Machu Picchu Peru , Wisata Sejarah Yang Wajib Di kunjungi Di Amerika Selatan

machu picchu

Machu Picchu – Berkunjung ke Amerika Selatan, tidak hanya tempat wisata di Brazil dengan Patung Kristus Penebus nya yang wajib kamu kunjungi. Bergerak ke salah satu kota kecil Aguas Caliantes di wilayah Cuzco, Peru, kamu akan menemui Machu Picchu yang merupakan situs sejarah paling terawat sekaligus masuk dalam daftar warisan budaya UNESCO.

Seperti Kota Terlarang dan Lapangan Tiananmen yang memiliki arti penting bagi sejarah Cina, Machu Picchu juga memiliki arti signifikan bagi sejarah Amerika Selatan. Machu Picchu merupakan komplek di mana kekaisaran Inca berlokasi sebelum datangnya invasi bangsa Spanyol di abad 16. Inca sendiri merupakan salah satu peradaban terbesar di Amerika Selatan yang kini meninggalkan sekitar 3000 batu bersejarah yang belum juga terkuak secara lengkap.

Atraksi Menarik di Machu Picchu

llama di machu picchuBanyak hal yang dapat kamu saksikan dan pelajari di Machu Picchu. Namun perlu diingat, bahwa sebagian besar mungkin hanya tampak seperti tumpukan batu-batu, camkan bahwa semua batu-batu itu berdiri sejak lebih dari 500 tahun lalu dan merupakan situs yang tak tersentuh oleh bangsa Spanyol yang datang ke Amerika Selatan dan bertahan hingga ratusan tahun.

Setibanya di sana, dengan mengingat bahwa tempat ini telah berdiri selama ratusan tahun dan bertahan di tengah invasi bangsa lain yang telah merubah mayoritas kota di Peru, kamu akan bisa mengagumi betapa terjaganya Machu Picchu sebagai situs sejarah dan kebesaran kekaisaran Inca ratusan tahun lalu. Mungkin juga bila beruntung kamu akan bisa bertemu dengan hewan llama yang tengah berkeliaran.

  1. Intihuana

Intihuatana adalah sebuah batu yang merupakan salah satu dari banyaknya batu ritual di Amerika Selatan. Bagi bangsa Inca, intihuatana adalah batu yang digunakan untuk mengetahui posisi matahari dan menahannya. Batu ini dipercaya oleh sejarawan sebagai kalender atau jam yang digunakan oleh bangsa Inca. Nama intihuatana sendiri adalah nama yang diberikan Hiram Bingham berdasarkan bahasa Quechua dan bukan nama yang digunakan oleh bangsa Inca.

  1. Inti Mach’ay

Bangunan ini mirip seperti gua yang ketika Machu Picchu baru ditemukan kembali, ditemukan lebih dari 100 tulang belulang manusia di sini. Tempat ini dipercaya sebagai tempat mengubur manusia – meski belum ada bukti yang mendukungnya – yang digunakan sebagai ritual pengorbanan. Di dekatnya juga terdapat banyak artefak mandi dan juga sistem aliran air yang cukup baik.


  1. Huayna Picchu

Huayna Picchu adalah titik tertinggi di Machu Picchu yang selalu kamu lihat di dalam brosur dan foto-foto tempat ini. Untuk mengakses Huayna Picchu, kamu perlu mendaki lagi selama satu jam di mana kamu dapat menyaksikan seluruh pemandangan Machu Picchu. Namun pergi ke sini memerlukan tiket tambahan dan reservasi lebih awal, juga tidak disarankan untuk mendaki Huayna Picchu bila kamu takut ketinggian.

Waktu yang Tepat Mengunjungi Machu Picchu

trip dengan tur inca trail di machu picchuMachu Picchu selalu buka sepanjang tahun tanpa batasan akses. Dalam kalender, musim hujan berlangsung sejak Oktober sampai April namun sebenarnya hujan dapat terjadi kapan saja. Hari Minggu sepanjang tahun akan selalu ramai dengan pengunjung, terutama pengunjung lokal dari provinsi Cusco, sebab hari itu mereka dibebaskan mengunjungi Machu Picchu tanpa membayar. Ditambah lagi dengan kuota pengunjung membayar yang setiap harinya adalah 5.200 orang. 

Sementara secara umum, bulan yang paling ramai dengan pengunjung baik lokal maupun internasional adalah Mei hingga Agustus. Bulan-bulan ini adalah musim panas di banyak negara dan juga musim liburan, salah satunya Amerika Serikat yang terletak tak jauh dari Peru. Berdasarkan jam, pukul 11 pagi sampai 3 sore adalah waktu yang cukup ramai dengan pengunjung.

