28 Tempat Wisata Di Thailand Yang Paling Terkenal Tujuan Wisatawan

Bagi masyarakat Indonesia, Thailand merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang populer sebagai tempat destinasi wisata ke luar negeri. Bukan hanya wisatawan Indonesia saja, Thailand juga menjadi tujuan wisata yang paling banyak dikunjungi turis mancanegara diantara negara-negara di kawasan Asia Tenggara lainya.

Selain menawarkan keindahan alam dan pantainya yang eksotis, negara yang mayoritas penduduknya beragama Budha ini juga menawarkan wisata budaya dengan keindahan bangunan bersejarah dan juga kuil-kuilnya yang patut di kunjungi. Anda juga dapat menikmati beragam tempat wisata di thailand dan menu kuliner khas Thailand yang beragam. Serta jangan lewatkan untuk  menjelajahi hiruk-pikuk pasar-pasar di Thailand yang menjual berbagai suvenir dan cemilan yang dijamin membuat anda betah liburan di Thailand.

Biaya hidup di Negara yang berjuluk Negeri Gajah Putih ini juga tak terpaut jauh dari biaya hidup di Indonesia, apalagi Thailand sudah menerapkan bebas visa bagi wisatawan Indonesia. Sangat cocok bagi kalian dengan budget pas-pasan yang ingin menikmati liburan ke luar negeri yang menakjubkan. Tunggu apalagi, Yuk langsung intip 17 tempat wisata yang wajib dikunjungi di Thailand.

1. Phuket

PhuketMerupakan tempat wisata di thailand atau destinasi wisata yang paling wajib dikunjungi saat berlibur ke Thailand. Phuket Island sendiri merupakan sebuah pulau dengan luas 1008 km2 yang berada di selatan Thailand tepatnya di Provinsi Chawat. Phuket sangat populer bagi wisatawan lokal maupun mancanegara karena memiliki pantai-pantai yang sangat indah dengan perpaduan pasir putih dan jernihnya air laut dengan warna biru tosca yang memanjakan mata.

Ada berbagai rute perjalanan ke Phuket diantaranya yaitu bisa melalui udara, dimana di Phuket terdapat bandara di bagian utara Pulau yang bisa dituju langsung dari Indonesia. Menggunakan jalur laut yaitu dengan menaiki feri dari daratan utama Thailand, dan melalui darat dengan menggunakan bus dari terminal Kota Bangkok ke terminal Kota Phuket. Untuk akomodasi sendiri di Phuket banyak terdapat resort, hotel, maupun vila yang bisa disewa.

Sebenarnya ada banyak sekali obyek wisata di Phuket. Berikut beberapa spot yang sangat populer di Phuket:

  • Pantai Katong : Pantai ini sangat populer di kalangan turis, pantai yang cukup panjang dengan pasir putih dan air laut jernih yang berwarna biru. Disana juga terdapat deretan restoran dan café yang digunakan untuk bersantaisembari menikmati indahnya sunset di phuket
  • Pantai Kata : Pantai ini letaknya tak terlalu jauh dari Pantai Katong. Pantai kana juga memiliki pasir yang putih dan air yang jernih. Yang unik disini adalah tersedianya free wifi di area pantai. Jadi selfie bisa langsung upload.
  • Karon View Point : Hanya berjarak 20 menit dari pantai Katong. Disini anda bisa menikmati pemandangan pantai kana dan Pantai Karon dari ketinggian.
  • Bang la Road : merupakan kawasan hiburan malam di phuket. Di sepanjang jalan terdapat restoran, kafe dan klub-klub malam. Serta disini anda akan banyak menjumpai Ladyboy.
  • Wat Chalong : Wat Chalong merupakan kuil termegah di phuket. Di kuil ini masih aktif untuk tempat beribadah, jadi ketika anda berfoto jangan sampai mengganggu mereka ya.
  • Big Budha : Di Phuket juga terdapat Kuil Budha Raksasa setinggi 45 m yang terbuat dari marmer. Disini juga bisa melihat indahnya pemandangan Pantai Hat Karon dan Kata Noi dari ketinggian.
  • Old Phuket : Hanya berjarak 30 menit dari Pantai katong, disini terdapat bangunan tua yang klasik dan berwarna-warni. Suasana malam akan telihat lebih indah dengan paduan lampu warna-warninya.
  • Phuket Wekend Market : Untuk urusan belanja di Phuket tedapat Pasar Naka yang berada di dekat kota Phuket. Dimana terdapat kios-kios yang menawarkan jajanan makanan ringan Thailand yang lezat dengan harga yang relatif murah, serta disana juga banyak pedagang yang menjual souvenir unik khas Thailand.

