10 Makanan Khas Yunani Terfavorit Wisatawan

Selain berkunjung ke Tempat Wisata di Yunani aktivitas apa saja yang wajib dikukan saat berkunjung ke nehara ini? Yap! Mencoba berbagai macam sajian dan camilan khas negara tersebut adalah hal yang wajib dilakukan.

Mencicipi lezatnya makanan khas dengan sedikit cita rasa uni dan mungkin belum pernah terasa di ldah kita mungkin bisa menjadi salah satu hal yang menyenangkan. Yunani adalah salah satu negara di Eropa yang menjadi tujuan wisata dunia.

Terkenal dengan berbagai mitologinya, ternyata ada makanan khas Yunani yang sungguh lezat! Selan rasanya yang menggoyang lidah, namanya pun cukup unik dan menjadi daya tarik tersendiri bagi makanan khas Yunani. Apa sajakah makanan khas Yunani tersebut? Berikut daftar makanan Yunani terlezat dan wajib anda ketahui! eitttss, sempatkan pula membeli beberapa Oleh-Oleh Khas Santorini.

1. Keju Feta

Keju Feta

Keju feta adalah keju yang berasal dari Yunani, uniknya keju ini tidak terbuat dari susu sapi, melainkan susu kambing atau domba yang khusus di besarkan di daerah padang rumput lokal.

Sehingga, susu yang dihasilkan pun memiliki karakteristik unik jika dibuat menjadi keju. Keju feta berwarna putih, dengan tekstur kenyal dan bisa hancur ketika dipotong, serta rasanya creamy saat di dalam mulut.

Karena terbuat dari susu, keju tentunya memiliki banyak nutrisi yang penting dan bermanfaat bagi tubuh. Kalsium, vitamin B2, B12, B6, fosfor, selenium dan zink adalah beberapa nutrisi yang terkandung dalam keju feta.

Keju ini pun juga memiliki lemak dan kalori yang lebih sedikit dibanding keju cheddar atau permesan. Karena memiliki banyak nutrisi penting, tak heran jikan keju feta menawarkan banya manfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat tersebut adalah:

  • Menyehatkan tulang, Karena mengandung kalsium, fosfor, dan protein sehingga keju feta membantu dalam menyehatkan tulang anda. kalsium dan protein berguna untuk mempertahankan kepadatan tulang, sedangkan fosfor adalah salah satu mineral tulang yang cukup penting. Mengkonsumsi keju feta dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian loh.
  • Menjaga kesehatan usus, Dalam proses pembuatannya susu domba atau kambing yang akan dijadikan keju ditambahkan bakteri asam laktat. Sehingga keju feta mengandung probiotik yang merupakan bakteri baik yang hidup di dalam usus. Lactobacillus plantarum adalah jenis probiotik yang terkandung di dalam keju feta. Bakteri ini melindungi saluran cerna dari bakteri penyebab penyakit. Bakteri baik di usus juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Bagi penderita tekanan darah tinggi, penyakit jantung, penyakit ginjal dan diabetes sebaiknya menghindari makanan khas Yunani ini. Karena dalam prosesnya, dadih susu domba atau kambing ditambah garam, lalu selama penyimpanannya, keju feta juga direndam di dalam air garam.

Jadi keju feta mengandung natrium tinggi yang berasal dari garam, 1 ons keju feta mnegandung natrium sebanyak 312 mg. Sedangkan orang yang menderita penyakit tersebut disarankan untuk membatasi asupan natrium tidak lebih dari 1.500 mg per hari. Selain menikmati kudapan khas nya, jangan lupa untuk mampir ke Tempat Wisata Di Mykonos.


2. Gyro

Gyro

Gyro atau gyros (bahasa Yunani: γύρος) memiliki arti “diputar” adalah makanan khas Yunani yang terbuat dari daging yang dimasak menggunakan pemanggang vertikal.

Biasanya menggunakan daging babi, ayam, sapi muda, atau domba. Masakan ini disajikan dengan cara membungkusnya dnegan roti gulung seperti pita, yang dilengkapi dengan saus tomat, bawang merah, dan saus tzatziki.

Untuk membuatnya potongan daging ditempatkan pada pemanggang yang vertikal berbentuk kerucut terbalik. Pemanggang itu akan diputar secara perlahan di depan sumber panas, jika daging yang digunakan tidak memiliki cukup lemak, maka akn ditambahkan potongan lemak agar daging tetap lembab dan garing. Pada 1971, makanan ini sudah terkenal di Athena dan New York. “John Garlic” adalah pabrik pemproduksi daging gyros pertama di Amerika.

