Wisata Doi Inthanon National Park Yang Wajib Dikunjungi

Taman Nasional doi inthanon national park – Doi Inthanon sebenarnya adalah nama dari gunung tertinggi di Thailand yang menjulang hingga 2.565 meter di atas permukaan laut. Sementara taman nasional sendiri berukuran lebih luas sekitar 482 km2dan memiliki banyak flora dan fauna yang bebas tumbuh dan berkeliaran. Taman Nasional Doi Inthanon kerap dijuluki “Atap Thailand”.

air terjun mae klangTaman nasional ini berlokasi di provinsi Chiang Mai di utara Thailand. Suhu di sekitarnya berkisar dari 10-120 C. Di sini juga tersedia area berkemah, flora, dan berbagai hewan kecil serta banyak burung. Beragam pemandangan alam juga bisa ditemui mulai dari air terjun, padang bunga, dan pohon-pohon besar. Taman nasional Doi Inthanon juga terletak dekat dengan pemukiman warga seperti desa Karen dan Meo Hmong yang dihuni sekitar 4.500 orang.

Flora dan Fauna Taman Nasional Doi Inthanon

Doi Inthanon memiliki banyak koleksi flora dan fauna yang dikonservasi. Terdapat sekitar 65 jenis mamalia, kebanyakan hewan kecil. Hewan besar seperti gajah dan harimau telah dipindahkan untuk menghindari perburuan liar yang masih kerap terjadi. Ada juga reptil dan amphibi serta yang paling terkenal adalah burung.

Jumlah spesies burung di taman nasional Doi Inthanon adalah kedua terbanyak di taman nasional Thailand. Jumlah spesies avifauna ada sekitar 383. Beberapa burung yang kerap terpotret antara lain burung ekor hijau dan elang sayap coklat. Bila beruntung kamu juga akan bisa melihat kupu-kupu warna-warni berterbangan, seperti Cethosia biblis.

Sementara untuk flora ada hutan hujan yang selalu hijau sepanjang tahun, tanaman sphagnum, serta berbagai pohon pinus. Di akhir Januari hingga Februari, kamu juga bisa melihat bunga Sakura Siam bermekaran di berbagai titik taman nasional. Selain itu kamu juga bisa mendapati hutan gugur yang menawarkan pemandangan yang mirip dengan musim gugur di negara empat musim.

Atraksi Taman Nasional Doi Inthanon

stupa di taman nasional doi inthanonBanyak tempat dan kegiatan menarik yang dapat dikunjungi dan dilakukan. Mulai dari sekedar berjalan menikmati seluruh hutan, berkemah, hingga wisata sejarah ke beberapa bangunan tua seperti candi.

  1. Pusat Kemah dan Taman Nasional Sentral

Sentral Taman Nasional Doi Inthanon berada di kilometer 30.8 dekat dengan desa Ban Khu Klang tempat suku Meo Hmong bermukim. Bila kamu membutuhkan sesuatu atau ingin membeli makan, sekitar 500 meter ke arah barat terdapat supermarket, beberapa restoran, bahkan ATM.

Sementara untuk menginap di area taman nasional Doi Inthanon, terdapat pilihan seperti area kemah atau bungalow. Perkemahan dan bungalow terletak sekitar 500 meter ke arah utara dari ujung sentral taman nasional. Kamu bisa menyewa tenda dan perlengkapan berkemah termasuk dengan kantung tidur, bantal, dan juga matras di dekat pintu masuk area perkemahan. 


  1. Puncak Doi Inthanon dan Jalan Setapak Ang Ka Luang

Puncak Doi Inthanon adalah titik tertinggi di Thailand dan terletak di kilometer 48, yang bisa dicapai dengan mendaki atau melalui jalanan yang lebih diperuntukkan bagi wisatawan non-pendaki. Saat menuju ke puncak Doi Inthanon, jangan lupa untuk mengunjungi dua stupa yang terletak sekitar 5 km ke Selatan dari puncak.

Pertama, Naphamethinidon dibangun pada 1987 untuk merayakan ulang tahun ke 60 Raja Bhumibol Adulyadej. Namanya memiliki arti ‘dengan kekuatan tanah dan udara’. Kedua, Naphaphonphumisiri dibangun pada 1992 untuk merayakan ulang tahun Ratu Sirikit. Namanya berarti ‘menjadi kekuatan udara dan kemolekan tanah’.

Tak jauh dari stupa, jalan Setapak Kaew Mae Pan sepanjang 2,5 km bisa kamu sambangi dengan dipandu oleh suku Hmong. cJalan setapak ini biasa dilalui untuk melihat spesies burung, sekaligus menarik minat wisatawan yang ingin melihat hutan hijau sepanjang tahun. 

