14 Tempat Wisata Di Bishek Kirgizstan Yang Paling Menawan

Kota Bishek yang mempunyai luas 127 km² tersebut berada di ketinggian 800 mdl dan berlokasi di pinggir sebelah utara pegunungan Ala-Too.  Kota Bishek juga sempat berganti nama menjadi kota Frunze yang diambil dari salah seorang pemimpin militer di Bishek yang bernama Mikhail Frunze.

Nama Bishek pada kota ini dipergunakan kembali pada tahun 1991 saat Kirgizstan menyatakan kemerdekaannya setelah runtuhnya Uni Soviet. Di kota yang dahulu termasuk ke dalam Jalur sutera ini ada beberapa tempat wisata di Bishek yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan.

Berikut adalah beberapa tempat wisata Bishek, Kirgizstan yang bisa kamu kunjungi ketika liburan ke negara ini :

1. Ala Too Square

ala too square

Ala Too Square merupakan sebuah alun-alun di kota Bishek yang dibangun sejak tahun 1984 untuk merayakan 60 tahun negara Kirgiztan. Sebelum merdeka tahun 1991, tempat ini dinamakan Lenin Square karena tempat ini juga dibuat untuk menghormati Vladimir Lenin, pemimpin soviet kala itu.

Kata ala-too sendiri mempunyai arti gunung besar, yang melambangkan medan pegunungan dan kondisi alam dari Negara Kirgizstan. Sebagai alun-alun dan jantung kota Bishek, di Alan Too ini juga sering diadakan berbagai festival dan perayaan, seperti hari kemerdekaan negara kirgiztan dan tahun baru.

Di Alun-alun Ala Too Square ini dahulu terdapat patung Lenin, yang setelah merdeka diganti menjadi patung Erkindik yang berarti kebebasan. Tahun 2011 patung tersebut kembali di ganti menjadi patung bernama Manaz untuk memperingati 20 tahun kemerdekaan Kirgizstan.

Di sebelah utara alun-alun Ala Too Square terdapat State Historical Museum, yang dibelakangnya juga terdapat Taman Oak Park. Alun-alun Ala Too Square juga menjadi saksi bisu revolusi tulip tahun 2005 dimana sekitar 15.000 orang berkumpul menuntut presiden Kirgizstan kala itu mundur.

2.  Ala Archa National Park

ala archa national park

Ala Archa merupakan sebuah cagar alam yang terletak di pegunungan Tian Shan, yang berjarak seitar 40 km dari kota Bishek. Di cagar alam seluas 20.000 hektar ini terdapat hutan pinus, hutan cemara serta beragam flora dan fauna lainnya yang menakjubkan.

Ada lebih dari 20 gletser kecil dan kurang lebih 50 puncak gunung yang ada di cagar ala Ala Archa ini. Cagar alam ini juga mempunyai 2 sungai kecil, yaitu Adygene dan AK-Sai yang terbentuk dari gletser yang mencair di cagar alam ini. Kedua sungai ini merupakan anak sungai dari Sungai Ala Arca yang juga mengalir di tempat ini



Cagar Alam Ala Archa ini dibentuk pada tahun 1976 dan bertujuan untuk pelesterian spesies fauna dan flora yang langka. Di tempat ini pengunjung bisa menemukan beberapa satwa langka khas Kirgizstan yang dilindungi seperti Macan Tutul salju, dan juga burung biru yang bernama burung Kyrghyz yang berarti “Burung Kebahagiaan”.

Selain itu tujuan dibentuknya cagar alam ini adalah untuk pengembangan potensi pariwisata dan juga  pendakian gunung di Kirgizstan,khususnya di kota Bhisek. Pengunjung juga bisa berkemah di hutan pinus yang berada di ketinggian 2.000 meter atau di puncak Semenov-Tyan-shan setinggi 4.875 m yang merupakan titik tertinggi di cagar alam Ala Archa tersebut.

Dengan berbagai pemandangan alam nan indah di tempat ini, maka tak heran jika Cagar Alam Taman Nasional Ala Archa ini dinobatkan sebagai tempat wisata di Kirgiztan yang paling indah dan populer.

3. Burana Tower

menara burana

Burana Tower merupakan sebuah menara atau minaret yang ada di Lembah Chuy yang berlokasi sekitar 80 km dari kota Bishek. 

