12 Oleh – Oleh Khas Brazil Yang Wajib Di Beli Dan Tidak Boleh Dilewatkan

kristus sang penebusBrazil merupakan salah satu negara yang paling difavoritkan wisatawan saat mengunjungi Amerika Selatan. Tempat wisata di Brazil seperti Patung Kristus Penebus selalu menjadi atraksi yang menarik bagi orang yang belum pernah mengunjunginya dan meninggalkan kesan yang menyenangkan bagi yang telah pergi ke sana.

Pergi ke negara manapun, tak pantas rasanya jika tidak membeli oleh-oleh. Terlebih bila pergi ke Brazil yang jaraknya cukup jauh dari Indonesia. Namun tidak lucu juga bila sudah pergi jauh-jauh ke Brazil, kamu membeli barang-barang yang ternyata biasa-biasa saja dan tidak meninggalkan kesan ‘Brazil’ sama sekali.

Seperti oleh-oleh khas Beijing dan oleh-oleh khas Jerman yang pernah kita ulas sebelumnya, berikut ini adalah oleh-oleh khas Brazil yang akan membuat liburanmu tak terlupakan.

  1. Kristus Sang Penebus

Patung Kristus Sang Penebus adalah salah satu simbol negara Brazil. Patungnya yang berada di Rio de Janeiro selalu menjadi atraksi utama bagi setiap pengunjung baik lokal maupun internasional. Miniatur patung ini tersedia dalam berbagai bentuk di seluruh toko souvenir di Brazil. Baik gantungan kunci, magnet, maupun beragam dekorasi gambar dan karya seni.

  1. Keramik

Keramik adalah salah satu karya seni yang paling banyak ditemukan di penjuru Brazil. Setiap kali berjalan, kamu akan bisa melihat banyak orang menjual karya seni ini. Meskipun banyak tersedia, tidak berarti keramik ini dibuat oleh pabrik. Keramik ini dibuat dengan tangan dalam berbagai bentuk baik yang berhubungan dengan agama maupun budaya Brazil. Alasan di balik ditemukan banyaknya kerajinan keramik di Brazil adalah karena ini adalah bagian dari legenda lokal Brazil.

Masing-masing kota juga memiliki kekhasan masing-masing. Seperti Minas Gerais dengan patung wanita yang menunggu pasangannya tiba. Sementara di Bahia, kerajinan keramik dicat warna-warni sesuai dengan baju tradisional Bahia yang penuh warna. Jika berkunjung ke area pedesaan Brazil, tema keramik umumnya berupa ayam. Jika kamu hanya sempat berkunjung ke Rio de Janeiro atau Sao Paulo, tak perlu khawatir karena akan ada banyak toko yang menjual, terutama di bagian selatan.

  1. Pahatan Batu Akik

Bila batu akik kerap digunakan sebagai koleksi dan agaknya tanda kemewahan di Indonesia, maka Brazil punya cara lain mengapresiasi batu akik. Mereka memahat batu akik dalam berbagai bentuk untuk tujuan dekorasi maupun aksesoris perhiasan. Negaranya yang penuh dengan batu mineral, menginspirasikan banyak seniman untuk menggunakan medium batu akik sebagai ekspresi seni.


Rio de Janeiro adalah kota yang cocok untuk anda berburu pahatan batu akik. Feira Hippie de Ipenima adalah salah satu lokasi yang terkenal dengan beragam karya menarik dengan harga bervariasi. Ada juga Praça General Osório yang buka setiap hari Minggu dari pukul 9.00 hingga 17.00. Bila kamu mencari karya pahatan batu akik yang lebih mewah dan berkelas, kamu bisa mengunjungi Amsterdam Sauer yang sudah berdiri sejak 1953. Toko pertama mereka berada di Copacabana Palace Hotel dan kerap menggunakan artis-artis ternama dalam pemasarannya.

  1. Kaos Bola

Siapa tidak kenal Pele atau Ronaldo, juga negara Brazil yang terkenal sebagai salah satu raksasa sepak bola dunia. Maka tidak heran bila kami menyarankanmu untuk membeli kaos bola sebagai salah satu oleh-oleh khas Brazil. Banyak kaos bola mulai dari kaos klub hingga tim nasional dijual di banyak tempat. Kaos bola tentunya akan menjadi souvenir yang berkesan bagi keluarga atau kerabatmu yang sangat menggilai olahraga satu ini. 

