9 Oleh Oleh Makanan Khas Arab Yang Paling Banyak Dicari Wisatawan

Arab Saudi merupakan negara yang terkenal sebagai destinasi di negara-negara timur tengah. Lingkungannya yang bersih dan menawan dengan arsitekturnya yang modern dan megah merupakan daya tarik tersendiri dari tempat wisata di Arab Saudi. Seperti halnya keindahan menjulang tinggi yang nampak pada Burj Khalifa di Dubai.

Anda juga juga bisa menyaksikan panorama alam tropisnya yang menawan dan eksotik. Sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata bulan madu romantis di Asia dengan pasangan anda. Negara ini juga memiliki keindahan corak kebuadayaan Islam yang seperti tempat wisata di Turki. Dengan masjid-masjid megah yang memiliki fungsi sebagai tempat ibadah maupun objek wisata keagaaman.

Berwisata saja di Arab tidak akan lengkap tanpa membeli buah tangan untuk kerabat maupun teman-teman anda. Memberikan buah tangan berupa souvenir mungkin sudah biasa, cobalah untuk membeli oleh oleh makanan khas Arab sebagai buah tangan anda kali ini.

1. Kurma Ajwa

arab.1Buah kurma pastinya sudah terkenal sebagai oleh-oleh khas Arab yang wajib dibeli. Buah kering manis satu ini selalu jadi incaran para turis ketika sedang berkunjung ke Arab. Ada berbagai jenis kurma yang tersedia di pasar-pasar di Arab. Yang paling sering menjadi incaran adalah Kurma Ajwa.

Anda bisa membeli Kurma Ajwa maupun jenis-jenis kurma lainnya di Pasar Kurma Madinah. Lokasi ini terkenal sebagai tempat membeli kurma yang murah di Madinah. Lokasinya berada sekitar 60 meter di sebelah selatan Masjid Nabawi.

  • Di sini anda bisa membeli kurma dengan khisaran harga 30 Riyal (sekitar Rp 109.000) hingga 90 Riyal (sekitar Rp 329.000) per kilonya.
  • Pasar Kurma Madinah buka dari pukul 07.00 pagi hingga 23.00 malam.

2. Kacang Arab

arab.3Oleh oleh makanan khas Arab lainnya yang paling sering menjadi incaran para turis adalah Kacang Arab. Kacang Arab ini memiliki rasa khas yang gurih dan memiliki berbagai variasi. Tidak hanya kacang arab berwarna krem, adapula yang berwarna merah, hitam, dan cokelat.

Tidak hanya rasanya yang enak, Kacang Arab juga memiliki banyak khasiat karena kaya akan serat dan protein. Kacang Arab memiliki manfaat diantaranya; Sumber kalori dan lemak sehat, menstabilkan gula darah, melancarkan pencernaan serta memberikan rasa kenyang lebih lama.


  • Anda bisa menemukan Kacang Arab di pasar-pasar tradisional di Arab dengan harga 40 Riyal per kilonya (sekitar Rp 150.000).

3. Kacang Pistachio

arab.2Arab Saudi memang terkenal dengan berbagai jenis-jenis kacang yang banyak dijual di pasar-pasar tradisionalnya. Salah satu jenis kacang yang jarang ditemukan di Indonesia dan wajib dibeli sebagai oleh-oleh dari Arab adalah Kacang Pistachio.

Kacang Pistachio identik dengan warna kulitnya yang krem dan warna daging kacangnya yang hijau. Kacang Pistachio ini biasanya terkenal sebagai rasa es krim yang biasa anda temui di tempat wisata di Amerika Serikat atau di tempat wisata di Inggris.

Kacang Pistachio memiliki kandungan zat besi, protein, lemak, dan karbohidrat yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh seperti menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker, melindungi saraf, dan masih banyak manfaat bagi kesehatan lainnya. 

  • Kacang Pistachio bisa anda beli di pasar-pasar tradisional dengan harga 10 Riyal (sekitar Rp 36.000) hingga 50 Riyal (sekitar Rp 180.000) per kilonya.

4. Kacang Almond

arab.6Meski bukan kacang asli khas Arab, Kacang Almond juga bisa anda beli sebagai oleh-oleh dari Arab Saudi. Anda bisa menemukan kacang almond di pasar-pasar tradiosional madinah. Untuk per kilonya, kacang almond berkhisar 57 Riyal (sekitar Rp 210.000).

Kacang Almond memiliki rasa gurih dan daging kacang yang lembut. Biasanya populer sebagai campuran dalam adonan cake maupun kue kering.

