4 Tempat Wisata Di Kepulauan Balears Spanyol Yang Terfavorit Pencinta Aman

Kepulauan Balears yang terletak di laut mediterania merupakan salah satu tempat wisata di spanyol yang populer untuk dikunjungi para wisatawan daru berbagai negara di seluruh dunia. Kepulauan ynag mempunyai ibukota Palma De Mallorca tersebut mempunyai 4 pulau utama yaitu pulau Ibiza, Malorca, Formentena, dan Menorca, serta  beberapa pulau kecil yang ada di sekitarnya.

Kepulauan Balears ini menjadi salah satu tempat wisata yang populer untuk dikunjungi para wisatawan karena mamang memiliki pemandangan yang memang menakjubkan. Bagi yang ingin berlibur ke spanyol, berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di kepulauan balears Spanyol tersebut yang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk berlibur bersama teman maupun keluarga.

1. Pulau Ibiza

Pulau Ibiza

Mungkin diantara nama keempat pulau di kepulauan balears tersebut, nama Ibiza menjadi salah satu tempat wisata di kepualauan Balears tersebut yang ramai dan menjadi favorit untuk dikunjungi para wisatawan.

Pulau Ibiza ini memang sudah lama sekali terkenal sebagai salah satu surga bagi para pecinta hiburan malam atau sekarang lebih dikenal dengan istilah clubbing.

Pulau Ibiza ini merupakan sebuah pulau seluas 572 km2 dan walaupun luas pulau ini termasuk kecil, namun di Ibiza ini mempunyai setidaknya 56 pantai dengan total garis pantai 210 km, dan biasanya di pantai-pantai banyak pesta yang selalu disselenggarakan setiap malamnya. Pulau Ibiza ini memiliki 5 wilayah distrik yaitu Ibiza/Elvissa, Sant Antoni, Santa Eularia, Sant Joseph, dan juga Sant Joan.

Untuk menuju ke kota atau pulau Ibiza ini pengunjung bisa menaiki pesawat menuju Bandara Ibiza lalu kemudian bisa menggunakan kendaraan umum seperti bus.

Bus-bus tersebut biasa beroperasi mulai jam 6.30 pagi hingga tengah malam waktu setempat, sedangkan saat tengah malam hingga pagi hari juga ada Disco bus yang juga melayani banyak rute di wilayah Ibiza.

Bagi pengunjung yang ingin berwisata kuliner mencicipi makanan khas spanyol, di pulau Ibiza ini juga banyak kedai atau tempat makan yang menjual makanan tersebut dengan harga yang cukup terjangkau.

2. Pulau Mallorca

Pulau Mallorca

Tempat wisata di Kepulauan Balears selanjutnya yang juga tak kalah ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari seluruh dunia antara lain adalah Pulau Mallorca.

Pulau Mallorca yang mempunyai luas sekitar 3.620 km2 ini merupakan pulau terbesar diantara pulau-pulau yang ada di kepulauan Balears.

Mallorca juga mempunyai pemandangan yang tak kalah indah dan menakjubkan dengan pantai dan gunung-gunung, serta bukit yang menghadap ke laut mediterania.


Banyak tempat wisata di Mallorca yang menjadi favorit untuk dikunjungi oleh para wisatawan untuk dikunjungi baik bersama teman maupun keluarga seperti Palma De Mallorca, kota tua Alcudia, kota pelabuhan Pollenca, dan masih banyak lagi.

Selain itu di Mallorca ini juga banyak terdapat tempat perbelanjaan yang juga menjual berbagai macam pernak pernik souvenir khas spanyol yang dapat diberikan kepada sanak saudara seusai berlibur.

Nama Mallorca sendiri berasal dari bahasa latin klasik Insula maior yang berarti pulau yang lebih lebsar, yang dalam bahasa latin abad pertengahan namanya diubah menjadi Maiorica yang mempunyai arti yang sama.

Di pulau Mallorca ini juga setidaknya ada 260 pantai, seperti Cala torca, Es Trenc, dan juga El Toro yang juga menarik untuk dijelajahi para wisatawan dari berbagai belahan dunia.

Pulau Mallorca ini sendiri mempunyai iklim mediterania yang cukup ramah, sehingga saat musim di Mallorca terasa sangat ringan dan cukup kering, sedangkan ketika musim panas cuacanya juga masih cenderung ramah. Hal inilah juga yang menyebabkan pantai-pantai di Pulau Mallorca ini juga menjadi salah satu pantai yang ramai dikunjungi turis dari berbagai negara.

