Wisata Torres del Paine Chili , Taman Nasional Terindah di Dunia

flamingo di salah satu lagunaTorres del Paine Chili – Amerika Selatan adalah salah satu wilayah dengan banyak pesona berbeda yang selalu menarik minat para wisatawan. Bila Malaysia memiliki Taman Nasional Bako, Australia dengan Uluru, dan Thailand dengan Doi Inthanon National Park, maka Chili memiliki Torres del Paine sebagai taman nasionalnya yang juga masuk ke dalam daftar National Georgaphic sebagai tempat terindah kelima di dunia dan daftar TripAdvisor sebagai Keajaiban Dunia ke-8.

Tidak seperti Royal Botanical Gardens yang cenderung aman, berwisata ke Taman Nasional Torres del Paine akan mengajakmu berpetualang dan bertemu dengan beragam flora dan fauna hutan dalam kondisi alamiah mereka. Selain itu taman nasional ini juga dipenuhi dengan gunung, glasier, danau, lembah dan sungai dari alam Patagonia Chili Selatan.

Taman Nasional Torres del Paine berlokasi di wilayah Magallanes dan berada di utara Puerto Natales dan Punta Arenas, dua wilayah yang cukup penting di Chili dan berbatasan dengan Taman Nasional O’Higgins serta Taman Nasional Los Glaciares. Torres del Paine merupakan salah satu lokasi wisata yang paling terkenal dengan pengunjung sekitar 252.000 orang per tahun, setengahnya merupakan wisatawan internasional. Luas areanya sebesar 181.414 hektar.

Sejarah Taman Nasional Torres del Paine

Didirikan pada tahun 1959, nama Torres del Paine kenyataannya diberikan sejak tahun 1970 untuk taman nasional ini. Taman Nasional Torres Del Paine telah dikunjungi banyak ilmuwan, pendaki dan penjelajah terkenal dunia yang juga menjelajahi banyak situs alam terkenal lain seperti gunung Everest. UNESCO memasukkannya sebagai area biospora pada 1978.

Atraksi Menarik di Taman Nasional Torres del Paine

  1. Flora

Torres del Paine terkenal dengan beragam vegetasi dan tanamannya yang indah dan berwarna-warni. Beberapa yang paling terkenal adalah Embothrium coccineum, tanaman dengan bunga merah menyala dan Calceolaria uniflora, yang memiliki warna dan bentuk mencolok serta cenderung lucu. Taman nasional ini punya tujuh jenis anggrek yang terdokumentasi juga 85 tanaman non-endemik yang ditelusuri sebagian besar berasal dari Eropa.

  1. Fauna

Hewan yang paling umum ditemukan di sini adalah guanako, sejenis llama yang merupakan endemik Amerika Selatan. Hewan lainnya ada puma, musang abu-abu, dan burung caracara. Namun masih banyak hewan lainnya yang bisa ditemui seperti beberapa jenis burung hantu, elang, angsa, ibis, dan juga flamingo. Di sini juga menjadi habitat rusa Andes, hewan yang kini statusnya terancam punah.

  1. Alam

Torres del Paine memiliki banyak sungai, lembah, dan glasier. Beberapa glasier utama adalah Dickson, Grey, Zapata, dan Tyndall. Ada juga padang rumput dan lansekap Paine Massif yang dikelilingi lembah. Banyak danau di sini berwarna sangat cerah utamanya karena erosi glasial sehingga warnanya cenderung mencolok. Beberapa danau di antaranya Danau Dickson, Nordenskjold, Pehoe, Grey, Sarmiento, dan Del Toro.


  1. Berkemah dan Mendaki

Banyak arena berkemah di Torres del Paine. Namun tidak semua mengizinkan penggunaan kompor dan beberapa juga tidak memberikan area kemah untuk pengunjung umum. Sementara banyak area mendaki dan trekking yang tersedia, salah satu yang paling terkenal adalah rute “W” yang bisa dilalui selama 5 hari, atau jika ingin melakukan trekking berkeliling, kamu bisa melakukannya selama 8 – 9 hari.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Torres del Paine

Tiket masuk ke Taman Nasional Torres del Paine dibagi menjadi dua yakni high season yang berlaku sejak 1 Oktober hingga 30 April dan low season dari 1 Mei hingga 30 Oktober dengan harga yang berbeda bagi orang lokal dan internasional.

