12 Tempat Wisata Di Pakistan Yang Paling Menarik Untuk Dikunjungi

Tempat wisata di Pakistan mungkin tidak seterkenal negeri kerabatnya India sebagai lokasi wisata, namun ada banyak hal menarik yang bisa ditemukan di Pakistan dan juga lokasi menarik yang bisa dikunjungi di sini. Mulai dari wisata alam ke lembah yang cantik, mengagumi arsitektur bangunan bersejarah di kota – kota besar di Pakistan, hingga mencapai perbatasan China dan Pakistan lewat Jalan Karakoram.

Mengunjungi Pakistan bisa menjadi pengalaman menarik tersendiri yang bisa kamu jadikan kenangan berharga dari jurnal perjalananmu. Meski kerap kali tampil di media sebagai negara yang kurang aman dan juga cenderung radikal, sebenarnya ada banyak tempat wisata di Pakistan yang menarik untuk dikunjungi. Tentunya sebagai seorang penjelajah kita harus bisa melihat sebuah negara dari sisi yang lebih luas, dan di sini kami akan menawarkan sisi lain Pakistan yang mesti kamu telusuri.

  1. Masjid Faisal

pak-faisal-masjidTak hanya tempat wisata di New Delhi, India yang indah untuk dipandang dan bisa kamu kunjungi, Masjid Faisal yang berada di Islamabad, ibu kota Pakistan ini juga merupakan salah satu obyek wisata yang wajib kamu datangi. Masjid Faisal memperoleh namanya dari Faisal bin Abdul Aziz, raja Arab Saudi yang menggagas pembangunan masjid ini dan juga menjadi sumber dana utama proyeknya hingga selesai.

Masjid yang memiliki area shalat seluas 5.000 meter persegi dan mampu menampung sekitar 100.000 jamaah ini dibangun oleh arsitek asal Turki bernama Vedat Delokay yang umumnya kerap membuat desain kontemporer. Hal ini sempat membuat orang – orang bingung namun hasilnya saat ini bisa dilihat sendiri, Masjid Faisal yang memiliki empat menara setinggi 88 meter berdiri indah di tengah kota Islamabad.

Kamu juga bisa mengunjungi beberapa masjid lain yang tak kalah cantik dan memiliki nilai sejarah tersendiri seperti:

  • Masjid Wazir Khan di Lahore yang dibangun pada 1634.
  • Masjid Badshahi di Lahore yang dibangun pada 1673, merupakan masjid terbesar sebelum masjid Faisal dibangun.
  1. Minar E Pakistan

pak-minar-eBila India memiliki Qutub Minar, maka Pakistan memiliki Minar E Pakistan. Bangunan ini merupakan monumen yang dibangun untuk memperingati pendirian negara Pakistan pada 23 Maret 1940 oleh Liga Muslim India.

Berdiri setinggi 62 meter dengan pondasi yang menyerupai bintang, bangunan ini menjadi salah satu tonggak sejarah Pakistan sejak awal berdirinya. Bangunan ini dibuat sekitar tahun 1960 an, 20 tahun setelah Pakistan berdiri.


Minar E Pakistan berada di Lahore dan cukup sering dikunjungi para penduduk yang ingin bersantai dan menghabiskan sore hari. Desain dari Minar E Pakistan sendiri pada bagian bawahnya dibuat menyerupai bunga yang tengah mekar dan bagian atasnya berupa menara yang menjadi perlambang kebangkitan sebuah negara baru sejak kelahirannya.

  1. Benteng Derawar

pak-derawarTempat wisata di Pakistan yang menarik untuk dikunjungi selanjutnya berada tengah padang pasir Cholistan bernama Benteng Derawar. Mengunjungi benteng ini mungkin akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan tenaga yang cukup besar. Pasalnya kamu harus menghabiskan waktu perjalanan selama tiga sampai empat jam dengan mobil off road karena lokasinya yang jauh dari mana – mana. Akan tetapi, ini bukanlah alasan untukmu tidak mengunjungi tempat ini.

Dibangun pada 1733, Benteng Derawar berdiri setinggi 30 meter dan memiliki 40 basis sebagai tempat para tentara berjaga yang masih berdiri dengan baik hingga saat ini. Di sini juga terdapat bangunan masjid yang bangunannya hampir – hampir menyerupai Masjid Moti yang berada dekat dengan Benteng Merah, tempat wisata di India secara mendetail. Untuk bisa mengunjungi Benteng Derawar kamu harus lebih dulu mendapat izin dari pemerintah setempat.