Menara yang dibangun pada abad ke 9 itu pada awalnya mempunyai tinggi 45 meter, namun kini menjadi 25 meter karena sebagian hancur oleh gempa bumi besar yang melanda Kirgizstan pada abad ke 15.

Menara bersama sisa reruntuhan benteng dan 3 monumen makam yang berada di tempat tersebut merupakan sisa peninggalan kota kuno Balasagun. Pada tahun 1970 an Menara Busara ini direnovasi untuk memperkuat pondasinya dan juga memperbaiki sisi menara yang dalam kondisi membahayakan dan terancam roboh.

Sebelumnya pada tahun 1900 juga Imigran rusia menggunakan batu bata yang ada di lingkungan menara ini untuk membangun bangunan baru..

Untuk naik sampai puncak dari menara ini pengunjung bisa menggunakan tangga di luar menara serta tangga di dalam menara yang curam dan berkelok. Saat ini keseluruhan situs yang ada di Burana tower ini dijadikan museum yang berisi informasi sejarah seta artefak yang ditemukan.

Ada sebuah cerita mengatakan menara ini dulunya seorang putri diamankan oleh ayahnya disini karena dikutuk mati oleh penyihir pada usia 18 tahun. Namun akhirnya putri tersebut benar-benar meninggal di usia 18 tahun karena gigitan laba-laba beracun yang ada di makanan sang putri tersebut.

4. Osh Bazaar

osh bazaar

Bagi yang ingin berwisata belanja di kota Bishek bisa mengunjungi Osh Bazaar yang berada di sebelah barat kota ini. Beragam produk makanan, pakaian, barang rumah tangga, dan juga souvenir ditawarkan di Bazaar ini.

Salah satu tempat wisata di Bishek ini merupakan pasar yang terbesar di kota Bishek dan tempat yang tepat untuk melihat kehidupan dan budaya warga setempat. Ya, disini pengunjung juga bisa mencicipi beragam manisan, kue dan kuliner khas Kirgizstan lainnya yang dijual disini.

Osh bazaar merupakan pasar yang terbesar di kota Bishek dan tempat yang tepat untuk melihat kehidupan dan budaya warga setempat. Ya, disini pengunjung juga bisa mencicipi beragam manisan, kue dan kuliner khas Kirgizstan lainnya yang dijual disini.

Banyaknya warga yang berdesakan berbelanja ke Osh Bazaar menjadikan daya tarik tersendiri dari pasar terbesar di Bishek bahkan Asia Tengah ini. Osh Bazaar ini juga merupakan tempat pemberhentian di jalur sutra pada zaman dahulu dimana para pedagang menawarkan rempah-rempahnya di sini.

Karena keadaan Pasar Osh Bazaar ini yang ramai dan penuh orang berdesakan, ada baiknya jika berhati-hati saat berkunjung ke sini. Untuk sampai ke pasar ini pengunjung bisa menggunakan bis listrik dari pusat kota,

Selain Osh Bazaar, ada pasar Almedin Bazaar dan Ortosay Bazaar yang lebih kecil dari Osh Bazaar namun menarik untuk dikunjungi.


Itulah beberapa tempat wisata di Bishek yang menarik untuk dikunjungi saat berlibur ke Negara Kirgizstan. Masih ada tempat wisata di Bishek lainnya yang juga tak kalah menarik untuk dikunjungi seperti :

  • Erkindik
  • Panfiliv Park
  • State History mosiu
  • Oak Park
  • Victory Square Bishek
  • Bishek Central Moqsue
  • Karagchivaya Roscha
  • Altyn Arasan
  • Flaminggo Amunsement Park
  • Dan Masih banyak lainnya

Kirgizstan, khususnya kota Bishek bisa menjadi rekomendasi salah satu tempat wisata terbaik di Asia untuk dikunjungi saat liburan kali ini. Selain itu, bisa juga liburan ke Kazakhstan atau negara di Asia tengah lainnya yang tentu tak kalah menarik

Semoga artikel ini bisa bermanfaat, terutama yang sedang membutuhkan rekomendasi tempat wisata di timur tengah untuk berlibur. Terimakasih sudah membaca artikel ini dan jangan lupa untuk share ke media sosialmu ya.

, , , ,
Post Date: Friday 28th, December 2018 / 02:51 Oleh :
Kategori : Kirgizstan