8 Tempat Wisata Di Kuwait Yang Wajib Dikunjungi Wisatawan

Berwisata ke Kuwait mungkin terdengar agak aneh, karena memang negara ini tidak terlalu dikenal sebagai lokasi turisme di dunia. Meski banyak orang asing yang bisa kamu temukan di Kuwait, biasanya mereka bukan wisatawan melainkan orang – orang yang bekerja pada beragam institusi di Kuwait. Sebelum industri minyaknya dieksploitasi, Kuwait adalah negara miskin di kawasan Arab yang tidak terlalu dilirik dunia. Namun saat ini kamu bisa melihat beragam mobil mewah berseliweran di sana.

Mungkin sama tak terdengarnya dengan tempat wisata di Bahrain yang sebetulnya indah, sebenarnya ada juga lokasi menarik tempat wisata di Kuwait yang perlu dikunjungi wisatawan. Mulai dari yang sifatnya modern, hingga yang lebih berhubungan dengan budaya tradisional dan alam Kuwait, semuanya bisa kamu temukan di negara yang kaya akan hasil minyak dan memiliki hamparan luas padang pasir ini. Berikut ini adalah rekomendasi kami, selamat menyimak.

  1. Kuwait Tower

ku-towerSatu tempat yang paling terkenal dan juga akan direkomendasikan semua orang adalah Menara Kuwait yang merupakan bangunan ikonik Kuwait. Di sini kamu akan bisa menyaksikan seluruh Kuwait, yang negaranya memang kecil, dari satu titik deck atau platform.

Biasanya pemandangan ini akan bisa dilihat dengan jelas saat cuaca cerah. Selain itu, di area Menara Kuwait juga terdapat beberapa restoran namun harganya tergolong sangat mahal yang tentunya kurang cocok bagi wisatawan yang sadar bujet. Jam buka Menara Kuwait adalah sejak pukul 9 pagi hingga pukul 23.30 dini hari yang membuatmu bisa menyaksikan keindahan malam di Kuwait dengan gemerlap lampu – lampunya.

  1. Grand Mosque

ku-grand-mMasjid yang selesai dibangun pada 1980 ini adalah masjid terbesar di Kuwait yang juga menjadi pusat kegiatan agama Islam, yang merupakan agama mayoritas di sini. Tak hanya menjadi tempat ibadah, mereka juga menyambut baik orang – orang yang datang berkunjung dalam rangka wisata dengan menyediakan pemandu yang akan menjelaskan sejarah masjid dan tentang Islam bagi yang belum mengetahuinya.

Pengunjung bisa memasuki masjid tanpa membayar. Desain masjid dibangun indah dengan warna nuansa emas yang kerap menarik perhatian pecinta arsitektur. Selain itu, biasanya di masjid juga kerap diadakan beragam kegiatan misalnya saja buka puasa bersama. Grand Mosque Kuwait juga bisa menjadi salah satu tempat berteduh yang bermanfaat di tengah teriknya cuaca Kuwait.


  1. Scientific Center

ku-scientificTidak hanya sekedar gedung mewah atau bangunan berbau keagamaan, tempat wisata di Kuwait yang perlu dikunjungi wisatawan ada juga yang bersifat keilmuan seperti Scientific Center ini.

Scientific Center Kuwait adalah donasi dan hadiah untuk negara ini yang diberikan oleh almarhum Amir Sheikh Jabbar Al Ahmad Al Jabbbar Al Sabah. Tujuan dibangunnya Scientific Center adalah untuk mengumpulkan semua kebudayaan dan warisan lokal berbeda yang ada Kuwait.

Di area Scientific Center kamu akan bisa menemukan beberapa atraksi menarik seperti:

  • Teater IMAX
  • Akuarium
  • Lokasi Jelajah
  1. Museum Tarej Rajam

ku-tareq-rajabKuwait yang lebih dikenal sebagai tempat modern dan lokasi belanja dengan beragam toko – toko mewah bertebaran ternyata juga memiliki museum yang menyiapkan koleksi sekitar lebih dari 30 ribu artefak berkaitan dengan agama Islam di dalam museum Tarej Rajam.

Artefak ini dikumpulkan selama waktu kurang lebih 50 tahun yang tentunya akan menarik perhatian para pecinta sejarah. Di dalam museum kamu akan bisa menemukan koleksi yang unik dan mungkin tak pernah kamu temukan di tempat lain.

  1. Museum Nasional Kuwait

ku-national-museumMengenal sebuah negara yang kamu kunjungi tentunya harus menjadi bagian dari agenda wisata.  Museum Nasional Kuwait adalah jawaban untukmu yang penasaran dan mencari tahu tentang sejarah negeri ini. Di sini semua dipaparkan secara lengkap mulai dari sejarah kehidupan di masa lampau hingga pembagian wilayah Kuwait di zaman dahulu. Museum ini juga menyediakan informasi dalam bahasa Inggris sehingga memudahkan.

