Lapangan Tiananmen , Wisata Sejarah Terpopuler Di China

Terletak di pusat Kota Beijing dan merupakan salah satu tempat wisata di China yang paling bersejarah, selain Tembok Besar China. Di bagian utara Tiananmen Square terdapat tiang bendera dimana terdapat upacara kenaikan dan penurunan bendera yang diadakan setiap harinya; proses penaikan dan penurunan bendera juga menjadi tontonan yang menarik bagi wisatawan disana. Lapangan ini hampir mirip dengan Al-Tahrir Square yaitu salah satu tempat wisata di mesir. Dan Lapangan ini memiliki luas sekitar 440.000 meter persegi, dengan panjang 800 meter dan lebar 500 meter menjadikanya sebagai lapangan bersejarah terbesar di dunia.

Beberapa peristiwa penting terjadi di lapangan ini seperti Proklamasi kemerdekaan Republik Rakyat China, Insiden Tianmen 1976, dan juga peristiwa berdarah 1989 akibat demonstrasi pro-demokrasi yang menewaskan ribuan jiwa dan menjadi peristiwa terkelam sejarah China modern;. dan jangan kaget jika pada hari libur di China, anda akan menemukan bunga-bunga yang disebar di penjuru lapangan Tiananmen. Selain itu, sampai sekarang tempat ini masih digunakan sebagai tempat terselanggaranya event maupun demonstrasi pemerintahan. Tempat ini sangat ketat sekali penjagaanya, ketika anda kesini anda akan diperiksa dengan detector logam untuk bisa masuk ke Tiananmen Square.

Lapangan ini berada di tengah-tengah pusat pemerintahan di kota Beijing; diapit oleh Gerbang kekaisaran di sebelah utara terdapat Tianmen Gate (Gerbang Heavenly Peace) dan di Selatan Terdapat Qianmen Gate (Gerbang Front Gate); Serta di bagian Barat terdapat Great Hall of The People yang masih digunakan oleh pemerintahan China hingga sekarang. Disekitar lapangan ini anda bisa mengunjungi beberapa tempat seperti Menara Tiananmen, Monumen Pahlawan Rakyat, Balai Besar Rakyat, Balai Peringatan Mao Zedong dan melihat Museum nasional China ,dan di dekat Tiananmen Square, anda juga bisa berkunjung ke Forbidden city.

Tiananmen Tower (Gate of Heavenly Peace)

Menara TianamenBangunan ini terletak diujung utara lapangan Tianenmen, berdiri di persimpangan, dimana poros tengah Beijing dan Chang’an Avenue bertemu. Tianamen Tower juga merupakan simbol Cina modern dan juga digunakan pada lambang Republik Rakyat China. Dibangun pada tahun 1417 pada masa Dinasti Ming (1368 SM – 1644 M).

Bangunan ini sebenarnya lebih mirip dengan rumah daripada menara; memiliki panjang 66 meter, lebar 37 meter dan tinggi sekitar 32 meter. Dan terdiri dari fondasi dan bangunan diatasnya. Tianenmen Tower ini berdiri di atas fondasi dengan lima pintu gerbang lengkung. Gerbang tengah dan yang terbesar digunakan sebagai jalur khusus untuk kaisar Ming dan Qing, sementara sisi yang lebih kecil digunakan untuk menteri dan pejabat.

Di atas gerbang terdapat foto besar Mao zedong, sedangkan di sisi timur dan baratnya terdapat dua plakat raksasa, dimana disebelah kiri terdapat tulisan: “Hidupkan Republik Rakyat China” dan di sebelah kanan  terdapat tulisan “Hidupkan Kesatuan yang Besar dari Rakyat Dunia. ” Di depan Menara Tiananmen terdapat jembatan air keemasan, yang di atasnya terdapat 7 jembatan marmer putih dengan ukiran halus.