2. Railay Beach

Railay BeachRailay Beach terletak di Provinsi Krabi. Karena Terletak di semenanjung yang kecil, Anda harus menaikki perahu untuk sampai di Pantai ini. Pantai ini merupakan pantai dengan pasir putih yang masih sangat alami dengan airnya yang masih biru jernih sangat eksotis.

Selain Pantainya yang masih bersih, Pantai ini juga menawarkan hamparan tebing-tebing kapur yang juga digunakan untuk tempat panjat tebing. Disini juga terdapat pelatihan panjat tebing secara singkat. Sangat cocok untuk pengunjung yang suka olahraga ekstrim.

Pantai ini juga sangat dijaga keasrianya, disana hanya terdapat sepeda dan golf cart, sebagai sarana transportasi. Itu pun hanya digunakna oleh hotel-hotel berbintang. Pengunjung juga bisa menikmati olahraga air seperti kayak, arum jeram, maupun snorkeling menikmati jernihnya air laut.

3. Pulau Koh Phi Phi

Pulau Koh Phi PhiPulau Koh Phi Phi Le merupakan Pulau yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Terdapat 6 pulau di pulau ini, dan Pulau Kho Phi Phi Don merupakan pulau terbesar diantara yang lain. Di pulau ini terdapat Monkey Beach, dimana pengunjung bisa bermain-main dan membaur dengan para monyet yang tinggal disitu. Disini juga menawarkan wisata diving maupun snorkeling.


Disini juga terdapat terdapat tempat legendaris dimana dulu merupakan tempat shooting film The Beach yang dibintangi Leonardo Di Caprio. Tempat ini disebut Maya Bay yang terletak di pulau Koh Phi Phi leh. Biasanya Maya Bay ramai dipenuhi perahu dan turis antara pukul 10.00 – 16.00

4. Pai

PaiPai merupakan desa kecil yang terletak di bagian utara Thailand. Desa ini disulap menjadi desa wisata yang indah dan alami. Disini tersedia penginapan yang dibuat untuk memanjakkan wisatawan. Terdapat taman-taman bunga dengan pernak pernik yang keren. sofa-sofa dan hammock untuk bersantai. Begitu juga dengan cafe dan resto yang berada di Pai dibuat senyaman mungkin untuk wisatawan.

Anda bisa melakukan kegiatan alam seperti tracking, bermain motocross, duduk-duduk di pinggir Sungai Pai, mengunjungi Pai Kanyon dan menikmati sunrise yang indah, hingga melihat kincir raksasa yang masih digerakkan oleh tenaga manusia.

5. Pattaya

PattayaPattaya juga merupakan tempat yang lumayan populer untuk wisatawan Indonesia. Tempat ini hanya berjarak 100 km dari kota Bangkok. Untuk sampai ke Pattaya, Anda bisa naik bus dengan harga 122 THB dari Bandara suvarnabhumi menuju Phuket. Bus biasanya beroperasi dari pukul 07.00 sampai jam 12.00. Jika anda tidak mau lama-lama menunggu, anda bisa naik taksi yang stanby di Bandara Suvarnabhumi dengan tarif 1000 – 1500 THB.

Pattaya memiliki garis pantai yang panjang yang membentang sekitar 3 km. selain untuk berenang dan bersantai, Anda juga bisa mencoba wahana-wahana yang disediakan disana seperti parasailing, windsailing.

