7 Tips Liburan Ke Kazakhstan Yang Wajib Di Ketahui Wisatawan

Liburan ke luar negeri pasti akan memberikan pengalaman yang sangat berharga untuk anda yang ingin menghabiskan liburan dengan cara yang berbeda. Pilih tempat liburan yang belum pernah anda datangi, seperti ke negara-negara tetangga yang memiliki banyak sekali tempat wisata berbeda.

Di Asia Tenggara, ada tempat wisata di Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Malaysia, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kalau mau agak sedikit ke timur, bisa mampir ke Jepang. Belakangan ini banyak sekali yang lebih memilih untuk datang ke tempat wisata di Korea Selatan saat musim dingin sejak terpengaruh oleh gelombang hallyu.

Apapun negaranya, ada baiknya untuk mempersiapkan diri. bahkan sekalipun anda pergi ke Kazakhstan yang memiliki banyak sekali tempat wisata tersembunyi. Kazakhstan adalah sebuah negara yang sebagian wilayahnya masuk ke kawasan Asia Tengah dan sebagiannya lagi masuk ke kawasan Eropa. Untuk berwisata ke Kazakhstan, ikuti tips berikut ini:

1. Waktu berlibur

kazakhstan

Datanglah menjelang musim panas, kira-kira di bulan Mei. Udara di bulan Mei lebih segar dan bersahabat meski mencapai 25 derajat celcius, namun ini adalah cuaca terbaik untuk jalan-jalan di Kazakhstan. Dalam hal akomodasi penerbangan, pertimbangkan jalur yang harus anda tempuh terlebih dahulu.

Sebab tidak ada jalur penerbangan langsung dari Jakarta ke Kazakhstan, jadi anda harus menempuh beberapa perjalanan bertransit di beberapa negara sampai kemudian bisa menginjakkan kaki di Kazakhstan. Penerbangan yang disarankan ialah yang bisa transit di Dubai, Seoul, China, atau Thailand dan Malaysia yang terdekat. Plus kalau anda punya banyak uang bisa berjalan-jalan terlebih dahulu ke tempat wisata di Malaysia baru kemudian booking pesawat menuju Kazakstan.

2. Dokumen Penting ke Kazakhstan

baiterek-kazakhstan-ludwig_

Ups! Untuk bepergian ke luar negeri sudah pasti jangan lupa untuk mengurus dokumen pendukung seperti passport yang wajib untuk melakukan perjalanan. Pasport reguler wajib dibawa terutama jika anda di Kazakhstan lebih dari lima hari. anda harus melapor ke kantor imigrasi terdekat. Passport dan visa akan dicek di bandara.

Selain itu jangan lupa untuk mengurus Visa terlebih dahulu ke Kedubes Kazakhstan di Jakarta. cara mengajukan visa gampang kok, isi formulirnya yang tersedia dalam bahasa inggris dan ada beberapa tuturial juga yang akan di berikan ketika kita akan mengurus visanya. Biaya pembuatan visa sekitar 60 dollar AS lumayan mahal ya jadi di sarankan menabung supaya tidak menjadi kendala ketika akan pergi.

3. Uang

ekibastuz-kazakhstan

Uang sangat penting untuk perjalanan jadi jangan lupa untuk menukar uang secukupnya. Kazakhstan memberlakukan mata uang yang disebut dengan Tenge. Kalau tidak salah 1 Tenge sama dengan Rp40. Tidak masalah jika mau membawa uang dalam bentuk dollar, karena Kazakhstan juga menerima uang dollar sebagai alat pembayaran.

Di samping itu, liburan ke Kazakhstan akan sangat berbeda dengan ketika berlibur ke tempat wisata di Singapura yang bisa menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi kala memesan hotel dan lain-lain. Orang Kazakhstan berbahasa Kazakhstan atau Rusia, jadi mintalah alamat hotel yang dapat memberikan layanan dalam kedua bahasa. Kalau tidak, ya anda harus survive dengan mobile apps yang dapat menerjemahkan bahasa kita ke Bahasa Rusia dan sebaliknya.


4. Baca Petunjuk

almaty-kazakhstan

Setiap kali akan melakukan perjalanan jangan lupa membaca petunjuk, terutama kalau anda menggunakan map dan transportasi umum, dan juga ketika hendak memesan makanan. Kazakhstan menggunakan bahasa Rusia untuk komunikasi sehari-harinya, jadi bawalah pemandu yang bisa berbahasa Rusia jika anda sendiri tidak bisa berbahasa Rusia. Sebab, tidak semua orang di Kazakhstan bisa berbahasa Inggris, sama ketika anda pergi ke tempat wisata di Turki atau di Filipina.

Anda bisa memilih mahasiswa lokal sebagai pemandu, ada banyak mahasiswa yang biasanya bersedia menjadi pemandu untuk wisatawan asing terutama mereka yang bekerja sambilan menjadi pemandu di tempat wisata di Kazakhstan. Dengan cara ini anda bisa menyelam sambil minum air: mendapatkan pemandu yang ramah, tidak mahal, dan menyambung persahabatan dengan mereka.