Sama seperti gerbang di depan Tiantemen Tower, jembatan pusat sebagai tempat terluas disediakan untuk kaisar. Di depan gerbang tengah ada dua pasang batu, yang disebut huabiao, masing-masing berbobot 10 ton dan memiliki tinggi sekitar  10m. Batu tersebut diukir dengan desain naga dan hewan “Wangtianhou” sebagai hiasan. Di luar gerbang terdapat dua singa yang menjaga jembatan marmer putih tersebut.

Pada zaman dahulu bangunan ini digunakan sebagai tempat pelantikan kaisar dan permaisuri baru. Hingga tahun 1911 saat kerajaan feudal telah berakhir, tidak ada yang bisa memasuki Menara kecuali keluarga kerajaan dan bangsawan. Hingga menara dibuka untuk umum pada tahun 1988.

  • Jam Buka : 08.30 – 17.00
  • Tiket Masuk CNY 15
  • Anda harus menitipkan barang bawaan ke tempat yang sudah disediakan

Monumen Pahlawan Rakyat

Monumen rakyat chinaMonumen Pahlawan Rakyat adalah bangunan dengan luas 3.000 meter persegi. Bangunan ini terdiri dari tiga bagian, bagian utama, bagian basis bergaya Budha, dan alas tumpuan. Monumen ini memiliki tinggi sekitar  37,94 m. Tubuh Monumen Pahlawan Rakyat terdiri dari 413 buah granit dan 32 lapisan.

Di sisi sebelah utara monumen, terdapat sebuah batu dengan panjang 14.7m, lebar 2.9m dan tebal 1m, ditorehkan dengan kata-kata oleh Mao Zedong yang berbunyi: “Kemuliaan Abadi bagi Pahlawan Rakyat. “. Sisi selatan monumen ini terdiri dari 7 buah batu dengan sebuah draft epigraf oleh Mao Zedong dan ditulis oleh Zhou Enlai, perdana menteri pertama Republik Rakyat Cina yang bertugas pada bulan Oktober 1949 sampai kematiannya pada bulan Januari 1976.

Sedangkan, Bagian tubuh Monumen terdapat lapisan bergaya Budha. Bagian atas, yang lebih kecil diukir dengan pola delapan karangan bunga yang terdiri dari bunga peoni, teratai, krisan dan bunga-bunga lainnya. Dan yang lebih besar diukir dengan sepuluh relief marmer putih besar, delapan di antaranya menggambarkan peristiwa revolusioner dalam sejarah modern China.


Pembangunan Monumen Pahlawan Rakyat dimulai pada tanggal 1 Agustus 1952 dan selesai pada tanggal 22 April 1958. Diresnikan pada tanggal 1 Mei 1958 dan pada tahun 1961, monument ini ditunjuk sebagai salah satu relik yang dilindungi di China.

Balai Besar Rakyat

Balai Besar rakyatBalai Besar Rakyat ini terdapat di bagian barat Lapangan Tiananmen dan selatan Jalan Chang’an. Bangunan ini didirikan pada tahun 1959, adalah lokasi pertemuan Kongres Rakyat Nasional China yang menyediakan tempat yang mengesankan untuk kegiatan politik dan kegiatan diplomatik lainnya.

Aula Besar Rakyat terbagi menjadi tiga bagian. Bagian utamanya meliputi Great Auditorium, dan Central Hall. Di bagian utara terdiri dari Hall Perjamuan Negara, Salute State Guest Hall dan aula megah lainnya. dan bagian selatan adalah gedung administrasi dari Komite Tetap Kongres Rakyat China. Setiap provinsi, wilayah administratif khusus dan daerah otonom Cina memiliki aula tersendiri di dalam Aula Besar, seperti Balai Beijing, Hall Hong Kong dan Aula Taiwan. Setiap aula dihias dan didekorasi secara unik sesuai dengan gaya lokal provinsi yang diwakilinya. Great Auditorium terdapat 10.000 kursi. Sedangkn Aula Perjamuan terdapat 5.000 kursi.

