17 Oleh-Oleh khas Yunani Yang Wajib Dibawa Pulang

Yunani, adalah sebuah negara tempat lahirnya budaya barat yang berada di Eropa bagian tenggara, terletak di ujung selatan, di bagian timur laut tengah. Yunani sendiri menempati urutan ke-12 sebagai tujuan pariwisata internasional. 14,18 juta turis mengunjungi negara itu, terutama untuk menyaksikan ajang olimpiade musim panas.

Banyak sejarah yang di lahirkan di kota ini. Mulai dari bangunan, teater, wisata bangunannya, dan masih banyak lagi. Namun, bukan itu saja. Yunani juga terkenal akan oleh-oleh khas negara ini, yang selalu di bawa pulang para wisatawan jika mampir ke negara ini.

1. Bouzouki

bouzokiBouzouki adalah alat musik sejenis gitar yang sangat populer di yunani. Oleh-oleh khas yunani ini memiliki ciri khas yang unik dan sangat menarik untuk di bawa pulang.

Awalnya, alat musik ini di bawa ke yunani dari turki, dan cepat menjadi alat musik instrumen utama bagi genre musik terkenal di yunani. Suara dari bouzouki sendiri seperti mandolin, namun bouzouki memiliki suara logam yang tajam tetapi bernada lebih rendah.

Alat musik ini menjadi alat musik andalan orang yunani. Selain unik, bouzouki juga di desain sangat rumit, melebihi sebuah gitar. Tak heran alat musik ini banyak di minati banyak pengunjung karena keistimewaannya yang indah.

Atau anda juga bisa berburu oleh-oleh unik dari Jepang yang juga tidak kalah menarik untuk di beli dan di bawa pulang. Alat musik ini biasanya menjadi dampingan untuk bernyanyi, atau menari dan di tampilkan saat hiburan di pertemuan sosial.

Oleh-oleh khas yunani ini, memiliki tubuh kayu bundar, dengan dawai logam yang di susun dalam tiga atau empat lajur ganda di atas fingerboard. Biasanya musisi yang memainkan alat musik ini hanya butuh di petik saja di atas lubang suara dengan plectrum yang di pegang di tangan kanan, sambil menekan dengan jari-jari tangan kiri.

Bouzoki sendiri adalah alat musik instrumen yang paling populer di yunani. Bouzoki sendiri harganya jika di rupiahkan menjadi Rp. 11.194.100. Harga yang cukup mahal namun cocok untuk barangnya.

Bouzoki juga biasanya di gunakan juga atau di mainkan dalam jenis musik bergenre lainnya, seperti rock, bluegrass, jazz, dan musik rakyat. Jadi jika anda ke yunani dan memilih oleh-oleh khas yunani ini, anda jangan khawatir tidak bisa memainkannya dalam jenis musik lain.

Karena alat musik ini juga tetap bisa di gunakan dan di mainkan dalam genre apapun. Alat musik ini menjadi oleh-oleh khas Eropa Barat yang paling di minati. Jadi siap-siap untuk datang ke yunani dan membeli alat musik yang satu ini, karena di jamin anda akan menyukai dan langsung tertarik untuk memainkannya.


2. A Mati Talisman for The Evil Eyes

A mati talisman for the evil eyesOleh-oleh khas yunani yang satu ini, juga menjadi andalan para wisatawan yang sedang berkunjung ke yunani yaitu A Mati talisman for the evil eyes. Souvenir yang satu ini menjadi daya tarik paling di minati pengunjung.

Mati dalam bahasa setempat berarti mata, menunjukkan bentuknya yang menyerupai mata manusia. Kalau lihat kegunaannya, zaman dahulu ini di jadikan jimat oleh orang yunani. Tapi seraya waktu berlalu, karena keunikannya, A mati talisman for the evil eyes menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan asing, karena keindahan bentuknya.