Selain anda dapat berjalan-jalan dipantai ada beberapa wisata yang sangat direkomendasikan saat anda berlibur di Pattaya seperti:

  • Pertunjukan Kabaret Lady : Phuket sangat terkenal dengan Lady boy atau waria nya. Pemerintah Thailand sangat toleran dan menganggap kaum waria mempunyai hak yang sama dengan yang bukan waria. Di sini para ladyboy menampilkan tarian dan nyanyian yang lumayan vulgar, jadi jangan ajak anak-anak saat menonton nya ya.
  • Nong Noch Tropical Garden : Merupakan sebuah taman yang berada di Phuket, anda bisa menyewa sepeda maupun mendayung perahu. Disini juga terdapat pagelaran seni Thailand, yaitu berupa musik dan nyanyian yang diperankan oleh artis dengan kostum yang keren.
  • Art in Paradise : merupakan tempat untuk anda yang suka berselfie ria, Pasalnya disini terdapat galeri 3d yang nampak nyata dan bisa anda jelajahi. Tempat ini buka dari pukul 9.00 sampai pukul 21.00.

6. Koh Samui

Koh SamuiKoh Samui merupakan satu pulau yang terdengar asing ditelinga wisatawan Indonesia namun Pulau yang satu ini cukup populer di Thailand. Terletak di sisi timur Thailand dan merupakan Pulau terbesar kedua di Thailand. Pulau Koh Samui juga sering dijadikan destinasi pasangan yang ingin berbulan madu.

Di Pulau ini, Anda akan menjumpai pantai yang berpasir putih, jajaran pohon kelapa yang menjulang tinggi, serta bagi para pecinta diving anda bisa melihat gugusan terumbu karang yang indah dan natural. Pantai ini tidak terlalu ramai seperti di Phuket. Sangat pas untuk pasangan yang ingin berlibur dan menikmati waktu berduaan.

Koh Samui juga dilengkapi dengan banyak resort, hotel, vila, serta bungalo yang jumlahnya mencapai ratusan, membuat Anda tidak kebingungan untuk mencari tempat penginapan. Harga penginapan berkisar antara 500 THB – 1000 THB.

Jika anda dari Bangkok, untuk menhemat waktu menuju Koh Samui, Disarankan menggunakan jalur udara. Anda bisa terbang dari Bangkok menuju Surat Thani, dan kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan kapal ferry. Kalau dari Jakarta, Anda bisa transit dulu ke Bandara di Kuala Lumpur, kemudian dari Kuala Lumpur bisa langsung menuju Surat Thani. 

7. Doi Inthanon

Doi InthanonBagi Anda yang suka mendaki, Doi Inthanon national park bisa menjadi destinasi wisata ketika di Thailand. doi Inthanon sendiri merupakan gunung tertinggi di Thailand dengan tinggi 2.565 mdpl. Gunung ini terletak di Chiang Mai tepatnya di taman Nasional Doi Inthanon. Kawasan ini masih ditutupi oleh hutan hujan yang lebat, indah, dan subur. Di Kawasan taman nasional ini juga terdapat camping ground bagi anda yang suka bermalam dan berpetualang di alam.

Anda juga bisa menikmati dinginya air terjun yang mudah ditemui di beberapa titik di kawasan Doi Inthanon. Terdapat juga dua kuil yang indah di sana yaitu Phra Mahathat Naphamethanidon dan Naphapholphumisiri, yang dibangun oleh Royal Thai Air Force guna sebagai penghormatan kepada raja dan ratu Thailand, tempat ini juga merupakan tempat yang cocok untuk mengambil beberapa foto.

8. Dinner Cruise diatas Sungai Chao Praya

Dinner Cruise di sungai Chao PhrayaSungai Chao Praya merupakan sungai yang cukup populer saat anda berkunjung ke Thailand, Pasalnya Sungai ini melintasi pusat kota Bangkok. Beberapa wisata terkenal seperti Grand Palace, Wat Arun, Wat Pho yang berada tidak jauh dari sungai ini. Sungai Chao Phraya memiliki air berwarna kecokelatan yang bersih. Di Sungai ini anda akan menjumpai perahu-perahu yang berlalu lalang menawarkan tumpangan kepada wisatawan yang ingin merasakan sensasi menyeberangi sungai Chao Phraya. Disana tersedia tourist boat untuk sekedar menjelajahi Sungai ini .