Jadi, kamu bisa menyiasati untuk pergi di bulan lain, di pagi hari, dan bukan di hari Minggu jika memungkinkan. Namun patut diingat bahwa Machu Picchu juga memiliki suhu yang cenderung lembab dan berkabut. Maka saat musim penghujan tiba dan selain bulan sibuk, tempat ini cenderung lebih dingin. Disarankan untuk berkunjung di pagi atau sore hari.

Jenis Tur Dengan Pemandu di Area Machu Picchu

Pergi ke Machu Picchu menggunakan tur akan membuatmu lebih paham tentang seluk beluk sejarah dari setiap tempat yang kamu lihat dan kunjungi. Tur biasanya dilakukan dengan cara mendaki menuju lokasi meski ada juga tur yang tidak melibatkan pendakian. Di bawah ini adalah beberapa tur yang tersedia, meski masih banyak juga pilihan lainnya.

  1. Inca Trail

Tur ini ditawarkan oleh banyak agen dan merupakan salah satu tur yang paling terkenal. Kamu akan diajak melewati jalanan yang dibangun oleh bangsa Inca hingga menuju Machu Picchu. Tur ini membutuhkan waktu sekitar 3 hari, sehingga kamu akan melakukan kemah di sekitar Machu Picchu. Namun tur ini tidak tersedia di bulan Februari.

  1. Salkantay Trek

Salkantay adalah salah satu gunung terbesar di pegunungan Andes dan merupakan salah satu tur alternatif yang juga cukup terkenal dan banyak ditawarkan. Bila kamu ingin melihat sesuatu yang berbeda dari Peru sebelum mencapai Machu Picchu, maka tur ini bisa menjadi pilihan.

  1. Choquequirao Tour

Apabila kamu memiliki minat pada dunia arkeologi, tur ini mengajakmu untuk melihat banyak hal spektakuler yang lebih dari sekedar Machu Picchu. Kamu akan memulai perjalanan dari Apurimac menuju situs arkeologi Choquequirao sebelum mencapai Aguas Calientes dan mengeksplorasi Machu Picchu.

Akses Menuju Machu Picchu

Machu Picchu terletak di wilayah Cuzco, tepatnya dekat kota Aguas Caliantes, yang merupakan ibu kota kekaisaran Inca dulu dan satu-satunya kota yang menjadi akses menuju Machu Picchu. Terdapat dua cara, yang mudah dan relatif lebih susah, untuk menuju Machu Picchu di puncak Andes.

Kereta

  1. Bila kamu ingin sampai ke Machu Picchu dengan mudah maka pilihannya adalah dengan kereta.
  2. Umumnya wisatawan akan pergi dari stasiun kereta yang terletak di kota Poroy untuk menuju ke Aguas Caliantes.
  3. Namun bila tiket ini habis, maka kamu kamu bisa membeli tiket dari Ollantaytambo yang terletak sekitar satu jam dari Poroy.
  4. Terdapat tiga jenis kereta yang tersedia yakni Inca Rail, Peru Rail, dan Belmond Hiram Bingham Train.
  5. Inca Rail dan Peru Rail dijual dengan harga tiket yang lebih murah dan fasilitas yang sekedarnya, sementara Belmond Hiram Bingham Train menawarkan fasilitas kelas satu yang mirip fine-dining lengkap dengan wine, namun harganya juga lebih mahal.

Mendaki

  1. Apabila kamu ingin merasakan sensasi berbeda menuju Machu Picchu, maka pilihannya adalah mendaki yang berlangsung selama beberapa hari.
  2. Kamu tidak bisa mendaki seorang diri dan harus pergi dengan grup dari tur yang dilengkapi pemandu. Tersedia beberapa tur seperti yang sudah dijelaskan di atas. 

Harga Tiket Masuk Machu Picchu

  1. Tiket masuk Machu Picchu adalah sebesar 152 soles atau sekitar 620.000 Rupiah.
  2. Tiket ini dapat dibeli secara online atau dari kantor resmi di Cuzco dan Aguas Calientes.
  3. Tiket ini berlaku untuk keluar masuk di hari yang sama.

Jam Operasional Machu Picchu

  • Machu Picchu buka setiap hari sejak pukul 4.00 – 21.00

Tips Mengunjungi Machu Picchu

  • Perhatikan suhu dan cuaca waktu berkunjung, jangan pernah lupa kenakan topi atau jaket sebab Machu Picchu berada di atas gunung.
  • Bawalah beberapa buku panduan tentang sejarah Machu Picchu untuk lebih memahami sejarah masing-masing lokasi
  • Gunakan pemandu untuk mendapatkan informasi tambahan tentang perspektif orang lokal, juga informasi yang mungkin belum pernah dituliskan sebelumnya.

, , , ,
Post Date: Tuesday 20th, March 2018 / 09:04 Oleh :
Kategori : Peru