14 Tempat Wisata di Karachi Populer dan Wajib Dikunjungi

Tempat wisata di Karachi – Karachi merupakan salah satu kota yang paling terkenal untuk tujuan wisata di Pakistan. Ya, kota ini merupakan kota terbesar di Pakistan dan juga merupakan hub finansial komersial dari Negara ini.

Selain sebagai pusat bisnis di Pakistan, Karachi juga merupakan kawasan yang memilliki budaya dan sejarah yang mengesankan. Kota ini berada di hilir sungai indus yang juga memiliki pelabuhan besar yang mendukung perekonomian rakyat Pakistan.

Jika anda berencana mengelilingi tempat wisata di Pakistan, anda bisa memasukkan Karachi sebagai salah satu kota tujuan anda. Karena disini banyak sekali tempat wisata yang bisa anda kunjungi. Untuk itu langsung saja kita simak yuk tempat wisata di Karachi berikut ini.

1. Istana Mohatta

Mohatta

Istana Mohatta dibangun pada sekitar tahun 1920 an oleh Shivratan chandraratan Mohatta. Mohatta adalah seorang pengusaha yang beragama Hindu yang berasal dari Marwar. Istana ini memiliki luas sekitar 18.500 kaki persegi dengan arsitektur bergaya Rajashstan.

Jendela, Braket, Spanders, kubah dan langkan pintu dihiasi dengan motif bunga yang indah. Kuil ini didedikasikan untuk dewa Syiwa. Istana ini juga memiliki museum yang berisi informasi mengenai sejarah awal Sindh, perjuangan kebebasan, dan informasi mengenai kota Karachi.

2. Mazar-eQuaid (Mausoleum Jinnah)

Mazar-e-Quaid

Seperti halnya singapura yang memiliki marina bay, Mazar e Quaid juga merupakan salah satu tempat paling popular dan menjadi landmark dari kota Karachi. Tampat ini adalah makam dari pendiri Negara Pakistan, Mohammed Alli Jinnah. Monumen ini terletak di pusat kota Karachi dan dibangun pada tahun 1960 an.

Terbuat dari marmer putih yang cukup mencolok dengan arsitektur sederhana dengan kubah berbentuk setengah bola diatasnya. Di Mazar e Quaid juga dulunya ditinggali oleh Fatima Jinnah, saudara perempuan dari Mohammed Ali Jinnah  yang juga dikenal sebagai Mader e Milat atau ibu Negara.

Pada hari Kemerdekaan Pakistan yang jatuh pada tanggal 14 Agustus dan Hari Pakistan pada tanggal 23 Maret, di tempat ini akan diadakan upacara militer.


3. Masjid E tooba

MAsjid-E-tooba

Dikenal oleh masyarakat sekitar dengan nama Masjid Gol. Masjid ini memiliki kubah yang sangat besar, dan bisa dibilang kubah masjid ini adala masjid kubah tunggal terbesar di dunia. Diameter kubah di masjid ini mencapai sekitar 236 kaki yang dibangun tanpa pilar pusat.

Masjid ini terletak di kompleks Perumahan Perthananan di Jalan Korangi. Disamping masjid juga terdapat menara dengan tinggi sekitar 70 meter.

4. Bhambore

Bhambore

Merupakan sebuah situs arkeologi yang terletak sekitar 64 kilometer dari pusat kota Karachi, dan diperkirakan dulu merupakan pelabuhan kuno dari kerajaan Debul seperti halnya kota Phompeii di tempat wisata di Napoli. Pada tahun 712 Masehi, Mohammed Bun Qasim I dari Bagdad berhasil merebut seluruh wilayah Bhambore dan mengalahkan penguasa sebelumnya, yaitu Raja dahir.

Bhambore juga memiliki sebuah museum yang memamerkan beberapa peninggalan arkeologi di Bhambore, termasuk beberapa sisa-sisa masjid tua di Bhambore. Di depan museum terdapat halaman rumput hijau yang indah, yang bisa anda gunakan untuk bersantai sambil menikmati suasana sekitar.

5. Danau Haleji

Haleji

Danau Halaeji berjarak sekitar 52 kilometer dari pusat kota Karachi. Disini anda bisa melihat banyak burung air di danau ini. Ya, danau ini merupakan tempat bagi ratusan burung migran dari Siberia ketika musim dingin.

Sekitar 222 spesies burung termasuk coots, bebek, morhens ungu, merpati, kingfisher, teal, bangau putih, mallard, flamingo, pelican, burung koromoran, kuntul, burung pegar, ayam hutan, camar kepala hitam, bangau bisa anda lihat disini. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

6. Frere Hall

Freere-Hall

Bangunan ini merupakan bangunan peninggalan pemerintah kolonial inggris yang dibangun pada sekitar tahun 1865. Bangunan ini hingga sekarang masih terawatt dengan sangat baik. Frere Hall dibangun untuk menghormati Sir Hendry Bartle Edward Frere yang membawa beberapa terobosan untuk mengembangkan ekonomi Karachi.

