10 Tempat Wisata Di Glasgow Yang Wajib Dikunjungi

Berada di sekitar Sungai Clyde, kota Glasgow merupakan sebuah kota pusat bidaya di Skotlandia. Di dalamnya terdapat pemandangan kota yang cantik dan menarik untuk dijelajahi oleh wisatawan saat Jalan Jalan ke Scotland. Kota ini juga memiliki serangkaian peristiwa penting di masa lalu sehingga menjadikan suasana kota klasik dan unik. Berikut ini beberapa tempat wisata di Glasgow yang terkenal dan sering dikunjungi.

1. University of Glasgow

University of GlasgowUniversity of Glasgow memang bukan sebuah Tempat Wisata Di Skotlandia, namun kampus yang satu ini sangat menarik dan memiliki bangunan bergaya klasik yang indah dan megah. Banyak yang mengatakan bahwa belum ke Glasgow jika belum berkunjung ke universitas yang satu ini.

Arsitektur universitas ini sangat menarik, dan akan mengingatkan Anda pada bangunan ala film Harry Potter. Anda bisa berfoto-foto di sekitar universitas dan menikmati arsitektur yang megah itu dari jarak yang sangat dekat.

Di dalamnya juga terdapat sebuah toko souvenirnya juga, yang memungkinkan Anda membeli beberapa oleh-oleh. Tidak hanya itu, ada juga museum yang sudah ada sejak tahun 1807 dan merupakan museum tertua di Skotlandia.

2. Kelvingrove Art Gallery and Museum

Kelvingrove Art Gallery and MuseumMengunjungi negara lain memang kurang lengkap rasanya jika tidak mampir ke museumnya. Karena dari museum-museum tersebut kita bisa mengenal lebih jauh tentang negara tersebut dan juga sejarahnya.

Di Glasgow, Anda bisa berkunjung ke Kelvingrove Art Gallery and Museum. Musuem yang satu ini bisa dikunjungi secara gratis, sehingga akan memudahkan para backpaker jika ingin menghemat uang saku.

Galeri dan musuem ini dibuka sejak tahun 1901 dan memuat koleksi seni yang terkenal. Termasuk di dalamnya ada lukisan Inggris dan kontinental seperti lukisan Van Gogh, Alexander Reid, dan sebagainya.

3. George Square

George SquareTempat wisata di Glasgow berikutnya adalah George Square. Alun-alun ini berada di pusat kota dan memiliki nilai sejarah di Glasgow. George Square memiliki taman berbunga dan patung orang berpengaruh di Kota Romantis Di Eropa yang satu ini.

Beberapa patung yang ada di sana adalah tokoh Robbie Burns, Walter Scott, dan juga Queen Victoria. Sementara itu di bagian timur alun-alun terdapat Town Hall dan menara dari tahun 1890.

Ada juga sebuah markas kamar dagang tertua yang didirikan pada sekitar tahun 1605 yang lalu. Anda juga akan mendapati sebuah gudang dari abad ke-19 yang menjadi bagian dari distrik perdagangan kota.


4. Glasgow Green and the People’s Palace

Glasgow Green and the People’s PalaceJika Anda ingin menikmati wisata di taman tertua di Glasgow, berkunjunglah ke Glasgow Green. Taman yang satu ini sudah ada sejak tahun 1662 dan kini menjadi salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi.

Di taman ini juga terdapat People’s Palace, yaitu sebuah museum yang didirikan di taman pada sekitar tahun 1898. Museum ini mengisahkan cerita Glasgow dari tahun 1750-an hingga abad ke-12.

Taman ini memiliki koleksi tanaman tropis dan subtropis yang menarik. Di dalamnya juga terdapat air mancur terakota terbesar di dunia yang bernama Doulton Fountain. Air mancur ini dibangun untuk memperingati Ratu Victoria.

5. Glasgow School of Art

Glasgow School of ArtTempat wisata di Glasgow berikutnya adalah Glasgow School of Art. Bangunan Terkenal Di Eropa ini berarsitektur Art Nouveau yang selesai dibangun pada tahun 1909. Pada itu, bangunan art nouveau ini mengukuhkan reputasi desainer muda Charles Mackintosh.

Charles Mackintosh dianggap sebagai master eksterior atau fasad karena desainnya yang baik. Selain itu juga dikenal sebagai desainer interior yang mumpuni.

Ruang di dalamnya yang terkenal adalah White Rooms yang dijadikan sebuah ruang pertemuan. Selain itu terdapat juga perpustakaan dan galeri yang pernah mengalami kebakaran di tahun 2014 yang lalu.