  1. Jalan Karakoram

pak-karakoramJalan Karakoran mungkin merupakan tempat wisata di Pakistan yang menarik untuk dikunjungi yang sama sekali tak boleh dilewatkan. Biasa disebut The Karakoram Highway, lokasi ini berada di timur laut Pakistan dan kadang disebut sebagai keajaiban dunia nomor delapan.

Sebab jalan yang merentang seluas 805 mil ini merupakan salah satu prestasi arsitektur dunia yang tidak bisa diremehkan. Jalan Karakoram menghubungkan Pakistan di bagian Abbottabad hingga Gilgit Baltistan sampai ke China, tepatnya di Kashgar, yang berada di Xinjiang, China sebelah barat.

Kamu juga akan bisa menemukan gerbang yang diberi nama Jalan Persahabatan oleh China, tepatnya di area tol Khunjerab yang berada di ketinggian 15.000 kaki. Keindahan Jalan Karakoram tidak terelakkan dengan banyaknya pemandangan alam seperti Mansehra, Thakot, dan juga Gilgit Baltistan. Namun tempat ini juga bukan lokasi wisata untuk mereka yang takut ketinggian, karena memang lokasinya cukup curam dan rawan longsor.

  1. Gilgit Baltistan

gilgitPecinta kegiatan mendaki dan trekking tak boleh melewatkan lokasi satu ini yang keindahannya tak ada duanya. Salah satu pesona yang paling terkenal dari Gilgit Baltistan adalah lembah Hunza yang kerap disebut Shangri La dari Pakistan.

Di sini terdapat banyak puncak gunung, benteng, flora dan fauna yang menarik, dan juga beragam kuliner yang sedap. Banyak orang yang awalnya tak yakin dengan keamanan Pakistan justru merasa aman berada di sini.

Tidak hanya lembah dan gunung, kamu juga bisa menemukan area danau berwarna biru kristal terang di wilayah Skardu yang kerap menjadi area perkemahan para turis yang datang untuk mendaki. Gilgit Baltistan adalah sebuah wilayah yang bisa diakses dengan jalur darat melalui Jalan Karakoram dan juga via udara dengan menggunakan pesawat dari Islamabad ke bandara Gilgit. Daerah yang bisa dijelajahi antara lain Astore, Gilgit, Ghizer, dan Diamir.

  1. Azad Kashmir

pak-azad-kashmirKashmir kerap kali terdengar sebagai lokasi sengketa antara India dan Pakistan, namun ada wilayah bernama Azad Kashmir yang artinya secara harfiah adalah Kashmir yang bebas, yang mesti dikunjungi. Area ini memiliki banyak pemandangan memukau yang akan membuatmu akan benar – benar berusaha menjaga alam sebaik mungkin. Wilayah ini juga merupakan area yang cukup terkenal di kalangan wisatawan pecinta alam.

Sebut saja Muzaffarabad, ibu kotanya yang akan memberimu akses ke Pir Chinasi untuk menyaksikan panorama dari ketinggian 2.900 meter. Ada juga banyak lembah – lembah menarik dan danau – danau indah yang bisa dikunjungi seperti:


  1. Lembah Neelum
  2. Lembah Jhelum
  3. Lembah Sharda
  4. Danau Shounter
  5. Danau Ratti Gali
  6. Danau Chitta Katta

Tips Berkunjung ke Pakistan Agar Liburan Menyenangkan

  1. Bersabar dan tenanglah, kota besar Pakistan agak mirip dengan Indonesia yang ramai, kadang lamban, dan kerap kali punya hal – hal yang tidak terduga. Misalnya saja, keterlambatan bus atau kereta.
  2. Sediakan uang tunai lebih agar tak panik saat tak bisa menemukan ATM terutama di daerah yang lebih terpencil.
  3. Hitchhike adalah sesuatu yang bisa kamu pilih sebagai alternatif kendaraan, namun bila kamu tak punya insting bagus, jangan dilakukan.
  4. Jangan terlalu detail berencana atau kamu akan pusing sendiri, jalan – jalan di Pakistan sebaiknya santai saja.
  5. Senyumlah dan jangan cemberut, namun juga jangan terlalu ramah menanggapi setiap orang.
  6. Percaya diri dan jangan takut, sebagai negara yang kurang populer di kalangan wisatawan, banyak orang Pakistan masih belum terlalu familiar dengan turis akan tetapi bukan berarti mereka tidak baik.
  7. Tidak seperti makanan dan camilan khas India yang beberapa mengandung bahan non halal seperti daging babi, kuliner di Pakistan bisa dinikmati wisatawan Muslim tanpa rasa khawatir karena hampir semuanya halal.

, , , ,
Post Date: Monday 28th, May 2018 / 09:36 Oleh :
Kategori : Pakistan