  • Untuk high season biaya yang dikenakan pada pengunjung internasional adalah 21.000 Peso Chili (atau sekitar 500.000 Rupiah) untuk orang dewasa dan 6.000 Peso Chili (atau sekitar 143.000 Rupiah) untuk anak-anak usia 6 – 16 tahun.
  • Sementara pada low season biaya yang dikenakan pada pengunjung internasional adalah 11.000 Peso Chili (261.000 Rupiah) untuk orang dewasa dan 1.000 Peso Chili (25.000 Rupiah) untuk anak-anak. 

Jam Operasional Taman Nasional Torres del Paine

Sama seperti harga tiket, jam operasional di Taman Nasional Torres del Paine juga diberlakukan dengan sistem high season dan low season yang berlaku di tanggal yang sama.

  • Pada high season jam buka taman nasional ini adalah sejak pukul 7.00 – 22.00
  • Saat low season jam buka taman nasional ini adalah sejak pukul 8.30 – 17.30

Akses Menuju Taman Nasional Torres del Paine

Taman Nasional Torres del Paine memiliki tiga pintu masuk yakni Rio Serrano, Lago Sarmiento, dan Laguna Armaga yang dapat diakses dari lokasi berbeda.

  • Gerbang Rio Serrano berlokasi 80 km dari Puertos Natales melalui jalan Y-290 Lago Porteno, dekat dengan kantor administrasi
  • Gerbang Sarmiento berada 112 km dari Puertos Natales dan 36 km dari kantor administrasi
  • Gerbang Laguna Armaga berlokasi 116 km di sepanjang jalan utama dan belok ke kanan arah barat laut sejauh 13 km. Gerbang ini berlokasi sekitar 38 km dari kantor administrasi

Bila kamu ingin menggunakan kendaraan umum atau tur, tersedia pilihan sebagai berikut:

Bus dari Puerto Natales

  1. Bus dari Puerto Natales tersedia sepanjang Oktober sampai April yang berangkat dari terminal di Avenida Espana.
  2. Terdapat beberapa perusahaan bus yang menyediakan jasa, semuanya menuju ke kantor administrasi Torres del Paine di Villa Monzino.
  3. Beberapa bus tersebut antara lain bus JB, bus Gomez dan bus Maria Jose yang bisa kamu hubungi langsung untuk mengetahui harganya.

Bus dari Punta Arenas

  1. Dari Punta Arenas, kamu akan menuju ke Puerto Natales dan melanjutkan dengan bus reguler.
  2. Beberapa perusahaan bus yang menawarkan jasa adalah bus Sur, bus Fernandez, dan bus Pacheco yang masing-masing punya kantor di Punta Arenas juga Puerto Natales.

Bus kembali ke Puerto Natales

  1. Selesai berwisata di Torres del Paine, kamu akan bisa kembali dengan bus yang memiliki jadwal berangkat dua kali setiap harinya dari tiga gerbang berbeda.
  2. Dari kantor administrasi bus berangkat pukul 13.00 dan 18.30, dari Pudeto pukul 13.30 dan 19.00, dari Laguna Armaga pukul 14.30 dan 19.45.
  3. Ketibaan di Puertos Natales adalah pukul 22.00.

Tur dengan Agen Perjalanan

  1. Tersedia juga banyak agen perjalanan yang menawarkan tur baik dari Puerto Natales maupun Punta Arenas lengkap dengan bus dan terkadang juga pemandu wisata.
  2. Tur berlangsung sehari atau bisa juga lebih. 

Akomodasi di Taman Nasional Torres del Paine

Kamu bisa berkemah di area taman nasional Torres del Paine yang tersedia di banyak titik, beberapa bahkan dengan ruangan-ruangan yang disewakan. Seperti

  1. Paine Grande
  2. Dickson Site
  3. Refugio Torre
  4. Seron
  5.  Los Perros.

Sementara bila kamu ingin menginap di hotel, tersedia juga beberapa hotel dengan pemandangan spektakuler yang biaya menginap per malamnya mulai dari 150 Dolar AS.

Namun bila tidak kedapatan tempat, Puerto Natales dan Punta Arenas memiliki banyak tempat bagus.

Patut Diperhatikan Saat Mengunjungi Taman Nasional Torres del Paine

  • Saat menyetir menuju ke lokasi, jagalah kecepatan mobil untuk berada di kisaran 60 km per jam karena angin yang cukup kencang, topografi jalan yang tidak mendukung mobil melaju terlalu cepat, dan juga yang paling penting untuk menjaga fauna dan flora yang ada.
  • Kunjungan disarankan antara bulan September hingga April untuk menghindari musim panas.

, , , ,
Post Date: Tuesday 20th, March 2018 / 09:09 Oleh :
Kategori : Chili