5. Pakaian dan Oleh-oleh

pusat-belanja-kazakhstan

Bawalah pakaian secukupnya dan yang cocok untuk dikenakan melakukan perjalanan di Kazakhstan, berhubung anda mungkin akan datang di bulan Mei ketika suhunya mencapai 25 derajat celcius bawalah baju bertema musim panas. Satu hal yang harus jadi catatan, bawalah dan kenakan pakaian yang sopan ya, supaya anda tidak kena deportasi hanya karena pakaian anda.

Untuk membeli oleh-oleh disarankan untuk membeli cokelat yang harganya hanya 300 Tenge saja. Cokelat  khas Kazakhstan dapat dibeli di Supermarket manapun. Di samping itu, cokelat ini tahan lama sehingga bisa dibawa pulang.

Dokumen yang dibutuhkan untuk pergi ke Kazakhstan

Kami informasikan sekali lagi dokumen yang dibutuhkan untuk pergi liburan ke Kazakhstan supaya anda tidak melewatkannya. Dokumen utama yang harus dibawa ialah:

  • Visa

Sudah pasti visa akan menjadi dokumen yang dibutuhkan untuk pergi liburan ke Kazakhstan. Anda bisa apply di Kedutaan Besar Kazakhstan, Jl. Denpasar Raya, Blok A/12, Kav.1, Mega Kuningan, Jakarta 12950. Submit visa bisa dilakukan setiap hari saat jam kerja. Syarat yang harus dibawa untuk mendapatkan visa ke Kazakhstan ialah paspor asli, isi formulir, letter of invitation, surat keterangan kerja, pas foto berwarna ukuran 3,5 x 4,5. Biaya sekitar USD 60. Biaya tersebut bisa ditransfer via Bank Mandiri.

  • SIM Card Kazakhstan

Anda pasti membutuhkannya untuk berkomunikasi di Kazakhstan. Anda bisa beli SIM CARD Kazakhstan, harganya murah. Anda bisa mengaktifkannya dnegan mengirimkan SMS data diri dalam bahasa Rusia. Jadi bawalah dokumen data diri anda dalam bentuk passport supaya proses ini dapat dijalankan dengan lancar, sehingga anda bisa berkomunikasi dengan teman anda saat sudah sampai di Kazakhstan. Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Surat Ijin Mengemudi biasa yang berlaku di negara kita tidak akan berlaku untuk akitvasi SIM CARD di Kazakhstan. So, jangan lupakan passport.

Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik Di Kazakhstan

Sudah menetapkan acara liburan ke Kazakhstan? Apakah sudah menemukan tempat wisata di Kazakhstan yang ingin anda kunjungi? Tempat wisata di Kazakhstan banyak yang berhubungan dengan kekuasaan Rusia dan Uni Soviet di masa lalu, sehingga tidak heran jika arsitektur bangunan, seni budaya, dan beberapa kulinernya memiliki kemiripan dengan yang dimiliki oleh negara Russia.

Kazakhstan mendeklarasikan kemerdekaan baru pada 16 Desember 1991, dengan Nursultan Nazarbayev sebagai Presiden pertamanya. Kawasan Kazakhstan sebagian besar dikelilingi oleh pegunungan, ada danau dan sungai yang membuat landskap alam Kazakhstan nampak lebih indah dari negara lainnya. Itulah beberapa lokasi yang menjadi daya tarik Kazakhstan di mata wisatawan dunia.

Gunung terkenal di Kazakhstan dan sangat dikagumi ialah gunung bernama Tian San yang berada di sisi tenggara Kazakhstan. Sedangkan danau yang dianggap paling indah di Kazakhstan ialah danau bernama The Kazakhs Steppe. Dua kawasan ini bisa menjadi tempat wisata yang menarik untuk wisatawan pecinta alam. Selain itu, berikut kami rekomendasikan tempat wisata terbaik di Kazakhstan untuk anda yang ingin liburan ke Kazakhstan.


  1. The Palace of Peace and Reconciliation
  2. Tempat wisata Bayterek Tower
  3. Tempat wisata Khan Shatyr
  4. Makam Khwaja Ahmed Yasawi
  5. Tempat wisata Kok Tobe
  6. Menara Alma Ata
  7. Masjid Nur Astana
  8. Monumen Kemerdekaan Kazakhstan
  9. Museum Nasional Republik Kazakhstan
  10. Tempat wisata Medeu

Masing-masing tempat wisata memiliki kelebihan yang akan membuat anda tak dapat melupakan Kazakhstan. Abadikan momen yang dapat anda lihat dan rasakan di sana, jangan lupa untuk membawa pulang sebuah oleh-oleh yang berharga. Demikian uraian singkat mengenai tips liburan ke Kazakhstan, semoga bermanfaat untuk anda.

, , ,
Post Date: Monday 09th, July 2018 / 06:10 Oleh :
Kategori : Kazakhstan