  1. Baju Cantao

Kita mengenalnya dengan nama daster dan cantao adalah sejenis daster dengan gaya Brazil yang mulai terkenal sejak 40 tahun lalu sejak dibuat oleh salah satu perusahaan pakaian. Biasanya bermotif vintage atau retro dengan beragam warna cerah, baju ini sangat cocok digunakan saat cuaca panas karena bahannya yang sejuk. Kamu bisa membeli baju ini di banyak tempat, namun bila ingin membeli langsung dari produsen pertamanya pergilah ke Zona Sul, di Rio de Janeiro.

  1. Guarana

Guarana adalah buah yang mirip dengan leci, namun tentunya berbeda. Buah ini sangat banyak ditemukan di Brazil dan sudah dibuat dalam berbagai produk. Buah ini juga merupakan buah yang penting bagi beberapa suku adat di Brazil seperti Tupi dan Guarani. Membawa buahnya pulang ke Indonesia tentulah bukan hal yang memungkinkan. Namun tidak perlu khawatir, kamu dapat membawa pulang produk olahan guarana.

Produk guarana berupa minuman kaleng, minuman berenergi, manisan hingga berbagai macam obat. Guarana dipercaya memiliki khasiat untuk tubuh seperti mengurangi lelah dan menambah energi dengan berbagai kandungannya. Kamu bisa mencobanya sendiri dengan membeli olahan guarani berupa bubuk minuman atau pil dari berbagai toko kesehatan di Brazil.

  1. Goiabada

Bila kamu pergi ke Brazil, satu makanan yang tidak boleh dilupakan adalah goiabada. Ini adalah makanan sejenis marmalade buah yang dibuat dari jambu biji dan gula. Saat orang-orang Portugis datang ke Brazil, mereka mencari buah alternatif untuk membuat marmalade dan akhirnya menggunakan jambu biji yang melimpah di Brazil. Orang Brazil sendiri biasa memakannya dengan dicampur keju dan didampingi minum kopi.

  1. Kopi

Kopi bukan hanya minuman favorit orang Brazil namun juga merupakan salah satu komoditas utama Brazil. Di abad ke 19, Brazil menjadi penguasa ekspor kopi dan kini memegang 30% pasar kopi. Kopi Brazil dijual di seluruh kota mulai dari produk yang harganya murah hingga yang memiliki kualitas organic dengan harga lebih mahal. Salah satu merek kopi yang terkenal adalah Café Pele, yang diambil dari nama pemain bola kenamaan negara itu.

  1. Alat Musik

TBrazil terkenal sebagai negara pengekspor Capoeira. Alat-alat musik pengiring capoeira dapat kamu beli dengan harga terjangkau saat berada di Brazil. Selain itu, Brazil juga memiliki budaya perkusi yang cukup terkenal di dunia. Dua alat musik yang kami rekomendasikan adalah caxixi dan berimbau. Caxixi adalah sebuah alat musik berbentuk keranjang dengan permukaan datar di bagian bawah dan berisi biji-bijian. Sementara, berimbau adalah alat musik yang bentuknya mirip busur panah dengan satu string.

  1. Cachaça

Dibaca ka-sya-sa, oleh-oleh ini adalah sejenis minuman beralkohol yang dibuat dari tebu. MInuman ini cukup terkenal dan kerap digunakan sebagai bahan untuk cocktail. Cachaça dijual di banyak tempat dengan harga dari murah sampai mahal, yang tentunya dibuat dari bahan lebih berkualitas dan mungkin dengan kemasan lebih bagus. Minuman ini kerap juga disebut pinga. Satu tips, belilah pinga dari produsen yang lebih kecil karena biasanya rasanya lebih enak. 


  1. Rokok

Sama seperti Indonesia, Brazil juga kaya akan tembakau dan memiliki rokok yang cukup terkenal dengan rasanya yang pedas. Para perokok yang memiliki ketertarikan untuk mencicipi beragam rokok bisa menemukan banyak rokok Brazil di toko-toko tembakau yang bertebaran di seluruh Rio de Janeiro. Salah satu merek yang paling terkenal adalah Dannemann Speciale Brasile yang sudah berdiri sejak 1873.

  1. Divino de Espirito Santo

Benda ini adalah pahatan berbentuk merpati yang dijual dalam berbagai ukuran. Paling umum dijual di daerah Minas Gerais, divino de espirito santo merupakan representasi ketuhanan dalam agama Katolik. Banyak orang memajangnya di depan pintu sebagai penolak bala dan untuk membawa keberuntungan. Banyak seniman menjualnya dengan harga cukup mahal, namun di Tiradentes kamu bisa menemukannya dengan harga sangat terjangkau.

, , , ,
Post Date: Tuesday 20th, March 2018 / 09:11 Oleh :
Kategori : Brasil