6. Riverside Museum and Tall Ship

Riverside Museum and Tall ShipTempat wisata lainnya yang menarik untuk dikunjungi di Glasgow adalah Riverside Museum and Tall Ship. Museum yang satu ini pernah memenangkan penghargaan Glasgow karena memiliki pameran terbanyak dari konsep transportasi kota.

Di dalamnya memang terdapat banyak koleksi yang berkaitan dengan alat transportasi kota, mulai dari kapal model kuno, lokomotif, trem, mobil-mobil kuno, hingga kereta kuda. Kebanyakan alat transportasi ini memang dibangun di Glasgow.

Salah satu koleksi terbaik adalah The Tall Ship at Riberside yang diletakkan di luar bangunan. Sehingga pengunjung bisa menjelajahinya sebelum memasuki ruangan utama pameran.

7. Pollok House and Pollok Country Park

Pollok House and Pollok Country ParkPollok House merupakan sebuah rumah milik keluarga Maxwell yang dibangun pada sekitar tahun 1752. Bangunan ini dibangun oleh William Adam dan anak-anaknya. Bangunan ini sangat besar dan kini menjadi sebuah tempat wisata.

Rumah Edwardian ini memiliki aula pintu masuk yang besar. Di dalamnya juga terdapat rumah bagi para pelayan yang cukup luas. Di dalamnya terdapat koleksi lukisan Spanyol, seperti lukisan El Greco, Goya, dan sebagainya.

Anda bisa melakukan petualangan singkat di rumah ini sambil melihat pameran interaktif yang ada di dalamnya. Ada juga sebuah perkebunan yang dinamakan Pollok Country Park yang indah dan asri.

8. Kibble Palace and Glasgow Botanic Gardens

Kibble Palace and Glasgow Botanic GardensTempat wisata di Glasgow berikutnya adalah Kibble Palace and Glasgow Botanic Gardens. Botanic Gardens yang satu ini merupakan salah satu yang legendaris di Glasgow karena dibangun sejak tahun 1873.

Kebun raya ini memiliki rumah kaca yang bernama Kibble Palace. Kibble Palace ini sendiri merupakan rumah kaca yang terbesar di Britania. Di dalamnya terdapat koleksi tanaman langka, misalnya anggrek yang unik.

Tidak hanya itu terdapat juga pohon pakis yang didatangkan dari Australia dan Selandia Baru. Anda juga bisa melihat tanaman-tanaman dari Afrika dan Amerika. Area kebun juga sangat asri dengan berbagai taman yang cantik.

9. The National Piping Centre and the Bagpipe Museum

The National Piping Centre and the Bagpipe MuseumThe National Piping Centre and the Bagpipe Museum merupakan sebuah atraksi yang menarik untuk para wisatawan yang suka dengan drumband. Karena tempat ini adalah salah satu museum sekaligus sekolah bagpipe yang terbaik dari seluruh dunia.

The National Piping Centre and the Bagpipe Museum menyimpan koleksi yang cukup lengkap. Bahkan terdapat juga memoriabilia pipa milik Robbie Burns dari abad ke-17 yang lalu. Ada juga milik Dall MacKay.

Di sana juga terdapat toko souvenir yang menjual berbagai keperluan Anda untuk oleh-oleh. Anda bisa membeli beberapa hal menarik yang berkaitan dengan museum tersebut.


10. Necropolis

NecropolisNecropolis sebenarnya adalah area pemakaman Gothic Victorian yang memiliki area seluas 37 hektar. Tempat ini memang hanya sebuah pemakaman. Namun menjelajahi area ini akan memberikan pemandangan yang berbeda dengan Anda.

Jalanan setapak dengan beberapa pohon akan nampak cantik. Ditambah terdapat pula nuansa khas abad pertengahan yang sangat kental di sana. Hal menarik lainnya adalah Anda bisa menikmati kota Glasgow dari sana dan sangat cocok untuk ditelusuri saat Backpacker Ke Eropa.

Tidak hanya itu, Necropolis berdekatan dengan salah satu museum yang juga bisa Anda kunjungi. Sehingga menikmati wisata di sekitar Necropolis tidak akan membosankan.

Demikianlah beberapa tempat wisata di Glasgow yang terkenal dan menarik untuk dikunjungi saat Anda berada di Skotlandia. Semoga informasi di atas bermanfaat dan berguna untuk Anda.

, , ,
Post Date: Tuesday 06th, November 2018 / 07:48 Oleh :
Kategori : Skotlandia