16 Tempat Wisata Di Pulau Ujong Singapura Yang Mempesona Para Wisatawan

Nama pulau Ujong mungkin terdengar sedikt asing di telinga kita, namun sebenarnya pulau Ujong itu adalah nama lain dari pulau Singapura, pulau utama di Singapura. Nama pulau Ujong sendiri berasal dari bahasa melayu yang secara harafiah artinya adalah pulau di ujung sebuah semenanjung.

Pulau Ujong ini memang akan dilewati siapa saja yang berlayar baik dari selat malaka atau Laut Cina Selatan maupun sebaliknya. Karena letak pulau ini yang berada di semenanjung malaka inilah pulau tersebut dinamakan pulau Ujong

Selain pulau ujong, nama pulau ini juga ini juga pernah dikenal dengan nama Pulau Po Lo Chung. Berdasarkan sebuah buku pada abad ke 3 yang berjudul Record of Foreign countries during the Eastern Wu Period, Pulau Ujong atau pulau Po Lo Chung ini dahulu dihuni oleh kanibal sekitar 5 hingga 6 ekor

Tentu tempat wisata di Singapura alias pulau ujong ini sudah banyak yang populer di kalangan wisatawan dari berbagai negara. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Pulau Ujong atau Singapura ini yang bisa dikunjungi bagi yang Jalan-jalan ke Singapura dengan anak maupun keluarga atau kerabat.

1. Merlion Park

Merlion Park

Tempat wisata di pulau Ujong alias pulau Singapura yang wajib untuk dikunjungi saat berlibur ke tempat ini adalah Merlion park. Di tempat ini memang ada sebuah Patung berkepala singa dan bertubuh ikan yang disebut merlion, yang menjadi lambang dari negara Singapura.

Tubuh ikan tersebut melambangkan sejarah awal dari negara singapura pada zaman dahulu merupakan sebuah desa nelayan sederhana yang bernama Temasek. Sedangkan arti kepala singa itu sendiri melambangkan arti dari nama Singapura itu sendiri yang dalam bahas melayu adalah kota Singa.

Patung ini dibangun oleh seorang pengrajin lokal di Singapura bernama Ling Nang Seng dan taman ini sendiri diresmikan tahun 1972 oleh Perdana Menteri Lee Kuan Yew. Di taman ini Selain Patung Merlion setinggi 8,6 meter dan berat 70 ton tersebut juga terdapat beberapa patung yang lebih kecil yang dinamakan anak merlion.

Merlion park ini dibuka untuk pengunjung setiap harinya selama 24 jam dan jangan khawatir soal tiket masuk karena Merlion Park ini merupakan salah satu tempat wisata gratis di Singapura sehingga pengunjung tidak dipungut biaya tiket masuk untuk ke tempat ini.

2. Marina Bay Sands

Marina Bay Sands

Tak jauh dari Merlion Park pengunjung juga bisa mengunjungi Marina Bay Sands yang sekarang juga merupakan salah satu ikon negara Singapura. Tempat wisata Marina Bay Sands ini merupakan kompleks raksasa yang terdiri dari hotel, restoran,pertokoan, museum, teater, dan juga fasilitas lainnya.

Tempat wisata Marina Bay Sands ini berdiri di lahan seluas sekitar 20 hektar dan dirancang dengan apik oleh arsitek Moshe Safdie. Marina Bay sands ini sendiri secara resmi dibuka untuk umum pada tanggal 23 Juni 2010 namun pembukaan akbarnya diadakan pada 17 Februari 2011.


Marina Bay Sands terdiri dari 3 menara yang masing-masing setinggi 200 meter yang dihubunkan oleh skypark sepanjang 340 meter. Sky park tersebut dapat menampung 3.900 orang dan mempunyai kolam renang infinity swimming pool sepanjang 150 meter yang juga menjadikan skypark ini sebagai ruang menggantung terbesar di dunia.

Jam operasional untuk Sky Park di Marina Bay Sands ini adalah hari Senin sampai kamis mulai pukul 9.30 hingga 22.00 malam waktu setempat. Saat akhir pekan kawasan Sky park di Marina Bay Sands ini tutup lebih malam yaitu pada pukul 23.00 waktu setempat.

