7 Tempat Wisata Di Kirgizstan Yang Wajib Dikunjungi

Penasaran dengan kirgizstan? Mari kita gali informasi tentang Kirgizstan bersama-sama.

Kirgizstan adalah sebuah negara yang terletak di Asia tengah dan terkurung daratan juga pegunungan. Kirgizstan berbatasan dengan Kazakhstan di sebelah utara dan negara Uzbekistan di barat, Tajikistan di barat daya dan Tiongkok di sisi timur. Atmosfer Kirgizstan yang hangat tapi nyaman mirip dengan Kazakhstan dan Uzbekistan membuat Kirgizstan sebagai negara tujuan baru bagi wisatawan internasional.

Tidak hanya Pegunungan Tien Shen yang terpahat sempurna yang menjadi daya tarik utama wisata daratan, pesona lingkungan dan rumah-rumah penduduk membuat pemandangan semakin indah. Tempat wisata di Kirgizstan menawarkan banyak tempat bersejarah yang menarik bersama dengan taman bermain virtual untuk penggemar olahraga di luar ruangan.

Berikut adalah daftar 7 tempat wisata di Kirgizstan yang dijamin tidak akan mengecewakan.

1. Cagar Biosfer Sary Chelek

rumah-penduduk-kirgistan

Ada banyak sekali tempat wisata di Kirgizstan, tempat-tempat untuk dikunjungi berlimpah, tetapi hanya sedikit yang seperti Cagar Biosfer Sary Chelek. Tempat wisata yang berdekatan dengan kota tujuan  liburan ke  Kazakhstan ini berupa hutan belantara yang memiliki luas 23,9 km persegi.

Tempat wisata ini berada di lokasi yang terpencil, kawasan hutan di dalamnya masih perawan sehingga mudah ditemukan tanaman dan satwa liar berkeliaran di dalamnya, bagi para petualang atau peminat bilogi, menjelajahi kawasan wisata ini akan menjadi pengalaman yang spektakuler.

Cagar ini masih belum tersentuh oleh dunia luar, jarang ada orang yang datang ke sini karena medannya yang masih perawan cukup sulit untuk ditembus, tapi ketika anda sudah berhasil masuk, mungkin saja anda menjadi orang yang sangat beruntung sehingga bisa menemukan spesies burung, rusa, kambing gunung bertanduk panjang, landak, dan babi hutan, dan lain sebagainya. Tempat wisata di Kirgizstan bernama Sary Chelek ini terletak di provinsi Jalal-Abad di antara Pegunungan Chatkal dan At Oynok.

2. Tash Rabat

kirgistan-taman-wisata

Tempat wisata di Kirgizstan berikutnya ialah tempat wisata terkenal bernama Tash Rabat. Tash rabat merupakan salah satu dari beberapa tempat bersejarah di Kirgizstan yang populer di kalangan wisatawan. Tash Rabat adalah tempat wisata yang paling terkenal dari semua tempat wisata bersejarah di Kirgizstan.

Bagi masyarakat lokal dan wisatawan yang pernah menjelajahinya, mereka mengatakan Tash Rabat adalah caravan Silk Road kuno yang terdiri dari 31 kamar berkubah yang dulunya menampung para pedagang dan pelancong di sepanjang Silk Road yang besar di tengah perjalanan mereka dari Cina ke Barat. Tash Rabat terletak di provinsi Naryn di Kara Koyun Valley.


3. Ala Too Square

kirgistan-reruntuhan-romawi

Pernahkah anda menjelajahi tempat wisata di Uzbekistan? Konon salah satu tempat wisatanya mirip dengan Ala Too Square, tempat wisata yang ada di Kirgistan. Tempat wisata di Kirgistan ini berada di ibu kota Bishkek yang merupakan sebuah situs bersejarah terkenal di Kirgizstan.

Als too Square memiliki daya tarik kuat bagi para pelancong modern, karena area sekitarnya dihiasi dengan taman-taman yang indah dan penuh dengan patung-patung yang menjulang tinggi. Selain merupakan tempat wisata yang menarik perhatian masyarakat dunia, tempat wisata ini juga sering digunakan untuk perayaan dan acara khusus Kirgizstan.

Tempat wisata ini juga pernah menjadi lokasi demonstrasi terkenal tahun 2005, demonstrasi itu berupaya menuntut Askar Akayev, presiden pertama Kirgizstan, dari kedudukannya.

4. Puncak Lenin

kirgistan-danau

Nama penguasa Rusia, Lenin sepertinya sangat mudah dijumpai di kawasan wisata Eropa. Ada berapa banyak tempat wisata di Eropa yang namanya terinspirasi dari nama penguasa tersebut?

Entahlah, namun yang jelas, tempat wisata di Kirgistan bernama puncak lenin ini merupakan puncak sebuah gunung berketinggian 7.134 meter di Kirgizstan.