Sajian ini menggunakan potongan daging yang berbentuk bulat, tipis, dan irisannya datar, yang kemudian ditumpuk pada pemanggang dan dibumbui. Rempah-rempah juga ditambahkan dalam sajian ini. Selain mencicipi masakan khas Yunani, tidak ada salahnya untuk mengunjungi juga beberapa tempat wisata disekitarnya.Seperti mengunjungi Tempat Wisata Di Santorini Yunani,yang terkenal dengan pemandagannya yang indah.

3. Greek salad

Greek salad

Greek salad merupakan makanan khas Yunani yang biasanya di sajikan ketika musim panas, terbuat dari potongan tomat, irisan mentimun, bawang, dan keju feta.

Lalu ditambahkan minyak zaitun dna dibumbui dengan garam dan oregano. Sajian ini kadang dijuluki sebagai sarapan atau makan siang petani, karena bahan-bahan yang digunakan memang sepertinya semua dimiliki oleh petani Yunani. Selain greek salad ada beberapa salad lain seperti marouli, yaitu salad dengan selada, bawang dan dill.

Pantzarolata adalah salad jenis lain yang berisi bit rebus, minyak zaitun dan cuka anggur merah. Patatosalata juga salad lain yang bisa dicoba, salad ini berisi kentang, bawang iris, jus lemon, cuka, dan minya zaitun. Ada juga revithosalata yang merupakan salad kacnag buncis.

Dan maintanouri yaitu salad peterseli yang biasanya digunakan sebagai bumbu. Yang lainnya yaitu cypriot salad yang berasal dari Pulau siprus, dan terdiri dari tomat yang dicincang halus, caper, mentimun, bawang, paterseli, keju feta, minyak zaitun, anggur merah.

Salad bisa menjadi salah satu menu sarapan di Yunani, banyaknya kandungan sayur di makanan ini bisa meningkatkan produktifitas dan memberikan nutrisi yang cukup bagi otak. Kalori yang rendah dan sayuran yang fresh memiliki kandungan vitamin dan mineral yanglebih baik daripada yang telah melewati proses pemasakan. Karena itulah greek salad menjadi menu sarapan yang bisa dicoba ketika ke Yunani.

4. Souvlaki

Souvlaki

Souvlaki adalah makanan cepat saji Yunani, terdiri dari daging yang dipotong kecil-kecil dan dilengkapi dengan sayur yang juga iku dipanggang menggunakan tusuk sate. Souvlaki biasanya disajikan dengan cara dibalut dengan roti dan dilengkapi saus juga kentang goreng.

Nama Souvlaki berasal dari turunan kata bahasa Yunani pada abada pertengahan σούβλα souvla atau dalam bahasa Inggris “skewer” yang berarti tusuk sate. Souvlaki adalah nama yang umum digunakan di Makedonia Hellenis dan wilayah Yunani sebelah Utara.

Sementara itu bagian Yunani Selatan atau di sekitar Athena menyebut makanan ini dengan istilah “kalamaki”. Seperti halnya di wilayah bumi lainnya, praktik memasak menggunakan tusuk sate memiliki sejarah kuno dalam budaya Yunani.

Saat penggalian di Santorini, Yunani ditemukan satu set alat panggang untuk memasak yang digunakan sebelum abad ke 17 SM. Lekukan yang ada pada alat ini digunakan sebagai penahan tusuk sate. Soulvaki memiliki beberapa varian, yaitu:


  • Kalamaki
  • Soulvaki atau kalamaki adalah jenis masakan khas Yunani yang saman, masakan ini disajikan dalam bungkusan roti pita.
  • Souvlaki-merida
  • Souvlaki pita

Pita merupakan roti yang mengandung khamir, dan berbentuk bulat sekitar 15 cm, biasanya digunakan sebagai pembungkus souvlaki atau gyros. Souvlaki pita berisi potongan daging, tomat, bawang, kentang goreng, tzatziki, dan dibungkus di dalam roti pita panggang. Di Atena biasanya disebut dnegan pita-kalamaki. Itulah beberapa makanan khas Yunani yang layak untuk dicoba dan cicipi.

Selain lebih sehat karena umumnya makanan Yunani melewati proses pemasakan yang sebentar, dan tidak jarang merupakan makanan segar seperti greek salad. Jika anda sedang berkunjung ke negara ini, selain mencicipi berbagai menu kulinernya jangan lupa untuk menjelajahi pula Tempat Wisata Di Athena. Selain menu di atas, berikut ini beberapa makanan khas Yunani yang bisa anda cicipi.

  • Spanakopita
  • Tzaziki
  • Moussaka
  • Kourabiedes
  • Amygdalota
  • Seafood Bakar Ala Yunani, seafood bakar ala Yunani memiliki cita rasa unik dan khas, ikan dan daging segar yang berasal dari laut biasanya dibakar lalu dilumuri olive oil dan perasan jeruk nipis.

, ,
Post Date: Wednesday 20th, February 2019 / 04:42 Oleh :
Kategori : Yunani