6 Bangunan Terkenal Di Laos Yang Menjadi Objek Wisata Terfavorit

Ada beberapa bangunan terkenal di Laos yang kini menjadi tempat wisata di Laos. Bangunan tersebut di antaranya merupakan bangunan bersejarah yang dilestarikan karena memiliki nilai-nilai khusus tertentu yang membuat tempat mencarik dan menjadi perhatian wisatawan dari seluruh dunia.

Berbagai macam bangunan terkenal di Laos, kini sudah menjadi tempat wisata yang tak terlupakan karena masing-masing memiliki kekhasan tersendiri. Pelestarian yang dilakukan oleh pihak berwenang di Laos, membuat bangunan terkenal di Laos yang memiliki nilai sejarah berikut ini menjadi tempat yang juga layak sebagai tempat wisata edukasi masyarakat di seluruh dunia.

Apa saja bangunan terkenal di Laos, cek beberapa nama bangunan berikut ini:

  1. Pha That Luang

Pha_That_Luang_Vientiane_Laos

Sama halnya dengan tempat wisata di Thailand, yang memiliki bangunan candi terkenal, Laos pun juga memiliki beberapa tempat wisata terkenal yang berupa candi. Salah satunya ialah Candhi Budha yang berukuran besar dan berlapis emas bernama Pha That Luang. Tempat wisata bangunan candi ini memiliki tiga tingkat, masing-masing tingkat merupakan refleksi dan bagian dari ajaran Budha.

Pha That Luang berada di pusat kota dan menjadi salah satu simbol nasional. Bangunan Budha ini tingginya mencapai 45 meter dan lebarnya sekitar 69  meter. Pha That Luang berbentuk menyerupai piramida, di sekilingnya terdapat stupa kecil berjumlah sekitar 30 buah. Stupa yang terdapat dalam candi ini menyerupai stupa yang terdapat di Candi Borobudur. Pha that luang ini merupakan stupa yang seluruh bagiannya  ditutupi dengan 500 kilogram emas murni yang menjadi bagian dari filosofi Laos. Emas bagi negara Laos merupakan simbol kemegahan.

2. Wat Xieng Thong

Wat_Xieng_Thong_Laos_I

Bangunan terkenal di Laos yang kedua ialah Wat Xieng Thong, bangunan ini juga merupakan candhi budha yang berlokasi di Semenanjung Luang Prabang. Tak seperti di Australia yang memiliki simbol seni dan budaya modern Australia yang memiliki gedung opera Sydney sebagai salah satu tempat wisata di Australia genre hiburan, Laos memiliki Wat Xieng Thong sebagai tempat yang di jadikan salah satu monument dan simbol semangat keagamaan dan seni tradisional di Laos.

Wat Xie Thong merupakan sebuah candhi yang didirikan oleh Raja Setthatirath di wilayah yang berada di antara Sungai Mekong dengan sungai Nam Khan. Sampai sekarang Wat Xieng Thong merupakan bangunan terkenal di Loas yang menakjubkan, memiliki pintu kayu berukir dan dilapisi emas.


3. Buddha Park

budha-park

Pernah membayangkan para biksu tiduran di halaman yang berumput hijau? Anda bisa melihat nya di Buddha Park. Sebuah tempat wisata di laos yang terkenal sebagai taman patung Budha. Taman ini berlokasi di Vientiane.

Di tempat wisata ini, Anda bisa melihat lebih dari 200 lebih patung budha dan hindu yang nampak sedang bersantai. Ada berbagai macam pola dan gesture yang ditunjukkan oleh patung-patung tersebu di taman. Anda bisa mengamatinya satu per satu jika memiliki banyak waktu.

Tempat wisata ini mungkin akan mengingatkan Anda pada salah satu tempat wisata di China yang memiliki tempat wisata patung Budha tidur, bedanya tempat wisata ini tidak hanya memiliki satu patung budha tidur, melainkan ada banyak sekali. mereka bersandingan pula dengan patung hindu.

Ukuran patung-patung yang berada di tempat wisata ini cukup besar, selain itu gambarnnya, patung-patung ini mengenakan ornamen khas abad ke-17 dan 18. Banyak wisatawan yang datang ke Buddha Park dengan tujuan untuk menambah ilmu pengetahuan dan budaya tentang budha dan hindu yang dapat hidup berdampingan.