Pegunungan ini dapat didaki oleh pendaki amatir maupun pendaki profesional, dengan kata lain semua orang dapat mengakses puncak Lenin karena area dan medannya cukup mudah untuk didaki, meski ketinggiannya mencapai 7000 meter lebih. Banyak orang ingin mendaki puncak Lenin, karena tujuan utama mereka mencapai puncak adalah dapat merasakan atmosfer kesegaran udara puncak gunung dan melihat-lihat pemandangan di bawahnya. Sangat menarik!

5. Gunung Sulaiman

sulaiman-Mountain

Daftar objek wisata Kirgizstan tidak akan lengkap tanpa gunung yang terkenal ini. Terletak di tengah-tengah kota selatan Osh, Gunung Sulaiman dianggap sebagai tempat suci oleh orang-orang beragama Islam.

Meski dianggap suci oleh penduduk beragaman Islam, gunung ini tidak tertutup untuk pendakian, karena itulah masih banyak wisatawan dapat meraih puncak Gunung Sulaiman.

Di Gunung Sulaiman, orang-orang dapat melihat museum besar yang berisi situs bersejarah termasuk keberadaan dua masjib yang dibangun sejak abad ke 16. Masjid itu dihiasi oleh sejumlah besar petroglif, dan di samping itu ada beberapa peninggalan abad pertengahan yang dapat anda lihat pula di area Gunung Sulaiman. Buat yang tertarik dengan sejarah abad pertengahan, langsung saja mendaki gunung Sulaiman, yang sama indahnya seperti gunung Alpen, tempat wisata di Swiss.

6. Kompleks Manas di Talas

kirgistan-manas

Manas adalah nama pahlawan legendaris, namanya dikenal oleh anak-anak kecil dan orang dewasa. Manas adalah pahlawan yang berjasa mempersatukan 40 suku Kirgizstan untuk bersama-sama melawan musuh.

Ada sebuah kompleks di Talas yang didedikasikan sepenuhnya untuk Manas, kawasan itu kini dikenal sebagai kompleks Manas.  Kawasan tersebut sepenuhnya berisi museum dan makam yang merepresentasikan keberadaan Manas.

Tempat wisata ini juga menjadi tempat wisata edukasi sejarah lokal Kirgistan di kalangan anak-anak sekolah. Pendidikan sejarah tidak mungkin dilepaskan dari peradaban sebuah bangsa demikian pula dengan Kirgistan, anak-anak sekolah pasti akan diarahkan untuk melihat makam di kompleks Manas ini dan sekaligus juga mempelajari siapa itu Manas yang sebenarnya.

Bila anda termasuk orang yang turut tertarik dengan sejarah Manas, mampirlah ke kawasan ini, anda bisa membaca sepenggal sejarah kepahlawananya di sana.

7. Danau Issyk Kul

kirgistan-ikon

Tempat wisata alam di Kirgistan ini merupakan adalah objek wisata paling populer di Kirgizstan. Tempat wisata bernama Danau Issyk Kul adalah danau alpine terbesar ke-2 di dunia dan menyebar dengan sendirinya di tengah-tengah Pegunungan “Surgawi” Tien Shan.

Danau ini sangat besar, terlihat seperti lautan, tetapi dengan latar belakang yang tertutup salju di kejauhan. Tidak hanya Danau Issyk Kul yang indah yang menarik perhatian wisatawan dunia untuk datang jauh-jauh melihatnya, tetapi karena danau ini juga dikelilingi oleh ngarai yang menajubkan, sehingga kawasan wisata ini sangat populer di kalangan trekker. Mereka tidak akan melewatkan sedikitpun kesempatan untuk menjelajahi keajaiban dunia tersebut.


Rekomendasi Kegiatan yang Harus Anda Lakukan di Kirgizstan

Ketika Anda mengunjungi tempat-Tempat Wisata Di Kirgizstan ini, manfaatkan banyak kegiatan yang tersedia bagi Anda yang tersedia di seluruh negeri, antara lain:

  • Ada puncak gunung untuk climbing dan paralayang
  • Danau untuk berperahu dan berenang
  • sungai untuk arung jeram dan memancing
  • area pegunungan untuk menunggang kuda
  • trek untuk off road
  • ngarai untuk hiking
  • lembah tak berujung untuk bersepeda
  • menjelajahi pegunungan
  • melihat-lihat penduduk sekitar kirgistan untuk meningkatkan pengalaman budaya sekitar

Jadi, jangan membatasi diri. Nikmati semua hal yang ditawarkan Kyrgyzstan dan pulanglah dengan kenangan dan kisah yang akan Anda bagikan selama bertahun-tahun yang akan datang kepada semua orang!

, , , ,
Post Date: Wednesday 19th, September 2018 / 04:45 Oleh :
Kategori : Kirgizstan