A mati talisman for the evil eyes umunya berbentuk bulat dan berwarna biru cukup cantik untuk di jadikan oleh-oleh khas yunani. Bahkan A mati talisman for the evil eyes juga bisa anda beli dalam berbagai ukuran, dari bentuk gantungan kunci, hingga seukuran dream catcher.

Produk ini juga unik dan menjadi oleh-oleh khas Santorini Yunani yang paling terkenal karena di hiasi juga dengan pernak-pernik bahkan perhiasan untuk menambahkan nilainya.

A mati talisman for the evil eyes juga menjadi oleh-oleh khas yunani paling populer karena menurut kepercayaan setempat, souvenir ini bisa menjauhkan pemiliknya dari kutukan atau hal buruk.

Maka dari itu, setiap orang yang membelinya pasti merasa aman karena kepercayaan mitiologi santorini pada abad ke 6 sebelum masehi ini. Tapi jangan khawatir, jika anda membeli produk ini, anda akan tetap kagum pada keindahan souvenir yunani yang satu ini.

3. Ouzo

ouzoWine dan liquor khas yunani bernama Ouzo banyak di jual juga sebagai souvenir atau oleh-oleh khas yunani. Tampilan dan kemasannya yang cantiklah yang membuat minuman yang satu ini rela di bawa pulang oleh banyak wisatawan.

Ouzo sendiri terlihat seperti air putih tapi air putih yang memiliki 40% kadar alkohol, rasanya seperti Raki yang menjadi oleh-oleh khas Turki yang juga di gemari banyak orang. Meminum Ouzo di yunani sendiri bukan untuk mabuk-mabukkan, melainkan tradisi rakyat lokal.

Biasanya Ouzo di sajikan dengan kue yang manis dan legit atau snack lainnya yang membuat minuman satu ini lebih nikmat saat di sajikan. Namun bukan hanya untuk di minum, namun Ouzo juga bisa menjadi bahan tambahan untuk makanan lainnya, misalnya kue atau makanan khas yunani lainnya.

Ada yang berpendapat rasa dari Ouzo sendiri jika di campur dengan makanan dan di masak adalah pedas dan manis. Jadi pasti ini sangat cocok untuk anda yang suka cita rasa ini.

Oleh-oleh khas yunani yang satu ini juga memiliki manfaat lainnya. Misalnya, untuk penyembuhan dalam meredakan sakit perut atau meredakan sakit kepala. Atau banyak orang tua menggunakan Ouzo untuk pertumbuhan gigi anak-anaknya.

Ini bisa di campur untuk bahannya. Atau anda juga mencoba minuman khas Filipina yang kalah menarik untuk di coba dan di bawa sebagai oleh-oleh yang menarik. Jika anda tidak bisa minum alkohol, jangan khawatir tidak bisa meminum ini, karena minuman ini tidak membuat mabuk jika anda minum dalam porsi yang tepat, karena kandungan alkoholnya dalam Ouzo pun hanya sedikit.

4. Sandal kulit

Sandal kulitSandal kulit khas yunani yang satu ini juga banyak di buru oleh wisatawan asing maupun lokal. Selain trendi, sandal kulit ini juga banyak di gemari banyak kaum muda bahkan sampai ibu-ibu.

Jika tahun itu gladiator, kenaikan penjualan sandal kulit ini bisa meningkat. Atau jika anda ingin melihat model lain untuk di bawa pulang sebagai oleh-oleh, anda juga bisa mengunjungi tempat shopping di Vietnam yang tidak kalah menarik juga. Tren sandal ini berawal dari pertunjukkan gladiator yang heboh di sana.

Karena berawal dari gladiator lah, sandal kulit ini naik daun. Bentuk dari sandal kulit ini pun unik, dengan tali yang melingkar sampai ke betis kaki, yang memang di desain khusus agar mirip dengan mitiologi yunani kuno.

