Zoorasia Yokohama: 200 yen untuk dewasa dan 100 yen untuk anak-anak (sekali naik)

Kuil Fushimi Inari

Kuil Fushimi Inari

Bagi anda yang menginginkan kesan tradisional, maka Kuil Fushimi Inari adalah salah satu tempat wisata di Jepang yang wajib kamu kunjungi. Kuil yang terletak di Kyoto ini terkenal dengan seribu gerbangnya yang berwarna merah (Gerbang Torii). Fushimi Inari dibangun untuk dewa padi dan selalu padat dikunjungi orang dan pedagang yang memohon berkah untuk usahanya. Gerbangnya yang berjumlah ribuan merupakan hasil sumbangan dari perusahaan-perusahaan di Jepang yang berharap usahanya sukses.

Apabila anda datang di bulan Mei, ada festival Inari yang diselenggarakan di Kuil Fushimi Inari dan bisa anda saksikan. Di belakang kuil ini ada bukit yang bisa didaki dan membutuhkan waktu 2-3 jam untuk mencapai puncaknya. Pemandangan senja Kyoto adalah highlight dari pemandangan atas bukit ini. Sinar mentari akan membuat warna merah gerbang torii menjadi lebih cerah. Kita juga dapat beristirahat sambil menikmati sushi khas Inari.

Kuil ini dapat diakses dengan naik kereta lokal dari Kyoto Station ke JR Inari Station dengan waktu tempuh perjalanan selama 5 menit dan ongkos seharga 140 yen. Dari JR Inari Station, anda perlu berjalan kaki selama 5 menit untuk mencapai Kuil Fushimi Inari ini.

  • Jam operasional: setiap hari jam 06.00-21.00

Asakusa

Asakusa

Asakusa adalah daerah wisata terbesar di Tokyo. Di sini ada Kuil Sensoji, kuil tertua di Tokyo yang masih ramai dikunjungi wisatawan hingga saat ini. Kuil ini kerap disebut juga Kuil Kannon Asakusa. Banyak yang bisa kita lakukan di sini, salah satunya berkeliling daerah Asakusa dengan naik tugtug Jepang yang terkenal,  dengan jarak keliling mulai dari Kuil Sensoji hingga Tokyo Sky Tree.

Asakusa menyediakan jasa Tugtug yang menjadi ciri khas transportasi lokal. Tugtug hampir sama dengan becak di Indonesia, menggunakan tenaga manusia dengan penumpang maksimal 2 orang. Namun ongkos jasa Tugtug ini cukup tinggi, dengan harga 3000-6000 yen per 12 menit, dan bervariasi sesuai jarak tempuh.

Di Namikase-dori, ada pusat pembelanjaan oleh-oleh untuk daerah Asakusa dengan berbagai macam tipe barang. Bila anda datang di musim panas, anda dapat menyaksikan festival musim panas yang berlangsung di Kuil Sensoji dan di sepanjang Namikase. Asakusa juga menjadi pusat kuliner di daerah sekitar. Anda bisa makan sushi, gyudon, ramen, soba, dan lain-lain. Kuil ini bisa dicapai dengan naik subway (chikatetsu) dari semua stasiun terkenal di Tokyo.

  • Jam operasional: setiap hari tanpa batas waktu tertentu

Tokyo National Museum

Tokyo National MuseumTokyo National Museum terletak di Ueno Park, dan merupakan salah satu museum tertua yang memuat koleksi perkembangan budaya terbesar di Jepang. Beberapa koleksi Tokyo National Museum adalah kerajinan tanah liat dari zaman Edo, kimono, aneka ragam seni budaya dan senjata zaman dulu yang bernilai tinggi. Museum ini terdiri dari beberapa galeri yang memiliki kategori masing-masing. Tokyo National Museum dapat dicapai dengan rute yang sama dengan Ueno Park, yaitu lewat Shinjuku Station menuju Ueno Station dengan waktu tempuh perjalanan 20 menit sebesar 200 yen.

