11 Oleh-oleh khas Fukuoka Paling Populer dan Mengesankan

Oleh-oleh khas Fukuoka – Fukuoka terletak di Pulau Kyushu Jepang. Kota ini merupakan kota besar dan sekaligus menjadi ibu kota dari perfektur Fukuoka, serta merupakan kota terpadat di Pulau Kyushu. Kota ini memiliki pemandangan alam yang cukup indah, dimana di sisi utara terdapat laut Genkai serta teluk Hakata yang dikelilingi oleh tiga pegunungan.

Terdapat juga salah satu taman bunga di jepang terbaik di Fukuoka, kawachi Fujien dan berbagai tempat wisata musim dingin yang juga cukup populer. Dan juga jangan lupa setelah puas menjelajahi keindahan Fukuoka untuk membeli oleh-oleh khas Fukuoka yang begitu khas dan autentik.

Apa sajakah oleh-oleh khas fukuoka? Yuk simak ulasan mengenai oleh-oleh khas Fukuoka berikut ini.

1. Bingo Bongo Fukuoka T-shirt

bingo bungo

Bingo Bongo adalah toko pakaian yang dikelola oleh salah satu kurator lokal HereNow, Shujiro Miyano. Toko ini sudah berjalan selama 17 tahun, dan merupakan salah satu tempat belanja paling ikonik di Fukuoka.

Bingo Bongo selalu merilis jajaran baru kaos original yang mewakili budaya Fukuoka setiap musimnya. Berbagai kaos yang menggambarkan siluet peta Fukuoka, serta ilustrasi warna-warni dari karakter lucu khas Fukuoka.  Kaos di Bingo Bongo  tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, baik laki-laki maupun perempuan.

Terdapat juga topi, handuk, mug dan semuanya sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh yang menarik jika anda mengenjungi salah satu kota besar di tempat wisata di jepang ini. Untuk harga di kisaran 3.500  yen hingga  5.400 yen .

2. Snack Mentaiko

mentaiko

Mentaiko merupakan salah satu makanan khas jepang dari Fukuoka. Mentaiko merupakan salmon dengan mayones pedas yang lezat. Anda bisa membelinya dalam bentuk snack untuk dibawa pulang, Terdapat merk-merk lazat yang memiliki rasa mentaiko seperti Jagariko, Pretz, atau Kameda Kaki no Tane.

Anda dapat membelinya di berbagai supermarket di wilayah Fukuoka, stasiun Kyushu dan di toko-toko suvenir di bandara Fukuoka, serta di tempat-tempat wisata. Satu kotak berisi delapan paket Mentaiko Jagariko dibanderol dengan harga 864 yen, sedangkan satu kotak berisi lima Mentaiko Kameda Kaki no Tane Eksklusif Kyushu sekitar 432 yen.

3. No Coffee

no coffee

NO COFFEE adalah kedai kopi yang sangat populer di seluruh Jepang dan bahkan banyak wisatawan mancanegara datang ke Fukuoka hanya untuk berkunjung di kedai kopi ini. Interior toko ini cukup instgramable. Kopi disini juga memiliki rasa yang lezat dan salah satu menu populernya adalah Matcha Latte.

Di No Coffee juga terdapat berbagai oleh-oleh khas Fukuoka yang bisa anda beli, seperti halnya Tas jinjing yang diharagai 1.200 yen, Kaleng kopi yang unik, Kantong kaset yang diproduksi oleh salah satu merek alat tulis Fukuoka terkenal, ‘Hightide’, gantungan kunci dan kotak koin yang menjadi salah satu oleh-oleh  yang unik dan mengesankan.

4. Menbei

membei

Menbei, adalah jenis kerupuk yang dibuat oleh produsen mentaiko terkenal di Fukuoka, Fukutaro , dan merupakan salah satu oleh-oleh khas Fukuoka paling populer dari Hakata. Memiliki sensasi rasa pedas yang pas dari setiap crackernya yang memiliki rasa yang membuat anda ketagihan.

Tersedia berbagai rasa seperti Mentaiko, habanero, mayones, dan pedas. Anda dapat menemukan menbei di lokasi Fukutaro di Daimaru Tenjin dan Iwataya , serta di toko-toko suvenir di Stasiun Hakata atau bandara regional Kyushu. Harga per kotaknya sekitar 1.000 yen.

5. Uma-kacchan

uma kacchan

Uma-kacchan merupakan salah satu makanan pokok ramen instan penduduk Fukuoka . Terdapat beberapa varian rasa yang lezat, diantaranya adalah rasa Hakata Karashi Takana, yang menggunakan rasa dan panas dari sawi karashi Hakata yang populer.

Selain itu juga ada rasa Kurume Tonkotsu , dengan rasa umami yang lezat. Uma-kacchan dapat ditemukan di toko-toko oleh- oleh di Stasiun Hakata dan di Bandara Fukuoka , serta di toko-toko dan supermarket di pusat kota Fukuoka. Satu paket biasanya dijual dengan harga 108 yen.

6. Najima-tei Ramen

Najima tei

Selain Uma-kaccan ada satu lagi ramen yang juga tak kalah lezatnya yang bisa anda jadikan oleh-oleh khas Fukuoka, yaitu Njima-tei. Rasakan kelezatan ramen khas Fukuoka yang lezar di rumah bersama keluarga ataupun sanak saudara anda.