Kacang Almond juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan sebagai pencegah kanker usus karena mengandung zat besi dan zinc.

5. Cokelat Al Hadi

arab.7Tidak hanya tempat wisata di Belgia yang terkenal dengan cokelatnya, anda juga bisa membeli cokelat khas Arab yang bisa dijadikan oleh-oleh. Salah satu merek cokelat Arab yang populer adalah Cokelat lapis kurma Al Hadi.

Cokelat khas Arab ini diproduksi oleh Binafif Chocolate and Dates. Terbuat dari 100% kurma asli Arab dan cokelat kualitas premium. Selain rasanya yang lezat, kadungan kurma dalam cokelat Al Hadi juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Harganya memang cukup mahal namun, sebanding dengan produk cokelatnya yang berkualitas dan lezat.

  • Anda bisa membeli dalam kemasan kecil seharga 4 Riyal (sekitar Rp 17.000) per 6 biji.
  • Untuk harga per kemasan besar dibandrol dengan harga 36 Riyal (sekitar Rp 135.000).

6. Kismis

arab.4Selain berbagai jenis kacang-kacangan, kismis juga merupakan oleh oleh makanan khas Arab yang biasanya dibeli oleh para turis yang berkunjung ke Arab Saudi.

Kismis merupakan cemilan hasil fermentasi anggur yang memiliki rasa khas yang manis dan asam. Kismis bisa dijadikan cemilan maupun campuran cake atau kue kering.

Kismis yang memiliki kandungan zat besi, Vitamin B kompleks, dan mineral, sangat bermanfaat untuk mengobati anemia.

  • Anda bisa membeli kismis di pasar-pasar tradisional Arab dengan harga 46 Riyal (sekitar Rp 170.000) per kilonya.

7. Ma’moul

arab.8Ma’moul merupakan sejenis roti dengan isian kurma yang manis. Hampir mirip dengan bakpia, namun kulitnya memiliki tekstur yang lebih lembut. Roti ini merupakan salah satu cemilan populer yang wajib anda beli sebagai buah tangan dari Arab Saudi.

Ma’moul bisa ditemukan di pasar maupun mall yang menjual oleh-oleh khas Arab. Harga Ma’moul perkemasannya dibandrol sekitar 5 Riyal (sekitar Rp 18.000) sampai 50 Riyal (sekitar Rp 180.000). Tergantung dengan kualitas merek dan ukuran kemesannya juga.

8. Buah Tin

arab.9Buah Tin merupakan salah satu buah yang dikenal sebagai salah satu nama surat di Alquran. Buah ini merupakan buah kesukaan Nabi Muhammad SAW dan memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan seperti; melancarkan sistem pencernaan, membentuk sel darah merah, anti bakteri, dan masih banyak manfaat kesehatan lainnya.

Buah Tin yang biasanya ditemui di pasar-pasar traditional Arab sudah ada yang dikeringkan dan dikemas dengan rapi agar lebuh praktis dijadikan oleh oleh makanan khas Arab.

Anda bisa menemukan buah tin di pasar-pasar tradisional di Arab. Harga buah tin berkhisar dari 12 Riyal (sekitar Rp 45.000) hingga 42 Riyal (sekitar Rp 155.000) tergantung merek dan berat per kemasannya. 


9. Madu Kashmir

arab.5Madu ini memang bukan madu asli dari Arab namun sudah popuer dikalangan lokal masyarakat sebagai pelengkap makanan mereka sehari-hari. Madu kashmir merupakan madu yang aslinya berasal dari pengunungan Himalaya.

Jenis madu satu ini memiliki warna kekuningan atau kadang kecokelatan dengan teksturnya yang kental dan rasanya yang manis. Madu Kashmir merupakan salah satu jenis madu premium yang terkenal akan kelezatan maupun manfaatnya bagi kesehatan.

Madu Kashmir memiliki banyak sekali manfaat untuk ibu hamil dan lansia dalam menjaga kesehatan.Anda bisa membeli kualitas perimium satu ini dipusat perbelanjaan maupun pasar-pasar tradisional di Arab Saudi.

  • Harga madu kashmir perkemasan toples kacanya berkhisar 42 Riyal (sekitar Rp 90.000) hingga 122 Riyal (sekitar Rp 450.000), tergantung merek dan berat kemasan.

, , , ,
Post Date: Monday 16th, April 2018 / 07:02 Oleh :
Kategori : Arab Saudi