Saat malam hari suasana di sungai ini sangat romantis. dimana terdapat kapal pesiar yang menyusuri sungan Chao Phraya dan di dalamnya telah tersedia paket makan malam yang sangat romantis. Sambil makan dan bercanda dengan pasangan, Anda juga akan disuguhkan pemandangan kota bangkok yang dibalut dengan lampu-lampu warna-warni yang cukup indah yang terpantul air sungai yang kecokelatan.

9. Grand Palace

Grand PalaceGrand Palace adalah kawasan bangunan bersejarah yang sangat wajib dikunjungi saat berlibur ke Thailand. Berada ditengah kota Bangkok, membuat Grand Palace selalu di penuhi oleh wisatawan. Didalamnya terdapat bangunan yang sangat megah yang disebut Royal Grand Palace, dimana dahulu digunakan sebagai istana bagi raja-raja Thailand selama kurang lebih 150 tahun. Arsitek bangunan di Grand Palace tergolong cukup unik. Perpaduan kuil-kuil Budha dan taman-taman yang bernuansa barat membuat Grand Palace menjadi tempat yang Indah dan sedap di pandang.

Penjagaan di Grand Palace terbilang cukup ketat, Untuk para turis diwajibkan menunjukkan paspor mereka, serta harus melalui tes metal detektor untuk memastikan benar-benar tidak membawa senjata tajam atau benda yang sekiranya dapat merusak tempat tersebut. Setelah melalui tes metal detector, Anda bisa menuju tempat pembelian tiket. Anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar 500 THB (sekitar Rp.210.000). Tiket tersebut juga termasuk mengunjungi Ananta Samakhom Throne Hall di Ducit Palace.

Di dalam kompleks Grand Palace ini juga terdapat kuil yang dianggap sangat sakral di Thailand, yaitu kuil Wat Phraw Kaew dimana di dalamnya terdapat patung Buddha paling suci di seluruh Thailand. Patung ini juga di juluki Emerald Budha. Tingginya hanya 66 cm dan terbuat dari batu giok yang menawan, namun tak sembarangan orang boleh menyentuhnya. Hanya raja Thailand saja  yang mendapatkan kehormatan untuk menyentuhnya.

Sedangkan untuk masuk di kuilnya sendiri, diwajibkan untuk menggunakan celana panjang dan kemeja berlengan panjang, serta tidak boleh bertelanjang kaki, termasuk memakai sandal.

  • Jam Buka : 08:30 – 15:30
  • Tiket Masuk : 500 THB (Rp. 210.000,-)
  • Transportasi: Naik Chao Phraya Express Boat dari Sathorn Pier (Saphan Taksin BTS Station) ke Tha Tien Pier atau Ta Chang Pier, dan jalan kaki ke Grand Palace.

10. Wat Arun

Wat ArunWat Arun, dikenal sebagai salah satu kuil tertua di Thailand. Umur kuil ini ditafsir mencapai  200 tahun lamanya. Wat Arun merupakan kuil yang unik dengan balutan keramik porselen dari Tiongkok. Kuil ini akan nampak semakin indah pada malam hari.

Wat Arun merupakan kuil yang populer di Thailand. Terdapat Kuil besar ditengahnya yang memiliki tinggi sekitar 70 meter  yang menjadi landmark kota Bangkok serta kerap  juga menjadi identitas wisata di Thailand.

  • Jam Buka : 08.30-17.30
  • Tiket Masuk : 50 THB (Rp. 21.000,-)
  • Transportasi : Naik Chao Phraya Express Boat dari Sathorn Pier (Saphan Taksin BTS Station) ke Tha Tien Pier. Dari Tha Tien naik shuttle boat kecil untuk menyeberangi sungai Chao Phraya. Tiket shuttle boat 3.5 THB (Rp. 1.500,-).

11. Wat Pho

Wat ApoWat Pho Thailand merupakan kuil yang terletak tak jauh dari Wat Arun dan Grand Palace. Hanya memakan 5-10 menit untuk berjalan kaki dari Grand Palace.