Jam operasional

  • Selasa-Minggu: 09.30-17.00
  • Senin: Libur (tutup)
  • HTM: 620 yen

Kiddy Land Omotesando

Kiddy Land Omotesando

Buat anda yang suka pernak-pernik lucu, Kiddy Land Omotesando adalah tempat yang tepat untuk anda berbelanja, baik untuk diri sendiri maupun oleh-oleh. Di sini anda bisa menemukan aksesoris berkarakter seperti karakter film Disney, Hello Kitty, Rilakkuma, Star Wars dan masih banyak lagi. Kebanyakan karakter aksesoris yang ada di Kiddy Land Omotesando berupa karakter kartun, anime, dan film.

Ada peralatan alat tulis, boneka, handuk, payung, mainan, dan aksesoris lainnya seperti jepit rambut, perhiasan mainan, dan lain-lain. Akses termudah menuju Kiddy Land Omotesando adalah lewat Maiji Jingu Mae Station, Omotesando Station, Harajuku Station, atau Shibuya Station. Ongkos transport yang disediakan setiap stasiun berbeda-beda.

Jam operasional:

  • Senin-Jumat: 11.00-21.00
  • Sabtu-Minggu: 10.00-21.00

Tokyo Disneyland

Tokyo Disneyland

Siapa yang tidak tahu Disneyland? Jepang juga memiliki Disneyland yang terletak di Tokyo.

Tokyo Disneyland dibagi menjadi 7 bagian dengan tema masing-masing, seperti Fantasyland, Critter World, Westernland, dan lain-lain. Atraksi-atraksi yang disediakan Tokyo Disneyland tidak hanya memikat anak-anak, namun juga orang dewasa sehingga taman bermain ini selalu dibanjiri masyarakat lokal dan wisatawan terutama di musim liburan sekolah. Tokyo Disneyland terkenal dengan ikon kastil Disneyland-nya yang besar, terletak di Fantasyland, dan menjadi salah satu daya tarik terbesar di Tokyo Disneyland.

Tokyo Disneyland juga memiliki kalender eventnya sendiri yang membuat daya tariknya lebih meningkat. Diantaranya adalah Program Tahun Baru, Paskah Disney, Festival Tanabata, hingga Halloween Disney dan Fantasi Natal. Semua event nya bisa anda cek di website Disneyland Tokyo. Di dalam Tokyo Disneyland juga ada toko cinderamata asli dari Disney bagi anda yang ingin membeli oleh-oleh atau untuk dipakai sendiri.

Jam operasional:

  • setiap hari jam 09.00-22.00 (hari biasa), 08.00-22.00 (hari libur)

HTM: bervariasi, tergantung paket passport apa yang anda pilih.

Harga loker tas:

  • Kecil: 300 yen
  • Sedang: 400 yen
  • Besar: 500 yen
  • Sangat besar: 700 yen

Tokyo Skytree

Tokyo Skytree

Tokyo Skytree adalah simbol baru Tokyo setelah Tokyo Tower sejak dibuka untuk umum tahun 2012. Tower ini berbentuk unik, dengan design segitiga namun bulat di atas, menjadikan Tokyo Skytree sebagai sarana hiburan dan komersial selain fungsi aslinya.

Tokyo Skytree tidak hanya sekedar tower saja, namun di dalamnya ada Tokyo Solamachi, pusat pembelanjaan baru. Ada juga Akuarium Sumida, yang terletak di lantai 5 Tokyo Solamachi dengan koleksi lebih dari 10 ribu hewan laut. Akuarium ini dilengkapi tanki indoor berkapasitas 350 liter dan kolam display lainnya, seperti kolam display ubur-ubur dan habitat laut khas Jepang lainnya.

Ada baiknya sebelum berkunjung ke Tokyo Skytree, anda mengecek terlebih dahulu keadaan cuaca hari itu. Karena apabila cuaca sedang tidak baik dan angin bertiup kencang, maka Tokyo Skytree ditutup pada ketinggian tertentu guna keamanan pengunjung. Namun apabila anda berkunjung di hari cerah, anda dapat melihat keindahan Tokyo dalam panorama 360 derajat, bahkan melihat Gunung Fuji dari kejauhan.