Bukan tak mungkin juga kamu akan bisa memahami sejarah dan latar belakang oleh – oleh makanan khas Arab secara keseluruhan yang juga merupakan makanan yang cukup umum ditemukan di Kuwait sebagai salah satu wilayah Arab. Info menarik lain adalah museum ini bisa diakses secara gratis sehingga tak ada alasan bagi wisatawan yang hemat pengeluaran untuk tidak mengunjunginya dan mengenal kisah Kuwait dengan lebih mendalam.

  1. House of the Mirrors

ku-houseSeperti namanya, House of the Mirrors adalah rumah yang semua interiornya terbuat dari kaca sepanjang mata memandang. Dengan berbagai cerita yang berbeda yang bisa kamu simak saat memasukinya, tempat ini adalah salah satu obyek wisata ikonik Kuwait yang tidak boleh kamu lewatkan.

House of the Mirrors adalah sebuah tempat tinggal milik seniman asal Italia bernama Lidia dan almarhum suaminya yang orang Kuwait. Untuk bisa berkunjung, kamu harus membuat janji dulu dan Lidia sendiri yang akan mengajakmu berkeliling dan menjelaskan tentang tempat ini lewat obrolan ringan dengan ditemani teh dan kue – kue yang enak.

  1. Alun – Alun

ku-alunBila tujuanmu ke negeri ini adalah untuk belanja, maka tempat wisata di Kuwait yang perlu dikunjungi wisatawan adalah alun – alun besar di mana semua toko berjejer menjajakan barang – barang mulai dari yang harganya terjangkau hingga fantastis.

Mungkin benda – benda yang kamu temukan tak akan seotentik souvenir khas Mesir yang memiliki sejarah lebih panjang dan tentunya budaya yang berbeda, namun tak bisa ditolak bahwa belanja di alun – alun Kuwait sangatlah menggoda.

Kuwait sangat dikenal di kalangan pecinta belanja dengan beragam produk ternama hingga kedai kopi dan restoran. Sebut saja merek – merek yang lebih generik seperti H&M dan Forever21 atau yang super mewah seperti Dior dan Chanel. Kamu juga bisa mampir ke IKEA, lho. Dan jangan lupa, alun – alun Kuwait ini dibangun menyerupai mall dengan atap dalam bangunan tertutup, sehingga juga bisa menjadi perlindungan dari terik matahari Kuwait yang menyengat.

  1. Moubarakiyya

ku-souqTak seperti alun – alun yang lebih menjual barang belanjaan kelas menengah ke atas, di sini kamu akan lebih merasakan otentisitas Kuwait yang lebih tradisional. Biasanya disebut dengan nama Souq yang berarti pasar tradisional.

Di sini barang yang dijual biasanya berupa bumbu, daging, ikan dan beberapa juga menjual souvenir. Umumnya barang – barang yang dijual lebih murah harganya. Bisa dipastikan juga para pedagang akan terus menerus berusaha membuatmu membeli sesuatu atau setidaknya mencicipi barang dagangan mereka secara gratis.


Selain itu, ada juga banyak makanan yang akan bisa kamu temukan di sini mulai dari makanan ala Lebanon hingga Mesir, namun mungkin agak sulit menemukan makanan khas Rusia. Namun jangan khawatir karena hampir semua makanan yang ada di sini rasanya enak dan harganya murah, sehingga sama sekali tak akan menguras kantong dan sangat mengenyangkan. Dan lagi, satu porsi makanan biasanya sudah bisa mengenyangkan tiga orang.

Tips Berwisata di Kuwait Agar Liburan Menyenangkan

  1. Hindari kerumunan dan demonstrasi untuk meminimalisir hal – hal yang membahayakan keselamatan.
  2. Berhati – hatilah dengan tindak kriminalitas, bila terjadi sesuatu lapor ke polisi bersama dengan teman yang bicara bahasa Arab agar lebih cepat ditangani.
  3. Bila ingin naik taksi sebaiknya reservasi dari perusahaan yang punya reputasi dan jangan menyetop dari pinggir jalan.
  4. Jangan sembarangan menyentuh barang metal yang kamu temukan di jalan, karena kadang bisa membahayakan.
  5. Jagalah sikap saat berjalan di tempat umum, sebaiknya tidak bermesra – mesraan, minum alkohol, atau memakai pakaian yang minim.
  6. Perhatikan juga peraturan yang ada sebelum mengambil foto gedung yang terkait dengan pemerintah. Biasanya mereka melarang kegiatan memotret dan bila ketahuan bisa dihukum.

, , , ,
Post Date: Thursday 24th, May 2018 / 04:19 Oleh :
Kategori : Kuwait