Yang menarik, kuil ini terdapat patung Budha tidur yang cukup besar, panjangnya saja mencapai 46 meter dan memiliki tinggi sekitar 15 meter. Patung ini terlihat cukup mewah dengan balutan warna emas dan beberapa mutiara di bagian kakinya. Wisatawan diwajibkan untuk bertelanjang kaki untuk bisa berkeliling mengelilingi patung ini. Disisi lain terdapat gerbang tempat dibangunya sekitar 91 stupa yang terbalut oleh pecahan keramik yang indah.

  • Jam Buka : 08.00-17.00
  • Tiket Masuk : 100 THB (Rp. 42.000,-)
  • Alamat: Maharat Road, jalan kaki sekitar 10 menit dari Grand Palace
    Transportasi: Chao Phraya Express Boat, turun di Tha Tien Pier, jalan kaki menuju perempatan Maharat Road, setelah pasar Tha Tien.

12. Ayutthaya

AyyuthayaAyutthaya merupakan representasi Thailand pada masa lampau. Terletak 80 Km disebelah utara Bangkok. Dulunya ayutthaya adalah pusat Negara Thailand saat negara ini masih bernama Siam. Namun karena diserang oleh kerajaan Burma, Kota ini menjadi hancur dan menyisakan kuil-kuil yang sekarang bisa anda nikmati keindahanya.

Wisata disini lebih kepada wisata budaya dimana kita dapat mengenali budaya Thailand pada masa lampau. Terdapat beberapa kuil yang cukup terkenal di kunjungi wisatawan diantaranya yaitu, Wat Maha that yang merupakan salah satu kuil terbesar di Ayutthaya, dimana spot yang paling terkenal adalah kepala patung Budha yang dilingkari batang pohon Bodhi. Wisatawan dilarang berfoto sambil berdiri di tempat ini. Lalu ada juga Wat Phra Sisanpeth yang terdapat sebuah monumen dari UNESCO yang menandakan bahwa tempat tersebut adalah Warisan Budaya Dunia. Wat ini terdiri dari pagoda-pagoda lancip yang cantik.

13. Dream World Garden

Dream World Thailand

Dream World Garden menjadi tempat yang sangat direkomendasikan bagi anda saat berlibur bersama keluarga di thailand. Ya, tempat ini mirip seperti Disneyland.Dream World Garden terletak di distrik Pathum Thani. Terletak lumayan jauh dari pusat Kota Bangkok, Anda bisa menjangkau taman bermain ini dengan bus maupun taksi.

Untuk menikmati wahana di DreamWorld Gaedendikenakan biaya sebesar 650 THB per orangnya. Harga tersebut sudah termasuk tiket terusan untuk menikamti hampir seluruh wahana di tempat ini. Anda juga bisa membeli tiket di Dream World Garden secara online. Jadi anda tidak perlu repot-repot antri lagi untuk membeli tiket.

Pada dasarnya Dream World Garden dibagi menjadi bebapa bagian, diantaranya yaitu

  • Dream World Plaza (Merupakan area dengan bangunan-bangunan khas Eropa yang menawan, Area ini biasanya juga diselenggarakan parade-parade untuk lebih memeriahkan suasana)
  • Adventure Land (area ini berisi wahana-wahana yang memacu adrenalin anda, seperti sky coaster, kora-kora, tornado. Butuh waktu seharian untuk menikmati seluruh wahana disini)
  • Dream Garden (pada area ini terdapat banguna miniatur 7 keajaiban dunia serta terdapat juga ztaman bunga yang didekorasi secara teratur dan indah)
  • Fantasy Land (area yang berisi bangunan fantasy dari negeri dongeng, seperti kastil sleeping beauty)

Disini juga terdapat food court yang anda bisanikmati selepas berkeliling wahana-wahana di Dream World garden. Namun anda diharuskan membeli kupon untuk menikmati makanan di foodcourt tersebut.