  1. Mengamati Burung

Sebagai lokasi dengan jumlah spesies burung terbanyak kedua di Thailand, taman nasional Doi Inthanon juga terkenal di antara para pecinta makhluk bersayap ini. Di sini kamu bisa mendapati dan mengamati berbagai jenis burung sepanjang tahun kecuali bulan Juli hingga Oktober. Waktu terbaik untuk menyaksikan burung-burung adalah di saat migrasi musim dingin yakni bulan Februari hingga April, di mana mereka juga akan mulai beranak.

  1. Air Terjun

Taman nasional Doi Inthanon memiliki banyak air terjun yang bisa diakses dengan mudah dari jalan utama. Bulan Mei sampai November adalah musim penghujan yang membuat tumpahan air terjun menjadi lebih deras dan lebih indah dipandang. Bahkan di musim panas saat air sedang jernih, kamu juga bisa berenang.

salah satu jalan setapak di taman nasional doi inthanonAir terjun Mae Pan mungkin adalah air terjun dengan ketinggian 100 m. Aliran air terjunnya tidak seperti kebanyakan air terjunnya di lokasi yang mengalir di atas beberapa batu kecil membentuk tangga, sehingga bentuknya lurus hingga ke bawah. Namun air terjun ini tidak terlalu terkenal di kalangan wisatawan karena letaknya yang agak jauh meskipun terdapat area berkemah, jalan setapak, dan bisa dicapai dengan pendakian kurang dari 2 jam.

Air terjun yang paling terkenal adalah Mae Klang, yang terletak paling dekat dengan jalan utama. Airnya mengalir di atas beberapa batu tersusun, yang paling tinggi sekitar 30 m, sehingga membentuk seperti tangga. Berlokasi sekitar 600 meter dari salah satu titik masuk hutan, air terjun ini benar-benar ramai terutama saat musim liburan dan akhir pekan.

Beberapa air terjun lain yang kerap dikunjungi namun berukuran lebih kecil seperti Mae Ya, Pha Khun Na, Wang Khwai, dan Wachirathan juga bisa menjadi pilihan.

Akses Menuju Taman  Doi inthanon National Park

  1. Satu-satunya kendaraan umum yang mencapai taman nasional dari Chiang Mai adalah songtaew (sejenis bemo). Kamu harus menaiki songtaew dari Chiang Mai menuju Chom Thong dan berganti dengan songtaew lain menuju sentral Doi Inthanon.
  2. Bila songtaew terlalu merepotkan, kamu bisa menggunakan taksi pribadi dari Chiang Mai dengan biaya mulai dari 3.000 Baht yang bahkan bisa mengantarmu sampai ke puncak Doi Inthanon.
  3. Bergabung dengan tur dari agen perjalanan atau hotel di Chiang Mai juga bisa menjadi pilihan bila kamu ingin mendapatkan fasilitas pemandu wisata yang bisa berbahasa Inggris.
  4. Kalau kamu bisa mengendarai sepeda motor dari Chiang Mai, harga sewanya mulai dari 200 Baht
  5. Untuk mencapai Chiang Mai, kamu bisa naik pesawat ke bandara Chiang Mai (penerbangan domestik atau internasional), bus ke stasiun Arcade atau stasiun Chang Phuak, atau kereta ke stasiun Chiang Mai (perjalanan sekitar 12-15 jam dari Bangkok)

area perkemahan di taman nasional doi inthanonTiket Masuk Taman Nasional Doi Inthanon

  • Dewasa asing sebesar 300 Baht
  • Anak asing sebesar 150 Baht
  • Harga penyewaan tenda untuk berkemah dan biaya pemandu tidak termasuk

Jam Operasional Taman Nasional Doi Inthanon

  • Pukul 5.00 – 18.00 setiap hari
  • Bila kamu akan berkemah, datanglah sebelum pukul 20.00

Tips Berkunjung

  1. Kamu bisa membuka situs taman nasional Doi Inthanon untuk menemukan peta lokasi masing-masing atraksi juga mengecek habitat flora dan fauna agar lebih efektif.
  2. Belilah tiket kendaraan maksimal 60 hari sebelum kepergianmu ke Chiang Mai, terutama bila kamu ingin naik kereta.
  3. Kenakan pakaian yang tebal bila kamu ingin naik motor ke Doi Inthanon di musim dingin.
  4. Teliti baik-baik fasilitas yang disediakan oleh hotel tempatmu menginap, kadang mereka menyediakan antar-jemput gratis ke bandara juga paket tur ke Doi Inthanon yang jauh lebih murah bagi tamu hotel.

, , , ,
Post Date: Monday 26th, February 2018 / 02:30 Oleh :
Kategori : Thailand