3. ArtScience Museum

ArtScience Museum

Masih berada di kawasan Marina Bay Sands disini pengunjung juga bisa mengunjungi ArtScience Museum yang menjadi salah satu tempat  instagramable di Singapura yang paling populer. Sesuai dengan namanya, ArtScience museum ini menampilkan berbagai karya seni yang juga dipadukan dengan ilmu pengetahunan yang diceritakan secara menarik.

Museum yang merupakan museum seni dan pengetahuan pertama di dunia ini dibuka pada tanggal 17 Februari 2011 ini juga mempunyai bentuk bangunan yang unik. Jika dilihat dari luar, museum yang juga dirancang oleh Mosche Safdie ini memiliki bentuk seperti bunga lotus yang digambarkan sebagai “The Welcoming Hand of Singapore”.

Museum ini memiliki 21 ruang galeri yang ada di tida lantai dengan total luas sekitar 6.000 meter dimana ditampilkan tur pameran Internasional yang bergantian secara berkala.  

Namun di museum ini ada 3 pameran permanen yang mencakup karya seni dari 3 galeri : Curiousity, Inspiration dan juga Expression yang menunjukkan berbagai objek dan juga artefak seperti mesin terbang Leonardo Da Vinci.

ArtScience Museum ini dibuka bagi para pengunjung setiap hari mulai pukul 10.00 pagi hingga jam 19.00 malam waktu setempat. Jam untuk pembelian tiket masuk terakhir bagi pengunjung adalah pukul 18.00 waktu setempat.

Harga tiket masuk untuk ke ArtScience Museum ini bervariasi mulai dari 7 hingga 110 dollar Singapura tergantung dari jenis kategori tiket yang dipilih. Lokasi untuk menuju ke museum ini juga cukup strategis untuk dijangkau baik oleh kendaraan umum maupun pribadi.

4. Gardens By The Bay

Gardens By The Bay

Rekomendasi tempat wisata di Pulau Ujong atau Singapura selanjutnya adalah Garden By The Bays yang lokasinya juga tak jauh dari Marina Bay Sands dan Merlion Park. Garden By The Bays ini adalah sebuah kebun seluas 101 hektar yang berada di tengah kota Singapura yang memanjakan pengunjungnya dengan berbagai macam tanaman.

Kebun Raya yang mempunyai Flower Dome terbesar di dunia ini dibangun oleh pemerintah Singapura dengan tujuan untuk  meningkatkan jumlah tanaman hijau di kota ini. Di tempat wisata Garden By The Bays ini ada sekitar koleksi 1 juta tanaman yang didatangkan dari berbagai macam negara.

Tanaman-tanaman tersebut di susun secara kreatid sehingga membuat pengunjung yang datang ke Gardens By The Bay ini tidak bosan ketika berada di sini. Selain berbagai koleksi tanaman yang ada di dalam tempat wisata ini pengunjung juga bisa melihat air terjun 35 meter di gedung ini.

Tempat wisata Garden By The Bays ini dibuka untuk pengunjung setiap hari mulai jam 5 pagi hingga 2 dini hari waktu setempat. Di Garden By  the Bay ini perngunjung bisa menikmatinya secara gratis, naun di beberapa bagian dari Garden By the Bay ini seperti flower dome dan Cloud Forest pengunjung diharuskan membayar tiket masuk untuk dapat menikmatinya


Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di pulau Ujong atau lebih populer dengan nama Singapura yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke negara tersebut. Selain tempat wisata di atas, bisa mengunjungi tempat wisata lainnya yang juga pasti tak kalah eru dan menarik

  • Orchad Road
  • Singapore Flyer
  • Singapore Zoo
  • Singapore Botanicala Garden
  • Clarke Quay
  • Esplanade
  • Taman Burung Jurong
  • Museum Nasional Singapore
  • Fort Canning
  • Jembatan Helix
  • Galeri Nasional Singapore
  • Dan masih banyak lagi

Akhir kata semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi yang sedang mencari rekomendaai destinasi wisata untuk berlibur. Terimakasih sudah membaca artikel ini dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

, , ,
Post Date: Tuesday 26th, February 2019 / 16:38 Oleh :
Kategori : Singapura