10 Tips Jalan-jalan ke Timor Leste Yang Wajib Kamu Ketahui

timor-lesteTips jalan-jalan ke Timur Leste – Timor Leste, dulunya merupakan salah satu dari bagian wilayah negara kesatuan republik Indonesia ini yang kini menjadi negara yang berdaulat. Negara ini terletak satu pulau dengan Nusa Tenggara Timur dan beribukota di Dili. Saat ini Timor leste menggunakan bahasa Tetun dan juga bahasa portugis sebagai bahasa Nasionalnya.

Meskipun masih termasuk negara yang terbilang masih muda, timur leste juga mengembangkan sektor wisatanya untuk menarik kunjungan wisatawan. Negara dengan mayoritas penduduknya beragama kristiani ini memiliki bangunan ikonik berupa kristus rei yang terletak di Kota Dili. Kristus rei sendiri merupakan sebuah patung yesus yang dibangun diatas bukit, hampir mirip dengan patung kristus penebus yang juga merupakan salah satu ikon populer tempat wisata di Brazil. Untuk bisa jalan-jalan ke timor Leste, anda perlu mempersiapkan beberapa hal yang perlu ana ketahui. Untuk itu simak yuk tips jalan-jalan ke timor Leste berikut ini:

1. Visa On Arrival

Timor Leste menerapkan visa On Arrival bagi wisatawan Indonesia yang ingin berkunjung kesana. Visa On Arival merupakan visa yang diapply di negara tujuan dengan membayar sesuai jumlah yang ditentukan. Untuk pengurusan visa on Arrival di Timor Leste, anda hanya bisa mengurusnya pada pukul 08.00 hingga pukul 16.00 Waktu Timor Leste. Jadi anda bisa mengatur jadwal kunjungan anda saat jam buka kantor untuk pengurusan visanya. Dan persiapkan juga uang sejumlah 35 US Dollar atau sekitar 140 ribu rupiah untuk membayar visa on arrival di Timor Leste. Untuk visa On Arrival anda bisa berlibur di timor Leste selama 30 hari. Namun terkadang jika anda baru pertama kali mengunjungi negara ini, batas kunjungan hanya 7 hari saja.

2. Mata Uang Yang Digunakan

Meskipun dulunya Timor Leste masih dalam kesatuan negara Indonesia. Negara ini menggunakan mata uang Dollar Amerika Serikat. Jadi ketika anda mau berkunjung kesana, tukarakan uang anda dengan dollar Amerika terlebih dahulu, karena disana tidak menerima pembayaran menggunakan uang rupiah. Selain dollar ada satuan yang lebih kecil yang disebut centavo dimana 1 dollar = 100 centavo. Dan jika anda sudah di Timor Leste, untuk menukarkan uang anda harus pergi ke Bandara, perbatasan, atau beberapa hotel tertentu disana.

3. Tips menuju ke Timor Leste

Untuk menuju ke timor leste, ada dua pilihan, yaitu dengan jalur udara lanngsung menuju Dili, atau juga bisa melalui jalur darat dengan melewati Kupang, Nusa Tenggara Timur. Jika anda,ingin mengefisienkan waktu, anda bisa naik pesawat menuju Dili, dimana Bandara yang melayani penerbangan ke Dili hanya ada di Bandara Soekarno – Hatta Cengkareng, Tangerang, atau bisa juga dari Bandara Ngurah Rai Bali. Dan Jika anda ingin menuju timor leste menggunakan pesawat, biayanya lebih mahal jika dibandingkan lewat darat.

Jika anda ingin menikmati keindahan di perjalanan anda, anda bisa melalui dengan jalan darat. Selain itu, biaya yang anda keluarkan juga tidak terlalu besar. Perjalanan darat dari Kupang menuju Dhili kurang lebih memakan waktu 12 jam perjalanan. Namun, anda tak perlu was-was, meskipun lama, pemandangan di sepanjang jalan akan menghibur anda. Anda bisa menggunakan bus antar negara untuk menuju ke Dhilli, dimana nanti akan turun di Atambua terlebih dahulu untuk pemeriksaan paspor. Kemudian bus lain sudah menunggu anda, yang akan menuju tempat wisata di timor Leste.


4. Tips Memilih Transportasi Di Timor Leste

Meskipun negara yang baru saja merdeka, Timor Leste memiliki jalanan yang halus dan sepi. Jadi anda tidak terlalu dipusingkan dengan kemacetan. Pemandangan di sepanjang jalan juga bagus, apalagi jika anda melewati pinggiran pantai dengan air biru yang indah, serasa anda berwisata ke tempat wisata di meksiko.  Terkadang anda pun juga bisa melihat babi hutan liar yang melintas di jalanan. Alat transportasi umum di Bali juga tidak berbeda jauh dengan di Indonesia. Seperti bus, taksi khas yang berwarna kuning, angkot dengan fasilitas musik dengan ongkos hanya 0.25 centavo saja (1 dollar = 100 centavo). Dan untuk turun dari angkot di timor Leste juga cukup unik, yaitu dengan mengetuk besi yang sudah dipasang di bagian langit-langit angkot. Untuk wisata-wisata yang letaknya terpencil, memang agak sulit untuk mencapai nya, terkadang anda harus berjalan kaki untuk bisa menuju beberapa tempat wisata.