Kemudin direnovasi oleh Benjamin Flinch dengan membangun taman disekitarnya. Bangunan batu yang berwarna kekuningan ini memiliki dua lantai yang terdiri dari aula, galeri orchestra dan perpustakaan di lantai dasarnya.

7. Hindu Gymkaha

Hindu-Gyhamka

Dibangun pada tahun 1925 diatas tanah seluas sekitar 47.000 kaki persegi. Terletak di MR Kiyani Road di seberang Dewan Seni di Karachi. Memiliki gaya arsitektur sub-benua yang menggabungkan arsutektur bergaya Mughal dan Hindu.

Saat ini Hindu Gymkhana digunakan Akademi Seni Pertunjukan Nasional, yaitu sebuah lembaga yang didirikan untuk melestarikan seni pertunjukan dan musik.

8. Paradise Point

Paradise-Point

Paradise Point merupakan salah satu pantai Karachi yang menghadap ke Laut Arab yang sebenarnya merupakan tanjung batu dan pasir dengan lengkungan yang terbentuk secara alami.

Wilayah disekitar paradise point berbatu dan tidak cocok untuk berenang, Namun, Paradise Point menawarkan kesempatan untuk menikmati beberapa kegiatan di tepi pantai seperti naik kuda, menunggang unta dll. Tempat wisata ini merupakan salah satu tujuan wisata terkenal di Karachi.

9. Bagh Ibn e Qasim

Bah-ibn-e-qasim

Bagh Ibn e Qasm merupakan taman terbesar di Pakistan, terletak di Clifton, Karachi. Taman ini meliputi area seluas sekitar 130 hektar. Disekitar Taman ini tedapat berbagai penginapan yang dapat menampung sekitar 300.000 orang wisatawan.

Taman ini buka selama 24 jam, dimana disini terdapat ratusan pohon, bangku, menara penerangan, dan juga lampu-lampu jalan untuk meunjang kenyamanan wisatawan.

10. Pulau Churna

Churna-Island

Jika anda pecinta olahraga air dan scuba diving di sekitar Karachi terdapat sebuah pulau yang bisa anda jelajahi keindahan bawah lautnya. Yaitu pulau Churna yang terletak sekitar dua jam perjalanan dari pusat kota Karachi.

Disini anda bisa melakukan berbagai olahraga air seperti berenang, snorkeling, menyelam di sekitar pulau karang dan memandangi berbagai ikan, kura-kura hingga ular laut berlalu lalang di perairan laut di pulau Churna.

11. Pantai Clifton

clifton-beach

Pantai Clifton merupakan salah satu pantai paling popular di Karachi, terutama ketika akhir pecan, atau hari libur nasional. Pantai ini terletak di Saddar Town, dan di pantai ini tidak disarankan untuk berenang. Disini anda bisa meikmati jagung bakar, sambil menikmati minuman chai, minuman tradisional Pakistan.

Di sekitar pantai ini juga terdapat sebuah taman kecil dan kawasan untuk pejalan kaki dan anda juga bisa menikmati keindahan matahari terbenam di pantai ini.

12. Empress Market

Empress-market

Pasar ini merupakan pasar tertua di kota Karachi dimana terletak di jalur ramai Saddar Bazar Quartes. Pasar ini dibangun sejak zaman colonial Inggris, dimana nama dari pasar ini untuk menghormati Ratu Victoria. Dibangun pada tahun 1889 diimana batu pertama di letakkan oleh Orang Inggris, James Fergusson, yang merupakan gubernur Bombay pada saat itu.

Disini anda bisa menemukan berbagai barang untuk dijadikan oleh-oleh, seperti pakaian, perhiasan plastic dan beberapa peralatan rumah tangga.

13. Katedral St Patrick

st-patrick

Terletak cukup dekat dengan Empress Market, dimana katedral ini merupakan kursi resmi keuskupan agung khatolik roma di Karachi. Bangunan ini bergaya arsitektur Raj British kuno yang bisa anda lihat di beberapa wilayah tempat wisata di Inggris.

Katedral ini dibangun diatas ketinggian 52 meter, dan bisa menampung sekitar 2000 orang jamaah. Katedral ini masih akrif digunakan untuk beribadah, yaitu setiap minggu jam 9 pagi. Sebaiknya anda mengunjungi gereja ini setelah ibadah selesai.


14. Makam Chaukhani

chaukhandi

Terletak sekitar 30 km di sebelah timur dari pusat kota Karachi. Makam-makam ini  diukir rumit dan  indah, dimana tersebar hingga sekitar 2 mil persegi.

Tidak diketahui persis kapan makam-makam ini dibangun. Namun, makam-makam ini diperkirakan merupakan makam para prajurit Saloch yang berada di daerah itu pada sekitar abad ke-17 dan 18 SM. Makam-makam ini ditetapkan UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia yang harus dilestarikan.

Diatas bisa anda jadikan referensi untuk mengunjungi tempat wisata di Karachi. Jaga barang bawaan anda, dan happy travelling ya.

, , ,
Post Date: Tuesday 26th, February 2019 / 01:52 Oleh :
Kategori : Pakistan