3. Pulau Menorca

pulau Menorca

Tempat wisata di kepulauan Balears selanjutnya yang juga bisa dikunjungi berikutnya dan juga tak kalah indahnya dari Mallorca dan Ibiza adalah Menorca.

Nama Menorca sendiri mempunyai arti lebih kecil, yang merupakan lawan kata dari Maiorca yang dalam bahasa latin mempunyai arti lebih besar.

Walaupun demikian, pulau menorca ini juga mempunyai pemandangan pantai yang juga tak kalah menariknya dari pulau-pulau lainnya di Kepulauan Balears. Pemandangan pantai-pantainya yang indah juga ditambah dengan berbagai  kapal yang hilir mudik yang semakin menambah indahnya suasana di Menorca.

Di pantai di pulau Menorca ini para pengunjung juga bisa melakukan berbagai macam aktivitas olahraga air seperti Jetski,  selancar, ataupun scuba Diving. Selain itu pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam yang ada di pulau menorca ini dengan berjalan kaki ataupun dengan bersepeda atau menunggang kuda di jalur yang sudah ditentukan

Di pulau Menorca seluas 695 km2 ini juga terdapat berbagai koleksi batu megalitik nauves, taula, dan juga talaiot yang menjadi bukti kehidupan manusia zaman prasejarah di tempat tersebut. Maka dari itu, di pulau menorca ini pengunjung juga bisa melihat area penggallian arkeologi yang ada di Torre d’en Galmel.

Karena keindahan alam di Menorca ini juga masih terbilang alammi maka dari itu UNESCO juga menobatkan menorca sebagai salah saru cagar Biosfer sejak tahun 1993 sebagai upaya untuk melestarikan lingkungan. Di pulau Menorca ini juga terdapat beberapa tempat penginapan yang cocok bagi pengunjung yang membutuhkan ketenangan, seperti di Biniguas dan juga Son Saura.

4. Pulau Formentera

Pulau Formentera

Tempat wiasta di Kepulauan Balears selanjutnya yang juga menarik untuk dikunjungi untuk berlibur adalah Pulau Formentera yang sekitar 6 km di selatan pulau Ibiza. 

Pulau Formentera ini merupakan salah satu pulau terkecil di kepulauan Balears dibandingkan pulau lainnya karena luas daratannya hanya diperkirakan sekitar 83,24 km2.

Nama Pulau Formentera ini sendiri berasal dari bahasa latin, Frumentarium atau Frumentaria, yang berarti lumbung atau pulau gandum. Hal ini dikarenakan saat orang Romawi tiba di pulau ini sekitar tahun 200 SM, mereka memanfaatkan pulau itu untuk menanam gandum.


Di pulau ini juga banyak ditemukan beberapa bukti adanya kehidupan prasejarah di pulau ini, yang  satu bukti peninggalannya adalah kuburan megalitik  Ca Nasta Costa yang ada di pinggiran resort Es Pujols. Kuburan Ca Nasta Costa tersebut juga bisa menjadi bukti kolonisasi pertama di pulau itu yang diperkirakan pada tahun 2000 SM

Pulau ini juga memiliki bentuk gerigi yang unik sehingga dapat memberikan garis pantai yang cukup panjang dan juga bentuk pantai nya yang unik. Beberapa pantai di pulau Formentera yang bisa menjadi destinasi menarik untuk dikunjungi antara lain Pantai Migjorn, Cavall de Borras, Ses Illetes, Ses Platgetes, dan masih banyak lagi.

Pulau Fromentera yang terletak sekitar 20 km dari pulau Ibiza ini juga sangat cocok bagi para pengunjung yang ingin mencari ketenangan.

Demikianlah beberapa rekomendasi  temat wisata di kepulauan Balears Spanyol yang bisa dikunjungi untuk berlibur baik bersama teman,keluarga, pasangan, maupun sendiri.

Akhir kata semoga artikel ini bisa bermanfaat dan terimakasih banyak sudah membaca artikel ini. Mohon maaf apabila ada salah kata dan samai bertemu di artikel selanjutnya.

, , , , ,
Post Date: Thursday 11th, April 2019 / 14:30 Oleh :
Kategori : Spanyol