Selain itu, jika anda ingin mengunjungi tempat wisata di pulau-pulau luar timor leste, anda bisa mengugunakan kapal untuk menyeberangi lautan. Banyak pulau-pulau di Timor Leste yang cukup indah, seperti Atauro, Jaco Island, dan beberapa pulau indah lainya.

5. Tips Memilih Penginapan

Belum banyak penginapan yang berada di timor Leste, kebanyakan bisa anda temui di kota dhili. Pilihlah hotel yang berada di kota dengan akses transportasi yang mudah. Terkadang, taksi juga tidak mau mengantar jika di daerah terpencil.

6. Tips Memilih Makanan

Untuk mencari makanan di Dhili, memang terbilang cukup sulit. Apalagi untuk anda yang beragama muslim, karena timor leste sebagaian besar penduduknya beragama Kristen. Ada beberapa makanan Indonesia seperti bakso dan beberapa makanan gorenan disini, namun anda harus benar-benar pastikan masakan-masakan tersebut tidak mengandung babi. Anda juga bisa pergi ke Timor Plaza, dimana timor plaza merupakan mall pertama dan satu-satunya di Timor Leste.

7. Bahasa di Timor Leste

jalan-jalan-timor-lesteTimor Leste merupakan negara yang dulunya  dijajah oleh portugis, sebelum bergabung dengan Indonesia. Jadi tidak mengherankan banyak masyarakat di timor leste menggunakan bahasa portugis, bahkan jalan-jalan di timor leste menggunakan bahasa portugis. Selain itu, penduduk disana juga menggunakan bahasa tetum yang merupakan bahasa lokal di timor Leste. Terkadang, jika anda beruntung, anda bisa menemukan orang-orang yang masih bisa berbahasa Indonesia disini, meskipun tidak banyak. Masyarakat di Timor Leste juga cukup ramah, maka jangan segan-segan untuk menyapa dengan senyuman kepada mereka.s

8. Tips Komunikasi

Ketika sampai di suatu negara, hal yang biasa dilakukan adalah membeli simcard untuk bisa berkomunikasi. Begitu juga di timor leste, anda juga bisa membeli simcard disini seharga 1 dollar. Namun, sangat disayangkan, internet di timor leste terbilang cukup lambat. Jika anda tidak ingin membeli simcard, biasanya pihak hotel menawarkan pinjaman simcard kepada wisatawan, dan dikembalikan ketika anda melakukan ceck out. Atau anda juga bisa menggunakan paket roaming yang ditawarkan oleh beberapa operator.

9. Tips ketika Berwisata

Cuaca di timor Leste bisa dibilang cukup panas, meskipun di beberapa tempat seperti gunung ramelau yang memiliki suhu yang tidak terlalu panas. Ketika anda mengunjungi tempat wisata di Dili, anda bisa menggunakan tabir surya dan topi, sehingga anda sedikit terlindungi dari sengatan sinar matahari. Jangan lupa juga untuk membawa air minum, jika anda tidak ingin dehidrasi. Tempat – tempat wisata di Timor leste pun bisa dibilang belum cukup ramai, termasuk di beberapa pasar, mapun mall. Jadi sangat cocok untuk anda yang ingin mencari ketenangan.


10. Tempat Wisata di Timor Leste

Untuk menuju tempat-tempat wisata di timor leste cukuplah sulit, apalagi jika tempat tersebut berada di daerah terpencil. Anda akan sedikit merasa kesulitan untuk menuju kesana. Jika anda baru pertama kali mengunjungi timor leste, direkomendasikan untuk mengunjugi berbagai tempat wisata di kota Dili. Selain transportasi cukup mudah didapat, banyak tempat yang sudah dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas untuk berlibur. Bererapa tempat wisata di Dili yang populer adala sebagai berikut.

  • Kristus rei, Patung Yesus yang dibangun diatas bukit dengan pemandangan pantai yang indah
  • Museum keteguhan timor Leste, Museum yang berisi sejarah dan informasi mengenai Timor Leste.
  • Dare Ware Museum, Museum ini berisi sejarah peperangan di kota Dili, hampir mirip seperti war remnant museum di Vietnam.
  • Tais Market, Cocok untuk anda yang ingin berburu oleh-oleh khas Timor Leste
  • One Dollar Beach, Pantai indah dengan pemandangan air biru bening dan pasir putih yang menawan

Selain anda mengunjungi dili, anda bisa mengunjungi kota-kota lainya seperti Auruo, Baucao, Maliana, Loauntem, Ainora, Com, Mauboise, Liquica, Atsabe, dan kota-kota lainya yang juga tak kalah indah.

Dan itulah tips jalan-jalan ke timor Leste, semoga bermanfaat.

, , , ,
Post Date: Tuesday 22nd, May 2018 / 15:35 Oleh :
Kategori : Timor Leste