4. Wat Si Saket

Wat-Si-Saket

Salah satu bangunan terkenal di Laos yang masih mengingatkan kita pada budaya dan tradisi Budha ialah Wat Si Saket. Tempat wisata ini merupakan sebuah candhi budha yang diperkirakan dibangun pada tahun 1818. Konon, candi ini dibangun atas perintah Raja Anouvong (Setthatirath V)

Dapat disaksikan bahwa arsitektur Budha yang dipergunakan untuk membuat Wat Si Saket merupakan arsitektur budha gaya Siamese. Pada dinding candi, terdapat banyak sekali tempelan perak serta keramik, semua itu menimbulkan pancarana aura keindahan yang tak dimiliki oleh candi lain di seluruh dunia. keindahan candi tidak hanya di sisi luar, tetapi juga di sisi bagian dalam candi.

Candi Wat Si Saket memiliki kemiripan dengan bentuk kuil, dan merupakan kuil paling tua di Vientiane. Di sini, terdapat kurang lebih sebanyak 7000 patung Budha yang berdiri di depan candi Wat Si Saket.

Tidak hanya di luar, di bagian dalam Wat Si Saket juga terdapat patung-patung yang menjadikan candi ini masih terasa kesakralannya.

5. Vat Phou

vat-phou-temple

Menyebut nama Vat Phou jadi teringat pada Taiwan. Bangunan terkenal Vat Phou dikenal juga dengan sebutan Wat Phou. Masih berupa kompleks candi, tempat wisata Vat Phou juga merupakan tempat wisata candhi yang berlokasi di Gunung Phu Kao. Tempat wisata berupa kompleks candi ini berlokasi kurang lebih sekitar 6 km dari Sungai Mekong.

Struktur candi diperkirakan berasal dari abad ke 11 sampai abad ke 13. Di sini, wisatawan tidak boleh bertingkah sembaranga, karena tempat wisata ini masih difungsikan sebagai pusat ibadah umat Budha di Laos. Bagi Anda yang memiliki kesempatan untuk melihat lebih dekat Vat Phou, diharapkan untuk tidak mengganggu aktifitas peribadan yang mungkin sedang berlangsung bertepatan dengan kunjungan Anda.

Sama dengan Candi Borobudur, Vat Phou juga sudah masuk ke dalam salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO.

6. Patuxai

Patuxai-arco-triunfo-Vientian

Salah satu tempat peninggalan bersejarah di Laos ialah Patuxai atau disebut juga dengan nama Victory Gate (Gerbang Triumph) yang dahulu bernama Anosavari Monument, sedangkan orang Perancis menyebutnya dengan nama Aux Morts.

Patuxai disebut juga dengan nama Arc de Triomphe dari Veiantiane, menyamai Arc de Triomphe di Perancis yang juga berupa monument untuk memperingati kemerdekaan, yang dibangun oleh Napoleon II di Paris, Perancis.Bangunan terkenal di Laos ini merupakan salah satu monument peringatan perang yang berlokasi di Vientaine. Bangunan terkenal ini dibangun antara tahun 1957 sampai dengan 1968.


Sebagaimana nama dan tujuan pembangunannya yang ditujukan sebagai tempat wisata untuk mengenang jasa para pahlawan maka terdapat ornamen yang akan mengingatkan semua orang, khususnya warga Laos pada perjuangan para pahlawan yang telah merebut kemerdekaan dari penjajahan Perancis.

Desain eksteriornya Patuxai khas Laos, di mana ada simbol agama BUdha berupa daun teratai dan menara stupa. Di samping itu, daya tarik lain di sekitar objek wiata ini ialah adanya air mancur yang bergerak seiring dengan alunan musik. Wisatawan juga diberi kesempatan untuk mendaki sampai puncak Patuxai bila ingin melihat keindahan seluruh kota Laos.

Bagaimana? Anda semakin berminat untuk menjelajahi beberapa tempat wisata di Laos tersebut? Bila iya, ambil waktu berlibur yang paling tepat kemudian rencanakan liburan Anda ke tempat wisata impian!

, , , ,
Post Date: Wednesday 23rd, May 2018 / 02:40 Oleh :
Kategori : Laos