  • Tiket masuk : CNY 30, pelajar CNY 15.
  • Jam buka : 9:00 – 14:00 (Desember – Maret.); 8:15 – 15:00 (April – Juni.); 7:30 – 16:00 (Juli – Agustus.); 08:30 – 15:00 (September – November.)
  • Anda harus menitipkan barang bawaan ke tempat yang sudah disediakan

Balai Peringatan Mao Zedong

Mao Zedong memorialBalai Peringatan Mao Zedong berada di sisi selatan Lapangan Tiananmen. Tempat ini terbagi menjadi tiga aula, dan  jasad dari Mao Zedong terletak di peti mati kristal di salah satu lorong yang dikelilingi oleh karangan bunga segar dari berbagai bunga dan rerumputan yang terkenal. Mao Zedong Memorial Hall memilikiluas 57,2 ribu meter persegi, Di atas gerbang utama mausoleum, terdapat marmer putih dengan tulisan: “Ketua Mao Memorial Hall”.

  • Jam Buka : Selasa – Minggu jam 08.00 – 12.00
  • Tiket Masuk : Gratis
  • Anda harus menitipkan barang bawaan ke tempat yang sudah disediakan

Museum Nasional China

museum nasionalTempat penting lainnya bagi turis untuk dikunjungi adalah Museum Nasional China di sisi timur Lapangan Tiananmen. Dibuka baru saja ada pada tahun 2003 dan merupakan kombinasi dari Museum Sejarah Cina dan Museum Revolusi Cina.

Museum Nasional ini menghadap Aula Agung Rakyat. Di dalam Museum Revolusi Cina banyak benda, gambar, buku dan rancangan yang menggambarkan perkembangan China modern. Museum Sejarah Cina menunjukkan sejumlah besar peninggalan budaya yang menggambarkan sejarah panjang dan budaya China yang indah dari 1.700.000 tahun yang lalu sampai 1921 ketika masa kekaisaran berakhir.


Museum Nasional China dikhususkan untuk menampilkan koleksi berharga dalam bentuk berbagai pameran tematik, seperti Seni perunggu, porselin, batu giok, kaligrafi dan lukisan China, patung Budha, mebel dari dinasti Ming & Qing, koin, dll; untuk menampilkan fitur peninggalan budaya, penemuan arkeologi yang signifikan dan budaya etnis dan adat istiadat rakyat dalam bentuk pertukaran dan kerjasama dengan museum lokal; untuk menampilkan berbagai peradaban dan kreasi artistik di dunia dalam bentuk pameran pinjaman dan pertukaran. Ada ruang pameran sementara untuk menampilkan seni modern.

Bangunan baru Museum Nasional China selama proyek renovasi terbaru mencakup beberapa ruang pertemuan yang masing-masing dihiasi dengan ukiran kayu, batu bata, dan perunggu. Untuk menyediakan berbagai layanan, Museum Nasional yang baru ini memiliki toko-toko yang menawarkan teh, kopi, suvenir, serta auditorium dan teater dengan kapasitas 700 tempat duduk.

  • Tiket Masuk : Gratis
  • Jam buka : selasa – minggu jam 9.00 – 17.00.

Cara menuju ke Lapangan Tiananmen

  1. Dari Bandara Internasional Kota Beijing,
  2. Pilih Line 2 (Airport – Xidan) menuju Halte Xidan naik Bus biaya sekitar 24 CYN Lama perjalanan sekitar 30 menit.
  3. Turun Halte Xidan dan berjalan kaki sedikit menuju Stasiun xidan ,langsung naik Subway menuju Tiananmen
  4. Anda tiba di Stasiun Timur Tiananmen. Berjalanlah menuju gerbang yang lumayan besar.
  5. Atau anda bisa naik Taksi seharga 300 CYN.

Setelah lelah berjalan-jalan dan jika anda ingin pulang mampirlah ke Tempat belanja murah di Beijing dan beli beberapa barang dan oleh-oleh khas Beijing untuk orang-orang di rumah.

, , ,
Post Date: Tuesday 06th, March 2018 / 14:45 Oleh :
Kategori : Tiongkok