Najima-tei ramen menggunakan kaldu tonkotsu, dikenal memiliki rasa ringan yang sangat cocok dan nyaman di perut. Cara pembuatanya sangat mudah,  Anda tinggal merebus mie dan menambahkan air panas, lalu beri bawang, char siu dan topping favorit Anda. Anda dapat membelinya di toko-toko oleh- oleh di Stasiun Hakata atau di Bandara Fukuoka. 1 paket ramen najima tei dihargai sekitar 864 yen.

7. Tsukushi Mochi

tsukushi

Josuian ‘s mochi Tsukushi merupakan salah satu oleh-oleh makanan khas jepang yang juga cukup populer. Terbuat dari mochi lembut yang ditaburi dengan tepung kinako yang terbuat dari kacang kedelai panggang.  

Lebih nikmat jika dimakan dengan sirup gula merah, dan rasakan kelezatan mochi khas Fukuoka untuk sanak saudara anda di rumah. Anda dapat membelinya di toko Tsukushi di Stasiun Hakata, di toko-toko oleh-oleh di sekitar Prefektur Fukuoka , serta di toko-toko suvenir di bandara. Satu pack berisi enam bungkus dan dibanderol dengan harga sekitar 720 yen.

8. Toudo Hakata Niwaka

Toudo hakata

Hakata Niwaka adalah salah satu seni pertunjukan tradisional di wilayah Hakata, Fukuoka. Sedangkan  Toundo Niwaka Senpei merupakan kerupuk yang berbentuk topeng yang digunakan oleh para pemain Hakata Niwaka. Snack khas Fukuoka ini dibuat dari telur dan tepung gandum dan memiliki tekstur renyah yang khas.

Oleh-oleh ini tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari yang terkecil, hingga yang ekstra besar. Salah satu oleh-oleh yang cocok untuk dimakan bersama-sama di rumah. Anda dapat membelinya di Stasiun Hakata dan Stasiun Kokura, serta department store seperti Daimaru dan Iwataya. Satu pack berisi empat senpei ekstra besar dan dibandero dengan harga 648 yen.

9. Meika Hiyoko

meika

Banyak orang Jepang sering salah mengira bahwa Meika Hiyoko adalah produk khas Tokyo. Ya, hal ini dikarenakan generasi ketiga dari toko Yoshinodo membuka cabang di Tokyo , dan Meika Hiyoko mendapatkan respon yang sangat bagus di Tokyo, sehingga sering disebut produk khas Tokyo.

Memiliki bentuk yang lucu dengan adonan tipis yang dibalut campuran kuning telur dan pasta kacang , Hiyoko dari Yoshinodo saat ini menjadi salah satu oleh-oleh pokok Fukuoka. Meika Hiyoko  tidak terlalu bisa bertahan lama dan harus dimakan dalam waktu 15 hari setelah pembelian, jadi pikirkan jadwal ketika Anda membelinya.

Anda dapat membelinya di toko-toko di Bandara Fukuoka , Bandara Kitakyushu , Stasiun Hakata, dan Stasiun Kokura , serta di department store seperti Mitsukoshi dan Iwataya, Harga sekitar 864 yen.

10. Mentaiko mayones

mayo mentaiko

Mentaiko mayones adalah barang suvenir populer lainnya yang memiliki banyak kegunaan. Sangat cocok untuk topping pada salad, olesan roti bakar, dicampur dengan pasta untuk membuat spaghetti mentaiko, dan dapat digunakan di banyak hidangan lainnya.

Terdapat banyak merk di pasaran, dan anda tidak perlu bingung untuk memilihnya, karena sebagian besar memiliki rasa yang tidak berbeda jauh. Anda dapat menbelinya di toko-toko suvenir di Bandara Fukuoka dan Stasiun Hakata. Satu botol mentaiko mayones dihargai hingga 500 yen.

11. Hakata Nakanaka

hakata

Bagi anda yang ingin menikmati mentaiko di rumah ataupun untuk oleh-oleh teman-teman anda yang ingin mencicipi mentaiko. Anda bisa membeli mentaiko kering  untuk dibawa pulang. Ya, anda bisa membeli Nakashima Shoten ‘s Hakata Nakanaka . Nakashima Shoten menggunakan teknik khusus untuk membuat mentaiko kering, dan bisa bertahan lebih lama.

Anda bisa memakanya langsung atau bisa juga digunakan untuk topping ochazuke , pasta atau salad, di antara banyak kegunaan lainnya. Anda dapat membelinya di Daimaru Fukuoka Tenjin atau di toko-toko suvenir di Bandara Fukuoka dan Stasiun Hakata. Anda harus membayar sekitar 565 yen untuk 20 g Hakata Nakanaka Dry.

Oleh-oleh khas Fukuoka memang kebanyakan berisi makanan, Ya, Mentaiko memang cukup lezat untuk dinikmati. Selamat berbelanja oleh-oleh dan jaga barang bawaan anda.

, ,
Post Date: Tuesday 24th, September 2019 / 11:39 Oleh :
Kategori : Jepang