Toko yang menjadi oleh-oleh khas yunani ini berada di Athena, yang terkenal membuat sandal sejak 1927. Di kota ini juga terdapat berbagai tempat wisata di Athena yang tidak kalah menarik, jika anda datang dan berkunjung ke tempat ini.

Toko ini terkenal karena telah membuat jutaan sandal kulit untuk banyak orang bahkan para selebritis ternama seperti The beatles, Sophia loren, dan banyak lagi.

Sandal kulit khas yunani juga terkenal nyaman ketika di gunakan dan sangat trendi, itu alasannya sandal ini selalu menjadi oleh-oleh khas yunani yang wajib di bawa pulang oleh para wisatawan asing. Dan karena para gladiator merasa sangat nyaman ketika menggunakan sandal ini , itu sebabnya sandal kulit ini tidak pernah mati pada eranya.

Jika anda mau memilih model lain ketika datang ke yunani, anda juga bisa mengunjungi tempat belanja murah di Santorini yang juga menjual beraneka macam barang dan bisa juga menjadi oleh-oleh khas yunani yang tak kalah menarik.

Dan tidak lupa sandal kulit khas yunani ini sangat aman di pakai oleh siapapun karena bahannya yang berasal dari kulit asli yunani yang di pilih langsung dengan sangat berkualitas. Jadi jangan lupa untuk membeli sandal yang satu ini, jika anda memutuskan untuk berwisata ke yunani.


5. Feta cheese

Feta cheeseMeskipun di yunani memiliki banyak jenis keju populer yang menjadi andalan para wisatawan asing jika datang ke sini, namun keju Feta adalah keju yang bisa di bilang paling populer di yunani.

Di yunani sendiri, keju diolah sebagai campuran salad, sandwich, atau bahkan di goreng menjadi sanagaki, salah satu sajian khas yunani. Nah, keju feta sendiri yang populer bahkan sampai ke beberapa negara eropa lainnya.

Keju ini merupakan oleh-oleh khas yunani yang menjadi makanan khas Yunani yang paling favorit. Karena terbuat dari perpaduan susu kambing dan domba, rasa dari keju feta ini juga tidak terlalu asin dengan tekstur sangat lembut dan rapuh.

Untuk menyimpannya saja, keju feta ini harus di simpan di dalam air garam atau susu asin, karena teksturnya yang mudah kering meski di simpan di dalam lemari es atau pendingin jenis lainnya.

Keju ini sangat cocok juga saat di sajikan dengan salad, sup, atau di olah menjadi sanagaki, makanan khas yunani. Keju ini juga memiliki kulit dan memiliki konsistensi yang padat.

Oleh-oleh khas yunani yang satu ini juga memiliki warna putih dan jika anda tidak terlalu menyukai rasa asin dari keju ini, anda bisa merendam dalam air dingin ataupun susu dalam beberapa menit.

Sebenarnya keju ini secara tradisional di kategorikan menjadi keras dan lembut, dan jika sudah di simpan dalam jangka waktu yang lama, akan lebih bau dan berkualitas tinggi.

Itu dari beberapa oleh-oleh khas yunani yang bisa anda beli ketika anda pulang dari negara yang terkenal akan wisata sejarahnya ini. Namun, ada beberapa oleh-oleh khas yunani lainnya yang juga tidak kalah menarik untuk di Bawa pulang.

  1. Keju Graviera
  2. Keju Metsovone
  3. Keju Kasseri
  4.  Olive oil
  5. Kartu pos
  6. Prangko
  7. Pistachio
  8. Pasir dari red beach or black beach
  9. Natural sea sponges
  10. Volcanic scrub stone
  11. Bottle of santorini raki
  12. Donkey milk product

Itu tadi beberapa rekomendasi oleh-oleh khas yunani yang bisa juga anda coba lihat dan jika menarik untuk membelinya, bisa menjadi barang yang bagus untuk di berikan atau di gunakan. Semoga bermanfaat.

, , ,
Post Date: Tuesday 09th, April 2019 / 08:49 Oleh :
Kategori : Yunani