14. Chiang Rai

Chiang RaiChiangrai terletak sekitar 783 km dari pusat kota Bangkok, namun Chiang Rai merupakan daerah yang istimewa karena sebagai pintu gerbang menuju Myanmar dan Laos. Daerah ini biasanya juga disebut kawasan Golden Triangle. Di Chiang Rai terdapat kuil yang sangat populer yaitu kuil Wat rong khun atau yang biasa dikenal dengan white temple.

Pasalnya kuil ini terbuat dari keramik-keramik yang membuat kuil ini berwarna putih. Sangat berbeda sekali dengan kuil-kuil Thailand lainya. Namun kita tidak diperbolehkan mengambil foto di dalam kuil. 


15. Chatuchak Weekend Market

Charuchak Night MarketChatuchak Weekend Market, dari namanya sudah kelihatan bahwa pasar ini merupakan pasar yang hanya ada saat weekend (sabtu dan minggu). Pasar merupakan salah satu pasar terbesar di Asia. Ada berbagai jenis barang yang bisa kamu dapatkan di sini, mulai dari makanan, minuman, pakaian dan aksesori, kerajinan tangan, dekorasi rumah, hingga binatang peliharaan.

Transportasi: Naik BTS ke Mo Chit Station atau MRT ke Chatuchak Station atau Kamphaeng Phet Station.

Jadi jangan di lewatkan untuk mampir ke tempat yang satu ini.

16. Khao San Road

Khao San RoadKhao San Road merupakan nama jalan yang terletak di Phra Nakhon. Setelah anda lelah menikmati keindahan Grand Palace, anda dapat menyempatkan bersantai disini. Jalan ini mulai ramai saat sore hari dengan lampion-lampion indahnya. Disini banyak hotel-hotel dengan harga yang murah. Oleh sebab itu Khao San Road dijuluki sebagai surganya para backpaker. Selain itu di sepanjang jalan di Khao San Road anda dapat dengan mudah menemui restoran, maupun kafe, serta disini juga banyak terdapat pedagang kaki lima. Menu makanan disini sangat bervariasi mulai dari masakan Thailand hingga masakan khas Indonesia pun bisa kita temukan disini.

Selain kafe dan restoran disini juga banyak tersebar kios-kios yang menjual aksesoris dan pakain yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Disini juga terdapat banyak travel agent jika kalian ingin berkunjung ke negara-negara tetangga. Ketrka anda kehabisan uang Bath disini juga banyak kios-kios money changer yang siap menukar uang anda dengan uang yang laku disini.

17. Asiatique

AsiatuqueBangkok memang tempat surganya belanja. Jika anda tidak ingin berdesak-desakan dan ingin berbelanja dengan nyaman, Asiatique bisa menjadi solusi buat anda. Selain berbelanja anda juga dapat menikmati keindahan Sungai Chao Phraya, karena Asiatique berada tepat di pinggir Sungai.

Bianglala bangkok Eyes merupakan obyek yang menjadi icon di Asiatique. Merupakan biangalala dengan ukuran yang cukup besar dan dari kejauhan sudah terlihat cukup menarik. Anda bisa naik wahana tersebut dengan hanya membayar tiket seharga 250 THB. Anda akan disuguhkan pemandangan Kota Bangkok dari atas ketinggian. Atau anda juga bisa hanya sekedar ber-selfie ria dengan berlatar belakang wahana tersebut.
Selain wahana diatas Asiatuque juga terdapat Juliet Love Garden hingga pertunjukkan para Ladiboy dalam calypso ladyboy cabare.

  • Alamat: Chareonkrung Soi 74-76
  • Jam Buka: 17:00-24:00
  • Lokasi: Transportasi: Naik BTS ke Saphan Taksin Station, turun ke dermaga Sathorn (di bawah stasiun BTS) dan tunggu shuttle boat gratis Asiatique. Perjalanan sekitar 10 menit.

Sebenarnya Masih begitu banyak tempat wisata di Thailand dan negara asialainya yang dapat kamu kunjungi seperti

Diatas merupakan tempat yang populer dan wajib dikunjungi saat anda berada di Thailand.

, , ,
Post Date: Wednesday 17th, January 2018 / 04:32 Oleh :
Kategori : Thailand