Tokyo Skytree dapat dicapai melalui jalur Asakusa Subway Line, Hanzomon Subway Line, dan Keisei Oshiage Line. Kita dapat juga berjalan kaki lewat Asakusa Station dengan waktu tempuh perjalanan 20 menit.

  • Jam operasional: setiap hari jam 08.00-22.00. Dapat sewaktu-waktu ditutup apabila cuaca buruk
  • HTM: bervariasi sesuai ketinggian tower dan usia

Dotonbori Osaka

Dotonbori OsakaDotonbori Osaka adalah salah satu pusat kuliner dan pembelanjaan di Osaka yang terkenal. Di sini dijual makanan khas Osaka seperti Takoyaki dan Okonomiyaki. Barang dan makanan yang dijual di Dotonbori Osaka relatif murah. Anda disarankan untuk datang ke Dotonbori pada sore hingga malam hari, karena pemandangan yang disuguhkan lebih indah dan banyak toko yang memberi diskon apabila sudah malam.

Di Dotonbori ada banyak ikon landmark yang wajib anda foto, diantaranya Mr. Glico Man dan boneka berbaju badut bernama Kuidaore Taro. Anda juga dapat menaiki cruise menyusuri sungai Dotonbori di cruise bernama Tombori River Cruise Osaka dengan membayar 1200 yen untuk orang dewasa dan 600 yen untuk anak-anak.

Jam operasional: setiap hari tanpa ada batas waktu

Osaka Castle

Osaka CastleOsaka Castle adalah istana yang digunakan kerajaan Jepang pada abad ke 16. Kini, Osaka Castle dimoderenisasi menjadi museum bagi pendiri istana ini, Toyotomi Hideyoshi. Dalam kastil ini juga anda masih bisa menyaksikan dokumentasi kehidupan dan kerajaan Jepang di abad ke 16.

Apabila anda naik hingga ke puncak, anda dapat menyaksikan pemandangan Kota Osaka yang indah dan hanya bisa dilihat dari lantai teratas Osaka Castle. Selain area kastil, anda juga dapat menikmati hanami di Taman Nishinomaru di sekeliling Osaka Castle. Anda disarankan untuk datang di pagi hari karena udara masih sejuk, dan berkunjung di musim semi atau musim gugur karena pemandangan paling indah terdapat di dua musim ini.

Osaka Castle bisa dicapai dengan naik kereta JR Osaka Loop Line dari Osaka Station ke Osakajokoen Station dengan ongkos 160 yen dalam waktu tempuh perjalanan 10 menit

Jam operasional: setiap hari jam 09.00-17.0

HTM:

  • Dewasa: 600 yen, 200 yen (atau 350 yen untuk musim hanami) untuk Taman Nishinomaru saja
  • Anak-anak: gratis

Demikianlah 14 tempat wisata di jepang yang wajib kamu kunjungi di Jepang, dan masih banyak lagi objek wisata di Jepang yang tidak bisa kita ulas satu-satu.

Sebenarnya masih banyak tempat yang bisa kita jelajahi di negara ini dan negara lainya yang dapat kamu kunjungi seperti ini seperti:

Sebelum berkunjung ke Jepang, carilah info sebanyak-banyaknya mengenai tempat wisata lainnya, kebiasaan dan tradisi masyarakat setempat, dan jangan lupa untuk have fun and enjoy yourself. Jika anda membutuhkan bantuan selama anda berada di Jepang, anda bisa mengontak Kedutaan Indonesia di Jepang dengan nomor kontak:

  • 5-2-9 Higashigotanda, Shinagawa-Ku, Tokyo 141-0022, Japan. Telp. +81 (03) 3441-4201. Fax. 03-3447-1697
  • Hotline (Emergency Only) +81-80-3506-8612 / +81-80-4940-7419

, , , ,
Post Date: Wednesday 24th, January 2018 / 07:24 Oleh :
Kategori : Jepang